Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: ISTEM PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI BAGIAN SEKRETARIAT DEKAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang 
Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi komunikasi berkembang  begitu pesat dengan banyak bermunculannya berbagai alat telekomunikasi atau  perhubungan yang canggih, seperti: telepon, seluler, televisi, radio, telegram,  faximile, dan lain sebagainya. Namun masih ada komunikasi tertulis yang tidak  dapat dilupakan keberadaannya, bahkan masih tetap kokoh terpakai seolah tak  bisa tergantikan oleh berbagai peralatan komunikasi yang canggih itu, komunikasi  tertulis tersebut adalah surat.

Menurut Sedarmayanti (2001:162) surat adalah alat komunikasi tertulis  yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan  berita. Surat masih digunakan sampai sekarang karena surat memiliki kelebihan  dibandingkan dengan sarana komunikasi lainnya, kelebihan tersebut karena surat  lebih praktis, efektif, dan ekonomis. Apa yang dikomunikasikan kepada pihak lain  secara tertulis, misalnya berupa pengumuman, pemberitahuan, keterangan, dan  sebagainya akan sampai pada alamat yang dituju sesuai dengan sumber aslinya.
Tidak demikian halnya jika disampaikan secara lisan. Dengan cara tersebut sering  dialami perubahan-perubahan, terutama tentang isinya, mungkin ditambah atau  dikurangi, meskipun mungkin tidak disadari. Selain berfungsi sabagai alat  komunikasi, surat juga berfungsi sebagai pengingat, bahan bukti hitam di atas  putih yang memiliki kekuatan hukum, sumber data, alat pengikat, jaminan, wakil,   alat promosi, dan sekaligus dapat menunjukkan dinamika atau kegiatan hidup  suatu kantor atau organisasi.
Dalam suatu lembaga baik swasta maupun pemerintah dalam melakukan  kegiatannya tidak terlepas dari kegiatan surat-menyurat atau korespondensi, maka  dari itu pada suatu perusahaan atau instansi, kegiatan surat-menyurat harus  mendapatkan perhatian yang sungguh. Mengingat pentingnya peranan surat, maka diperlukan adanya tata cara pengelolaan surat. Dalam suatu instansi/perusahaan,  surat menurut prosedur pengurusannya dibedakan menjadi dua, yaitu surat masuk  dan surat keluar. Menurut Endang, dkk (2006:8) surat masuk adalah surat-surat  yang diterima oleh suatu organisasi/perusahaan yang berasal dari seseorang atau  suatu organisasi, sedangkan surat keluar adalah surat-surat yang dikeluarkan atau  dibuat suatu organisasi/perusahaan untuk dikirimkan kepada pihak lain, baik  perseorangan maupun kelompok.
Sekretaris sebagai salah satu bagian dari kerangka tubuh suatu organisasi,  sangat berpengaruh penting dalam menunjang kelancaran jalannya pengelolaan  surat. Salah satu fungsi dari sekretaris yang dimaksud disini adalah melakukan  korespondensi. Tugas korespondensi ini antara lain menangani surat masuk yang  mencakup akivitas, antara lain mengumpulkan surat masuk, mengklasifikasikan  surat, mengagendakan, dan mendistribusikannya. Sedangkan untuk penanganan  surat keluar mencakup aktivitas antara lain mengkonsep surat, mengetik surat,  pemberian nomor surat, pengesahan surat, mengagendakan, pengekspedisian, dan  pengiriman surat. Disinilah letak pentingnya keberadaan sekretaris dalam   mengelola surat dan menjalankan fungsinya sebagai salah satu urat nadi  kelancaran suatu perusahaan untuk mencapai tujuan suatu organisasi.
Berdasarkan uraian terdahulu, dapat ditarik gambaran bahwa menjalankan  kegiatan surat-menyurat yaitu haruslah dilakukan dengan baik dan benar  berdasarkan kaidah yang telah ditetapkan oleh organisasi maupun perusahaan  sesuai dengan petunjuk pelaksanaan tata laksana surat dan kearsipan. Surat yang  dikoordinasi/dikelola dengan baik akan menbuat perusahaan dapat mencapai  tujuan yang telah direncanakan.
Mengingat pentingnya peranan surat dalam organisasi atau instansi, maka  penulis memilih judul “Sistem Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di  Bagian Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi ”.
B.  Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah “Bagaimana  Sistem Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Bagian Sekretariat Dekan  Fakultas Ekonomi ?”.
C.  Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistempengelolaan  surat masuk dan surat keluar di bagian Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi  .
 D.  Manfaat Penelitian 1.  Bagi Penulis Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan penulis dalam hal  pengelolaan surat khususnya surat masuk dan surat keluar baik secara teori  maupun praktek.
2.  Bagi Fakultas Ekonomi USU Sebagai bahan masukan dan saran yang mungkin berguna untuk  penyempurnaan dalam sistem pengelolaan surat masuk dan surat keluar di  masa yang akan datang.
3.  Bagi Peneliti Selanjutnya Sebagai bahan referensi mengenai sistem pengelolaan surat masuk dan surat  keluar dalam suatu instansi.
E.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi   Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini  dapat dilihat pada Tabel 1.1.
 Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan  No  Kegiatan  Minggu ke I  II  III  IV 1  Persiapan        2  Pengumpulan Data       3  Penulisan        √ Persiapan Tugas Akhir dimulai dari tanggal 6 April 2010, sejak  disetujuinya Judul Tugas Akhir oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi DIII  Kesekretariatan.
Penulis melakukan pengumpulan data yang akan dilaksanakan pada  minggu kedua dan ketiga bulan April 2010. Pada tahap ini Penulis akan  melakukan wawancara dengan Sekretaris Dekan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara mengenai topik yang akan dibahas dan mengumpulkan sebanyak  mungkin data sekunder demi menunjang penulisan Tugas Akhir ini.
Setelah melakukan pengumpulan data, penulis akan memulai penulisan  laporan yang akan dikemas dalam bentuk Tugas Akhir. Dimana dalam  penulisannya Penulis akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing agar penulisan  laporan sesuai dengan judul dan materi pembahasan.
 F.  Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap babnya dibagi atas beberapa  sub bab, antara lain: BAB I:   PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, perumusan masalah,  tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari  jadwal kegiatan dan sistematika penulisan.
BAB II: PROFIL FAKULTAS EKONOMI Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah singkat instansi, struktur  organisasi, uraian tugas, kegiatan usaha, kinerja usaha terkini, dan  rencana kegiatan.
BAB III: PEMBAHASAN Dalam bab ini diuraikan mengenai pengertian surat dan sistem  pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Fakultas Ekonomi  .
BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang sistem pengelolaan surat  masuk dan surat keluar di bagian Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi  .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi