Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PELAKSANAAN AZAS - AZAS EFISIENSI PEKERJAAN KANTOR OLEH PEGAWAI/ STAF PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
 Dalam setiap organisasi, baik pemerintah maupun swasta untuk mencapai  tujuan yang telah ditentukan, secara keseluruhan akan memerlukan pekerjaan  kantor yang tertib, rapi dan lancar.  Salah satu prasarana yang tidak kalah  pentingnya dengan prasarana lainnya, adalah terdapatnya suatu perkantoran yang  mampu menyediakan informasi yang benar, berdasarkan fakta dan dibutuhkan  oleh pimpinan dalam rangka pimpinan mengatur dan mengendalikan pekerjaan  para pegawai/ staff dengan baik. Menurut Sedarmayanti (2001:2), kantor adalah  proses menangani informasi, mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah,  menyimpan, sampai menyalurkan/ mendistribusikan informasi”.  Artinya  manajemen perkantoran tidak mungkin dapat berjalan dengan baik apabila tidak  didukung dengan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan  perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakan agar mencapai  tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu. Kebenaran fundamental tersebut  bisa terlupakan oleh kita, akibat banyaknya perhatian yang kita berikan kepada  komputer, alat-alat perkantoran otomatis, masin-mesin, teori-teori baru mengenai  manajemen perkantoran, analisa sistematis, dan dekorasi perkantoran.

Begitu juga dengan efisiensi pekerjaan dan azas-azas yang terdapat  didalamnya, hal ini juga sangat penting untuk pelaksanaan aktivitaas perkantoran.
Menurut Terry (1971:15), efisiensi pekerjaan kantor adalah penggunaan common  sense secara terorganisir untuk menemukan cara-cara lebih baik guna meniadakan   pemborosan apapun juga termasuk pemborosan waktu, energi, ruangan, bahan,  alat-alat dan sebagainya. Sedangkan azas-azas efisiensi pekerjaan kantor adalah  azas-azas yang mempengaruhi perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil  yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan  waktu yang dipergunakan (input). Perbandingan waktu, energi, bahan antara  output dan input ini dapat dilihat dari 2 segi, yaitu dari segi usaha dan segi hasil.
Dilihat dari segi usaha, suatu kegiatan dapat dikatakan efisiensi apabila suatu hasil  tertentu dapat dicapai dengan usaha yang kecil atau sedikit. Usaha pikiran, tenaga,  waktu, ruang, termasuk uang. Dilihat dari segi hasil, suatu kegiatan dikatakan  efisien apabila dengan suatu usaha tertentu memberikan hasil yang banyak.
Menurut Haryadi (2009:114), azas-azas efisiensi pekerjaan kantor terbagi  menjadi 5 yaitu, azas perencanaan, azas penyederhanaan, azas penghematan, azas  penghapusan, dan azas penggabungan. Azas perencanaan adalah menggambarkan  mengenai tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Azas penyederhanaan adalah membuat suatu system yang ruwet atau pekerjaan  yang sukar menjadi lebih mudah/ ringan. Azas penghematan adalah mencegah  pemakaian bahan atau benda secara berlebihan sehingga biaya pekerjaan tersebut  tidak menjadi mahal. Azas penghapusan adalah meniadakan kegiatan dalam  melaksanakan suatu pekerjaan yang dianggap kurang perlu atau tidak  berhubungan dengan hasil kerja yang ingin dicapai. Azas penggabungan adalah  mempersatukan pekerjaan-pekerjaan yang memiliki persamaan atau bahan-bahan  yang dapat dikerjakan sekaligus dalam satu langkah, sehingga dapat menghemat  waktu kerja.
 Bekerja dengan efisien adalah bekerja dengan gerakan, usaha, waktu, dan  kelelahan yang sedikit mungkin. Adapun syarat dapat dicapainya efisiensi adalah  berhasil guna atau efektif, ekonomis, pelaksanaan kerja yang dapat  dipertanggungjawabkan pembagian kerja yang nyata, rasionalitas wewenang dan  tanggung jawab, prosedur kerja yang praktis, dapat dikerjakan dan dapat  dilaksanakan. Titik berat primer, dalam hal mengevaluasi sesuatu prosedur adalah  dicapainya sasaran secara efektif dan efisien.
Azas-azas efisiensi pekerjaan kantor merupakan proses dan hasil-hasil efektif  yang dicapai dari usaha untuk mencari yang lebih baik dan lebih mudah untuk  melaksanakan pekerjaan. Proses tersebut terdiri dari mengetahui adanya  kebutuhan atau masalah yang terjadi, memisah-misahkan pekerjaan dalam  elemen-elemennya, menyelesaikan elemen-elemen tersebut untuk menentukan  solusinya, mengembangkan cara baru untuk melaksanakan pekerjaan, menerapkan  dan mengembangkan metode baru untuk menyelesaikan aktivitas perkantoran.
Efisiensi pekerjaan dapat diterapkan terhadap suatu prosedur, metode, formulir,  pengaturan mesin atau alat-alat kantor.
Dengan latar belakang pemikiran yang sedemikian ditambah dengan  keinginan penulis untuk mendalami pengetahuan mengenai masalah azas-azas  efisiensi pekerjaan kantor, maka dari itu penulis memilih judul mengenai  “Pelaksanaan azas – azas efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/ staf pada  bagian Akademik Fakultas Ekonomi ”.
 B.  Perumusan Masalah Adapun rumusan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah “bagaimanakah  pelaksanaan azas-azas efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/ staf pada bagian  Akademik Fakultas Ekonomi ?” C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan  azas-azas efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/ staf pada bagian Akademik  Fakultas Ekonomi Universias Sumatera Utara.
Manfaat penulisan antara lain:  1.  Bagi Fakultas Ekonomi USU  Hasil Tugas Akhir ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan bahan  pertimbangan bagi Fakultas Ekonomi USU yang mungkin berguna untuk  mendukung kelancaran dalam bidang efisiensi pekerjaan kantor . Khususnya  mengenai pelaksanaan azas-azas efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/ staf pada bagian akademik Fakultas Ekonomi USU.
2.  Pihak yang berkepentingan Sebagai bahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi setiap  pembacanya.
3.  Bagi Penulis Sebagai dasar pemahaman lebih lanjut dari teori-teori manajemen perkantoran  yang diterima penulis selama perkuliahan.
 D. Jadwal Kegiatan Jadwal kegiatan ini terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan dimulai dari  pengajuan judul, pelaksanaan survey/meminta data, pelaksanaan bimbingan untuk  pengolahan data dan pelaporan bimbingan untuk penulisan tugas akhir. Untuk  lebih jelasnya dapat dilihat di table 1.1 berikut ini : Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir NO  KEGIATAN BULAN APRIL  MEI  JUNI 1  2  3  4  1  2  3  4  1  2  3  4 1.  Persiapan                        2.  Pengumpulan Data                        3  Penulisan Laporan                        Persiapan Tugas Akhir dimulai dari tanggal 16 April 2010, sejak disetujuinya  Judul Tugas Akhir oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi DIII Kesekretariatan.
Pada tahap pengumpulan data, Penulis melakukan observasi yang akan  dilaksanakan pada minggu pertama dan kedua bulan Mei 2010. Penulis akan  melakukan wawancara dengan Kasub  Akademik dan para pegawai bagian  Akademik Fakultas Ekonomi  mengenai topik yang  akan dibahas dan mengumpulkan sebanyak mungkin data sekunder demi  menunjang penulisan Tugas Akhir ini. Setelah melakukan observasi, penulis akan  memulai penulisan laporan yang akan dikemas dalam bentuk Tugas Akhir.
Dimana dalam penulisannya Penulis akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing  agar penulisan laporan sesuai dengan judul dan materi pembahasan.
 E.  Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah  maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4) bab,  yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting  dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar  penulisan Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya  adalah sebagai berikut : BAB 1 : PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri  dari jadwal  survey/observasi dan sistematika penulisan.
BAB 2 : PROFIL INSTANSI  Dalam bab ini diuraikan tentang sejarah singkat instansi, struktur organisasi  dan personalia, job description, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan  Fakultas Ekonomi .
BAB 3 : PEMBAHASAN Dalam bab ini diuraikan mengenai pengertian, fungsi, tujuan dan manfaat  pelaksanaan azas-azas efisiensi kantoroleh pegawai/ staf pada bagian Akademik  Fakultas Ekonomi .
BAB 4 : PENUTUP Dalam bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang pelaksanaan azas-azas  efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/ staf pada bagian akademik pada Fakultas  Ekonomi .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi