Kamis, 03 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PELAKSANAAN SISTEM KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN FAKULTAS EKONOMI




BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dewasa  ini menimbulkan pengaruh terhadap seluruh aktivitas yang dilakukan oleh setiap  instansi, baik instansi pemerintahan maupun swasta. Keduanya sangat  memerlukan informasi dengan cepat, tepat dan dapat dipercaya agar dapat  mendukung pelaksanaan aktivitasnya.


Salah satu informasi yang sangat penting bagi organisasi atau instansi  adalah rekaman dari setiap kegiatan yang dilakukan. Rekaman tersebut disimpan  menjadi arsip yang diolah dan diatur pada suatu unit kerja yang dikenal dengan  unit kearsipan. Unit kearsipan adalah unit yang melaksanakan tugas pengarahan  dan pengendalian terhadap arsip aktif, penyimpanan dan pengelolaan terhadap  arsip-arsip yang berasal dari unit pengolah (Wursanto, 1991 : 216).
Arsip merupakan salah satu produk dari pekerjaan kantor atau pekerjaan  tata usaha yang banyak dilakukan oleh unit pengolah pada setiap badan usaha.
Kearsipan menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan penyimpanan warkat  atau surat-surat dan dokumen-dokumen kantor lainnya. Kegiatan yang  berhubungan dengan penyimpanan warkat, surat-surat dan dokumen-dokumen  inilah yang selanjutnya disebut  Kearsipan  (Wursanto, 2004 : 11).Kearsipan  mempunyai peranan  yang sangat penting bagi kelancaran jalannya suatu  organisasi yaitu sebagai pusat ingatan, sumber informasi dalam rangka melakukan  kegiatan perencanaan, analisa, perumusan kebijaksanaan, pengambilan keputusan,   pembuatan laporan, penilaian, pengendalian dan pertanggung jawaban dengan  setepat-tepatnya.
Menurut Gie (2001 : 217-218), arsip dapat dirumuskan sebagai warkatwarkat dari suatu badan pemerintah atau swasta yang diputuskan sebagai  dokumen berharga untuk diawetkan secara tetap guna keperluan mencari  keterangan dan penelitian dan disimpan atau telah dipilih untuk disimpan pada  suatu badan kearsipan. Arsip yang disimpan dengan tertib dan teratur akan sangat  menunjang kecepatan dan ketepatan penyajian informasi yang dibutuhkan baik  oleh individu maupun kelompok organisasi sehingga dapat membantu semua  pihak dalam rangka melancarkan penyelesaian tugas guna mencapai tujuan yang  telah ditentukan.
Meskipun sistem kearsipan mempunyai peranan yang sangat penting,  namun pada prakteknya masih banyak organisasi atau instansi yang tidak  melakukan penataan arsip dengan baik, sehingga arsip mudah rusak dan sulit  ditemukan kembali apabila sewaktu-waktu diperlukan. Oleh karena kelengkapan,  kecepatan dan ketepatan informasi yang disajikan berpengaruh terhadap  pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pimpinan, maka dari itu masalahmasalah mengenai arsip perlu dipahami sebaik mungkin.
Setiap kegiatan yang ada dalam suatu organisasi, baik dalam instansi  pemerintah maupun instansi swasta selalu ada kaitannya dengan masalah penataan  arsip dan karenanya perlu diselenggarakan sebaik-baiknya bahan keterangan  diwaktu yang akan datang. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa kunci pokok dari  suatu organisasi kantor terletak pada penyelenggaraan arsip yang sederhana,   efektif dan efisien. Di katakan efisien apabila suatu yang di butuhkan sesuai yang  diharapkan dengan cepat dan tepat.
Bagian kepegawaian di Fakultas Ekonomi   adalah salah satu unit kerja yang mempunyai kewenangan untuk melaksanakan  usaha-usaha penyediaan data dan informasi yang berkaitan dengan kepegawaian  atau kepangkatan yang dibutuhkan oleh dosen dan pegawai-pegawai di  lingkungan Fakultas Ekonomi . Data dan informasi  mengenai kepegawaian atau kepangkatan tersebut harus benar-benar dikelola  dengan baik oleh pegawai kearsipan di bagian kepegawaian sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja pegawai.Bagian kepegawaian tersebut merupakan  salah satu unit pendukung seluruh kegiatan akademik dalam pelayanan data dan  informasi kepegawaian atau kepangkatan, guna pengambilan keputusan terhadap  rencana yang akan datang.
Dengan alasan tersebut di atas, timbul keinginan Penulis untuk memilih  judul  “PELAKSANAAN SISTEM KEARSIPAN  DALAM  MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN FAKULTAS EKONOMI ”  dalam  penyusunan Tugas Akhir ini.
B. Perumusan Masalah Tidak semua bagian dapat menghasilkan pelaksanaan sistem kearsipan  secara efektif dan efisien. Sehingga bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi   harus memilih sistem pengolahan arsip yang paling  sesuai untuk diterapkan.
 Membahas pengelolaan kearsipan secara keseluruhan merupakan hal yang  sangat luas cakupannya. Oleh karena itu, Penulis merasa perlu untuk membatasi  pokok permasalahan.
Berdasarkan latar belakang yang telah dibicarakan, maka masalah yang  menjadi perhatian utama dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah : bagaimana  pelaksanaan sistem kearsipan dalam meningkatkan efisiensi kerja pada bagian  Kepegawaian Fakultas Ekonomi USU ? C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian yang dilakukan di bagian kepegawaian Fakultas  Ekonomi USU Medan adalah : untuk mengetahui pelaksanaan sistem kearsipan  yang dilaksanakan di bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU.
D. Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian di bagian kepegawaian  Fakultas Ekonomi USU adalah sebagai berikut : 1. Bagi Penulis  Dapat menambah dan memperluas wawasan tentang Sistem Kearsipan secara  nyata (aplikasinya dalam pekerjaan).
2. Bagi Bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi USU Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang  mungkin berguna dalam meningkatkan maupun memperlancar kegiatan  kearsipan agar terorganisir dengan baik.
 3. Bagi Peneliti Lain Bermanfaat sebagai bahan masukan dan referensi terhadap obek yang sama.
E. Jadwal Kegiatan  Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi   Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal  kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1.
Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Tugas Akhir No.  Kegiatan  Minggu Ke -  I 25 s/d  30 II 1 s/d 6 III 8 s/d 13 IV 15 s/d 20 1.  Penyusunan Draft  Tugas Akhir 2.  Pengumpulan Data        3.  Penyusunan Laporan  Tugas Akhir Dalam kegiatan pengumpulan data, dilakukan penelitian selama tiga  minggu mulai tanggal 1 November  s/d  13 November 2010 di Bagian  Kepegawaian Fakultas Ekonomi .
 F. Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub  bab antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, dijelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini, dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU,  struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini,  dan rencana kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam  bab ini, dijelaskan tentang pengorganisasian, pengelolaan,  pemeliharaan, perawatan, pengamanan, penyusutan dan pemusnahan arsip.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini, dijelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian  yang dilakukan di bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU, dan saran  Penulis bagi bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar  Pustaka yang mencantumkan semua referensi yang digunakan.
 
Download lengkap Versi Word


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi