BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tata ruang kantor merupakan
salah satu hal penting dalam memasuki sebuah perusahaan. Dan sudah menjadi kebiasaan
manusia bila memperhatikan sesuatu terutama
dilihat dari fisiknya. Kebiasaan ini juga berlaku bila kita memperhatikan suatu kantor maka secara tidak langsung kantor
tersebut dituntut menciptakan suasa yang
baik, teratur, sehingga orang yang melihat mendapat kenyamanan, keefektifitasan, dan keefisienan dalam bekerja.
Kantor dengan tata ruang yang tidak teratur
(tidak baik) pasti membuat klien atau tamu berpendapat bahwa kinerja kantor tersebut tidak jauh berbeda dengan tampilan
tata ruangnya.
Kantor yang
menyenangkan adalah tempat yang tidak membosankan dan dapat menambah gairah kerja pegawai/karyawan dalam
rangka mendukung peningkatan mutu
kegiatan perkatoran dan tercapainya tujuan perusahaan, maka secara tidak langsung peran dan suasana kantor sangat
mendukung aktivitas kerja karyawan yang bekerja
di kantor tersebut. Dalam suatu kantor terdapat berbagai sumber daya, dimana sumber daya manusia merupakan faktor
utama dari keberadaan suatu kantor dituntut
dapat menciptakan kondisi fisik kantor yang baik. Seorang karyawan tidak mungkin dapat bekerja dengan baik jika tidak
tersedia tempat kerja yang cukup, tempat
untuk menempatkan perkakas, bahan-bahan dan bebas bergerak tanpa mengganggu teman-teman sekerjanya. Dengan
adanya mesin atau tumpukantumpukan bahan keadaan tertentu kepadatan tempat
bekerja dapat berakibat buruk bagi
kesehatan pegawai dan bagi produktifitasnya.
Tidak semua perusahaan swasta maupun
pemerintah memandang penataan ruang kantor sesuatu hal yang penting. Masih
banyak ruang kantor yang tidak teratur dan
menghambat keefektifan kerja setiap karyawan. Pada dasarnya tata ruang kantor berhubungan langsung dengan manajemen
perkantoran, menata ruang kantor merupakan
kebutuhan dari perkantoran yang modern saat ini. Kantor adalah tempat penyediaan informasi dalam rangka memperlacar
tugas maupun aktivitas-aktivitas disegala
bidang, dengan demikian kantor merupakan tempat kegiatan diselenggarakannya aktivitas-aktivitas yang
berkaitan dengan informasi untuk memperlancar
kegiatan di berbagai unit dan merupakan proses untuk menangani informasi mulai dari penerimaan, mengumpulkan,
mengelola, menyimpan, dan mendistribusikan
(menyalurkan) informasi (sukoco, 2007). Tata ruang merupakan pengaturan dan penyusunan seluruh mesin
kantor, alat perlengkapan kantor serta perabot
kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa, dan bebas untuk bergerak, sehingga
tercapai efisiensi kerja (Sedarmayanti
2001: 125). Oleh karena itu, pengaturan suatu kantor merupakan metode untuk memahami dan menyusun alat-alat
pembantu dan perlengkapan di dalam
ruangan yang bertujuan untuk sarana bagi para karyawan yang ada di kantor tersebut. penataan letak ruangan kantor dan
peralatan kantor yang sesuai dengan muatan
ruangan, kegiatan pegawai, dapat menciptakan efisiensi kerja dan hasil yang maksimal, dimana penataan ruang kantor yang
baik menambah kenyamanan bekerja dan
kecintaan akan pekerjaan tersebut. fasilitas kantor seperti ruangan, peralatan
dan fasilitas pendukung lainnya apabila
peletakannya tidak tepat maka fasilitas tersebut tidak akan dapat di rasakan manfaatnya bagi
kantor, oleh sebab itu maka perlu adanya
suatu pemikiran untuk dapat menciptakan suasana yang nyaman, teratur, aman, dengan fasilitas yang memang di perlukan
oleh kegiatan kantor tersebut.
Melakukan tugas
kantor seperti yang sudah di defenisikan di atas memerlukan konsentrasi penuh karena yang melaksanakan
pekerjaan tersebut adalah manusia (karyawan),
semangat kerja karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Oleh sebab itu pelaksanaan tata ruang kantor
merupakan hal yang penting dari sebuah manajemen
perkantoran untuk mengatur ruangan yang efesien menimbulkan kepuasan kerja bagi para pegawai, dalam
melaksanakan pekerjaan kantor, menyusun tempat
kerja, meletakkan perlengkapan kantor pada tempatnya, menyusun ruang kantor yang jauh dari pemborosan ruang tengah, waktu maupun hal-hal yang merugikan perusahaan tanpa mengurangi tujuan
yang hendak dicapai perusahaan.
B. Perumusan Masalah Dari pemikiran-pemikiran yang telah diuraikan
di atas, maka penulis tertarik dan ingin
mengetahui sejauh mana Penerapan Tata Ruang Kantor pada Bagian Tata Usaha fakultas Ekonomi dapat mendukung kelancaran kerja pagawai pada bagian tata usaha di
fakultas Ekonomi guna mencapai keefektifan
kerja yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan organisasi.
C.
Tujuan Penelitian Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan tata ruang kantor pada bagian tata
usaha dalam hal mendukung efektifitas kerja
para pegawai pada Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian Adapun yang menjadi
manfaat penelitian ini adalah: 1. Dapat
dijadikan sebagai bahan masukan kepada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi .
Bahwa tata ruang kantor dan penyusunan
alat-alat kantor dapat meningkatkan kelancaran kerja pegawai dan mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
2. Sebagai bahan tambahan pengetahuan bagi
penulis, tentang tata ruangkantor yang
baik serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan.
3. Menambah pengetahuan wawasan dan referensi
tentang tata ruang kantor yang baik.
E. Jadwal Kegiatan dan Sistematika Penulisan 1. Jadwal Kegiatan Dalam penulisan Tugas Akhir
ini, penulis membuat jadwal penulisan yang diperlukan untuk bisa manajemen waktu dengan baik, supaya
penulisan Tugas Akhir ini dapat
diselesaikan tepat waktu. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan penulis tugas akhir dapat dilihat pada tabel
1.1 Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan
Tugas Akhir Kegiatan Minggu I Minggu
II Minggu III Persiapan Pengumpulan
Data Penulisan Laporan Jadwal
kegiatan (survey) yang dilakukan penulis di Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi adalah Tanggal 18 Maret2010 Tanggal 12 April2010 Tanggal 20 Mei2010 Kegiatan (survey) yang dilakukan penulis
bertujuan untuk memperoleh data-data maupun
informasi yang digunakan untuk mendukung penyelesaian Tugas Akhir saya.
2. Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir
ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah maka penulis membagi luas pembahasan Tugas
Akhir ini dalam Empat (4) Bab, yang
dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang
dimaksud, dengan tujuan agar penulis Tugas
Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut: BAB I:
PENDAHULUAN Dalam Bab ini akan menjelaskan tentang latar belakang
masalah, perumusan masalah, tujuan
penelitian, manfaat penelitian, jadwal kegiatan (survey) dan sistematika penulisan.
BAB II: PROFIL PERUSAHAAN/INSTANSI Profil perusahaan
yang akan dibahas dalam Bab ini terdiri dari: Sejarah ringkas instansi, jenis usaha/kegiatan, struktur organisasi,
uraian tugas (job description).
Serta tata ruang kantor di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
BAB III: PEMBAHASAN
Dalam Bab ini akan membahas tentang penataan tata ruang kantor, jenisjenis tata ruang kantor, dan faktor-faktor
fisik ruang kantor yang dapat mempengaruhi
kinerja karyawan.
BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN Isi dari Bab ini
merupakan kesimpulan, saran, dan penutup dari Tugas Akhir, dalam Bab ini penulis akan memberikan
saran yang dapat bermanfaat bagi perusahaan
secara khusus dan pada pembaca secara
umum.
Download
lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi