Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PENERAPAN TATA RUANG KANTOR PADA BAGIAN TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang 
Tata ruang kantor merupakan salah satu hal penting dalam memasuki sebuah  perusahaan. Dan sudah menjadi kebiasaan manusia bila memperhatikan sesuatu  terutama dilihat dari fisiknya. Kebiasaan ini juga berlaku bila kita memperhatikan  suatu kantor maka secara tidak langsung kantor tersebut dituntut menciptakan suasa  yang baik, teratur, sehingga orang yang melihat mendapat kenyamanan,  keefektifitasan, dan keefisienan dalam bekerja. Kantor dengan tata ruang yang tidak  teratur (tidak baik) pasti membuat klien atau tamu berpendapat bahwa kinerja kantor  tersebut tidak jauh berbeda dengan tampilan tata ruangnya.

Kantor yang menyenangkan adalah tempat yang tidak membosankan dan dapat  menambah gairah kerja pegawai/karyawan dalam rangka mendukung peningkatan  mutu kegiatan perkatoran dan tercapainya tujuan perusahaan, maka secara tidak  langsung peran dan suasana kantor sangat mendukung aktivitas kerja karyawan yang  bekerja di kantor tersebut. Dalam suatu kantor terdapat berbagai sumber daya,  dimana sumber daya manusia merupakan faktor utama dari keberadaan suatu kantor  dituntut dapat menciptakan kondisi fisik kantor yang baik. Seorang karyawan tidak  mungkin dapat bekerja dengan baik jika tidak tersedia tempat kerja yang cukup,  tempat untuk menempatkan perkakas, bahan-bahan dan bebas bergerak tanpa  mengganggu teman-teman sekerjanya. Dengan adanya mesin atau tumpukantumpukan bahan keadaan tertentu kepadatan tempat bekerja dapat berakibat buruk  bagi kesehatan pegawai dan bagi produktifitasnya.
 Tidak semua perusahaan swasta maupun pemerintah memandang  penataan  ruang kantor sesuatu hal yang penting. Masih banyak ruang kantor yang tidak teratur  dan menghambat keefektifan kerja setiap karyawan. Pada dasarnya tata ruang kantor  berhubungan langsung dengan manajemen perkantoran, menata ruang kantor  merupakan kebutuhan dari perkantoran yang modern saat ini. Kantor adalah tempat  penyediaan informasi dalam rangka memperlacar tugas maupun aktivitas-aktivitas  disegala bidang, dengan demikian kantor merupakan tempat kegiatan  diselenggarakannya aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan informasi untuk  memperlancar kegiatan di berbagai unit dan merupakan proses untuk menangani  informasi mulai dari penerimaan, mengumpulkan, mengelola, menyimpan, dan  mendistribusikan (menyalurkan) informasi (sukoco, 2007). Tata ruang merupakan  pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat perlengkapan kantor serta  perabot kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan baik,  nyaman, leluasa, dan bebas untuk bergerak, sehingga tercapai efisiensi kerja  (Sedarmayanti 2001: 125). Oleh karena itu, pengaturan suatu kantor merupakan  metode untuk memahami dan menyusun alat-alat pembantu dan perlengkapan di  dalam ruangan yang bertujuan untuk sarana bagi para karyawan yang ada di kantor  tersebut. penataan letak ruangan kantor dan peralatan kantor yang sesuai dengan  muatan ruangan, kegiatan pegawai, dapat menciptakan efisiensi kerja dan hasil yang  maksimal, dimana penataan ruang kantor yang baik menambah kenyamanan bekerja  dan kecintaan akan pekerjaan tersebut. fasilitas kantor seperti ruangan, peralatan dan  fasilitas pendukung lainnya apabila peletakannya tidak tepat maka fasilitas tersebut  tidak akan dapat di rasakan manfaatnya bagi kantor, oleh sebab itu maka perlu   adanya suatu pemikiran untuk dapat menciptakan suasana yang nyaman, teratur,  aman, dengan fasilitas yang memang di perlukan oleh kegiatan kantor tersebut.
Melakukan tugas kantor seperti yang sudah di defenisikan di atas memerlukan  konsentrasi penuh karena yang melaksanakan pekerjaan tersebut adalah manusia  (karyawan), semangat kerja karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Oleh  sebab itu pelaksanaan tata ruang kantor merupakan hal yang penting dari sebuah  manajemen perkantoran untuk mengatur ruangan yang efesien menimbulkan  kepuasan kerja bagi para pegawai, dalam melaksanakan pekerjaan kantor, menyusun  tempat kerja, meletakkan perlengkapan kantor pada tempatnya, menyusun ruang  kantor yang jauh dari pemborosan ruang   tengah, waktu maupun hal-hal yang  merugikan perusahaan tanpa mengurangi tujuan yang hendak dicapai perusahaan.
B.  Perumusan Masalah  Dari pemikiran-pemikiran yang telah diuraikan di atas, maka penulis tertarik  dan ingin mengetahui sejauh mana Penerapan Tata Ruang Kantor pada Bagian Tata  Usaha fakultas Ekonomi  dapat mendukung kelancaran  kerja pagawai pada bagian tata usaha di fakultas Ekonomi guna mencapai  keefektifan kerja yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan organisasi.
 C.  Tujuan Penelitian Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah  untuk  mengetahui  penerapan tata ruang kantor pada bagian tata usaha dalam hal mendukung efektifitas  kerja para pegawai pada Fakultas Ekonomi .
D.  Manfaat Penelitian Adapun yang menjadi manfaat penelitian ini adalah: 1.  Dapat dijadikan sebagai bahan masukan kepada Bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi .  Bahwa tata ruang kantor dan  penyusunan alat-alat kantor dapat meningkatkan kelancaran kerja pegawai  dan mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
2.  Sebagai bahan tambahan pengetahuan bagi penulis, tentang tata ruangkantor  yang baik serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan.
3.  Menambah pengetahuan wawasan dan referensi tentang tata ruang kantor yang  baik.
E.   Jadwal Kegiatan dan Sistematika Penulisan 1.  Jadwal Kegiatan Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis membuat jadwal penulisan yang  diperlukan untuk  bisa manajemen waktu dengan baik, supaya penulisan Tugas  Akhir ini dapat diselesaikan tepat waktu. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan  penulis tugas akhir dapat dilihat pada tabel 1.1  Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir Kegiatan Minggu I  Minggu II  Minggu III Persiapan     Pengumpulan Data     Penulisan Laporan   Jadwal kegiatan (survey) yang dilakukan penulis di Bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi  adalah Tanggal 18 Maret2010  Tanggal 12 April2010  Tanggal 20 Mei2010  Kegiatan (survey) yang dilakukan penulis bertujuan untuk memperoleh data-data  maupun informasi yang digunakan untuk mendukung penyelesaian Tugas Akhir  saya.
2.  Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah  maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam Empat (4) Bab,  yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting  dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar penulis  Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya adalah sebagai  berikut:   BAB I:  PENDAHULUAN Dalam Bab ini akan menjelaskan tentang latar belakang masalah,  perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, jadwal kegiatan (survey)  dan sistematika penulisan.
BAB II:  PROFIL PERUSAHAAN/INSTANSI Profil perusahaan yang akan dibahas dalam Bab ini terdiri dari: Sejarah  ringkas instansi,  jenis usaha/kegiatan, struktur organisasi, uraian tugas  (job  description).  Serta tata ruang kantor di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara.
BAB III: PEMBAHASAN Dalam Bab ini akan membahas tentang penataan tata ruang kantor,  jenisjenis tata ruang kantor, dan faktor-faktor fisik ruang kantor yang dapat  mempengaruhi kinerja karyawan.
BAB IV:  KESIMPULAN DAN SARAN Isi dari Bab ini merupakan kesimpulan, saran, dan penutup dari Tugas  Akhir, dalam Bab ini penulis akan memberikan saran yang dapat bermanfaat bagi  perusahaan secara khusus dan pada pembaca secara   umum.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi