Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN KEDISIPLINAN KERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PADA KANTOR TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang 
Untuk mencapai tujuan suatu organisasi, diperlukan adanya para pegawai yang memiliki disiplin yang fungsi kedisiplinan sebagai salah satu unsur penting  dalam suatu organisasi. Kedisiplinan sangat penting dalam peningkatan kinerja  seseorang, sebab dengan disiplin maka semua tugas akan dapat selesai dengan  baik dan tepat waktu.

Menurut Fathoni (2006: 172) Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan  seseorang menaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang  berlaku. Jadi kedisiplinan dapat diartikan bilamana pegawai datang dan pulang  tepat waktunya, mengerjakan semua pekerjaannya dengan baik, mematuhi semua  peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku. Kedisiplinan harus  ditegakkan dalam suatu organisasi karena tanpa dukungan disiplin pegawai yang  baik, maka sulit bagi organisasi untuk mewujudkan tujuannya. Jadi kedisiplinan  adalah kunci keberhasilan suatu organisasi mencapai tujuan.
Menurut Helmi (2006) Disiplin kerja adalah disiplin terhadap waktu kerja,  dan disiplin dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan dalam organisasi.
Dengan adanya kesadaran yang tinggi dalam melaksanakan aturan-aturan  organisasi yang diwujudkan dalam disiplin kerja yang tinggi, maka prestasi kerja  juga akan meningkat.
 Memelihara dan meningkatkan kedisiplinan yang baik adalah hal yang  sulit, karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara  lain tujuan dan kemampuannya, teladan pimpinan, balas jasa (gaji dan  kesejahteraan), keadilan, pengawasan melekat, sanksi hukum, ketegasan,  peraturan, dan hubungan kemanusiaan. Jadi sangat jelas kontrol dari atasan  merupakan salah satu faktor dalam menciptakan disiplin kerja pegawai pada suatu  organisasi.
Pegawai memegang peranan penting dalam suatu organisasi,  tanpa  bantuan dan peran para pegawai, program kerja yang telah ditetapkan tidak dapat  terlaksana secara efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu kerja sama yang  terkoordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya  agar dapat benar-benar terlaksana Salah satu organisasi di bidang pendidikan adalah Fakultas Ekonomi USU  mempunyai beberapa tujuan.  Tujuan itu antara lain menghasilkan lulusan yang  berkualitas dan mampu bersaing serta menyesuaikan diri terhadap perkembangan  nasional dan internasional, menjadi lembaga yang berkemampuan melaksanakan  penelitian-penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan responsive terhadap  perkembangan/perubahan. Tujuan organisasi  dapat dicapai apabila manajemen  mampu mengelola, menggerakkan dan menggunakan sumber daya manusia yang  dimilikinya secara efektif dan efisien. Pegawai adalah faktor penting dalam setiap  organisasi baik dalam pemerintah maupun swasta, karena hidup matinya  organisasi semata-mata tergantung pada pegawai.
 Pegawai sebagai pelaku utama pada kegiatan suatu organisasi. Pegawai merupakan faktor penentu dalam pencapaian tujuan instansi secara efektif dan  efisien. Pegawai  merupakan penggerak dan penentu yang mengatur jalannya  organisasi.
Menurut Waworuntu (1991: 8) Organisasi adalah pola hubungan yang  terjadi atau berlangsung antara manusia yang berada di dalam organisasi itu  disebabkan karena adanya kesamaan seperti kepentingan, perasaan, tugas, dan  pekerjaan serta kegemaran.
Organisasi mempunyai peraturan  dan aturan  permainan yang telah disepakati  bersama, sebab pelanggaran terhadap peraturan yang telah dibuat haruslah  dikenakan tindakan pendisiplinan. Untuk menerapkan peraturan-peraturan  tersebut diperlukan adanya peraturan disiplin yang memuat pokok-pokok  kewajiban, larangan, dan sanksi apabila tidak ditaati atau larangan tersebut  dilanggar.
Untuk menjalankan  kedisiplinan pegawai  tidak cukup hanya dengan  mempertajam pengenaan sanksi atau ancaman saja, tetapi perlu disertai dengan  perbaikan tingkat kesejahteraan pegawai. Selain penegakan disiplin kerja untuk  peningkatan prestasi kerja pegawai juga dapat ditentukan oleh faktor-faktor lain  seperti melaksanakan pekerjaan dengan baik. Jadi peran pimpinan dalam hal ini  sangat dibutuhkan untuk mempengaruhi perilaku anggota organisasi yang dalam  ini adalah pegawai Fakultas Ekonomi USU.
Pimpinan harus dapat memberikan contoh yang baik yang menyangkut disiplin  kerja kepada  pegawai, sehingga  pegawai dapat menerapkan dalam pekerjaan   mereka masing-masing. Pimpinan yang mempunyai tingkat kedisiplinan yang  tinggi akan lebih mudah menerapkan kedisiplinan tersebut kepada pegawainya.
Dari uraian ini  jelas bahwa kedisiplinan itu sangat penting, fungsi  kedisiplinan merupakan kebijaksanaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan  prestasi kerja pegawai. Maka dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya arti  kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik dengan judul “Peranan  Kedisiplinan Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pada  Kantor Tata Usaha Fakultas Ekonomi ”.
B.  Perumusan Masalah Dari pemikiran-pemikiran yang telah diuraikan di atas, maka penulis  tertarik dan ingin mengetahui “Bagaimana Peranan Kedisiplinan Kerja Pegawai Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kantor Tata Usaha Fakultas Ekonomi   Dapat Meningkatkan Prestasi Kerja”.
C.  Tujuan Penelitian Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui peranan  kedisiplinan kerja pegawai dalam meningkatkan prestasi kerja pada Kantor Tata  Usaha Fakultas Ekonomi .
 D.  Manfaat Penelitian Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis lakukan  adalah : 1.  Bagi Fakultas Ekonomi Sebagai bahan masukan dalam membantu kegiatan formal kedisiplinan kerja  pegawai sehingga dapat berperan terhadap prestasi kerja.
2.  Bagi Penulis Menambah pengetahuan penulis tentang pelaksanaan kedisiplinan dan  pentingnya kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi kerja.
3.  Bagi pihak Lain Sebagai sumbangan penikiran bagi penulis lain yang ingin mendalami fungsi  kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi kerja.
E.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi   Jl. T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini  dapat dilihat pada Table 1.1.
Table 1.1 Jadwal Kegiatan NO.  KEGIATAN MINGGU KE 1  2 , 3  4 1.  Persiapan      2.  Pengumpulan Dan  Analisa Data 3.  Penulisan Laporan     Dalam kegiatan Pengumpulan Data, Penulis melakukan riset selama beberapa  minggu mulai tanggal 18 Maret s/d 7 April 2010 di kantor tata usaha Fakultas  Ekonomi .
F.  Sistematika Penulisan Secara garis besar pembahasan yang dilakukan dibagai atas empat bab,  dimana setiap babnya dibagai atas beberapa sub bab sesuai dengan  pembahasannya.
BAB I    : PENDAHULUAN Dalam Bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan  penelitian, manfaat penelitian,  dan rencana yang terdiri dari jadwal survey/  observasi dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah ringkas instansi, struktur  organisasi, uraian tugas, kegiatan usaha, kinerja usaha terkini, dan rencana  kegiatan.
BAB III :  PEMBAHASAN Dalam Bab ini diuraikan mengenai pengertian kedisiplinan, peranan  kedisiplinan terhadap kerja pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara.
BAB IV :  PENUTUP Bab ini merupakan bab yang terakhir dari penulisan tugas akhir ini.
Penulis akan memberikan kesimpulan yang didasarkan dari penjelasan bab   terdahulu dan mencoba memberikan saran. Saran yang diharapkan dapat  memberikan masukan yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara dimasa mendatang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi