BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Komunikasi secara sederhana adalah ketika satu organisasi hanya
mempunyai satu atau dua orang di
dalamnya, kompleksitas dari komunikasi berkembang dan menyesuaikan dengan ukuran organisasi
tersebut. Di dalam organisasi yang lebih besar, komunikasi yang terjadi dengan cara
pertemuan langsung (tatap muka) sangat
jarang terjadi, dibandingkan dengan cara perseorangan seperti voicemail dan pesan e-mail. Komunikasi sangat penting bagi kehidupan
bisnis dan organisasi. Komunikasi sangat
penting untuk menjalin hubungan kerja sama antara manusia dengan organisasi untuk saling membantu dan
mengadakan interaksi.
Komunikasi memegang
peran yang sangat penting bagi suatu perusahaan maupun organisasi. Komunikasi berperan penting
dalam menjalin kerja sama agar organisasi
bisa tercapai dan mempunyai pengaruh sangat besar dalam proses pencapaian tujuan.
Komunikasi
bertujuan untuk menciptakan saling pengertian antara pengirim berita atau komunikator dan penerima berita
atau komunikan. Maka dalam menyusun
berita hendaknya jelas, singkat, padat, sopan serta mengandung makna kebenaran. Kegiatan komunikasi dapat
mempengaruhi kegiatan intern meliputi pengarahan,
pemberian perintah, penyampaian laporan dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan kegiatan komunikasi eksternal adalah
merupakan salah satu kegiatan antara
karyawan dengan pihak luar perusahaan.
Kegiatan komunikasi eksternal merupakan salah
satu kegiatan pokok dalam meningkatkan
pengaruh yang positif bagi organisasi, kegiatan komunikasi tersebut dilaksanakan dengan perencanan serta
diawasi dan sebagian besar pelaksanaannya
di luar lembaga atau organisasi. Komunikasi
akan berhasil jika pengirim pesan dan penerima pesan bersamasama mencapai
pengertian atau kesimpulan yang sama sesuai dengan yang dimaksudkan tentang apa sebenarnya yang
dikomunikasikan, untuk itu sangat diperlukan
keterampilan berkomunikasi dalam suatu organisasi demi kelancaran aktivitas organisasi. Begitu pula komunikasi yang terjadi disuatu
lembaga pendidikan di Perguruan Tinggi
Negeri. Pegawai yang dalam kesehariannya bekerja di dalam organisasi tersebut selalu berkomunikasi secara vertical
maupun horizontal antara bawahan, atasan,
ataupun satu level. Kegiatan komunikasi selalu sering dilakukan khususnya dalam melaksanakan pekerjaan.
Pekerjaan akan terasa sangat ringan dan
mengasyikkan bila komunikasi yang terjalin di dalam organisasi tersebut selaras antara pekerja atau pegawai yang satu
dengan pegawai yang lain. Pengaruh
komunikasi di dalam organisasi sangat luas karena bila komunikasi tidak terjalin dengan baik dan selaras maka
akan menghambat kemajuan dan peningkatan
prestasi kerja karyawan dan akan sulit melaksanakan dengan baik segala pekerjaan yang sudah diamanatkan
sehingga pelaksaan pekerjaan akan terganggu.
Pelaksanaan pekerjaan seorang pegawai
tentu berbeda disetiap ruang lingkupnya,
hal tersebut tergantung dari kebutuhan masing-masing organisasi yang bersangkutan. Organisasi yang besar dan
luas jangkauannya memerlukan lebih
banyak hubungan komunikasi diantara para pegawai karena banyaknya jumlah pegawai yang terlibat berbeda dari
organisasi yang sempit ruang lingkupnya.
Agar pekerjaan pegawai dalam organisasi dapat berjalan dengan baik dan maksimal dalam meningkatkan produktivitas
kerja maka peranan ko munikasi sangatlah
dibutuhkan dalam memenuhi pelaksanaan pekerjaan pegawai.
Berdasarkan uraian
di atas, maka penulis ingin melihat dan mengetahui peran komunikasi dalam menunjang kelancaran
pekerjaan kantor. Untuk itu penulis menetapkan
judul Tugas Akhir ini adalah “PERANAN KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN PEKERJAAN PEGAWAI PADA BAGIAN
DEPARTEMEN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA” B. Perumusan
Masalah Setiap lembaga atau organisasi
dalam kegiatannya selalu menghadapi berbagai masalah yang harus dapat diatasi guna
terwujudnya sasaran dan tujuan organisasi, misalnya masalah yang menjadi topik tulisan
ini adalah pelaksanaan komunikasi, jadi
penulis membatasi permasalahan yang di temui di lapangan dalam paper ini sebagai berikut : 1. Sejauh
mana peran komunikasi dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan pegawai pada bagian Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
2.
Faktor apa yang menghambat komunikasi pada bagian Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan dan
Manfaat Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui
sejauh mana peranan komunikasi dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan pegawai pada bagian
Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
2. Untuk mengetahui
faktor apa yang menghambat komunikasi pada bagian Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
Sedangkan Manfaat
Penelitian adalah : a. Bagi Organisasi Sebagai bahan masukan kepada Fakultas
Ekonomi Universitas Sumatera Utara b.
Bagi Penulis Untuk menambah pengetahuan
dan wawasan penulis tentang peranan komunikasi.
c. Bagi pihak lain Sebagai Referensi
bagi peneliti-peneliti lain yang berminat pada judul tersebut.
D. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di
Fakultas Ekonomi Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih
jelasnya jadwal kegiatan dapat dilihat
pada Tabel 1.1 Table 1.1 Jadwal Kegiatan No.
Kegiatan Minggu Ke -I 10 Maret
s/d 18 Maret 2010 II 18 Maret s/d 9 April 2010 III 9 April s/d 20 Mei 2010 1.
Penyusunan Draft Tugas akhir 2. Pengumpulan Data 3.
Penyusunan Laporan Tugas akhir Keterangan
: Pada tahap penyusunan draft Tugas Akhir, dimulai dari pencarian buku – buku referensi mengenai komunikasi. Kemudian
pada tahap pengumpulan data dilakukan
dengan magang di Fakultas Ekonomi . Magang
pada bagian departemen dilaksanakan sejak tanggal 18 Maret 2010 – 9 April 2010. Setelah semua informasi dapat
dikumpulkan, penulis kemudian melakukan
penyusunan laporan Tugas Akhir.
E. Sistematika
Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4
bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub bab antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam
bab ini, dijelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini,
dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi USU, struktur organisasi dan Job Description,
jenis kegiatan, kinerja usaha terkini,
dan rencana kegiatan.
BAB III :
PEMBAHASAN Dalam bab ini, dijelaskan tentang pengaruh dan sistem komunikasi
dalam pelaksanaan pekerjaan pegawai dan
faktor –faktor penghambat komunikasi di bagian Departemen Manajemen
Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini,
dijelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan
dari penelitian yang dilakukan di
bagian Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi
USU, dan saran Penulis pada bagian Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka
yang mencantumkan semua referensi yang
digunakan.
Download
lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi