Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PENANGANAN TUGAS – TUGAS SEKRETARIAT PADA PT. INDOSAT NORTHERN



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah
 Pada era globalisasi ini pertumbuhan dunia bisnis semakin bertambah  maju sesuai dengan kemajuan zaman yang modern dan didukung dengan semakin  canggihnya teknologi. Era globalisasi merupakan era di mana setiap perusahaan  harus memiliki kemampuan kompetitif dalam bersaing di dunia usaha.

Dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, diperlukan suatu organisasi yang  baik dan teratur yaitu dengan adanya pembagian tugas, pelimpahan wewenang  sampai kepada perincian tugas di dalam organisasi. Masing-masing pihak yang  terlibat dalam organisasi tersebut harus dapat memimpin dengan baik, sehingga  kegiatan setiap anggota dalam bekerjasama dapat terarah dan jelas tujuannya.
Setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan di dalam organisasi/perusahaan,  baik dilingkungan pemerintah maupun swasta, akan memerlukan pekerjaan yang  rapi, teratur dan lancar. Salah satu prasarana yang tidak kalah pentingnya dengan  prasarana lainnya adalah terdapatnya suatu perkantoran yang menyediakan  kebutuhan informasi yang akurat dan terpercaya. Tanpa adanya informasi yang  dibutuhkan yang berguna untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, maka  akan sulit bagi pimpinan perusahaan untuk menetapkan suatu kebijakan.
Dengan semakin berkembangya suatu organisasi, maka semakin besar pula  tanggung jawab pimpinan terhadap tugasnya. Seorang pimpinan dituntut untuk  dapat mengetahui dengan cepat dan tepat setiap situasi dan kondisi yang terjadi  pada organisasi/perusahaan, dapat memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien   serta dapat memahami seluruh masalah yang menyangkut pelaksanaan tugas-tugas  pokok organisasinya Saat ini kedudukan dan peranan kantor berkembang dengan pesat dan  tentu sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam rangka mencapai  tujuan yang ditetapkan. Mengingat semakin bertambah luas dan kompleksnya  ruang lingkup pekerjaan kantor, menunjukkan kecendrungan dibutuhkannnya  sekelompok staff yang diantaranya sekretaris dengan rekannya dalam melakukan  pekerjaan atau rangkaian penataan terhadap pekerjaan pokok, sehingga timbul  satuan organisasi yang dinamakan sekretariat (kesekretariatan).
Dunia kesekretariatan sebagai suatu profesi pada masa sekarang ini sudah  sangat berkembang. Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat  asisten atau mendukung dan juga sebagai profesi yang sangat penting karena  diperlukan oleh organisasi/perusahaan modern. Profesi sebagai sekretaris tidak  dapat lagi dianggap sebagai “juru ketik” saja, tetapi fungsi dan peranan sekretaris  dari hari ke hari semakin bertambah luas.
PT. Indosat Northern Sumatera Region Medan adalah sebuah perusahaan  yang bergerak di bidang layanan jasa telekomunikasi, merupakan perusahaan  penyelenggara jasa telekomunikasi intenasional terkemuka di Indonesia. Salah  satu kegiatan yang biasa yang dilakukan seorang sekretaris pada perusahaan ini  lebih dititik beratkan pada kegiatan “administrasi perkantoran”. Kegiatan yang  dimaksud antara lain; pengelolaan surat-surat, pengarsipan atau pengelolaan arsip,  penanganan telepon, penggunaan mesin-mesin kantor, menangani laporan, dan  sebagainya. Penanganan tugas-tugas sekretariat pada PT. Indosat Northern   Sumatera Region Medan harus dilakukan dengan baik karena tugas tersebut akan  membantu pimpinan dan perusahaan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan serta  tugas-tugas pokok yang telah direncanakan.
B.  Permasalahan  Masalah merupakan hambatan yang dirasakan sebagai suatu tantangan  yang harus diketahui duduk persoalannya, yang mana diperlukan suatu tanggapan  dan pemecahan untuk penyelesaiaannya Untuk itu, adapun rumusan masalah atau permasalahan yang akan dibahas  pada penelitian ini adalah “Bagaimana Penanganan Tugas-tugas Sekretariat pada  PT. Indosat Northern Sumatera Region Medan”.
C. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui  penanganan tugas-tugas sekretariat pada PT. Indosat Northern Sumatera Region  Medan.
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian yang dilakukan pada PT. Indosat Northern  Sumatera Region Medan adalah : 1.  Bagi perusahaan mempunyai kegunaan sebagai bahan pertimbangan dalam  mengambil langkah-langkah pada masa yang akan datang sehingga  diharapkan terus mengalami perkembangan dengan baik.
 2.  Bagi penulis mempunyai manfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan  tentang penanganan tugas-tugas sekretariat.
3.  Untuk menumbuh kembangkan sikap intelektualitas mahasiswa melalui sikap  gemar membaca dan menganalisa suatu karya tulis.
E.  Jadwal Penelitian Pada penulisan tugas akhir ini, penulis membuat suatu jadwal penelitian,  gunanya agar waktu yang diperlukan dapat dibagi-bagi dengan teratur, supaya  penulisan untuk tugas akhir ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Jadwal  penelitian yang dilakukan oleh penulis di PT. Indosat Northern Sumatera Region  Medan yaitu dimulai dari tanggal 01 Mei 2009 s/d tanggal 31 Mei 2009.
Dalam penelitian ini, dilakukan pengumpulan data mengenai tugas-tugas  sekretariat pada bagian sekretaris. Jadwal penelitian dapat dilihat pada Tabel 1. 1.
Tabel 1. 1 Jadwal Penelitian NO  KEGIATAN  MINGGU KE 1  2  3  4 1.  Persiapan        2  Pengumpulan Data        3.  Penulisan Laporan     F.  Sistematika Penulisan Tugas akhir ini di bagi atas 4 (empat) bab dan tiap  bab dibagi atas  beberapa sub bab antara lain : BAB I   : PENDAHULUAN Bab ini berisikan Latar Belakang Masalah, Permasalahan, Tujuan  Penelitian, Manfaat Penelitian, Jadwal Penelitian dan Sistematika  Penulisan.
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN Bab ini berisikan Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Job Description, Jenis Usaha/Kegiatan Usaha, Kinerja Usaha Terkini,  dan Rencana Kegiatan.
BAB III   : PEMBAHASAN Bab ini berisikan Pengertian Sekretariat, Pengertian Sekretaris dan  Penanganan Tugas-tugas Sekretariat.
BAB IV : PENUTUP Bab ini berisikan Kesimpulan dan Saran mengenai hasil penelitian  tentang penanganan tentang tugas-tugas sekretariat pada PT. Indosat  Northern Sumatera Region Medan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi