Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: IMPLEMENTASI JOB DESCRIPTION PADA BAGIAN KEUANGAN FAKULTAS EKONOMI



ix  BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang 
Sejalan dengan memasuki era globalisasi dengan banyaknya perubahan yang  terjadi akhir-akhir ini, kebutuhan terhadap deskripsi pekerjaan(job description) juga  semakin meningkat. Menurut H.Veithzal, deskripsi pekerjaan (Job Description) adalah  suatu informasi tertulis yang menguraikan tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan,  hubungan pekerjaan, dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dalam suatu  oerganisasi. Job descriptionmerupakan output yang dihasilkan dari Job analysis (analisis pekerjaan) yaitu suatu proses penelitian dan pengumpulan informasi untuk  membuat uraian yang berhubungan dengan operasi dan tanggung jawab dari suatu  jabatan tertentu. Intinya, deskripsi pekerjaan merupakan salah satu hasil utama yang  disajikan oleh analisis pekerjaan yang sistematis. Deskripsi pekerjaan dapat diasumsikan  sebagai keseluruhan kajian ringkas informasi pekerjaan dan syarat-syarat pelaksanaannya  sebagai hasil dari analisis, yang biasanya berisi tugas pokok dari uraian tersebut.
Deskripsi pekerjaan tidak membahas masalah orang atau pekerja, tetapi masalah ruang  lingkup kegiatan, fungsi dasar atau tugas pokok, nama pekerjaan, wewenang dan  kewajiban, tanggung jawab, kriteria penilaian dan hasilnya. Job deskription merupakan  sebuah alat koordinasi yang hingga saat ini masih diperlukan oleh manajer puncak untuk  mengkoordinasi bawahannya.
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu perusahaan.
Setiap perusahaan, baik perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah  membutuhkan dan mengedepankan karyawan dengan Sumber Daya Manusia yang   x produktif. Sumber Daya manusia yang produktif dapat tercapai apabila setiap karyawan memiliki kemampuan yang luas, kedisiplinan yang tinggi, pemahaman yang tepat dan  pengetahuan yang jelas akan apa yang harus dikerjakannya serta bagaimana  melaksnakan pekerjaan tersebut sesuai bagian jabatan dan tanggung jawabnya.
Berdasarkan hal tersebut seorang karyawan harus memahami  Job Description  dibidangnya masing – masing, kaarena pemahaman mengenai deskripsi pekerjaan  yang  baik akan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan.
Fakultas Ekonomi  memiliki visi menjadi salah satu  Fakultas Ekonomi terkemuka yang dikenal unggul dan mampu memenuhi kebutuhan  pasar dalam persaingan global. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentu diperlukan  pemahaman tentang uraian tugas (job description) yang baik dan tepat sebagai upaya  untuk menciptakan keteraturan dalam setiap bagiannya. Hal  tersebutlah yang mendorong  penulis untuk melakukan penelitian dengan  judul  “IMPLEMENTASI  JOB  DESCRIPTION PADA BAGIAN KEUANGAN DI FAKULTAS EKONOMI  " B. PerumusanMasalah  Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka permusan  masalah dalam penelitian ini adalah :   xi Bagaimana implementasi job description  pada bagian keuangan fakultas ekonomi  ?  C. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah:  Untuk mengetahui bagaimana implementasi Job Description  pada bagian Keuangan  Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.  Bagi perusahaan a.  Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijaksanaan yang lebih baik  di masa yang akan datang.
b.  Dapat menjadi bahan koreksi dalam rangka perbaikan apabila terdapat kelemahankelemahan dalam menjalankan Job Description di suatu perusahaan.
2.  Bagi penulis a.  Untuk melihat bagaimana implementasi  dari  Job Description  dalam suatu  perusahaan.
b.  Dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai Job Description yang  ada di perusahaan.
c.  sebagai bahan perbandingan dengan teori-teori yang telah dipelajari semasa kuliah.
3.  Bagi pihak lain  xii a.  Diharapkan penelitian ini dapat menjadi ilmu pengetahuan, menambah informasi dan  wawasan bagi para pembaca.
b.  Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pembanding bagi pembaca yang akan  melakukan penelitian mengenai Job Description di masa yang akan datang.
E. Metode Penelitian Dalam mempersiapkan penulisan ini diperlukan data yang terdiri dari ; 1.  Data Primer Data primer adalah sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari  sumber asli (tidak melalui perantara). Data primer secara khusus dikumpulkan  peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data primer dapat berupa opini  subyek (orang) secara individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda  (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil pengujian-pengujian. Data primer diperoleh  dari wawancara yang dilakukan kepada pihak-pihak yang terkait guna memperoleh  data yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi minor ini. Pengamatan dilakukan  dilokasi (dilapangan) dengan cara mengunjungi perusahaan guna meninjau dan  melihat langsung keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti.
2.  Data Sekunder Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak  langsung (melalui perantara media). Data sekunder pada umumnya berupa bukti,  catatan, atau laporan yang telah tersusun dalam arsip perusahaan. Disamping itu  penulis juga menggunakan data lainnya, yaitu :   xiii a.  gambaran umum perusahaan b.  struktur organisasi perusahaan.
F. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di  Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan.  Adapun jadwal  survey/observasi sebagaimana terlihat dalam tabel dibawah ini: Tabel 1.
Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN MINGGU KE 1  2   1  Persiapan      2  Pengumpulan Data             3  Penulisan Laporan G. Sistematika Penulisan Adapun rencana isi dari penulisan ini adalah: Bab I Pendahuluan Menerangkan tentang alasan penulis memilih Job Description sebagai judul dalam  penulisan tugas akhir ini. Menguraikan rumusan masalah, tujuan dan manfaat  penulisan, metode penelitian jadwal survey dan rencana isi penulisan.
Bab II Profil Perusahaan  xiv Menguraikan tentang sejarah singkat instansi/perusahaan, jenis usaha/kegiatan,  struktur organisasi, uraian tugas(job description) kinerja usaha terkini serta rencana  kegiatan.
Bab III Pembahasan Menguraikan implementasi Job Decription  dan pengaruhnya terhadap kinerja  karyawan pada Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi ,  serta melakukan penilaian terhadap Job Description.
Bab IV Kesimpulan dan Saran Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang implementasi Job Descriptionpada  Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi