Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN PEKERJAAN PEGAWAI PADA BAGIAN DEPARTEMEN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
Komunikasi secara sederhana adalah ketika satu organisasi hanya mempunyai  satu atau dua orang di dalamnya, kompleksitas dari komunikasi berkembang dan  menyesuaikan dengan ukuran organisasi tersebut. Di dalam organisasi yang lebih  besar, komunikasi yang terjadi dengan cara pertemuan langsung (tatap muka)  sangat jarang terjadi, dibandingkan dengan cara perseorangan seperti voicemail  dan pesan e-mail.  Komunikasi sangat penting bagi kehidupan bisnis dan organisasi. Komunikasi  sangat penting untuk menjalin hubungan kerja sama antara manusia dengan  organisasi untuk saling membantu dan mengadakan interaksi.

Komunikasi memegang peran yang sangat penting bagi suatu perusahaan  maupun organisasi. Komunikasi berperan penting dalam menjalin kerja sama agar  organisasi bisa tercapai dan mempunyai pengaruh sangat besar dalam proses  pencapaian tujuan.
Komunikasi bertujuan untuk menciptakan saling pengertian antara pengirim  berita atau komunikator dan penerima berita atau komunikan. Maka dalam  menyusun berita hendaknya jelas, singkat, padat, sopan serta mengandung makna  kebenaran. Kegiatan komunikasi dapat mempengaruhi kegiatan intern meliputi  pengarahan, pemberian perintah, penyampaian laporan dalam kegiatan sehari-hari.  Sedangkan kegiatan komunikasi eksternal adalah merupakan salah satu kegiatan  antara karyawan dengan pihak luar perusahaan.
 Kegiatan komunikasi eksternal merupakan salah satu kegiatan pokok dalam  meningkatkan pengaruh yang positif bagi organisasi, kegiatan komunikasi  tersebut dilaksanakan dengan perencanan serta diawasi dan sebagian besar  pelaksanaannya di luar lembaga atau organisasi.  Komunikasi akan berhasil jika pengirim pesan dan penerima pesan bersamasama mencapai pengertian atau kesimpulan yang sama sesuai dengan yang  dimaksudkan tentang apa sebenarnya yang dikomunikasikan, untuk itu sangat  diperlukan keterampilan berkomunikasi dalam suatu organisasi demi kelancaran  aktivitas organisasi.  Begitu pula komunikasi yang terjadi disuatu lembaga pendidikan di Perguruan  Tinggi Negeri. Pegawai yang dalam kesehariannya bekerja di dalam organisasi  tersebut selalu berkomunikasi secara vertical maupun horizontal antara bawahan,  atasan, ataupun satu level. Kegiatan komunikasi selalu sering dilakukan  khususnya dalam melaksanakan pekerjaan. Pekerjaan akan terasa sangat ringan  dan mengasyikkan bila komunikasi yang terjalin di dalam organisasi tersebut  selaras antara pekerja atau pegawai yang satu dengan pegawai yang lain.  Pengaruh komunikasi di dalam organisasi sangat luas karena bila komunikasi  tidak terjalin dengan baik dan selaras maka akan menghambat kemajuan dan  peningkatan prestasi kerja karyawan dan akan sulit melaksanakan dengan baik  segala pekerjaan yang sudah diamanatkan sehingga pelaksaan pekerjaan akan  terganggu.  Pelaksanaan pekerjaan seorang pegawai tentu berbeda disetiap ruang  lingkupnya, hal tersebut tergantung dari kebutuhan masing-masing organisasi   yang bersangkutan. Organisasi yang besar dan luas jangkauannya memerlukan  lebih banyak hubungan komunikasi diantara para pegawai karena banyaknya  jumlah pegawai yang terlibat berbeda dari organisasi yang sempit ruang  lingkupnya. Agar pekerjaan pegawai dalam organisasi dapat berjalan dengan baik  dan maksimal dalam meningkatkan produktivitas kerja maka peranan ko munikasi  sangatlah dibutuhkan dalam memenuhi pelaksanaan pekerjaan pegawai.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin melihat dan mengetahui peran  komunikasi dalam menunjang kelancaran pekerjaan kantor. Untuk itu penulis  menetapkan judul Tugas Akhir ini adalah “PERANAN KOMUNIKASI DALAM  PELAKSANAAN PEKERJAAN PEGAWAI PADA BAGIAN DEPARTEMEN  MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA  UTARA” B. Perumusan Masalah  Setiap lembaga atau organisasi dalam kegiatannya selalu menghadapi berbagai  masalah yang harus dapat diatasi guna terwujudnya sasaran dan tujuan organisasi,  misalnya masalah yang menjadi topik tulisan ini adalah pelaksanaan komunikasi,  jadi penulis membatasi permasalahan yang di temui di lapangan dalam paper ini  sebagai berikut : 1.  Sejauh  mana peran komunikasi dalam menunjang pelaksanaan  pekerjaan pegawai pada bagian Departemen  Manajemen Fakultas  Ekonomi .
 2.  Faktor apa yang menghambat komunikasi pada bagian Departemen  Manajemen Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui sejauh mana peranan komunikasi dalam menunjang  pelaksanaan pekerjaan pegawai pada bagian Departemen Manajemen  Fakultas Ekonomi .
2. Untuk mengetahui faktor apa yang menghambat komunikasi pada bagian  Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
Sedangkan Manfaat Penelitian adalah : a. Bagi Organisasi Sebagai bahan masukan kepada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara b. Bagi Penulis  Untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan  komunikasi.  c. Bagi pihak lain Sebagai Referensi bagi peneliti-peneliti lain yang berminat pada judul  tersebut.
 D. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl. T.  M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan dapat  dilihat pada Tabel 1.1 Table 1.1 Jadwal Kegiatan No.  Kegiatan  Minggu Ke -I 10 Maret s/d 18  Maret 2010 II 18 Maret s/d 9  April 2010 III 9 April s/d 20  Mei 2010  1.  Penyusunan Draft  Tugas akhir 2.  Pengumpulan  Data 3.  Penyusunan  Laporan Tugas  akhir  Keterangan : Pada tahap penyusunan draft Tugas Akhir, dimulai dari pencarian buku –  buku referensi mengenai komunikasi. Kemudian pada tahap pengumpulan data  dilakukan dengan magang di Fakultas Ekonomi .  Magang pada bagian departemen dilaksanakan sejak tanggal 18 Maret 2010 – 9  April 2010. Setelah semua informasi dapat dikumpulkan, penulis kemudian  melakukan penyusunan laporan Tugas Akhir.
E. Sistematika Penulisan  Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub  bab antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, dijelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian.  BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini, dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi  USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha  terkini, dan rencana kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini, dijelaskan tentang pengaruh dan sistem komunikasi dalam  pelaksanaan pekerjaan pegawai dan faktor  –faktor penghambat  komunikasi di bagian Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU.
 BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini, dijelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan  dari  penelitian yang dilakukan di bagian Departemen Manajemen Fakultas  Ekonomi USU, dan saran Penulis pada bagian Departemen Manajemen  Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka yang mencantumkan semua  referensi yang digunakan.    

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi