Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: SISTEM KEARSIPAN PADA BAGIAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah 
Kearsipan merupakan salah satu pekerjaan kantor atau pekerjaan tata  usaha yang banyak dilakukan pada setiap badan usaha, baik di pemerintahan  maupun badan usaha swasta. Kegiatan dalam kearsipan antara lain adalah  menyimpan dan memelihara warkat, arsip, ataupun dokumen penting dengan  baik. Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah administrasi kearsipan.

Kearsipan mempunyai  peranan  penting bagi kelancaran jalannya  suatu organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai sumber pengingat bagi suatu perusahaan. Artinya  arsip mencakup beraneka ragam bahan informasi  yang sangat berguna. Oleh karena itu, sistem kearsipan dalam suatu perusahaan  haruslah dilakukan dengan baik, agar dapat membantu kelancaran aktivitas di  dalam perusahaan atau unit kerja tersebut.
Kearsipan harus dilakukan dengan teliti dan cermat. Menyimpan arsip  harus dilakukan sebaik mungkin agar setiap saat arsip tesebut dapat diambil atau  ditemukan dalam waktu yang  singkat, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan  kembali.  Meskipun kearsipan berperan penting dalam suatu perusahaan atau unit  kerja,  sampai saat ini masih banyak perusahaan yang belum melakukan sistem  atau penataan kearsipan dengan baik. Masih banyak dijumpai arsip yang  bertumpuk di  dalamgudang atau di  meja  kerja seseorangsehingga  arsip  tersebutmudah rusak dan sulit untuk ditemukan kembali. Bahkan banyak orang   yang menganggap remeh pekerjaan tersebut dan menganggapnya mudah untuk  dilakukan. Hal tersebut tidak hanya merugikan kedudukan petugas arsip tetapi  juga mengakibatkan pendangan terhadap pelaksanaan pengelolaan kearsipan  menjadi kurang baik. Keadaan seperti itu, tidak mudah untuk dirubah.
Tergantung dari kebijakan yang diambil oleh pimpinan organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka sudah waktunya untuk memperbaiki  atau meningkatkan pandangan kearsipan dengan perkembangan teknologi  modern seperti sekarang ini.  Teknologi modern telah menciptakan berbagai  perangkat terhadap kegiatan kearsipan.
Oleh karena itu, dalam melaksanakan sistem kearsipan dibutuhkan  teknik dan keterampilan tertentu. Karena data yang akan dihasilkan, diterima,  diproses, dan dibuang tidak terbatas jumlahnya. Untuk itu, dalam melakukan  kegiatan ini harus didukung dengan fasilitas yang baik.
Beberapa faktor yang menyebabkan perusahaan belum melaksanakan  penataan arsip dengan baik antara lain karena kurangnya kesadaran dari para  pegawai, khususnya pimpinan kantor sendiri akan pentingnya penataan arsip  dalam kegiatan administrasi. Dan faktor lain adalah tidak tersedianya tenaga  khusus atau ahli dalam bidang kearsipan.
Atas dasar pemikiran tersebut dan ditambah dengan keinginan penulis  untuk mendalami pengetahuan mengenai sistem kearsipan dalam suatu  perusahaan atau organisasi, maka penulis mengambil judul  “Sistem Kearsipan  Pada Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara”.
 B. Permasalahan Berdasarkan uraian diatas maka perumusan masalah dari tulisan ini  adalah bagaimana Sistem  Kearsipan  pada  bagian  Kemahasiswaan  Fakultas  Ekonomi Universitas  Sumatera  Utara.
C. Tujuan Penelitian  Tujuan penelitian ini  adalah merupakan syarat untuk menyelesaikan  pendidikan  Diploma III  Kesekretariatan Fakultas Ekonomi  Sumatera Utara.
Dan untuk mengetahui secara langsung bagaimana Sistem Kearsipan pada  Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian ini adalah : 1.  Sebagai bahan masukan atau informasi yang berguna pada Bagian  Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara dalam  melaksanakan sstem kearsipan.
2.  Untuk menambah pengetahuan serta wawasan penulis khususnya  mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sistem kearsipan dan sebagai  bahan perbandingan antara teori yang telah di berikan pada masa kuliah  dengan apa  yang dihadapi di organisasi.
3.  Sebagai bahan masukan bagi peneliti lain untuk penyempur naan  penelitian dimasa yang akan datang.
 E.Jadwal Kegiatan  Dalam Penulisan Tugas Akhir, jadwal kegiatan dapat dilihat pada  Tabel 1.1 . Untuk pengumpulan data dan penyusunan laporan tugas akhir ini,  penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl. T.M.
Hanafiah  No. 9 Kampus USU Medan.
Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Nomor Kegiatan  Minggu Ke I  II  III 1  Persiapan      2  Pengumpulan Data     3  Penulisan      √ F. Sistematika Penulisan Tugas akhir ini di bagi atas 4 (empat) bab dan tiap bab dibagi atas  beberapa sub bab antara lain : BAB I   : PENDAHULUAN Bab ini berisikan Latar Belakang Masalah, Perumusan Permasalahan,  Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Jadwal Survei dan Sistematika  Penulisan.
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN  Bab ini berisikan Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Uraian  Tugas, Kegiatan Usaha, Kinerja Usaha terkini, dan Rencana Kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Bab ini berisikan pembahasan tentang penelitian yang dilakukan  penulis pada bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara yang berkaitan dengan pengembangan dan  pemeliharaan kearsipan.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan Kesimpulan berdasarkan pembahasan dan hasil  penelitian yang dilakukan di bagian  Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi  dan beberapa saran yang  bermanfaat dikemudian hari.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi