BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perusahaan merupakan suatu bentuk organisasi formal dan
merupakan wadah dimana sistem kerja sama
dilakukan dalam melaksanakan berbagai aktifitas sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu
yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Banyak faktor yang
mempengaruhi upaya untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Faktor – faktor tersebut adalah
sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan
tersebut.
Pada setiap
perusahaan, baik pemerintah maupun swasta, dalam rangka mencapai tujuan secara berhasil guna dan
berdaya guna memerlukan adanya pembagian
kerja, pelimpahan wewenang, sampai kepada rincian tugas masingmasing pihak yang
terlibat dalam perusahaan tersebut. Guna mencapai hal tersebut, diperlukan seorang pimpinan yang dapat
memimpin kelompok orang-orang yang tergabung
dalam organisasi agar kegiatan dalam bekerja sama tujuan dapat terarah dan jelas.
Peranan manajemen
perkantoran sangat dibutuhkan oleh semua bentuk organisasi baik perusahaan, instansi
pemerintah ataupun badan usaha lainnya. Dalam manajemen perkantoran, semua pelaksanaan
kegiatan kantor tidak terlepas dari penerapan
fungsi-fungsi manajemen. Tanpa adanya penerapan manajemen perkantoran yang baik, maka tidak mungkin
usaha yang dijalankan oleh badan usaha tersebut
dapat mengalami perkembangan kearah lebih maju lagi.
Oleh karena itu,
semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut manusia untuk bertindak semakin lebih
cepat dan tepat dengan memperhatikan
efisiensi di segala bidang, sebab perkembangan teknologi akan menuntut suatu organisasi harus bekerja secara
operasional.
Sulit sekali bagi
suatu perusahaan untuk mencapai sukses tanpa pelaksanaan manajemen perkantoran secara
efektif. Manajemen perkantoran sangat penting
untuk menunjukkan cara kearah pelaksanaan pekerjaan yang lebih baik.
Mengurangi hambata
– hambatan dan memungkinkan suatu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen
perkantoran adalah proses penyelenggaraan yang dapat melancarkan pelaksanaan tugas pimpinan dari
suatu perusahaan atau instansi pemerintah
sejalan dengan meningkatnya kebutuhan setiap pimpinan akan data – data yang lengkap dan cepat dalam proses
pengambilan keputusan yang dibutuhkan. Dan manajemen perkantoran merupakan urat nadi dari
segala kegiatan di setiap organisasi yang
memiliki peranan yang cukup besar dalam mendukung maju mundurnya suatu perusahaan atau instansi pemerintah.
Pekerjaan kantor
berarti mengumpulkan, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan
keterangan. Pada kenyataannya, pelaksanaan
kegiatan dapat diadakan dengan menggunakan mesin, alat hitung, atau cara lain yang dikerjakan dengan manual,
dengan maksud dan tujuan yang tetap sama yaitu membuat atau menyediakan informasi yang
berguna untuk semua pihak, kegitan ini juga
merupakan hakekat pekerjaan kantor ( Menurut J.C Denyer dalam bukunya “Office Administration” 1974:3).
Luas sempitnya
pekerjaan kantor, berfungsi memberi fasilitas kepada pelaksanaan tugas pokok suatu instansi atau
perusahaan, melayani, dan memudahkan koordinasi
terhadap kegiatan – kegiatan pokok. Pekerjaan kantor itu mempunyai peranan kehidupan dan perkembangan organisasi
sebagai suatu keseluruhan, karena fungsinya
sebagai pusat ingatan, pusat kegiatan, dan sumber dokumen. Dalam menyelenggarakan kegiatan, perlu adanya
pencatatan yang cermat, pengelolaan arsip secara tertib, guna penilaian suatu penyusunan
program perkembangan organisasi lebih
lanjut.
Berdasarkan uraian
tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk memilih judul untuk skripsi minor ini yaitu : PELAKSANAAN MANAJEMEN PERKANTORAN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA.
B. Perumusan
Masalah Mengingat bahwa peranan manajemen perkantoran adalah suatu peranan yang luas dan dibutuhkan dalam mencapai tujuan
perusahaan agar dapat mengalami perkembangan
kearah yang lebih maju, maka penulis akan membatasi pokok yang akan dibahas agar tidak terjadi penyimpangan.
Adapun masalah yang akan dibahas penulis
adalah “ Bagaimana Pelaksanaan Manajemen
Perkantoran pada Fakultas Ekonomi ”.
C. Tujuan
Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen perkantoran pada Fakultas Ekonomi dalam usaha
mencapai tujuan perusahaan.
D. Manfaat
Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagi perusahaan a. Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam
mengambil kebijaksanaan yang lebih baik
di masa yang akan datang.
b. Dapat menjadi bahan koreksi dalam rangka
perbaikan apabila terdapat kelemahan-kelemahan
dalam menjalankan kegiatan pelaksanaan manajemen perkantoran
di suatu perusahaan.
2. Bagi penulis a. Untuk dapat melihat peranan dari pelaksanaan
manajemen perkantoran dalam suatu
perusahaan.
b.
Dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang manajemen perkantoran yang ada di perusahaan dan
merupakan alat/bahan untuk membandingkannya
dengan teori-teori yang telah dipelajari semasa kuliah 3. Bagi pihak lain a. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi ilmu
pengetahuan, menambah informasi dan
wawasan bagi para pembaca.
b. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan
pembanding bagi pembaca yang akan
melakukan penelitian mengenai manajemen perkantoran di masa yang akan datang.
E. Jadwal Kegiatan Penelitian
ini dilakukan di Bagian Fakultas Ekonomi
Universitas Sumatera Utara Jl. T. M.
Hanafiah Kampus USU Medan. Penelitian dilakukan mulai tanggal 10 april sampai dengan . Adapun jadwal
survey/observasi sebagaimana terlihat dalam tabel dibawah ini: Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1 Persiapan
2
Pengumpulan Data 3
Penulisan Laporan F.
Sistematika Penulisan Adapun rencana isi dari penulisan ini adalah: Bab
I Pendahuluan Menerangkan tentang alasan penulis memilih pelaksanaan manajemen perkantoran sebagai judul dalam penulisan
tugas akhir ini. Menguraikan rumusan
masalah, tujuan dan manfaat penulisan, jadwal survey dan rencana isi penulisan.
Bab II Profil
Perusahaan Menguraikan tentang sejarah singkat instansi/perusahaan, jenis
usaha/kegiatan, struktur organisasi,
uraian tugas manajemen perkantoran, kinerja organisasi serta rencana kegiatan.
Bab III Pembahasan Menguraikan
peranan pelaksanaan manajemen perkantoran dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada Fakultas
Ekonomi , serta melakukan penilaian
terhadap kegiatan manajemen perkantorannya.
Bab IV Kesimpulan
dan Saran Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang peranan pelaksanaan
manajemen perkantoran pada Fakultas
Ekonomi Univesitas Sumatera Utara.
Download
lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi