Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: Sistem Pengendalian Intern Atas Aktiva Tetap Pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi



9  BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
 Perusahaan sebagai suatu organisasi mempunyai berbagai kegiatan tertentu  dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi, yang pada umumnya bertujuan  untuk menghasilkan laba yang optimal agar dapat mempertahankan kelangsungan  hidupnya, memajukan serta mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih  tinggi, untuk itu setiap perusahaan/organisasi harus membuat keputusan bisnis  yang baik. Keputusan bisnis tersebut  dapat dilakukan dengan menggunakan  pengendalian internal untuk mengarahkan opersi perusahaan, melindungi aktiva,  dan mencegah penyalahgunaan system organisasi yang telah di bentuk.

Setiap Organisasi  dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya  menggunakan sejumlah akiva tetap selain aktiva-aktiva lainnya.  Aktiva tetap merupakan harta berwujud (tangible asset) yang memiliki masa manfaat  ekonomis lebih dari satu tahun, bernilai material, dan digunakan untuk kegiatan  operasi normal Organisasi.  Semua aktiva tetap milik Organisasi memerlukan  biaya perawatan dan pemeliharan agar dapat digunakan sesuai dengan rencana.
Pengeluaran- pengeluaran guna pemeliharaan dan perawatan aktiva tetap tersebut  diantaranya dapat menambah masa manfaat aktiva tetap, meningkatkan kapasitas,  dan meningkatkan mutu produksinya. Aktiva tetap sangat berpengaruh tehadap  berbagai  kegiatan operasional Organisasi  demi tercapainya efisiensi dan  efektivitas kegiatan operasional yang mendukung pencapaian tujuan Organisasi.
Oleh karena itu, diperlukan pengendalian dan pengawasan internal yang begitu   10  besar terhadap aktiva tetap. Pengendalian dan pengawasan tersebut dilakukan  untuk melindungi aktiva dari pencurian, penggelapan, penyalahgunaan, atau  penempatan aktiva pada lokasi yang tidak tepat. Pengendalian internaljuga dapat  memberikan jaminan terhadap informasi bisnis yang akurat demi keberhasilan  usaha, serta mengupayakan agar anggota Organisasi  mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku pada Organisasi.
Pengendalian internal merupakan bagian dari masing-masing sistem yang  dipergunakan sebagai prosedur dan pedoman pelaksanaan operasional perusahaan  atau organsasi tertentu untuk mengamankan kekayaan, memelihara kecermatan,  dan sampai seberapa jauh dapat dipercayanya data akuntansi. Aktiva tetap juga  merupakan investasi jangka panjang Organisasi dengan jumlah yang cukup besar.
Untuk itu aktiva tetap yang ada pada Organisasi harus benar-benar diperhatikan  yaitu dengan melakukan pengendalian dan pengawasan yang baik terhadap aktiva  tetap. Dengan adanya pengendalian dan pengawasan tersebut maka Organisasi dapat mengikhtisarkan seluruh aktiva tetap yang dimilikinya yang dapat  memberikan keuntungan yang cukup besar bagi Organisasi. Sebaliknya, jika  Organisasi tidak melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap aktiva tetap  Organisasi maka akan mengalami kerugian.
Berdasarkan  uraian di atas  terlihat jelas begitu besar peran sistem  pengendalian internal atas aktiva tetap bagi suatu perusahaan atau Organisasi,  maka penulis tertarik untuk mengambil judul dalam tugas akhir yang berjudul  ”Sistem Pengendalian Internal  atas  Aktiva Tetap   pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi ”.
 11  B.  Rumusan Masalah Berdasarkan Uraian Latar Belakang Masalah Maka Rumusan Masalah  penelitian ini adalah Bagaimana Pengendalian internal Atas Aktiva tetap pada  bagian tata Usaha Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan utama peneliti melakukan penelitian pada Bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi  adalah untuk mengetahui bagaimana Sistem  Pengendalian internal atas Aktiva Tetap pada Bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi .
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Sebagai bahan masukan kepada  peneliti agar dapat mempelajari  secara  langsung  mengenai sistem pengendalian internal atas aktiva tetap dan dapat  menambah ilmu pengetahuan peneliti, serta dapat mengaplikasikan   teoriteori yang didapat dari pekuliahan dengan sebenarnya.
2.   Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi peneliti lain yang nantinya  dapat bermanfaat  sebagai ferensi  bagi rekan-  rekan mahasiswa untuk  menambah ilmu pengetahuannya dan juga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan  mahasiswa junior dalam membuat paper dalam penelitiannya ditahun-tahun  mendatang yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal atas aktiva  tetap.
 12  3. Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi  Bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi  dalam menentukan kebijakan sistem  pengendalian internal aktiva tetap pada masa yang akan datang dari beberapa  literature yang diuraikan beserta saran-saran yang diberikan oleh penulis.
D.  Sistematika Penelitian 1.  Jadwal Penelitian Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, peneliti membuat jadwal penelitian yang dibuat dalam bentuk tabel yang terdiri dari nomor, kegiatan dan waktu (minggu).
 13  Tabel 1.1 Jadwal survei dan penulisan Laporan Tugas Akhir NO.  KEGIATAN April/MINGGU I  II  III  IV A. Persiapan             1  Melaksanakan observasi Pendahuluan            2  Bimbingan untuk pelaksanaan TA         B.Pelaksanaan             3  Bimbingan untuk pengolahan data            4  Pengolahan data         C. Pelaporan             5  Bimbingan untuk penulisan bab I            6  Penulisan bab I (pendahuluan)            7  Bimbingan untuk penulisan bab II            8  Penulisan bab II (profil perusahaan)            9  Bimbingan untuk penulisan bab III            10  Penulisan bab III (pembahasan)            11  Bimbingan untuk penulisan bab IV            12  Penulisan bab IV (kesimpulan dan saran)            13  Bimbingan tahap terakhir (Penyempurnaan Laporan Tugas Akhir)        √ 14  Penyelesaian Laporan Tugas Akhir           √ 2.    Rencana Isi Untuk mendapatkan gambaran laporan penelitian yang lebih terstruktur dalam penulisan tugas akhir ini, maka peneliti membagi dalam empat bab yaitu  bab pendahuluan, profil perusahaan, topik penilitian, penutup.
Pada bab pendahuluan diuraikan latar belakang masalah, rumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian, sistematika penelitian yang terdiri dari jadwal   14  penelitian dan rencana isi. Pada bab profil perusahaan diuraikan sejarah singkat,  struktur organisasi, job description, jaringan usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan. Pada bab topik penelitian diuraikan pengertian aktiva tetap,  penggolongan aktiva tetap, cara perolehan aktiva tetap, metode penyusutan aktiva  tetap, penggantian aktiva tetap, dan pengendalian  intern aktiva tetap. Pada bab  penutup diuraikan kesimpulan, saran.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi