Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA BAGIAN PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang  
 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern saat ini, khususnya  dibidang elektronika membawa kemudahan dalam melaksanakan tugas-tugas  perkantoran. Untuk kantor yang memerlukan pelayanan yang cepat dan memiliki  volume kerja yang cukup banyak penggunaan sarana tersebut akan sangat membantu  mempercepat proses kerja. Pengaruh teknologi modern, mengakibatkan pemakaian  mesin-mesin serba otomatis seperti yang ada di bagian pendidikan seperti:  komputer, internet dll, sebagai salah satu akibat positif dari kemajuan dibidang  teknologi yaitu dimungkinkannya pengiriman dan penyampaian informasi dapat  dilakukan dengan lebih cepat dan mudah, dan jika terjadi masalah-masalah yang  sangat mendesak dapat segera diselesaikan tepat pada waktunya.

Dalam dunia yang serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan  organisasi/perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi sebanyak  mungkin. Informasi dibutuhkan untuk menyusun strategi yang dipakai dalam  pencapaian tujuan organisasi/perusahaan, baik dalam perencanaan maupun  pengawasan kegiatan organisasi/perusahaan.
Setiap keputusan yang diambil oleh organisasi/perusahaan merupakan hasil  pengolahan dari berbagai informasi yang terkumpul dan selanjutnya keputusan  tersebut dapat merupakan informasi bagi  para karyawan dalam  organisasi/perusahaan. Sistem pengawasan yang efektif diperlukan dalam kegiatan  operasi organisasi/perusahaan agar dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian   dapat membantu organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan  serta meningkatkan produktivitas karyawan.  Pengunaan atau penerapan teknologi  komputer dalam pekerjaan pada bagian Pendidikan adalah merupakan tuntutan dan  kewajaran yang dibutuhkan, walaupun tanpa menghilangkan sistem tangan atau  manual. Teknologi komputer, termasuk salah satu teknologi yang berkembang  dengan pesat, oleh sebab itu perlu segera dimanfaatkan, karena meningkatkan  efisiensi kerja dalam rangka menunjang kegiatan organisasi. apalagi komputer dan  perangkat lunak pendukungnya yang terdapat di pasaran relatif makin murah dan  memiliki kemampuan yang makin besar, makin banyak pula organisasi yang  melakukan komputerisasi.
Pengelolaan administrasi kerja berbasis teknologi informasi juga harus  mempertimbangkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung  optimalisasi pada pemanfaatan atau implementasi teknologi informasi yang bertahap  yang dimulai dengan perencanaan, pengembangan, ahli kelola, operasional sampai  dengan tahap pemeliharaan.
Dengan adanya teknologi informasi, maka produktivitas suatu organisasi  atau perusahaan akan meningkat, serta dapat membuat model bisnis yang sulit ditiru  oleh pesaing, karena pada dasarnya peranan teknologi informasi bagi setiap  perusahaan bersifat unik dan spesifik. Hal tersebut disebabkan karena masingmasing organisasi atau perusahaan memiliki strategi yang berbeda satu dengan yang  lainnya.
Pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan  juga berkaitan dengan keunggulan kompetitif untuk meningkatkan kualitas   informasi, pengawasan kinerja organisasi atau perrusahaan menggunakan teknologi  informasi baik sebagai alat bantu maupun strategi yang tangguh untuk  mengintegrasikandan mengolah data dengan cepat dan akurat serta untuk penciptaan  produk layanan baru sebagai daya saing untuk menghadapi ko mpetisi.
Selain itu implementasi atau pemanfaatan teknologi informasi memiliki  dampak positif yang secara umum adalah terjadi efisiensi waktu dan biaya yang  secara jangka panjang akan memberikan keuntungan ekonomis yang sangat tinggi.
Oleh karena itu,  pengoperasian secara optimal juga harus diperhatikan. Dalam  mengelola organisasi/perusahaan, diperlukan berbagai jenis informasi guna  mendukung berbagai proses pengambilan keputusan, baik oleh manajemen puncak,  manajer berbagai bidang fungsional, dan penyelenggaraan kegiatan operasional.
Berdasarkan hal tersebut, pengolahan informasi harus dilakukan dengan  sebaik – baiknya, sehingga informasi ataupun data tersebut dapat terkumpul, terolah,  dan tersimpan dengan baik. Dengan demikian, informasi akan lebih mudah  ditelusuri dan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan kerja karyawan pada suatu  organisasi/perusahaan.
Berdasarkan uraian diatas dapat dilihat pentingnya pemanfaatan teknologi  informasi dalam peningkatan kompetensi dan kinerja pegawai untuk meningkatkan  efesiensi waktu dan mendukung kegiatan operasional sehingga penulis memilih  judul “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA BAGIAN  PENDIDIKAN”. Penulis memilih judul ini kerena pemanfaatan teknologi informasi  dalam era globalisasi ini sangat mendukung efisiensi untuk kegiatan administratif   serta operasionalnya dan diharapkan dapat mengembangkan sumber daya manusia  (SDM) yang lebih kreatif dan kompetitif untuk kemajuan organisasi .
B.  Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian dalam  penelitian yang dilakukan yaitu: “Bagaimana Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Bagian Pendidikan  Fakultas Ekonomi ?”.
C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan teknologi informasi  pada Bagian Pendidikan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian tersebut adalah : 1. Bagi Penulis a)  Menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti baik secara  teoritis maupu n aplikasi.
b)  Sebagai bahan referensi bagi peneliti-peneliti lain yang tertarik pada  objek yang sama.
c)  Agar penulis lebih memahami pemanfaatan teknologi informasi untuk  peningkatan kompetensi pegawai.
 2.Bagi Instansi.
a)  Sebagai masukan untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi  untuk membantu efesiensi pekerjaan pada bagian Pendidikan Fakultas  Ekonomi , sesuai dengan hasil dan analisa  penulis untuk bahan kepentingan Tugas Akhir ini.
3. Bagi Peneliti yang Akan Datang Sebagai bahan referensi Tugas Akhir bagi mahasiswa lainnya.
E.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl.
T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini  dapat dilihat pada Tabel 1.1 dibawah ini : Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN  MINGGU KE I  II  III 1  Persiapan      2  Pengumpulan  Data 3  Penulisan  Laporan  F.  Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah  maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4) bab,  yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting  dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar  penulisan Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya  adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian,  manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari jadwal kegiatan dan sistematika  penulisan.
BAB II : PROFIL FAKULTAS EKONOMI USU Dalam bab ini, dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU,  struktur organisasi dan Job Description, kinerja usaha terkini, dan rencana  kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai pengertian, fungsi,  tujuan dan manfaat teknologi informasi pada bagian Pendidikan Fakultas  Ekonomi .
 BAB IV : PENUTUP Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian  terdahulu dan memberikan saran-saran yang bertitik tolak dari pengumpulan data  dan pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan masukan  yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi  dimasa  mendatang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi