Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: SISTEM PENYIMPANAN, PENGAMANAN DAN PEMELIHARAAN KEARSIPAN PADA BAGIAN KEUANGAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang 
Informasi merupakan sarana penting dalam proses pencapaian tujuan. Arsip  sebagai informasi mempunyai peranan penting dalam pengambilan keputusan  dan  merumuskan kebijaksanaan yang akan diterapkan di dalam sebuah instansi atau  organisasi, karena arsip berfungsi untuk mempermudah dan memperlancar jalannya suatu  organisasi. Selain itu, arsip juga berfungsi sebagai alat ingatan, sumber informasi dan  sebagai alat pengawasan yang diperlukan dalam kegiatan perencanaan, penganalisaan,  pengembangan, perumusan kebijaksanaan, pengambilan keputusan, pembuat laporan,  pertanggung jawaban, penilaian dan pengendalian setepat-tepatnya. Tanpa arsip tidak  mungkin seseorang dapat mengingat segala macam dokumen dan catatan yang begitu  rumit secara lengkap (Widjaja, 2000:7).

 Pada dasarnya keberadaan arsip pada lingkungan perkantoran tidak dapat  dilepaskan dari pelaksanaan kegiatan administrasi khususnya pada bagian Keuangan  karena kearsipan merupakan urat nadi dalam seluruh kegiatan tersebut. Kearsipan yang  teratur dan tertib dapat menjadi alat informasi dan referensi yang membantu lembagalembaga pemerintah dan lembaga-lembaga swasta dalam melancarkan kegiatan  administrasi. Oleh karena itu pengelolaan terhadap arsip harus diterapkan sebaik mungkin  agar setiap saat arsip dapat diambil atau ditemukan kembali dalam waktu yang cepat.
Apabila arsip tidak disimpan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan maka hal ini  dapat menghambat kelancaran pekerjaan administrasi. Oleh karena itu, pengelolaan arsip  membutuhkan tekhnik dan keterampilan khusus karena data yang akan dihasilkan,  diterima, diproses dan dibuang tidak terbatas jumlahnya. Kegiatan kearsipan di instansi   atau organisasi dilaksanakan dengan maksud memberikan pelayanan yang dibutuhkan  oleh instansi atau organisasi dan merupakan suatu aktivitas yang bersifat rutinitas (Lasa  Hs, 2010:9) Efektivitas pengelolaan kearsipan pada suatu instansi atau organisasi dipengaruhi  oleh mental dan fisik pegawai yang bekerja pada unit kearsipan, sarana atau fasilitas yang  digunakan dalam membantu pengelolaan arsip yang tersedia untuk penyimpanan,  pengamanan dan pemeliharaan arsip tersebut. Oleh karena itu perlu mendapat dorongan  untuk dapat bekerja dengan lebih baik sehingga efektivitas pengelolaan kearsipan dapat  tercapai dengan baik pula. Dorongan tersebut adalah berupa pemenuhan kebutuhan  pegawai yaitu dengan pemberian gaji yang baik, jaminan kesejahteraan dan jaminan kerja  (Lasa Hs, 2010:4)  Fungsi arsip sebagai alat ingatan, sumber informasi dan sebagai alat pengawasan  perlu dikelola dengan baik agar dapat memperlancar seluruh dan proses pekerjaan kantor  yang berdayaguna. Untuk dapat melaksanakan tugas ini, pegawai yang bekerja unit  kearsipan bukan hanya ditunjang oleh faktor kemauan terhadap pekerjaan tetapi juga  harus memiliki keterampilan khusus di bidang kearsipan sehingga tujuan yang ingin  dicapai dapat terlaksana dengan baik.
Meskipun kearsipan berperan penting dalam suatu organisasi, tetapi masih  banyak instansi atau organisasi yang belum melakukan penataan arsip dengan baik.
Dalam pelaksanaannya masih banyak dijumpai arsip-arsip yang ditumpukkan di dalam  lemari yang tidak tersusun rapi sehingga sulit untuk ditemukan kembali. Akibat dari hal  ini tentunya kelestarian informasi yang terkandung dalam arsip tersebut tidak dapat  terjamin dan akan lenyap. Maka berdasarkan alasan tersebut penyimpanan, pengamanan   dan pemeliharaan arsip mutlak harus dilaksanakan untuk menjamin kelestarian informasi  yang terkandung dalam arsip tersebut.
Kegiatan-kegiatan di Fakultas Ekonomi  khususnya di  bagian Keuangan juga tidak terlepas dari peran penting kearsipan. Banyak sekali arsip  yang harus diolah dan disimpan, oleh sebab itu perlu diterapkan suatu sitem kearsipan  yang benar. Masalah yang sering dihadapi berkaitan dengan sistem kearsipan yakni  proses pendistribusian yang salah, penyimpanan arsip yang tidak teratur (sembarangan),  tidak terjadwal jangka waktu retensi arsip, proses pemeliharaan yang tidak sesuai  prosedur, dan penyusutan arsip yang tidak terlaksana dengan baik.
Berdasarkan uraian di atas, penulis merasa tetarik untuk mengetahui bagaimana  penataan sistem arsip yang baik pada bagian Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara melalui penulisan laporan tugas akhir yang berjudul  “Sistem  Penyimpanan, Pengamanan dan Pemeliharaan Kearsipan pada Bagian Keuangan  Fakultas Ekonomi ”.
B.  Permasalahan  Berdasarkan latar belakang, maka penulis merumuskan masalah yang menjadi  dasar dalam penyusunan tugas akhir sebagai berikut “Bagaimana Proses Penyimpanan,  Pengamanan dan Pemeliharaan kearsipan pada bagian Keuangan Fakultas Ekonomi  ?” C.  Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.  Tujuan Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah :  a.  Merupakan syarat mutlak untuk dapat menyelesaikan pendidikan Diploma III  Kesekretariatan Fakultas Ekonomi .
b.  Untuk mengetahui bagaimana proses penyimpanan, pengamanan dan  pemeliharaan kearsipan pada bagian Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
2.  Manfaat Adapun manfaat dari penelitian ini adalah : a.  Bagi organisasi, sebagai bahan masukan yang dapat digunakan untuk  penyempurnaan penyimpanan, pengamanan dan pemeliharaan kearsipan pada  bagian Keuangan Fakultas Ekonomi  untuk  memperbaiki sistem kearsipan di masa yang akan datang.
b.  Bagi penulis, menambah pengetahuan dan wawasan di bidang penyimpanan,  pengamanan dan pemeliharaan kearsipan pada bagian Keuangan Fakultas  Ekonomi .
c.  Bagi pihak lain, sebagai bahan acuan dan referensi terhadap objek yang sama  bagi penulis lainnya yang akan melakukan penelitian.
D.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan oleh penulis pada bagian Keuangan Fakultas Ekonomi   pada tanggal 26 Maret 2010 sampai dengan 09 April 2010  dan jadwal kegiatan dapat dilihat pada Tabel 1.1 sebagai berikut:  Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan No Kegiatan  Minggu Ke I  II  III 1  Persiapan      2  Pengumpulan Data     3  Penulisan      √ E.  Sistematika Penulisan Adapun sistematika penulisan dari penulisan tugas akhir ini adalah : BAB I. PENDAHULUAN Bab ini membahas latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat  penelitian, jadwal kegiatan dan sistematika penulisan.
BAB II. PROFIL FAKULTAS EKONOMI Bab ini membahas sejarah ringkas, struktur organisasi, job description, jaringan  usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan pada Fakultas Ekonomi  .
 BAB III. PEMBAHASAN Bab ini menguraikan pengertian arsip, jenis arsip, peranan dan tujuan kearsipan,  alat-alat yang digunakan untuk penyimpanan arsip, sistem penyimpanan, pengamanan  dan pemeliharaan kearsipan serta sistem penyusutan dan pemusnahan arsip pada bagian  Keuangan Fakultas Ekonomi .
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini menyajikan tentang kesimpulan dari penelitian dan saran-saran yang  diajukan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi