BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Setiap organisasi, baik pemerintahan maupun swasta, dalam rangka
mencapai tujuannya secara berhasil guna
dan berdaya guna memerlukan adanya pembagian
kerja, pelimpahan wewenang, sampai kepada rincian tugas masingmasing pihak yang
terlibat dalam organisasi tersebut. Disamping itu, dalam suatu organisasi harus ditetapkan pula kaitan kerja
sama antara satu aspek dengan aspek lainnya,
untuk dijadikan pegangan bagi para pelaksana, agar pelaksanaannya dapat dilakukan secara sistematis.
Untuk dapat bekerja
secara berdaya guna, kiranya perlu dibuat perencanaan kerja agar dapat menghemat waktu
dan sumber lainnya, mengurangi kesimpangsiuran
serta untuk memperoleh keserasian kerja. Dengan dibuatnya perencanaan terlebih dahulu diharapkan akan
memberikan arahan yang dapat dipakai
sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan secara bertahap dan teratur.
Menurut
Sedarmayanti (2001 :102) perencanaan dalam arti seluas-luasnya adalah suatu proses mempersiapkan secara
sistematis kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan
untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam arti lain, perencanaan merupakan aktivitas-aktivitas pengumpulan data dan informasi beserta
pemikiran untuk menentukan apa yang hendak
dicapai, apa saja yang harus dilakukan, bagaimana urutannya, fasilitasfasilitas
apa yang diperlukan, mengapa harus dicapai dan dijalankan, bagaimana dengan waktu atau masanya, oleh siapa harus
dijalankan dan terakhir ditentukan bagaimana
cara menjalankannya.
Melalui perencanaan
dapat dilakukan suatu perkiraan terhadap hal-hal yang mungkin timbul, baik pada waktu
pelaksanaan maupun perkiraan tentang apa
yang akan terjadi. Selain sebagai alat pelaksanaan kegiatan, perencanaan juga merupakan alat pengukur atau standar untuk
melakukan pengawasan, evaluasi dan untuk
mengetahui skala prioritas kegiatan yang akan dilakukan. Perencanaan dilakukan agar pelaksanaan suatu kegiatan
dapat lebih teratur dan rapi serta lebih berfungsi.
Penerapan menurut
Daft (2002 : 10) adalah proses dijalankannya program yang telah ditentukan oleh seluruh pihak dalam
organisasi serta proses memotivasi agar
semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang
tinggi. Dari uraian diatas dapat dilihat
pentingnya perencanaan kerja dalam membantu organisasi/kantor untuk mencapai tujuannya, sehingga penulis melakukan
penelitian dengan judul “penerapan
perencanaan kerja pada bagian kemahasiswaan fakultas ekonomi ”.
B. Permasalahan Adapun alasan penulis memaparkan arti
perencanaan karena pelaksanaannya sangat
membantu untuk memilih berbagai alternatif tentang cara yang terbaik atau memilih kombinasi yang
terbaik untuk mencapai tujuan, sehingga
permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan tugas akhir ini adalah “bagaimana penerapan perencanaan kerja pada
bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ?”
C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan perencanaan kerja pada bagian
Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat
Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1. Bagi Penulis a. Menambah pengetahuan penulis dalam bidang
yang diteliti baik secara teoritis maupu
n aplikasi.
b. Agar penulis lebih memahami perencanaan kerja
untuk membantu suatu kegiatan dalam
mencapai tujuan dengan teratur, rapi dan lebih berfungsi.
2. Bagi Instansi a. Sebagai masukan untuk meningkatkan penerapan
perencanaan kerja pada bagian
kemahasiswaan Fakultas Ekonomi , sesuai
dengan hasil dan analisa penulis untuk bahan kepentingan Tugas Akhir ini.
3. Bagi Peneliti
Selanjutnya a. Sebagai bahan referensi
Tugas Akhir bagi mahasiswa lainnya.
3 E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan
di bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Jl.
T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Penelitian dilakukan tanggal 10 Mei 2010 sampai dengan 30
Mei 2010. Untuk lebih jelasnya jadwal
kegiatan ini dapat dilihat pada tabel 1.1 dibawah ini: Tabel 1.1 Jadwal
Kegiatan NO KEGIATAN MINGGU KE I II III
1 Persiapan 2 Pengumpulan Data 3 Penulisan Laporan E.
Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan
secara sistematis dan terarah maka
penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4) bab, yang dianggap cukup memadai untuk
mengemukakan hal yang dianggap penting
dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar penulisan Tugas Akhir ini dapat lebih terarah
dan sistematis. Adapun uraiannya adalah
sebagai berikut: BAB I : PENDAHULUAN Dalam
bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan rencana
yang terdiri dari jadwal survey/observasi
dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL
INSTANSI Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi, struktur organisasi dan personalia, job
description, kinerja usaha terkini dan rencana
kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III :
PEMBAHASAN Dalam bab ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai pengertian perencanaan, proses perencanaan, fungsi
perencanaan dan penerapan perencanaan pada
bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
BAB IV : PENUTUP Dalam
bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian terdahulu dan memberikan saran-saran yang
bertitik tolak dari pengumpulan data dan
pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi dimasa mendatang.
Download
lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi