Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERAN DAN FUNGSI HUMAS DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PT. GARUDA INDONESIA



6 BAB I PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang 
Setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatannya sangat perlu membina  hubungannya dengan masyarakat dari luar perusahaan atau pihak eksternal , serta  karyawan perusahaan atau pihak internal. dengan  apalagi untuk suatu bisnis yang  berhubungan dengan pelayanan. Untuk itu perusahaan harus mampu menciptakan  hubungan baik dan harmonis antara perusahaan dengan lingkungannya melalui  aktivitas komunikasi.

Maka kebutuhan akan suatu bagian  perusahaan  yang dapat menciptakan  komunikasi yang efektif dan kerja sama yang baik diantara orang-orang yang  bergerak dalam berbagai bidang. Bagian perusahaan tersebut adalah yang dapat  menghubungkan antara pimpinan dengan bawahan, hubungan antara perusahaan  yang satu dengan perusahaan lainnya, ataupun perusahaan dengan masyarakat  umum. Menyadari akan hal ini, baik organisasi swasta maupun pemerintah  berusaha melengkapi organisasi dengan suatu bagian yang bergerak dalam bidang  komunikasi yang dikenal dengan humas (hubungan masyarakat).
Humas yang merupakan bagian dari perusahaan dengan tugas menciptakan  pengertian yang lebih baik terhadap masyarakat dan dapat memperdalam  kepercayaan masyarakat terhadap suatu organisasi dengan tujuan untuk  memperoleh dukungan dari masyarakat atas kegiatan perusahaan tersebut.
Dalam melaksanakan kegiatannya, humas didasarkan pada suatu program  yaitu melaksanakan kebijaksanaan dari pimpinan yang akan membina   7 kepercayaan masyarakat serta menambah pengertian terhadap kegiatan-kegiatan  perusahaan. Misalnya mengenai jasa atau produk yang mereka tawarkan sehingga  dapat mendukung kegiatan perusahaan. Oleh karena itu, humas harus mengetahui  segala pelayanan dari perusahaan, masalah produk yang ditawarkan maupun  bencana alam yang terjadi, sehingga perusahaan dapt memberikan penyelesaian  masalah yang ada ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat sebagai tanda  kepedulian perusahaan kepada masyarakat.
Selain membina hubungan yang baik kepada masyarakat, kegiatan humas  juga  meliputi kegiatan internal humas.  Kegiatan internal humas  bertujuan  menciptakan suasana kerja yang baik dan membentuk pegawai yang mempunyai  semangat kerja yang tinggi.
Hal ini dapat tercapai jika pimpinan memperhatikan kerja karyawan baik  dari segi ekonomi maupun segi sosial. Lingkungan kerja juga dapat  mempengaruhi aktivitas kerja karyawan dalam perusahaan dan juga antara  karyawan yang satu dengan yang lainnya harus dapat menciptakan rasa saling  percaya, menghargai.
Berdasarkan keterangan di atas, maka penulis bermaksud untuk membahas  “PERANAN  DAN FUNGSI HUMAS DALAM MENINGKATKAN  PELAYANAN PT. GARUDA INDONESIA MEDAN.”  B.  Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang dihadapi adalah mencakup kegiatankegiatan yang dilaksanakan oleh humas yaitu bagaimana peran dan fungsi humas   8 dalam meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh PT. Garuda Indonesia Medan.
C.  Tujuan dan Manfaat penelitian 1.  Tujuan Penelitian Pada dasarnya setiap kegiatan yang dilaksanakan mempunyai suatu tujuan, karena  tanpa adanya tujuan kegiatan yang dilakukan tidak akan mendapatkan hasil yang  baik. Pencapaian tujuan yang ditetapkan merupakan titik tolak dalam  melaksanakan kegiatan : a)  Untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsinya oleh PT. Garuda  Indonesia Medan terhadap pelayanan kepada pelanggan.
b)  Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Humas (Public Relation  )  pada PT. Garuda Indonesia Medan terhadap pelayanan kepada  pelanggan.
2.  Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini: a)  Sebagai bahan masukan bagi PT. Garuda Indonesia Medan dalam  meningkatkan paran dan fungsi humas.
b)  Hasil penelitian dapat dipergunakan oleh peneliti lainnya sebagai bahan  masukan atau informasi yang mungkin dapat berguna di bidang Humas.
c)  Sebagai sumber pengetahuan bagi penulis sebagai tambahan ilmu  pengetahuan.
 9 D.  Metode Penelitian 1.  Lokasi dan waktu penelitian.
Penelitian dilakukan di PT. Garuda Indonesian Medan, yang berada di Jl.
Mongonsidi No. 34A Medan. Penelitian ini akan dilaksanakan mulai bulan  Februari – April 2009.
2.  Jenis data a)  Data primer Data yang diperoleh secara langsung dari sumber penelitian yaitu PT. Garuda  Indonesia yang berhubungan dengan humas.
b)  Data sekunder Pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan yaitu pengumpulan data dengan  cara penelaahan buku, arsip-arsip, catatan-catatan sumber pustaka.
3.  Teknik pengumpulan data Wawancara Yaitu dengan melakukan tanya jawab secara langsung  serta membagikan  kuisioner melalui staff perusahaan ataupun dengan pihak yang bersangkutan.
4.  Metode analisa a)  Metode Deskriptif  10 Yaitu metode atau cara menganalisis data yang di tujukan untuk memecahkan  maslah yang terjadi dengan jalan mengklarifikasikan data tersebut sehingga dapat  memberikan gambaran yang lengkap mengenai perusahaan.
b)  Metode Deduktif Metode yang digunakan untuk menarik sebuah kesimpulan mengenai fakta yang  diteliti oleh penulis bedasarkan kebenaran yang bersifat secara umum, megadakan  perbandingan antar teori dengan kenyataan akan dapat diketahui penyimpangan  dan selanjutnya membuat kesimpulan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi