Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN RODUKTIVITAS KERJA STAF DAN PEGAWAI PADA DEPARTEMEN MANAJEMEN



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan informasi dewasa ini,  maka peranan komunikasi juga dirasakan semakin penting. Informasi sebagai  produk dari komunikasi akan sangat bermanfaat dalam pelaksanaan kerja bagi  anggota perusahaan secara keseluruhan. Suatu komunikasi yang baik dan lancar  akan menghasilkan arus informasi yang baik untuk kebutuhan para atasan dan  karyawan. Sehingga tujuan organisasi/kantor dapat tercapai.

Komunikasi akan berhasil apabila pengirim pesan dan penerima pesan  besama-sama mencapai pengertian dan kesimpulan yang sama sesuai dengan yang  dimaksudkan, tentang apa yang sebenarnya yang diinformasikan. Untuk itu sangat  diperlukan keterampilan dalam pemakaian bentuk-bentuk komunikasi dalam suatu  perusahaan demi kelancaran aktifitas perusahaan.
Jadi dapat dikatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian berita  melalui suatu sarana dan bertujuan untuk mendapatkan saling pengertian antara  sipenerima dan sipengirim. Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota  organisasi untuk saling membantu, saling mengadakan interaksi.
Sejak dilahirkan, manusia hidup dalam suatu lingkungan tertentu yang  menjadi wadah kehidupannya. Ia memerlukan bantuan dari orang lain di  sekitarnya. Untuk itu ia melakukan komunikasi. Sebagai makhluk sosial, manusia  akan selalu berkeinginan untuk berbicara, tukar-menukar gagasan, mengirim dan  menerima informasi, membagi pengalaman, bekerja sama dengan orang lain untuk   memenuhi kebutuhan dan sebagainya. Berbagai keinginan tersebut hanya dapat  terpenuhi melalui kegiatan komunikasi dengan orang lain dalam suatu sistem  sosial tertentu, termasuk didalam suatu sistem organisasi perkantoran.
Tujuan dari pada komunikasi menciptakan dan saling memberi pengertian  (understanding)  antara sesama komunikator (pengirim) dan komunikannya  (penerimanya), mengandung kebenaran, lengkap, mencakup keseluruhan menarik  dan nyata. Tetapi hal ini tidak bisa dicapai begitu saja, karena ada banyak ada  hambatan dalam komunikasi, misalnya: banyaknya perantara dalam proses  penyampaian informasi yang disampaikan tidak lagi akurat, dan jika hal ini terjadi  akan mengakibatkan salah pengertian (missunderstanding) yang akan berdampak  kesalahan pelaksanaan aktifitas  kantor yang kemudian akan menghambat  produktivitas karyawan, oleh karena itu komunikasi adalah hal yang sulit dan  berbelit-belit serta memerlukan pemahaman yang baik.
Apabila perusahaan tidak dapat melaksanakan komunikasi dengan baik,  maka semua rencana, instruksi-instruksi, saran-saran, motivasi-motivasi, tidak  akan memenuhi sasaran dan akan menemui kegagalan belaka. Dengan kata lain  tanpa adanya komunikasi, maka pekerjaan akan menjadi seimbang siur dan tidak  sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Komunikasi memberikan keterangan-keterangan tugas yang berubah dan  kemajuan serta suksesnya organisasi digunakan untuk penukaran informasi dan  pendapat. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan sulit mengadakan  koordinasi. Karena itu perwujudan komunikasi ini memiliki peran yang sangat  penting.
 Peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas perusahaan sangat  penting karena sistem komunikasi yang baik akan meningkatkan aktivitas kerja  karyawan. Tentu juga meningkatkan produktivitas perusahaan. Komunikasi pada  hakekatnya memegang peranan penting tidak hanya diperusahaan saja, tetapi juga  dilembaga-lembaga lainnya, dalam pergaulan dengan masyarakat dan sebagainya.
Departemen Manajemen merupakan salah satu jurusan yang ada di  Fakultas Ekonomi Sumatera Utara. Memiliki pegawai atau karyawan yang  produktif bukanlah impian departemen ini saja tetapi juga merupakan impian  manajemen perusahaan yang lain. Namun untuk mendorong pegawai agar  produktif tidaklah mudah. Produktivitas pegawai tidak hanya menyangkut dalam  penjadwalan kerja, tetapi ketrampilan berkomunikasi juga diperlukan. Oleh  karena itu menjalin hubungan komunikasi yang terbuka, jujur, adil, antara  pimpinan dan pegawai akan mendorong pegawai untuk bekerja dengan senang  hati sehingga produktivitas pun dapat ditingkatkan. Baik buruknya suatu  komunikasi akan berpengaruh terhadap hasil kerja dan tujuan yang diharapkan  oleh perusahaan.
Untuk lebih mengetahui bagaimana peranan komunikasi dalam  meningkatkan produktivitas kerja staf dan pegawai, maka Penulis mencoba  mengambil judul “PERANAN  KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN  PRODUKTIVITAS KERJA STAF DAN PEGAWAI PADA DEPARTEMEN  MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI USU”   B. Perumusan Masalah Sistem komunikasi yang dilaksanakan perusahaan akan mempengaruhi  kelancaran para staf dan pegawainya. Oleh karena itu sangat penting bagi  perusahaan untuk memperhatikan bagaimana cara-cara berkomunikasi yang  efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja staf dan pegawainya.
Berdasarkan uraian tersebut maka perumusan masalah yang dapat diambil  sebagai dasar kajian dalam penelitian yang dilakukan yaitu: Bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas kerja  staf dan pegawai pada Fakultas ekonomi USU.
C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi  dalam meningkatkan produktifitas kerja staf dan pegawai khususnya pada  Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU .
D. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian adalah :  1.  Bagi Penulis:  a.  Dapat menambah wawasan penulis tentang komunikasi sehingga bisa  membandingkan antara praktek dengan teori yang didapat selama  mengikuti perkuliahan b. Dapat memperkaya wawasan ilmiah dan non ilmiah penulis dalam  disiplin ilmu yang penulis tekuni dan dapat menerapkannya.
 2.  Bagi Perusahaan: Untuk memberikan masukan serta menyampaikan saran yang mungkin  bermanfaat bagi Fakultas Ekomoni USU khususnya pada Departemen  Manajemen, memgenai masalah yang di hadapi dibidang komunikasi.
3.  Bagi Pihak Lain:  Sebagai referensi bagi peneliti-peneliti lain yang beminat terhadap judul  yang penulis teliti.
E.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl.
T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan ini  dapat dilihat pada Tabel 1.1 di bawah ini.
Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO. KEGIATAN MINGGU KE 1  2  3 1.  Persiapan       2.  Pengumpulan Data      3.  Penulisan Laporan    Persiapan Tugas Akhir dimulai dari tanggal 13  Oktober 2010, sejak  disetujuinya Judul Tugas Akhir oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi DIII  Kesekretariatan.
 Pada tahap pengumpulan data, Penulis melakukan observasi yang akan  dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempat bulan Oktober 2010 di  Departemen Manajemen .
Setelah melakukan observasi, penulis akan memulai penulisan laporan  yang akan dikemas dalam bentuk Tugas Akhir. Dimana dalam penulisannya  Penulis akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing agar penulisan laporan sesuai  dengan judul dan materi pembahasan.
F.  Sistematika Penulisan Agar pembahasan tugas akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah  maka penulis membagi luas pembahasan tugas akhir ini dalam empat bab, yang  dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting dan  relevan dengan judul tugas akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar penulisan  tugas akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya adalah sebgai  berikut : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, Penulis akan menguraikan latar belakang, perumusan  masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan rencana yang terdiri dari jadwal  survey/observasi dan sistematika penulisan.
 BAB II : PROFIL PERGURUAN TINGGI Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi,  struktur organisasi dan personalia, uraian tugas (Job Description), kinerja usaha  terkini dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini, menjelaskan tentang bagaimana komunikasi yang  digunakan oleh staf dan pegawai Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi  USU.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian  terdahulu dan memberikan saran-saran yang bertitik tolak dari pengumpulan data  dan pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan masukan  yang bermanfaat bagi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara dimasa mendatang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi