BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi ini pertumbuhan dunia bisnis
semakin bertambah maju sesuai dengan
kemajuan zaman yang modern dan didukung dengan semakin canggihnya teknologi. Era globalisasi
merupakan era di mana setiap perusahaan harus
memiliki kemampuan kompetitif dalam bersaing di dunia usaha.
Dalam mencapai
tujuan yang ditetapkan, diperlukan suatu organisasi yang baik dan teratur yaitu dengan adanya pembagian
tugas, pelimpahan wewenang sampai kepada
perincian tugas di dalam organisasi. Masing-masing pihak yang terlibat dalam organisasi tersebut harus dapat
memimpin dengan baik, sehingga kegiatan
setiap anggota dalam bekerjasama dapat terarah dan jelas tujuannya.
Setiap rangkaian
kegiatan yang dilakukan di dalam organisasi/perusahaan, baik dilingkungan pemerintah maupun swasta,
akan memerlukan pekerjaan yang rapi,
teratur dan lancar. Salah satu prasarana yang tidak kalah pentingnya dengan prasarana lainnya adalah terdapatnya suatu
perkantoran yang menyediakan kebutuhan
informasi yang akurat dan terpercaya. Tanpa adanya informasi yang dibutuhkan yang berguna untuk mencapai tujuan
yang sudah ditetapkan, maka akan sulit
bagi pimpinan perusahaan untuk menetapkan suatu kebijakan.
Dengan semakin
berkembangya suatu organisasi, maka semakin besar pula tanggung jawab pimpinan terhadap tugasnya.
Seorang pimpinan dituntut untuk dapat
mengetahui dengan cepat dan tepat setiap situasi dan kondisi yang terjadi pada organisasi/perusahaan, dapat memanfaatkan
waktu dengan efektif dan efisien serta
dapat memahami seluruh masalah yang menyangkut pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasinya Saat ini kedudukan dan
peranan kantor berkembang dengan pesat dan tentu sangat menentukan keberhasilan suatu
perusahaan dalam rangka mencapai tujuan
yang ditetapkan. Mengingat semakin bertambah luas dan kompleksnya ruang lingkup pekerjaan kantor, menunjukkan
kecendrungan dibutuhkannnya sekelompok
staff yang diantaranya sekretaris dengan rekannya dalam melakukan pekerjaan atau rangkaian penataan terhadap
pekerjaan pokok, sehingga timbul satuan
organisasi yang dinamakan sekretariat (kesekretariatan).
Dunia
kesekretariatan sebagai suatu profesi pada masa sekarang ini sudah sangat berkembang. Sekretaris adalah sebuah
profesi administratif yang bersifat asisten
atau mendukung dan juga sebagai profesi yang sangat penting karena diperlukan oleh organisasi/perusahaan modern.
Profesi sebagai sekretaris tidak dapat
lagi dianggap sebagai “juru ketik” saja, tetapi fungsi dan peranan sekretaris dari hari ke hari semakin bertambah luas.
PT. Indosat
Northern Sumatera Region Medan adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa
telekomunikasi, merupakan perusahaan penyelenggara
jasa telekomunikasi intenasional terkemuka di Indonesia. Salah satu kegiatan yang biasa yang dilakukan
seorang sekretaris pada perusahaan ini lebih
dititik beratkan pada kegiatan “administrasi perkantoran”. Kegiatan yang dimaksud antara lain; pengelolaan surat-surat,
pengarsipan atau pengelolaan arsip, penanganan
telepon, penggunaan mesin-mesin kantor, menangani laporan, dan sebagainya. Penanganan tugas-tugas sekretariat
pada PT. Indosat Northern Sumatera
Region Medan harus dilakukan dengan baik karena tugas tersebut akan membantu pimpinan dan perusahaan dalam
mencapai tujuan yang ditetapkan serta tugas-tugas
pokok yang telah direncanakan.
B. Permasalahan Masalah merupakan hambatan yang dirasakan
sebagai suatu tantangan yang harus
diketahui duduk persoalannya, yang mana diperlukan suatu tanggapan dan pemecahan untuk penyelesaiaannya Untuk
itu, adapun rumusan masalah atau permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “Bagaimana
Penanganan Tugas-tugas Sekretariat pada PT.
Indosat Northern Sumatera Region Medan”.
C. Tujuan
Penelitian Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan tugas-tugas sekretariat pada PT.
Indosat Northern Sumatera Region Medan.
D. Manfaat
Penelitian Adapun manfaat dari penelitian yang dilakukan pada PT. Indosat
Northern Sumatera Region Medan adalah : 1. Bagi perusahaan mempunyai kegunaan sebagai
bahan pertimbangan dalam mengambil
langkah-langkah pada masa yang akan datang sehingga diharapkan terus mengalami perkembangan dengan
baik.
2. Bagi
penulis mempunyai manfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang penanganan tugas-tugas sekretariat.
3. Untuk menumbuh kembangkan sikap
intelektualitas mahasiswa melalui sikap gemar
membaca dan menganalisa suatu karya tulis.
E. Jadwal Penelitian Pada penulisan tugas akhir
ini, penulis membuat suatu jadwal penelitian, gunanya agar waktu yang diperlukan dapat
dibagi-bagi dengan teratur, supaya penulisan
untuk tugas akhir ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Jadwal penelitian yang dilakukan oleh penulis di PT.
Indosat Northern Sumatera Region Medan
yaitu dimulai dari tanggal 01 Mei 2009 s/d tanggal 31 Mei 2009.
Dalam penelitian
ini, dilakukan pengumpulan data mengenai tugas-tugas sekretariat pada bagian sekretaris. Jadwal
penelitian dapat dilihat pada Tabel 1. 1.
Tabel 1. 1 Jadwal
Penelitian NO KEGIATAN MINGGU KE 1
2 3 4 1.
Persiapan 2
Pengumpulan Data 3.
Penulisan Laporan F.
Sistematika Penulisan Tugas akhir ini di bagi atas 4 (empat) bab dan
tiap bab dibagi atas beberapa sub bab antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Bab ini berisikan Latar
Belakang Masalah, Permasalahan, Tujuan Penelitian,
Manfaat Penelitian, Jadwal Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II : PROFIL
PERUSAHAAN Bab ini berisikan Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Job Description,
Jenis Usaha/Kegiatan Usaha, Kinerja Usaha Terkini, dan Rencana Kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Bab ini berisikan Pengertian
Sekretariat, Pengertian Sekretaris dan Penanganan
Tugas-tugas Sekretariat.
BAB IV : PENUTUP Bab
ini berisikan Kesimpulan dan Saran mengenai hasil penelitian tentang penanganan tentang tugas-tugas
sekretariat pada PT. Indosat Northern
Sumatera Region Medan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi