Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PELAYANAN KEPADA MAHASISWA PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN   
A. . Latar Belakang Masalah
 Pelayanan merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam  interaksi langsung antara mahasiwa dengan pegawai pada bagian akademik Fakultas  Ekonomi , dan menyediakan informasi kepada  mahasiwa. Pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan mahasiswa agar proses  belajar mengajar berjalan dengan baik, sedangkan melayani adalah membantu  menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan oleh mahasiswa.

Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari sumber daya manusia yang ada  di Indonesia dan sekaligus merupakan aset bangsa yang kelak akan menjadi generasi  penerus dalam membangun bangsa. Di sisi lain, mahasiswa merupakan insan yang  memiliki berbagai dimensi yaitu sebagai bagian dari civitas akademika dan bagian  dari generasi muda yang terlatih sebagai pelaku sejarah yang ikut berperan dan  menentukan sejarah perkembangan bangsa Indonesia.
Mahasiswa sebagai  generasi muda yang setidaknya mempunyai dua  kedudukan yang penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama,  mengingat mahasiswa merupakan aset nasional dan sumber daya insani yang  strategis maka perlu diberi peluang dan kesempatan seluas-luasnya untuk  mengaktualisasikan diri secara utuh dan bertanggung jawab. Sebagai civitas  akademika dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan  sekaligus merupakan mitra dosen dalam proses belajar mengajar yang dialogis.
1  Dalam proses pengembangan diri mahasiswa, para pembimbing kemahasiswaan  senantiasa menunjukkan sikap ulur tangan dan sedikit mungkin campur tangan.
Demikian pula dalam menata organisasi mahasiswa di perguruan tinggi  senantiasa berpegang pada prinsip “ dari, oleh dan untuk mahasiswa”. Sebagai unsur  terpelajar dari generasi muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap  masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk  turut serta dalam pembangunan nasional. Adanya kerja sama dan komunikasi dua  arah antara mahasiswa dan staf pegawai dapat lebih mempermudah adanya suatu  hubungan yang sejalan seperti pelayanan kepada mahasiswa yang baik. Sebagai  warga negara yang telah dewasa mahasiswa memilki hak dan kewajiban yang sama  dengan warga negara yang lainnya.
Sebagai civitas akademika dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan,  teknologi dan seni dan sekaligus merupakan mitra dosen dalam proses belajar  mengajar yang  senantiasa menunjukkan sikap ulur tangan dan sedikit mungkin  campur tangan. Demikian pula dalam menata organisasi mahasiswa di perguruan  tinggi senantiasa berpegang pada prinsip “ dari, oleh dan untuk mahasiswa”. Sebagai  unsur terpelajar dari generasi muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap  masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk  turut serta dalam pembangunan nasional. Sebagai warga negara yang telah dewasa  mahasiswa memilki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara yang  lainnya.
2  Dalam catatan sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan pada kita bahwa  sebagai generasi muda intelektual. Kedudukan ini memberikan mahasiswa dalam  posisi penting dan terhormat di dalam kehidupan masyarakat, sebab bagaimana pun  juga mahasiswa sebagai mahluk yang terpelajar dan diharapkan mampu memberikan  sumbangsih yang nyata sesuai dengan kemampuan akademisnya. Kedudukan yang  kedua, yaitu mahasiswa sebagai agent of change yang mana menjadi kunci pokok  dalam pelaksanaan pengawasan kegiatan  roda pemerintahan. Kedudukan yang  kedua ini menempatkan mahasiswa sebagai bagian dari proses perubahan dan  stabilitator sosial suatu wilayah dimana dia berada. Mahasiswa adalah agent of  change yang merupakan salah satu kunci dari pola kehidupan suatu masyaraka.
Pelayanan di Fakultas Ekonomi  yang  berhubungan dengan pelayanan kepada mahasiswa ada 3 bagian yaitu sebagai  brikut:  1.  Bagian Akademik Pegawai pada bagian Akademik memberikan pelayanan kepada  mahasiswa, sesuai dengan apa yang  ingin di ketahui oleh mahasiswa agar  mahasiswa mengetahui informasi yang berhubungan dengan akademik  mahasiswa dan mahasiswa dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan  baik. Ada pun pelayanan pada bagian akademik yaitu sebagai berikut a. Perkuliahan  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan transfer of knowledge  and science ( aplikasi praktek) di bidang manajemenantara dosen sebagai  fasilitator dan mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat dimengerti,  3  memahami, mampu mengekspresikan dalam perilaku (aspek efektif), dan  memiliki keterampilan (aspek skill) di lapangan. Sedangkan ruang  lingkupnya adalah proses ini berlaku mulai dari penetapan KRS mahasiswa  sampai dengan proses persiapan ujian.
b.  Ujian  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi hasil proses  perkuliahan yang telah dilakukan. Sedangkan ruang lingkupnya adalah  proses ini berlaku mulai ketika tatap muka sudah mencapai 14 kali tatap  muka sampai dengan pengumuman hasil ujian.
c.  Kartu Hasil Studi dan Transkip Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan hasil evaluasi  akhir studi mahasiswa pada setiap semester dan akhir studi secara  keseluruhan. Sedangkan ruang lingkupnya adalah proses ini berlaku mulai  penyetoran nilai hasil ujian sampai dengan penyerahan Kartu Hasil Studi.
2.  Bagian Kemahasiswaan  Pegawai memberikan informsi yang berhubungan dengan kemahasiswaan,  sehingga mahasiswa mengetahui informasi sesuai yang di butuhan mahasiswa.
3.  Bagian Keuangan Memberikan pelayanan yang berhubungan dengan Kartu Rencana Studi (KRS)  dan Kartu Hasil Studi (KHS) harus sudah diisi sebelum perkuliahan  dimulai.Perkuliahan, setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah harus  menghadiri tatap muka minimum 80% dari jumlah perkuliahan oleh dosen atau  4  asisten, agar diijinkan mengikuti ujian akhir semester. Administrasi Nilai Ujian,  hasil ujian diserahkan oleh masing-masing dosen pengasuh paling lambat 2  (dua) minggu terhitung sejak tanggal ujian, hasil dibuat dalam rangkap 3 (tiga),  digunakan untuk : a. Satu set untuk pengumuman kepada mahasiswa b. Satu set untuk administrasi Sub Bagian Akademik Nilai ujian yang ada di Sub Bagian Akademik akan digunakan untu data  pribadi mahasiswa dan untuk mengisi nilai setiap mahasiswa ke Kartu Hasil  Studi (KHS).
Mahasiswa khususnya di Fakultas Ekonomi sangat membutuhkan pelayanan  yang baik dari bagian Akademik USU. Kita tahu bahwa kelancaran belajar mengajar  di tentukan dari bagian Akademik,. Mahasiswa dapat lancar belajarnya apabila  segala urusan yang dari bagian Akademik, misalnaya pengurusan KRS, transkip  nilai, jadwal perkuliahan, pengumuman-pengumuman yang penting bagi mahasiswa  tersebut. Jadi peranan Bagian Akademik sangatlah penting untuk mempelancar cara  belajar mahasiswa. Apabila pelayanan yang di bagian Akademik cepat prosesnya  dan akurat, maka cara belajar mahasiswa akan semakin baik, mahasiswanya pun  bisa pintar, dan dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi. Dengan demikian  mahasiswa akan lebih fokus pada pelajaran / kuliah, artinya pikiran dari mahasiswa  tidak bermacam-macam dengan urusan yang lain.
Pelayanan di bagian akademik sampai saat ini pelayanannya dianggap baik.
Dengan demikian pelayanan dari bagian Akademik sangatlah berperan penting  untuk mempelancar kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Kita tahu apabila macet  5  dari bagian Akademik, misalnya jadwal kuliah yang bentrokan, jadwal ujian yang  tidak sesuai dengan mata kuliahnya, dengan adanya masalah seperti ini sudah sangat  menghambat kelancaran proses belajar mengajar.
Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pelayanan kepada mahasiswa  mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung proses belajar mengajar  antara mahasiswa dengan dosen, untuk mencapai tujuan yang baik. Oleh karena itu,  penulis terdorong untuk mengetahui mengenai pelayanan kepada mahasiswa.
Sehingga penulis menulis mengenai pelayanan kepada mahasiswa. Adapun judul  dari tugas akhir ini adalah “Pelayanan Kepada Mahasiswa Pada Bagian  Akademik Fakultas Ekonomi ”.
B.  Perumusan Masalah Dari uraian diatas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi  yang akan dibahas tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan  kebutuhan yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah  pokok yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : “ Apakah pelayanan kepada  mahasiswa  pada bagian Akademik Fakultas Ekonomi   sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah  ditetapkan”.
6  C. Tujuan Penelitian  Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis  adalah : 1.  Untuk mengetahui bagaimana pelayanan kepada mahasiswa yang di berikan  oleh bagian akademik Fakultas Ekonomi   2.  Untuk meningkatkan bagaimana pelayanan kepada mahasiswa agar mahasiswa  dapat mengetahui berbagai pengetahuan di akademik.
3.  Untuk mengetahui pelayana kepada mahasiswa dalam upaya meningkatkan  efisiensi kinerja pegawai pada bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
D. Manfaat Penelitian  Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan oleh  Penulis adalah :  1.  Menambah pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis tentang pelayanan  kepada mahasiswa pada Akademik Fakultas Ekonomi Sumatera Utara 2.  Sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi penulis karena dapat langsung  terjun ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai pelayanan  kepada mahasiswa yang dijalankan oleh Fakultas Ekonomi USU.
3.  Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi instansi agar  dapat melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi kelancaran instansi dalam mencapai  tujuannya.
7  4.  Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan Tugas Akhir bagi peneliti lain  yang ingin meneliti mengenai pelayanan kepada mahasiswa.
5.  Sebagai tambahan pengetahuan mengenai pelayana kepada mahasiswa pada  bagian akademik Fakultas Ekonomi .
E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi pada Bagian Akademik Universitas  Sumatera Utara, Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya  jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1  Tabel 1.1 Jadwal Penulisan Tugas Akhir NO .
KEGIATAN Bulan April 2010 Pada tanggal : 5 April s/d 10 April  12 April s/d 17 April 19 April s/d 24 April 1  Persiapan      2  Pengumpulan Data      3  Penulis Laporan    8  Keterangan:  Pada tahap penyusunan draft Tugas Akhir, dimulai dari pencarian buku – buku  referensi mengenai pengertian pelayanan. Kemudian pada tahap pengumpulan data  dilakukan dengan magang di Fakultas Ekonomi .
Magang dilaksanakan sejak tanggal 5 April 2010 – 24 April 2010 di Fakultas  Ekonomi . Setelah semua informasi dapat dikumpulkan,  penulis kemudian melakukan penyusunan laporan Tugas Akhir.
F.  Sistematika Penulisan  Tugas Akhir ini dibagi dalam 4 bab yang setiap bab nya terdiri dari beberapa  sub bagian.
BAB I : PENDAHULUAN Membahas tentang latar belakang, permasalahan, maksud dan tujuan, dan  rencana penulisan yang terdiri dari jadwal survey / observasi dan rencana isi.
BAB II : PROFIL FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA  UTARA Membahas tentang sejarah ringkas, struktur organisasi dan personalia, job  description, jaringa usaha / kegiatan, kinerja usaha terkini dan rencana  kegiatan.
9  BAB III : TOPIK PENELITIAN Berisikan pembahasan masalah yang terdiri dari pengertian pelayanan,  strategi  layanan, karakteristik pelayanan,  kualitas pelayanan,  pelayanan kepada  mahasiswa pada bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara .
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Membahas mengenai kesimpulan pembahasan, dan saran yang berkaitan  dengan pelayanan pada bagian akademik Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
10   

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi