BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komunikasi memegang peranan
penting bagi kehidupan suatu perguruan tinggi, baik perguruan tinggi swasta maupun negeri.
Komunikasi sangat penting untuk menjalin hubungan kerja sama antara manusia yang
terlibat dalam suatu perguruan tinggi dan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam proses
pencapaian tujuan perguruan tinggi tersebut.
Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota perguruan tinggi untuk saling membantu dan mengadakan interaksi.
Komunikasi akan
berhasil apabila pengirim pesan dan penerima pesan sama-sama mencapai pengertian dan kesimpulan yang sama
sesuai dengan yang dimaksudkan, tentang
apa yang sebenarnya diinformasikan. Untuk itu sangat diperlukan keterampilan dalam pemakaian bentuk-bentuk komunikasi dalam
suatu perguruan tinggi demi kelancaran
aktivitasnya.
Tujuan dari pada
komunikasi adalah menciptakan dan saling memberi pengertian (understanding) antara sesama komunikator (pengirim) dan
komunikan (penerima), mengandung
kebenaran, lengkap, mencakup keseluruhan menarik dan nyata. Tetapi hal ini tidak bisa dicapai begitu saja, karena ada
banyak hambatan dalam komunikasi, misalnya:
banyaknya perantara dalam proses penyampaian informasi yang disampaikan sehingga tidak lagi akurat, dan jika hal ini
terjadi akan mengakibatkan salah pengertian (misunderstanding) yang akan berdampak pada
kesalahan pelaksanaan aktivitas kantor yang
kemudian akan menghambat produktivitas karyawan, oleh karena itu komunikasi adalah hal yang sulit dan berbelit-belit serta
memerlukan pemahaman yang baik.
Peranan komunikasi
dalam meningkatkan produktivitas suatu perguruan tinggi sangat penting karena sistem komunikasi yang
baik akan meningkatkan aktivitas kerja karyawan.
Hal ini juga akan mengacu terhadap meningkatnya produktivitas. Komunikasi pada hakekatnya memegang peranan penting,
tidak hanya di perguruan tinggi saja, tetapi juga di lembaga-lembaga lainnya. Begitu pula
dalam pergaulan dengan masyarakat dan sebagainya.
Komunikasi
memberikan keterangan-keterangan, tugas, perintah, penukaran informasi dan pendapat. Tanpa adanya
komunikasi yang baik, maka akan sulit mengadakan
koordinasi. Karena itu perwujudan komunikasi ini memiliki peran yang sangat penting. Komunikasi juga berperan
penting dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi merupakan
proses hubungan yang terjadi diantara dua orang atau lebih dengan menggunakan media, lambang, simbol
untuk memberikan informasi untuk mencapai
suatu tujuan tertentu.
Etika
komunikasijuga perlu di perhatikan agar tidak terjadi prasangka buruk yang dapat mengakibatkan prasangka negatif terhadap
pegawai lainnya. Contohnya, Setiap pegawai
tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan dan kurang enak di dengar yang bisa membuat perasaan orang lain menjadi
tersinggung. Dengan demikian etika komunikasi
memegang peran penting dalam melakukan hubungan kerja di dalam Fakultas Ekonomi USU.
Pengurusan
informasi atau information handling
yakni penyampaian dan penerimaan
berita, akan dapat berjalan dengan baik bila terdapat komunikasi yang efektif dan efisien. Komunikasi itu akan menciptakan
iklim kerja yang sehat dan terbuka. Hal ini sangat penting guna meningkatkan kreativitas
dan dedikasi para pegawai kantor.
Komunikasi
merupakan alat utama untuk menyempurnakan hubungan dalam organisasi.
Dan komunikasi
mempunyai peranan penting dalam memperlancar kinerja.
komunikasi
merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan menilik hakikat sebagai kumpulan orang yang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan. suatu pekerjaan itu dilaksanakan
oleh orang-orang, dan ditujukan untuk kepentingan
orang-orang dimana kegiatan sangat ditentukan oleh aktifitas orang-orang yang ada dalam Fakultas Ekonomi USU.
Banyak sekali
fenomena-fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi USU mengenai komunikasi. Misalnya kesalahpahaman
antara staf dan pegawai di akibatkan oleh
komunikasi yang kurang baik. Hal ini disebabkan oleh miss communication dan perbedaan sudut pandang dalam melaksanakan
suatu tugas. Terkadang hal ini juga yang menyebabkan terjadinya konflik antara staf dan
pegawai.
Berdasarkan
keterangan-keterangan diatas, maka penulis mengambil judul “Peranan Komunikasi Dalam Meningkatkan
Produktivitas Kerja Staf dan Pegawai Pada
Fakultas Ekonomi USU” B. Perumusan Masalah Sistem komunikasi yang
dilaksanakan dalam suatu perguruan tinggi akan mempengaruhi kelancaran kinerja para staf dan
pegawainya. Oleh karena itu, sangat penting
bagi perguruan tinggi untuk memperhatikan bagaimana cara-cara berkomunikasi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas
kerja staf dan pegawainya.
Berdasarkan uraian
diatas maka perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian dalam penelitian yang dilakukan
adalah : Bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas kerja
staf dan pegawai pada Fakultas Ekonomi
USU? C. Tujuan Penelitian Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi yang diterapkan pada Fakultas Ekonomi USU.
D. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian
ini adalah : a. Untuk memberikan masukan serta menyampaikan
saran yang mungkin bermanfaat bagi
Fakultas Ekomoni USU, mengenai masalah yang dihadapi dibidang komunikasi.
b. Sebagai referensi bagi peneliti-peneliti lain
yang berminat terhadap judul yang penulis
teliti.
c. Bagi
penulis sendiri sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu pengetahuan khususnya mengenai sistem komunikasi yang baik
yang seharusnya dilaksanakan dalam suatu
perguruan tinggi.
E. Jadwal Kegiatan 1. Jadwal survei /observasi Penelitian ini
dilakukan di Fakultas Ekonomi Jl.T.M.
Hanafiah Kampus USU
Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1. di bawah ini.
Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan NO.
KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1.
Persiapan 2.
Pengumpulan Data 3.
Penulisan Laporan Dalam kegiatan pengumpulan data, Penulis
melakukan penelitian selama beberapa minggu
mulai tanggal 28 Juni s/d 09 Juli 2010 di bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi .
F.
Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab
nya dibagi atas beberapa sub bab antara
lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, Penulis menjelaskan latar belakang penelitian,
perumusan masalah, tujuan dan manfaat
penelitian.
BAB II : PROFIL
PERGURUAN TINGGI Dalam bab ini, Penulis menjelaskan mengenai sejarah ringkas
Fakultas Ekonomi USU, struktur
organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan.
BAB III :
PEMBAHASAN Dalam bab ini, menjelaskan tentang bagaimana komunikasi yang
digunakan oleh staf dan pegawai di
Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : PENUTUP Dalam
bab ini, menjelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan di bagian kepegawaian Fakultas
Ekonomi USU, dan saran Penulis bagi
bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka yang mencantumkan semua referensi yang digunakan.
Download
lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi