ix BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejalan
dengan memasuki era globalisasi dengan banyaknya perubahan yang terjadi akhir-akhir ini, kebutuhan terhadap
deskripsi pekerjaan(job description) juga semakin meningkat. Menurut H.Veithzal,
deskripsi pekerjaan (Job Description) adalah suatu informasi tertulis yang menguraikan
tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan pekerjaan, dan aspek-aspek pekerjaan
pada suatu jabatan tertentu dalam suatu oerganisasi.
Job descriptionmerupakan output yang dihasilkan dari Job analysis (analisis
pekerjaan) yaitu suatu proses penelitian dan pengumpulan informasi untuk membuat uraian yang berhubungan dengan operasi
dan tanggung jawab dari suatu jabatan
tertentu. Intinya, deskripsi pekerjaan merupakan salah satu hasil utama yang disajikan oleh analisis pekerjaan yang
sistematis. Deskripsi pekerjaan dapat diasumsikan sebagai keseluruhan kajian ringkas informasi
pekerjaan dan syarat-syarat pelaksanaannya sebagai hasil dari analisis, yang biasanya
berisi tugas pokok dari uraian tersebut.
Deskripsi pekerjaan
tidak membahas masalah orang atau pekerja, tetapi masalah ruang lingkup kegiatan, fungsi dasar atau tugas
pokok, nama pekerjaan, wewenang dan kewajiban,
tanggung jawab, kriteria penilaian dan hasilnya. Job deskription merupakan sebuah alat koordinasi yang hingga saat ini
masih diperlukan oleh manajer puncak untuk mengkoordinasi bawahannya.
Sumber Daya Manusia
(SDM) adalah faktor sentral dalam suatu perusahaan.
Setiap perusahaan,
baik perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah membutuhkan dan mengedepankan karyawan dengan
Sumber Daya Manusia yang x produktif.
Sumber Daya manusia yang produktif dapat tercapai apabila setiap karyawan memiliki
kemampuan yang luas, kedisiplinan yang tinggi, pemahaman yang tepat dan pengetahuan yang jelas akan apa yang harus
dikerjakannya serta bagaimana melaksnakan
pekerjaan tersebut sesuai bagian jabatan dan tanggung jawabnya.
Berdasarkan hal
tersebut seorang karyawan harus memahami
Job Description dibidangnya
masing – masing, kaarena pemahaman mengenai deskripsi pekerjaan yang baik
akan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan.
Fakultas Ekonomi memiliki visi menjadi salah satu Fakultas Ekonomi terkemuka yang dikenal unggul
dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam
persaingan global. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentu diperlukan pemahaman tentang uraian tugas (job
description) yang baik dan tepat sebagai upaya untuk menciptakan keteraturan dalam setiap
bagiannya. Hal tersebutlah yang
mendorong penulis untuk melakukan
penelitian dengan judul “IMPLEMENTASI
JOB DESCRIPTION PADA BAGIAN
KEUANGAN DI FAKULTAS EKONOMI " B.
PerumusanMasalah Berdasarkan latar
belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka permusan masalah dalam penelitian ini adalah : xi Bagaimana implementasi job
description pada bagian keuangan
fakultas ekonomi ? C. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian
ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana
implementasi Job Description pada bagian
Keuangan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat
Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagi perusahaan a. Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam
mengambil kebijaksanaan yang lebih baik di
masa yang akan datang.
b. Dapat menjadi bahan koreksi dalam rangka
perbaikan apabila terdapat kelemahankelemahan dalam menjalankan Job Description
di suatu perusahaan.
2. Bagi penulis a. Untuk melihat bagaimana implementasi dari
Job Description dalam suatu perusahaan.
b. Dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
mengenai Job Description yang ada di
perusahaan.
c. sebagai bahan perbandingan dengan teori-teori
yang telah dipelajari semasa kuliah.
3. Bagi pihak lain xii a.
Diharapkan penelitian ini dapat menjadi ilmu pengetahuan, menambah
informasi dan wawasan bagi para pembaca.
b. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan
pembanding bagi pembaca yang akan melakukan
penelitian mengenai Job Description di masa yang akan datang.
E. Metode
Penelitian Dalam mempersiapkan penulisan ini diperlukan data yang terdiri dari
; 1. Data Primer Data primer adalah
sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui perantara). Data
primer secara khusus dikumpulkan peneliti
untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data primer dapat berupa opini subyek (orang) secara individual atau
kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil
pengujian-pengujian. Data primer diperoleh dari wawancara yang dilakukan kepada
pihak-pihak yang terkait guna memperoleh data yang dibutuhkan dalam penulisan skripsi
minor ini. Pengamatan dilakukan dilokasi
(dilapangan) dengan cara mengunjungi perusahaan guna meninjau dan melihat langsung keadaan yang sebenarnya dari
objek yang diteliti.
2. Data Sekunder Data sekunder merupakan sumber
data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung (melalui perantara media). Data
sekunder pada umumnya berupa bukti, catatan,
atau laporan yang telah tersusun dalam arsip perusahaan. Disamping itu penulis juga menggunakan data lainnya, yaitu :
xiii a.
gambaran umum perusahaan b.
struktur organisasi perusahaan.
F. Jadwal Kegiatan Penelitian
ini dilakukan di Bagian Keuangan
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan.
Adapun jadwal survey/observasi
sebagaimana terlihat dalam tabel dibawah ini: Tabel 1.
Jadwal Kegiatan NO KEGIATAN MINGGU KE 1 2 1
Persiapan 2
Pengumpulan Data 3
Penulisan Laporan G. Sistematika Penulisan Adapun rencana isi dari
penulisan ini adalah: Bab I Pendahuluan Menerangkan tentang alasan penulis
memilih Job Description sebagai judul dalam penulisan tugas akhir ini. Menguraikan rumusan
masalah, tujuan dan manfaat penulisan,
metode penelitian jadwal survey dan rencana isi penulisan.
Bab II Profil
Perusahaan xiv Menguraikan tentang
sejarah singkat instansi/perusahaan, jenis usaha/kegiatan, struktur organisasi, uraian tugas(job
description) kinerja usaha terkini serta rencana kegiatan.
Bab III Pembahasan Menguraikan
implementasi Job Decription dan
pengaruhnya terhadap kinerja karyawan
pada Bagian Keuangan Fakultas Ekonomi , serta
melakukan penilaian terhadap Job Description.
Bab IV Kesimpulan
dan Saran Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang implementasi Job
Descriptionpada Bagian Keuangan Fakultas
Ekonomi .
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi