Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN FASILITAS KERJA PADA PT. PLN



BAB I PENDAHULUAN 
A. LATAR BELAKANG 
Kalangan dunia usaha baik instansi pemerintah maupun instansi swasta  dalam melakukan usaha sangat mengandalkan fasilitas atau peralatan kantor untuk  menyelesaikan suatu pekejaan dengan efisien dan hasil kerja yang optimal. Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut manusia untuk bertindak  semakin cepat dengan memperhatikan efisensi disegala bidang, dalam  menghadapi perkembangan tersebut tentu saja diperlukan fasilitas atau peralatan  dalam kesiapan sarananya. Dengan itu, diperlukan kesiapan dalam mengoprasikan  fasilitas atau peralatan kantor tersebut.

Hasil kerja yang tinggi berdampak besar terhadap perusahaan, yang secara  langsung perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih dan membuat  peluang yang besar bagi tercapainya tujuan dan berbagai sasaran yang ditetapkan.
Fasilitas dalam suatu proses pekerjaan dipergunakan untuk menghemat secara  fisik, tenaga, dan pikiran manusia dalam melakukan tugas-tugas baik rutin  maupun tugas yang bersifat insidentil. Fasilitas juga dapat memotivasi karyawan  untuk bekerja lebih baik sehingga setiap karyawan dapat memberi kontribusi  positif kepada perusahaan. (Indiyah, 1999) Pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan produktivitas  karyawan sehingga dapat membentuk tenaga kerja yang produktif, terampil, dan   professional yang bekerja secara efektif dan efisien. Produktivitas sumber daya  manusia bukan hanya didukung oleh fasilitas yang ada di perusahaan.
Penggunaan fasilitas kerja bertujuan untuk menyelesaikan tugas  yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Masing-masing kantor memiliki  kepentingan atau pekerjaan yang beraneka ragam, maka dalam merencanakan  pemilihan fasilitas kerja berbagai masalah harus dipertimbangkan karena setiap  jenis peralatan kantor apapun fasilitas yang tersedia mempunyai fungsi yang  berbeda-beda,  agar pemilihan fasilitas kerja tersebut dapat meningkatkan  produktivitas yang efektif dan efisien.
Hal yang paling penting dalam memilih fasilitas kantor memang sangat  diperlukan, mempercepat menyelesaikan pekerjaan dan mudah memeliharanya.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa peralatan kantor sangat diperlukan dalam  membina prosedur dan tata kerja perusahaan, mempermudah pekerjaan,  menghemat waktu, tenaga dan pikiran manusia dalam melakukan tugas-tugas  rutin dan insidentil.
Biasanya peralatan kantor dipergunakan suatu perusahaan untuk pekerjaan  yang dikerjakan berulang-ulang dalam jumlah banyak dan dalam bentuk serta  ukuran yang sama sehingga membuang waktu dan membosankan bagi orang yang  mengerjakan karena memerlukan ketelitian untuk mencegah terjadinya kesalahan  maupun kecelakaan kerja.
PT PLN (Persero) Wilayah Sumut menggunakan fasilitas kantor antara  lain: komputer/laptop, telepon, mesin fax email, mesin foto copy dan lain-lain   untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas kerja dan ketepatan waktu pekerjaan  tugas-tugas karyawan.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis memilih judul “Peranan Fasilitas  Kerja Pada PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara”.
B. PERUMUSAN MASALAH Adapun pembahasan masalah yang akan penulis kemukakan adalah  “Bagaimana peranan fasilitas kerja pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera  Utara”.
C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Tujuan yang ingin tercapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana peranan fasilitas kerja pada PT. PLN (Persero)  Wilayah Sumatera Utara.
Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi: 1.  Bagi perusahaan, memberikan bahan masukkan kepada perusahaan dalam  mengatasi masalah tentang peranan fasilitas kerja terhadap karyawan.
2.  Bagi peneliti, memperkenalkan pada lingkungan kerja yang sebenarnya  serta menambah pengetahuan dan wawasan berpikir mengenai jenis, cara  dan proses peranan fasilitas kerja tersebut.
3.  Bagi Peneliti selanjutnya, sebagai pengetahuan tambahan yang mungkin  dapat berguna bagi yang membutuhkannya.
 D. JADWAL KEGIATAN Riset dilakukan oleh penulis dari tanggal 27 April s/d 30 April 2009 pada  PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara, serta jadwal kegiatan dapat dilihat  pada Tabel 2.1. sebagai berikut: Tabel 2.1. Jadwal Kegiatan Minggu Ke-1  Minggu ke-2  Minggu Ke-3 Perencanaan      Pengumpulan Data      Pengetikkan    E. SISTEMATIKA PENULISAN BAB I. PENDAHULUAN Pada Bab ini peneliti akan membahas latar belakang, perumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian, jadwal kegiatan, serta sistematika penulisan.
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN Pada Bab ini akan membahs sejarah ringkas perusahaan, jenis usaha,  struktur organisasi, uraian fungsi dan tugas pokok, jaringan usaha, kinerja usaha  terkini, serta rencana kegiatan usaha.
BAB III. PEMBAHASAN Pada Bab ini penulis akan membahas tentang peranan fasilitas kerja,  produktivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, serta   membahas tentang jenis-jenis fasilitas kerja yang ada pada PT. PLN (Persero)  Wilayah Sumatera Utara.
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN Pada Bab ini penulis menyimpulkan isi dari pembahasan, serta memberi  saran kepada perusahaan berkaitan dengan peranan fasilitas kerja yang ada pada  PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi