Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang  
 Informasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bisnis  dan organisasi, sehingga informasi merupakan variabel yang penting dalam  operasi organisasi/perusahaan, Disamping sumber daya alam, modal dan manusia. Selain itu keterbatasan kapasitas manusia untuk mampu mengolah data dan  informasi yang begitu cepat berubah mendorong manusia untuk memanfaatkan  secara optimal teknologi dan sistem informasi yang pada zaman ini sudah menjadi  bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan kegiatan sehari –  hari (Sukirno, 2004).

Informasi dibutuhkan untuk menyusun strategi yang dipakai dalam  pencapaian tujuan organisasi/perusahaan, baik dalam perencanaan maupun  pengawasan kegiatan organisasi/perusahaan. Setiap keputusan yang diambil oleh  organisasi/perusahaan merupakan hasil pengolahan dari berbagai informasi yang  terkumpul dan selanjutnya keputusan tersebut dapat merupakan informasi bagi  para karyawan dalam organisasi/perusahaan. Sistem pengawasan yang efektif  diperlukan dalam kegiatan operasi organisasi/perusahaan agar dapat berjalan  dengan baik. Dengan demikian dapat membantu organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan serta meningkatkan produktivitas karyawan.
Agar informasi dapat bermanfaat bagi organisasi/perusahaan dan  pengguna  – pengguna lainnya, informasi haruslah relevan dan akurat sehingga  tidak menimbulkan kesalahan fatal dalam pengambilan keputusan. Informasi yang   disajikan juga harus lengkap dan cepat secara periodik sehingga dalam  pengambilan keputusan dalam pekerjaan dapat dilakukan secara menyeluruh dan  tepat pada waktunya.
Dalam dunia yang serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan  organisasi/perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi  sebanyak mungkin. Kekuatan bisnis saat ini sangat bergantung pada informasi  yang dapat diolah menjadi keunggulan kompetitif bagi dirinya.
Pada masyarakat yang hidup sebelum era informasi, penanganan informasi  dilakukan secara manual atau secara mekanik dengan menggunakan mesin –  mesin yang bukan komputer. Bahkan dalam era informasi sekarang ini pun tidak  sedikit organisasi/perusahaan, terutama yang kecil yang masih mengolah  informasi yang dibutuhkannya secara manual/mekanik. Akan tetapi karena  komputer dan perangkat lunak pendukungnya yang terdapat di pasaran relatif  makin murah dan memiliki kemampuan yang makin besar, makin banyak pula  organisasi yang melakukan komputerisasi. Setidaknya menurut Situmorang dan  Dilham (2007) ada lima faktor yang sangat mempengaruhi, yaitu: a.  Pertumbuhan internet dan teknologi (internet growth and technology  convergence). Ditandai dengan munculnya teknologi seperti VOIP, Wireless,  komputer yang semakin cepat dan semakin murah, banyak situs – situs bisnis.
b.  Perubahan lanskap bisnis (transformation of the business enterprise), banyak  perusahaan yang telah merubah lanskap bisnisnya dari konvensional menjadi  digital.
 c.  Pertumbuhan globalisasi ekonomi (growth of a globally connected economy),  munculnya kesadaran untuk membuat komunitas ekonomi baik secara  regional dan global seperti integrasi ekonomi Asia, masyarakat ekonomi  Eropah, dan sebagainya.
d.  Ledakan informasi dan pengetahuan yang berbasis ekonomi (growth of  knowledge and information-based economies). Hal ini ditandai dengan  globalisasi ekonomi yang semakin meningkat, dan munculnya ide – ide baru  (produk dan service) di lingkungan bisnis.
e.  Munculnya perusahaan – perusahaan digital (emergence of the digital firm),  hal ini ditandai dengan banyaknya bisnis berbasis digital.
Menurut O’Brien (2006), sistem informasi adalah kesatuan sistem terdiri atas  orang – orang, hardware, software, jaringan komputer, sumber daya data yang  mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah  organisasi/perusahaan. Setiap orang bergantung pada sistem informasi untuk  berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat  fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran  komunikasi (jaringan), dan data yang disimpan (sumber daya data) sejak  permulaan peradaban. Sistem informasi memberikan nilai tambah terhadap  proses, produksi, kualitas, manajemen, pengambilan keputusan dan pemecahan  masalah serta keunggulan kompetitif yang tentu saja sangat berguna bagi kegiatan  bisnis.
 Terdapat perbedaan antara data dengan informasi. Data adalah fakta –  fakta, angka – angka, atau keterangan mentah/kasar yang memiliki kaitan dengan  sebuah organisasi yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Data selalu  bersifat umum dan belum tentu memiliki relasi yang signifikan terhadap  perencanaan dan pengambilan keputusan pada sebuah organisasi/perusahaan.
Sedangkan informasi adalah data yang telah diproses, atau yang memiliki arti bagi  pemakainya untuk kegunaan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam  sebuah organisasi/perusahaan. Informasi berasal dari sumber – sumber internal  maupun lingkungan. Suatu pengolah informasi menyediakan informasi dalam  bentuk lisan dan tulisan dan digunakan dalam membuat keputusan untuk  memecahkan masalah.
Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi  (information processor). Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci  dalam sistem konseptual. Pengolah informasi dapat meliputi elemen – elemen  komputer, elemen – elemen non – komputer, atau kombinasinya.
Sistem informasi merupakan komponen pendukung proses manajemen  dalam organisasi/perusahaan. Dengan penanganan/penerapan sistem informasi  yang terkelola dengan baik, maka akan mendukung produktivitas kerja karyawan  menjadi lebih baik.
Dalam mengelola perusahaan, diperlukan berbagai jenis informasi guna  mendukung berbagai proses pengambilan keputusan, baik oleh manajemen   puncak, manajer berbagai bidang fungsional, dan penyelenggaraan kegiatan  operasional.
Berdasarkan hal tersebut, pengolahan informasi harus dilakukan dengan  sebaik – baiknya, sehingga informasi tersebut dapat terkumpul, terolah, dan  tersimpan dengan baik. Dengan demikian, informasi akan lebih mudah ditelusuri  dan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan pada suatu  perusahaan. Meskipun penggunaan berbagai jenis informasi tersebut berbeda dari  satuan kerja ke satuan kerja yang lain, namun pada tingkat tertentu terdapat  kesamaan jenis informasi yang dibutuhkan itu.
Oleh karena itu, diputuskan penulisan Tugas Akhir dengan pembahasan  mengenai  PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA BAGIAN  AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA  UTARA.
B.  Perumusan Masalah Dari uraian diatas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar  materi yang akan dibahas tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai  dengan kebutuhan yang diharapkan.
Adapun perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian  dalam penelitian yang dilakukan yaitu: “Bagaimana Penerapan Sistem Informasi Dalam Upaya Meningkatkan  Efisiensi Kinerja Pegawai pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara”.
 C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan Penelitian Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai  berikut : 1.  Untuk mengetahui penerapan sistem informasi dalam upaya meningkatkan  efisiensi kinerja pegawai pada bagian akademik Fakultas Ekonomi  .
2.  Untuk membandingkan antara teori yang ada dalam praktek dihubungkan  dengan teori-teori  yang selama ini diterima dalam perkuliahan dan  literatur-literatur lainnya.
Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian tersebut adalah : 1.  Sebagai bahan masukan kepada Fakultas Ekonomi agar kinerja pegawai  pada bagian akademik Fakultas Ekonomi   menjadi lebih baik.
2.  Menyediakan informasi mengenai pentingnya sistem informasi yang  dipergunakan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan  perbaikan berkelanjutan pada bagian akademik Fakultas Ekonomi  .
3.  Sebagai bahan referensi Tugas Akhir bagi peneliti lain yang ingin meneliti  mengenai penerapan sistem informasi.
 4.  Sebagai tambahan ilmu pengetahuan mengenai sistem informasi  organisasi/perusahaan.
D. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi .
Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal  kegiatan dapat dilihat pada Tabel 1.1  Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan No.
Kegiatan  Minggu Ke -I 25 Jan s/d 31 Jan II 1 Feb s/d 13 Feb III 14 Feb s/d 10 Maret 1.  Penyusunan Draft  Tugas Akhir 2.  Pengumpulan  Data 3.  Penyusunan  Laporan Tugas  Akhir Keterangan:  Pada tahap penyusunan draft Tugas Akhir, dimulai dari pencarian buku   buku referensi mengenai sistem informasi. Kemudian pada tahap pengumpulan  data dilakukan dengan magang di Fakultas Ekonomi .
Magang dilaksanakan sejak tanggal 17 Maret s/d 10 April 2010 pada bagian   pendidikan jurusan D III FE USU Setelah semua informasi dapat dikumpulkan,  penulis kemudian melakukan penyusunan laporan Tugas Akhir.
E. Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub  bab antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, dijelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini, dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU,  struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini,  dan rencana kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini, dijelaskan tentang penerapan sistem informasi dan peranan  sistem informasi terhadap  peningkatan efisiensi kinerja pegawai di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
 BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini, dijelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian  yang dilakukan di bagian pendidikan Fakultas Ekonomi USU, dan saran  Penulis pada bagian pendidikan Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka  yang mencantumkan semua referensi yang digunakan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi