BAB I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Kalangan dunia usaha baik instansi pemerintah maupun instansi
swasta dalam melakukan usaha sangat
mengandalkan fasilitas atau peralatan kantor untuk menyelesaikan suatu pekejaan dengan efisien
dan hasil kerja yang optimal. Perkembangan
teknologi yang semakin maju menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat dengan memperhatikan efisensi
disegala bidang, dalam menghadapi
perkembangan tersebut tentu saja diperlukan fasilitas atau peralatan dalam kesiapan sarananya. Dengan itu,
diperlukan kesiapan dalam mengoprasikan fasilitas
atau peralatan kantor tersebut.
Hasil kerja yang
tinggi berdampak besar terhadap perusahaan, yang secara langsung perusahaan akan memperoleh keuntungan
yang lebih dan membuat peluang yang
besar bagi tercapainya tujuan dan berbagai sasaran yang ditetapkan.
Fasilitas dalam
suatu proses pekerjaan dipergunakan untuk menghemat secara fisik, tenaga, dan pikiran manusia dalam
melakukan tugas-tugas baik rutin maupun
tugas yang bersifat insidentil. Fasilitas juga dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik sehingga setiap
karyawan dapat memberi kontribusi positif
kepada perusahaan. (Indiyah, 1999) Pengembangan sumber daya manusia dapat
meningkatkan produktivitas karyawan
sehingga dapat membentuk tenaga kerja yang produktif, terampil, dan professional yang bekerja secara efektif dan
efisien. Produktivitas sumber daya manusia
bukan hanya didukung oleh fasilitas yang ada di perusahaan.
Penggunaan
fasilitas kerja bertujuan untuk menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.
Masing-masing kantor memiliki kepentingan
atau pekerjaan yang beraneka ragam, maka dalam merencanakan pemilihan fasilitas kerja berbagai masalah
harus dipertimbangkan karena setiap jenis
peralatan kantor apapun fasilitas yang tersedia mempunyai fungsi yang berbeda-beda,
agar pemilihan fasilitas kerja tersebut dapat meningkatkan produktivitas yang efektif dan efisien.
Hal yang paling
penting dalam memilih fasilitas kantor memang sangat diperlukan, mempercepat menyelesaikan
pekerjaan dan mudah memeliharanya.
Tidak dapat
dipungkiri lagi bahwa peralatan kantor sangat diperlukan dalam membina prosedur dan tata kerja perusahaan,
mempermudah pekerjaan, menghemat waktu,
tenaga dan pikiran manusia dalam melakukan tugas-tugas rutin dan insidentil.
Biasanya peralatan
kantor dipergunakan suatu perusahaan untuk pekerjaan yang dikerjakan berulang-ulang dalam jumlah
banyak dan dalam bentuk serta ukuran
yang sama sehingga membuang waktu dan membosankan bagi orang yang mengerjakan karena memerlukan ketelitian untuk
mencegah terjadinya kesalahan maupun
kecelakaan kerja.
PT PLN (Persero)
Wilayah Sumut menggunakan fasilitas kantor antara lain: komputer/laptop, telepon, mesin fax
email, mesin foto copy dan lain-lain untuk
meningkatkan efisiensi, efektivitas kerja dan ketepatan waktu pekerjaan tugas-tugas karyawan.
Berdasarkan uraian
diatas, maka penulis memilih judul “Peranan Fasilitas Kerja Pada PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera
Utara”.
B. PERUMUSAN
MASALAH Adapun pembahasan masalah yang akan penulis kemukakan adalah “Bagaimana peranan fasilitas kerja pada PT.
PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara”.
C. TUJUAN DAN
MANFAAT PENELITIAN Tujuan yang ingin tercapai dalam penulisan tugas akhir ini
adalah: Untuk mengetahui bagaimana peranan fasilitas kerja pada PT. PLN
(Persero) Wilayah Sumatera Utara.
Penelitian ini
diharapkan bermanfaat bagi: 1. Bagi
perusahaan, memberikan bahan masukkan kepada perusahaan dalam mengatasi masalah tentang peranan fasilitas
kerja terhadap karyawan.
2. Bagi peneliti, memperkenalkan pada lingkungan
kerja yang sebenarnya serta menambah
pengetahuan dan wawasan berpikir mengenai jenis, cara dan proses peranan fasilitas kerja tersebut.
3. Bagi Peneliti selanjutnya, sebagai
pengetahuan tambahan yang mungkin dapat
berguna bagi yang membutuhkannya.
D. JADWAL KEGIATAN Riset dilakukan oleh
penulis dari tanggal 27 April s/d 30 April 2009 pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara,
serta jadwal kegiatan dapat dilihat pada
Tabel 2.1. sebagai berikut: Tabel 2.1. Jadwal Kegiatan Minggu Ke-1 Minggu ke-2
Minggu Ke-3 Perencanaan Pengumpulan Data Pengetikkan E.
SISTEMATIKA PENULISAN BAB I. PENDAHULUAN Pada Bab ini peneliti akan membahas
latar belakang, perumusan masalah, tujuan
dan manfaat penelitian, jadwal kegiatan, serta sistematika penulisan.
BAB II. PROFIL
PERUSAHAAN Pada Bab ini akan membahs sejarah ringkas perusahaan, jenis usaha, struktur organisasi, uraian fungsi dan tugas
pokok, jaringan usaha, kinerja usaha terkini,
serta rencana kegiatan usaha.
BAB III. PEMBAHASAN
Pada Bab ini penulis akan membahas tentang peranan fasilitas kerja, produktivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi
produktivitas kerja, serta membahas
tentang jenis-jenis fasilitas kerja yang ada pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
BAB IV. KESIMPULAN
DAN SARAN Pada Bab ini penulis menyimpulkan isi dari pembahasan, serta memberi saran kepada perusahaan berkaitan dengan
peranan fasilitas kerja yang ada pada PT.
PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi