Kamis, 03 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PEMELIHARAAN DAN PENGAMANAN ARSIP PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang Masalah 
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dewasa  ini membawa pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Kebutuhan akan informasi dalam suatu organisasi sangat penting untuk mencapai  tujuan  organisasi. Didalam suatu organisasi biasanya organisasi  menyelenggarakan bermacam-macam kegiatan kantor yang harus dilaksanakan,  sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.

Kantor merupakan pusat kegiatan dan penyedia informasi, guna  menunjang kemudahan pelaksanaan kegiatan organisasi. Oleh sebab itu, kantor  diharapkan mampu menyediakan informasi yang benar berdasarkan fakta untuk  memenuhi kebutuhan informasi pihak pimpinan dalam rangka mengatur dan  mengendalikan perusahaan atau organisasi. Salah satu kegiatan kantor yang  penting diantaranya adalah arsip.
Arsip adalah naskah-naskah yang dibuat atau diterima oleh setiap unit  kerja di lingkungan perusahaan dalam bentuk corak apa pun, baik tunggal maupun  kelompok, dalam rangka penyelenggaran kegiatan administrasi  perusahaan  (Sedarmayanti, 2001) Kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting.
Informasi tertulis yang tepat harus tersedia apabila diperlukan agar dapat  memberikan pelayanan yang efektif. Arsip sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan  administrasi karena arsip merupakan pusat ingatan bagi setiap kegiatan dalam  1  suatu kantor. Tanpa arsip tidak mungkin seorang petugas arsip dapat mengingat  semua catatan dan dokumen secara lengkap. Oleh karena itu, suatu kantor dalam  mengelolah kearsipannya  harus memperhatikan sistem kearsipan yang paling  sesuai dengan keadaan organisasinya dalam mencapai tujuan. Sistem kearsipan  adalah rangkaian subsistem dalam manajemen kearsipan yang bekerja sama untuk  mencapai tujuan agar arsip tertata dalam unit-unit informasi siap pakai untuk  kepentingan operasional dengan azas bahwa hanya informasi yang tepat  digunakan oleh orang yang tepat untuk kepentingan tepat pada waktu yang tepat  dengan biaya serendah mungkin.
Efektivitas pengelolaan arsip pada suatu kantor dipengaruhi pula oleh  pegawai yang bekerja pada unit kearsipan, sarana atau fasilitas yang dipergunakan  dalam membantu pengelolaan arsip dan dana yang tersedia untuk pemeliharaan dan pengamanan  arsip tersebut. Fungsi arsip sebagai ingatan, pusat informasi dan  sumber sejarah perlu dikelola dengan baik agar dapat memperlancar seluruh  kegiatan dan proses pekerjaan kantor berdaya guna. Dalam hal ini unit kersipan  harus senantiasa siap untuk memberikan pelayanan informasi yang akurat dalam  memecahkan masalah administrasi pada umumnya dan dalam manajemen  kearsipan khususnya. Untuk dapat mengemban tugas seperti ini, pegawai yang  bekerja pada unit kersipan bukan hanya ditunjang oleh faktor kemauan terhadap  pekerjaannya, melainkan juga harus dibekali ketrampilan khusus mengenai bidang  kearsipan. Pegawai yang terlatih baik dam mempunyai ilmu pengetahuan sangat  dibutuhkan dalam unit pengolahan arsip. Disamping itu tanggung jawab terhadap  pekerjaan yang diberikan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.
 Kearsipan sebagai salah satu kegiatan perkantoran merupakan hal yang  sangat penting dan tidak mudah. Sehingga harus diolah secara terencana dan  mendasar serta profesional, sebab keunggulan dalam bidang kearsipan akan  sangat berpengaruh dalam membantu tugas pimpinan dan membantu mekanisme  kerja pegawai dan instansi yang bersangkutan. Begitu pentingnya nilai kegunaan  arsip dalam suatu instansi maupun organisasi-organisaai tertentu, membuat  organisasi/instansi tersebut harus melakukan   pemeliharaan dan pengamanan  terhadap arsip-arsip.
Dengan dilaksanakannya pemeliharaan dan pengamanaan arsip yang  baik berarti dapat mengatur, menyusun, serta mengumpulkan arsip atau warkat  yang terprogram dan dapat memusnahkan dengan cara yang paling tepat. Penataan  arsip merupakan salah satu aspek yang harus diterapkan dalam pencapaian tujuan  kantor guna menunjang peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja kantor.
Dengan demikian komunikasi kerja pegawai akan semakin lancar, sehingga  koordinasi dan pengawasan semakin mudah. Pada dasarnya pimpinan  menginginkan adanya arsip yang rapi dan tertib, guna memudahkan penyimpanan  dan penemuan kembali warkat yang dibutuhkan sewaktu-waktu dengan cepat dan  tepat. Oleh karena pimpinan tidak mungkin mengurus sendiri arsipnya, maka  dengan demikian pimpinan mengharapkan para stafnya mampu mengurus dan  memelihara arsip untuk kepentingan organisasi secara keseluruhan.
Pengolahan arsip secara baik yang dapat menunjang kegiatan  administrasi agar lebih lancar sering kali diabaikan dengan berbagai macam  alasan. Berbagai kendala seperti kurangnya tenaga dibidang kearsipan, maupun   terbatasnya sarana dan prasarana selalu menjadi alasan buruknya pengelolaan  arsip di hampir sebagian besar instansi pemerintah maupun swasta. Kondisi  semacam itu diperparah dengan image yang selalu menempatkan bidang kearsipan  sebagai bidang yang sulit diantara aktivitas-aktivitas kerja lainnya.
Problema-problema tersebut tentu sangat memprihatinkan, karena  muaranya adalah pada citra yang tidak baik pada bidang kearsipan. Padahal  bidang inilah yang paling vital dalam kerangka kerja suatu administrasi. Tertib  administrasi yang diharapkan hanya akan menjadi slogan semata apabila tidak  dimulai dari tertib kearsipannya.
Seluruh kegiatan-kegiatan di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara juga tidak terlepas dari peran penting kearsipan. Banyak sekali arsip yang  harus diolah dan disimpan, oleh sebab itu perlu diterapkan suatu pemeliharaan dan  pengamanan yang benar. Masalah yang sering dihadapi berkaitan dengan sistem  kearsipan yakni proses pendistibusian yang salah, penyimpanan arsip yang tidak  teratur (sembarangan), tidak terjadwalnya jangka waktu resensi arsip, proses  pemeliharaan yang tidak sesuai prosedur, dan penyusutan arsip yang tidak  terlaksana dengan baik.
Mengingat pentingnya pemeliharaan dan pengamanan arsip pada suatu  organisasi, penulis tertarik untuk mempelajari dan  mengevaluasi bagaimana  pemeliharaan dan pengamanan  pada bagian kepegawaian  Fakultas Ekonomi.
Berdasarkan uraian diatas, penulis memilih judul  “Pemeliharaan dan  Pengamanan Arsip pada Bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara ”.
 B.  Perumusan Masalah Berdasaarkan latar belakang yang diuraikan diatas, maka terdapat  perumusan masalah yang menjadi objek dalam penelitian, yaitu bagaimana  pemeliharaan dan pengamanan arsip pada bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi   .
C.  Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemeliharaan dan  Pengamanan Arsip pada Bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
D.  Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1.  Bagi penulis Menambah dan memperluas pengetahuan penulis dibidang kerasipan  dalam bentuk nyata, sehingga dapat dijadikan perbandingan antara teori  dan praktek.
2.  Bagi Instansi a.  Sebagai  bahan pertimbangan yang mungkin berguna untuk  mendukung kelancaran kegiatan-kegiatan perusahaan khususnya  dibidang kearsipan.
b.  Sebagai masukan untuk perbaikan-perbaikan kearsipan di Sekretriat  Dekan Fakultas Ekonomi , sesuai dengan  hasil dan analisa penulis serta bahan untuk kepentingan Tugas Akhir  ini.
 3.  Bagi peneliti yang akan datang Sebagai bahan referensi tugas ahkir bagi mahasiswa lainnya.
E.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara  Jl.T.M.Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal  kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 : Tabel 1.1 Jadwal kegiatan NO  KEGIATAN MINGGU KE 1  2  3 1  Persiapan      2  Pengumpulan Data      3  Penulisan Laporan    Dalam kegiatan pengumpulan data, penulis melakukan riset mulai  tanggal  20 September sampai 16  Oktober 2010   pada bagian kepegawaian  Fakultas Ekonomi .
F.  Sistemtika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas empat bab dan setiap bab nya dibagi atas sub  bab antara lain : Bab I : Pendahuluan Bab ini menguraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan  penelitian, menfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari jadwal survei/  observasi dan rencana isi.
 Bab II : Profil Instansi Bab ini menguraikan tentang sejarah  ringkas instansi, struktur  Organisasi, uraian tugas (Job Description), kegiatan usaha, kinerja usaha terkini,  dan rencana kegiatan.
Bab III : Pembahasan Bab ini menguraikan tentang pengertian arsip, cirri-ciri arsip yang baik,  kegunaan arsip, jenis-jenis arsip, sistem kearsipan, serta cara pemeliharan dan  pengamanan arsip pada bagian kepegawain Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
Bab IV : Kesimpulan dan Saran Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang Pemeliharaan dan  Pengamanan Arsip pada bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi Uiversitas  SumateraUtara.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi