Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PELAKSANAAN MANAJEMEN PERKANTORAN PADA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
Perusahaan merupakan suatu bentuk organisasi formal dan merupakan  wadah dimana sistem kerja sama dilakukan dalam melaksanakan berbagai aktifitas  sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Banyak faktor yang mempengaruhi upaya untuk mencapai tujuan dari suatu  perusahaan. Faktor – faktor tersebut adalah sumber daya yang dimiliki oleh  perusahaan tersebut.

Pada setiap perusahaan, baik pemerintah maupun swasta, dalam rangka  mencapai tujuan secara berhasil guna dan berdaya guna memerlukan adanya  pembagian kerja, pelimpahan wewenang, sampai kepada rincian tugas masingmasing pihak yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Guna mencapai hal tersebut,  diperlukan seorang pimpinan yang dapat memimpin kelompok orang-orang yang  tergabung dalam organisasi agar kegiatan dalam bekerja sama tujuan dapat terarah  dan jelas.
Peranan manajemen perkantoran sangat dibutuhkan oleh semua bentuk  organisasi baik perusahaan, instansi pemerintah ataupun badan usaha lainnya. Dalam  manajemen perkantoran, semua pelaksanaan kegiatan kantor tidak terlepas dari  penerapan fungsi-fungsi manajemen. Tanpa adanya penerapan manajemen   perkantoran yang baik, maka tidak mungkin usaha yang dijalankan oleh badan usaha  tersebut dapat mengalami perkembangan kearah lebih maju lagi.
Oleh karena itu, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,  menuntut manusia untuk bertindak semakin lebih cepat dan tepat dengan  memperhatikan efisiensi di segala bidang, sebab perkembangan teknologi akan  menuntut suatu organisasi harus bekerja secara operasional.
Sulit sekali bagi suatu perusahaan untuk mencapai sukses tanpa  pelaksanaan manajemen perkantoran secara efektif. Manajemen perkantoran sangat  penting untuk menunjukkan cara kearah pelaksanaan pekerjaan yang lebih baik.
Mengurangi hambata – hambatan dan memungkinkan suatu perusahaan mencapai  tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen perkantoran adalah proses penyelenggaraan yang dapat  melancarkan pelaksanaan tugas pimpinan dari suatu perusahaan atau instansi  pemerintah sejalan dengan meningkatnya kebutuhan setiap pimpinan akan data – data  yang lengkap dan cepat dalam proses pengambilan keputusan yang dibutuhkan. Dan  manajemen perkantoran merupakan urat nadi dari segala kegiatan di setiap organisasi  yang memiliki peranan yang cukup besar dalam mendukung maju mundurnya suatu  perusahaan atau instansi pemerintah.
Pekerjaan kantor berarti mengumpulkan, mencatat, mengolah,  menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan. Pada kenyataannya,  pelaksanaan kegiatan dapat diadakan dengan menggunakan mesin, alat hitung, atau  cara lain yang dikerjakan dengan manual, dengan maksud dan tujuan yang tetap sama   yaitu membuat atau menyediakan informasi yang berguna untuk semua pihak, kegitan  ini juga merupakan hakekat pekerjaan kantor ( Menurut J.C Denyer dalam bukunya  “Office Administration” 1974:3).
Luas sempitnya pekerjaan kantor, berfungsi memberi fasilitas kepada  pelaksanaan tugas pokok suatu instansi atau perusahaan, melayani, dan memudahkan  koordinasi terhadap kegiatan – kegiatan pokok. Pekerjaan kantor itu mempunyai  peranan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan, karena  fungsinya sebagai pusat ingatan, pusat kegiatan, dan sumber dokumen. Dalam  menyelenggarakan kegiatan, perlu adanya pencatatan yang cermat, pengelolaan arsip  secara tertib, guna penilaian suatu penyusunan program perkembangan organisasi  lebih lanjut.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk memilih  judul untuk skripsi minor ini yaitu :  PELAKSANAAN MANAJEMEN  PERKANTORAN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS  SUMATERA UTARA.
B. Perumusan Masalah Mengingat bahwa peranan manajemen perkantoran adalah suatu peranan  yang luas dan dibutuhkan dalam mencapai tujuan perusahaan agar dapat mengalami  perkembangan kearah yang lebih maju, maka penulis akan membatasi pokok yang  akan dibahas agar tidak terjadi penyimpangan. Adapun masalah yang akan dibahas   penulis adalah  “ Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Perkantoran pada  Fakultas Ekonomi  ”.
C. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan  manajemen perkantoran pada Fakultas Ekonomi  dalam  usaha mencapai tujuan perusahaan.
D. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.  Bagi perusahaan a.  Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijaksanaan yang  lebih baik di masa yang akan datang.
b.  Dapat menjadi bahan koreksi dalam rangka perbaikan apabila terdapat  kelemahan-kelemahan dalam menjalankan kegiatan pelaksanaan manajemen  perkantoran  di suatu perusahaan.
2.  Bagi penulis a.  Untuk dapat melihat peranan dari pelaksanaan manajemen perkantoran dalam  suatu perusahaan.
 b.  Dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang  manajemen  perkantoran yang ada di perusahaan dan merupakan alat/bahan untuk  membandingkannya dengan teori-teori yang telah dipelajari semasa kuliah 3.  Bagi pihak lain a.  Diharapkan penelitian ini dapat menjadi ilmu pengetahuan, menambah  informasi dan wawasan bagi para pembaca.
b.  Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan pembanding bagi pembaca  yang akan melakukan penelitian mengenai manajemen perkantoran di masa  yang akan datang.
E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Bagian  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Penelitian dilakukan mulai tanggal 10  april sampai dengan . Adapun jadwal survey/observasi sebagaimana terlihat dalam  tabel dibawah ini: Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN MINGGU KE 1  2  3 1  Persiapan   2  Pengumpulan Data             3  Penulisan Laporan          F.  Sistematika Penulisan Adapun rencana isi dari penulisan ini adalah: Bab I Pendahuluan Menerangkan tentang alasan penulis memilih  pelaksanaan manajemen  perkantoran sebagai judul dalam penulisan tugas akhir ini. Menguraikan  rumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, jadwal survey dan rencana isi  penulisan.
Bab II Profil Perusahaan Menguraikan tentang sejarah singkat instansi/perusahaan, jenis usaha/kegiatan,  struktur organisasi, uraian tugas manajemen perkantoran, kinerja organisasi serta  rencana kegiatan.
Bab III Pembahasan Menguraikan peranan pelaksanaan manajemen perkantoran dan pengaruhnya  terhadap kinerja karyawan pada Fakultas Ekonomi ,  serta melakukan penilaian terhadap kegiatan manajemen perkantorannya.
Bab IV Kesimpulan dan Saran Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang peranan pelaksanaan manajemen  perkantoran pada Fakultas Ekonomi Univesitas Sumatera Utara.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi