Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA STAF DAN PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang 
Komunikasi memegang peranan penting bagi kehidupan suatu perguruan tinggi,  baik perguruan tinggi swasta maupun negeri. Komunikasi sangat penting untuk menjalin  hubungan kerja sama antara manusia yang terlibat dalam suatu perguruan tinggi dan  mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam proses pencapaian tujuan perguruan tinggi  tersebut. Komunikasi akan memungkinkan setiap anggota perguruan tinggi untuk saling  membantu dan mengadakan interaksi.

Komunikasi akan berhasil apabila pengirim pesan dan penerima pesan sama-sama  mencapai pengertian dan kesimpulan yang sama sesuai dengan yang dimaksudkan,  tentang apa yang sebenarnya diinformasikan. Untuk itu sangat diperlukan keterampilan  dalam pemakaian bentuk-bentuk komunikasi dalam suatu perguruan tinggi demi  kelancaran aktivitasnya.
Tujuan dari pada komunikasi adalah menciptakan dan saling memberi pengertian  (understanding)  antara sesama komunikator (pengirim) dan komunikan (penerima),  mengandung kebenaran, lengkap, mencakup keseluruhan menarik dan nyata. Tetapi hal  ini tidak bisa dicapai begitu saja, karena ada banyak hambatan dalam komunikasi,  misalnya: banyaknya perantara dalam proses penyampaian informasi yang disampaikan  sehingga tidak lagi akurat, dan jika hal ini terjadi akan mengakibatkan salah pengertian  (misunderstanding) yang akan berdampak pada kesalahan pelaksanaan aktivitas kantor   yang kemudian akan menghambat produktivitas karyawan, oleh karena itu komunikasi  adalah hal yang sulit dan berbelit-belit serta memerlukan pemahaman yang baik.
Peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas suatu perguruan tinggi  sangat penting karena sistem komunikasi yang baik akan meningkatkan aktivitas kerja  karyawan. Hal ini juga akan mengacu terhadap meningkatnya produktivitas. Komunikasi  pada hakekatnya memegang peranan penting, tidak hanya di perguruan tinggi saja, tetapi  juga di lembaga-lembaga lainnya. Begitu pula dalam pergaulan dengan masyarakat dan  sebagainya.
Komunikasi memberikan keterangan-keterangan, tugas, perintah, penukaran  informasi dan pendapat. Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan sulit  mengadakan koordinasi. Karena itu perwujudan komunikasi ini memiliki peran yang  sangat penting. Komunikasi juga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi merupakan proses hubungan yang terjadi diantara dua orang atau lebih  dengan menggunakan media, lambang, simbol untuk memberikan informasi untuk  mencapai suatu tujuan tertentu.
Etika komunikasijuga perlu di perhatikan agar tidak terjadi prasangka buruk yang  dapat mengakibatkan prasangka negatif terhadap pegawai lainnya. Contohnya, Setiap  pegawai tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan dan kurang enak di dengar  yang bisa membuat perasaan orang lain menjadi tersinggung. Dengan demikian etika  komunikasi memegang peran penting dalam melakukan hubungan kerja di dalam  Fakultas Ekonomi USU.
Pengurusan informasi atau information handling  yakni penyampaian dan  penerimaan berita, akan dapat berjalan dengan baik bila terdapat komunikasi yang efektif   dan efisien. Komunikasi itu akan menciptakan iklim kerja yang sehat dan terbuka. Hal ini  sangat penting guna meningkatkan kreativitas dan dedikasi para pegawai kantor.
Komunikasi merupakan alat utama untuk menyempurnakan hubungan dalam organisasi.
Dan komunikasi mempunyai peranan penting dalam memperlancar kinerja.
komunikasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan  menilik hakikat sebagai kumpulan orang  yang bersama-sama menyelenggarakan  kegiatan. suatu pekerjaan itu dilaksanakan oleh orang-orang, dan ditujukan untuk  kepentingan orang-orang dimana kegiatan sangat ditentukan oleh aktifitas orang-orang  yang ada dalam Fakultas Ekonomi USU.
Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi di Fakultas Ekonomi USU  mengenai komunikasi. Misalnya kesalahpahaman antara staf dan pegawai di akibatkan  oleh komunikasi yang kurang baik. Hal ini disebabkan oleh miss communication dan  perbedaan sudut pandang dalam melaksanakan suatu tugas. Terkadang hal ini juga yang  menyebabkan terjadinya konflik antara staf dan pegawai.
Berdasarkan keterangan-keterangan diatas, maka penulis mengambil judul  “Peranan Komunikasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Staf dan Pegawai  Pada Fakultas Ekonomi USU”   B.  Perumusan Masalah Sistem komunikasi yang dilaksanakan dalam suatu perguruan tinggi akan  mempengaruhi kelancaran kinerja para staf dan pegawainya. Oleh karena itu, sangat  penting bagi perguruan tinggi untuk memperhatikan bagaimana cara-cara berkomunikasi  yang efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja staf dan pegawainya.
Berdasarkan uraian diatas maka perumusan masalah yang dapat diambil sebagai  dasar kajian dalam penelitian yang dilakukan adalah : Bagaimana peranan komunikasi dalam meningkatkan produktivitas kerja staf dan  pegawai pada Fakultas Ekonomi USU? C.  Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi yang  diterapkan pada Fakultas Ekonomi USU.
D.  Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah :  a.  Untuk memberikan masukan serta menyampaikan saran yang mungkin  bermanfaat bagi Fakultas Ekomoni USU, mengenai masalah yang dihadapi  dibidang komunikasi.
b.  Sebagai referensi bagi peneliti-peneliti lain yang berminat terhadap judul yang  penulis teliti.
 c.  Bagi penulis sendiri sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu pengetahuan  khususnya mengenai sistem komunikasi yang baik yang seharusnya dilaksanakan  dalam suatu perguruan tinggi.
E.  Jadwal Kegiatan 1.  Jadwal survei /observasi Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl.T.M.
Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan ini dapat dilihat  pada Tabel 1.1. di bawah ini.
Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan NO. KEGIATAN MINGGU KE 1  2  3 1.  Persiapan       2.  Pengumpulan Data      3.  Penulisan Laporan    Dalam kegiatan pengumpulan data, Penulis melakukan penelitian selama beberapa  minggu mulai tanggal 28 Juni s/d 09 Juli 2010 di bagian Kepegawaian Fakultas Ekonomi  .
 F.  Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub bab  antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, Penulis menjelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL PERGURUAN TINGGI Dalam bab ini, Penulis menjelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi  USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha terkini,  dan rencana kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini, menjelaskan tentang bagaimana komunikasi yang digunakan oleh  staf dan pegawai di Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : PENUTUP Dalam bab ini, menjelaskan tentang kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian  yang dilakukan di bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU, dan saran Penulis  bagi bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi USU, serta Daftar Pustaka yang  mencantumkan semua referensi yang digunakan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi