BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan informasi dewasa
ini, maka peranan komunikasi juga
dirasakan semakin penting. Informasi sebagai produk dari komunikasi akan sangat bermanfaat
dalam pelaksanaan kerja bagi anggota
perusahaan secara keseluruhan. Suatu komunikasi yang baik dan lancar akan menghasilkan arus informasi yang baik
untuk kebutuhan para atasan dan karyawan.
Sehingga tujuan organisasi/kantor dapat tercapai.
Komunikasi akan
berhasil apabila pengirim pesan dan penerima pesan besama-sama mencapai pengertian dan kesimpulan
yang sama sesuai dengan yang dimaksudkan,
tentang apa yang sebenarnya yang diinformasikan. Untuk itu sangat diperlukan keterampilan dalam pemakaian
bentuk-bentuk komunikasi dalam suatu perusahaan
demi kelancaran aktifitas perusahaan.
Jadi dapat
dikatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian berita melalui suatu sarana dan bertujuan untuk
mendapatkan saling pengertian antara sipenerima
dan sipengirim. Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota organisasi untuk saling membantu, saling
mengadakan interaksi.
Sejak dilahirkan,
manusia hidup dalam suatu lingkungan tertentu yang menjadi wadah kehidupannya. Ia memerlukan
bantuan dari orang lain di sekitarnya.
Untuk itu ia melakukan komunikasi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berkeinginan untuk berbicara,
tukar-menukar gagasan, mengirim dan menerima
informasi, membagi pengalaman, bekerja sama dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dan sebagainya. Berbagai
keinginan tersebut hanya dapat terpenuhi
melalui kegiatan komunikasi dengan orang lain dalam suatu sistem sosial tertentu, termasuk didalam suatu sistem
organisasi perkantoran.
Tujuan dari pada
komunikasi menciptakan dan saling memberi pengertian (understanding) antara sesama komunikator (pengirim) dan
komunikannya (penerimanya), mengandung
kebenaran, lengkap, mencakup keseluruhan menarik dan nyata. Tetapi hal ini tidak bisa dicapai
begitu saja, karena ada banyak ada hambatan
dalam komunikasi, misalnya: banyaknya perantara dalam proses penyampaian informasi yang disampaikan tidak
lagi akurat, dan jika hal ini terjadi akan
mengakibatkan salah pengertian (missunderstanding) yang akan berdampak kesalahan pelaksanaan aktifitas kantor yang kemudian akan menghambat produktivitas karyawan, oleh karena itu
komunikasi adalah hal yang sulit dan berbelit-belit
serta memerlukan pemahaman yang baik.
Apabila perusahaan
tidak dapat melaksanakan komunikasi dengan baik, maka semua rencana, instruksi-instruksi,
saran-saran, motivasi-motivasi, tidak akan
memenuhi sasaran dan akan menemui kegagalan belaka. Dengan kata lain tanpa adanya komunikasi, maka pekerjaan akan
menjadi seimbang siur dan tidak sesuai
dengan rencana yang telah ditetapkan.
Komunikasi
memberikan keterangan-keterangan tugas yang berubah dan kemajuan serta suksesnya organisasi digunakan
untuk penukaran informasi dan pendapat.
Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan sulit mengadakan koordinasi. Karena itu perwujudan komunikasi
ini memiliki peran yang sangat penting.
Peranan komunikasi dalam meningkatkan
produktivitas perusahaan sangat penting
karena sistem komunikasi yang baik akan meningkatkan aktivitas kerja karyawan. Tentu juga meningkatkan
produktivitas perusahaan. Komunikasi pada hakekatnya memegang peranan penting tidak
hanya diperusahaan saja, tetapi juga dilembaga-lembaga
lainnya, dalam pergaulan dengan masyarakat dan sebagainya.
Departemen
Manajemen merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi Sumatera Utara. Memiliki
pegawai atau karyawan yang produktif
bukanlah impian departemen ini saja tetapi juga merupakan impian manajemen perusahaan yang lain. Namun untuk
mendorong pegawai agar produktif
tidaklah mudah. Produktivitas pegawai tidak hanya menyangkut dalam penjadwalan kerja, tetapi ketrampilan
berkomunikasi juga diperlukan. Oleh karena
itu menjalin hubungan komunikasi yang terbuka, jujur, adil, antara pimpinan dan pegawai akan mendorong pegawai
untuk bekerja dengan senang hati
sehingga produktivitas pun dapat ditingkatkan. Baik buruknya suatu komunikasi akan berpengaruh terhadap hasil
kerja dan tujuan yang diharapkan oleh
perusahaan.
Untuk lebih mengetahui
bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan
produktivitas kerja staf dan pegawai, maka Penulis mencoba mengambil judul “PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA STAF DAN PEGAWAI PADA
DEPARTEMEN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI USU”
B. Perumusan Masalah Sistem komunikasi
yang dilaksanakan perusahaan akan mempengaruhi kelancaran para staf dan pegawainya. Oleh
karena itu sangat penting bagi perusahaan
untuk memperhatikan bagaimana cara-cara berkomunikasi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja
staf dan pegawainya.
Berdasarkan uraian
tersebut maka perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian dalam penelitian yang
dilakukan yaitu: Bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas
kerja staf dan pegawai pada Fakultas
ekonomi USU.
C. Tujuan
Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan
komunikasi dalam meningkatkan
produktifitas kerja staf dan pegawai khususnya pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU .
D. Manfaat
Penelitian Manfaat dari penelitian adalah : 1. Bagi
Penulis: a. Dapat menambah wawasan penulis tentang
komunikasi sehingga bisa membandingkan
antara praktek dengan teori yang didapat selama mengikuti perkuliahan b. Dapat memperkaya
wawasan ilmiah dan non ilmiah penulis dalam disiplin ilmu yang penulis tekuni dan dapat
menerapkannya.
2. Bagi
Perusahaan: Untuk memberikan masukan serta menyampaikan saran yang mungkin bermanfaat bagi Fakultas Ekomoni USU khususnya
pada Departemen Manajemen, memgenai
masalah yang di hadapi dibidang komunikasi.
3. Bagi Pihak Lain: Sebagai referensi bagi peneliti-peneliti lain
yang beminat terhadap judul yang penulis
teliti.
E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di
Fakultas Ekonomi Jl.
T. M. Hanafiah
Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 di bawah ini.
Tabel 1.1 Jadwal
Kegiatan NO. KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1.
Persiapan 2.
Pengumpulan Data 3.
Penulisan Laporan Persiapan Tugas Akhir dimulai dari tanggal
13 Oktober 2010, sejak disetujuinya Judul Tugas Akhir oleh Ketua dan
Sekretaris Program Studi DIII Kesekretariatan.
Pada tahap pengumpulan data, Penulis melakukan
observasi yang akan dilaksanakan pada
minggu ketiga dan keempat bulan Oktober 2010 di Departemen Manajemen .
Setelah melakukan
observasi, penulis akan memulai penulisan laporan yang akan dikemas dalam bentuk Tugas Akhir.
Dimana dalam penulisannya Penulis akan
dibimbing oleh Dosen Pembimbing agar penulisan laporan sesuai dengan judul dan materi pembahasan.
F. Sistematika Penulisan Agar pembahasan tugas
akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah maka penulis membagi luas pembahasan tugas
akhir ini dalam empat bab, yang dianggap
cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting dan relevan dengan judul tugas akhir yang
dimaksud, dengan tujuan agar penulisan tugas
akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya adalah sebgai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini,
Penulis akan menguraikan latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian
dan rencana yang terdiri dari jadwal survey/observasi
dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL PERGURUAN TINGGI Dalam bab ini
penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi, struktur organisasi dan personalia, uraian
tugas (Job Description), kinerja usaha terkini
dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III :
PEMBAHASAN Dalam bab ini, menjelaskan tentang bagaimana komunikasi yang digunakan oleh staf dan pegawai Departemen
Manajemen Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : KESIMPULAN
DAN SARAN Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian terdahulu dan memberikan saran-saran yang
bertitik tolak dari pengumpulan data dan
pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Departemen Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara dimasa mendatang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi