Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PENERAPAN PERENCANAAN KERJA PADA BAGIAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang 
Setiap organisasi, baik pemerintahan maupun swasta, dalam rangka  mencapai tujuannya secara berhasil guna dan berdaya guna memerlukan adanya  pembagian kerja, pelimpahan wewenang, sampai kepada rincian tugas masingmasing pihak yang terlibat dalam organisasi tersebut. Disamping itu, dalam suatu  organisasi harus ditetapkan pula kaitan kerja sama antara satu aspek dengan aspek  lainnya, untuk dijadikan pegangan bagi para pelaksana, agar pelaksanaannya  dapat dilakukan secara sistematis.

Untuk dapat bekerja secara berdaya guna, kiranya perlu dibuat  perencanaan kerja agar dapat menghemat waktu dan sumber lainnya, mengurangi  kesimpangsiuran serta untuk memperoleh keserasian kerja. Dengan dibuatnya  perencanaan terlebih dahulu diharapkan akan memberikan arahan yang dapat  dipakai sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan secara bertahap dan teratur.
Menurut Sedarmayanti (2001 :102) perencanaan dalam arti seluas-luasnya  adalah suatu proses mempersiapkan secara sistematis kegiatan-kegiatan yang akan  dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditentukan  sebelumnya. Dalam arti lain, perencanaan  merupakan aktivitas-aktivitas  pengumpulan data dan informasi beserta pemikiran untuk menentukan apa yang  hendak dicapai, apa saja yang harus dilakukan, bagaimana urutannya, fasilitasfasilitas apa yang diperlukan, mengapa harus dicapai dan dijalankan, bagaimana   dengan waktu atau masanya, oleh siapa harus dijalankan dan terakhir ditentukan  bagaimana cara menjalankannya.
Melalui perencanaan dapat dilakukan suatu perkiraan terhadap hal-hal  yang mungkin timbul, baik pada waktu pelaksanaan maupun perkiraan tentang  apa yang akan terjadi. Selain sebagai alat pelaksanaan kegiatan, perencanaan juga  merupakan alat pengukur atau standar untuk melakukan pengawasan, evaluasi dan  untuk mengetahui skala prioritas kegiatan yang akan dilakukan. Perencanaan  dilakukan agar pelaksanaan suatu kegiatan dapat lebih teratur dan rapi serta lebih  berfungsi.
Penerapan menurut Daft (2002 : 10) adalah proses dijalankannya program  yang telah ditentukan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses  memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya  dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi. Dari uraian diatas dapat  dilihat pentingnya perencanaan kerja dalam membantu organisasi/kantor untuk  mencapai tujuannya, sehingga penulis melakukan penelitian dengan judul  “penerapan perencanaan kerja pada bagian kemahasiswaan fakultas ekonomi  ”.
B.  Permasalahan  Adapun alasan penulis memaparkan arti perencanaan karena  pelaksanaannya sangat membantu untuk memilih berbagai alternatif tentang cara  yang terbaik atau memilih kombinasi yang terbaik untuk mencapai tujuan,  sehingga permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan tugas akhir ini adalah   “bagaimana penerapan perencanaan kerja pada bagian Kemahasiswaan Fakultas  Ekonomi ?” C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan perencanaan  kerja pada bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1.  Bagi Penulis a.  Menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti baik secara  teoritis maupu n aplikasi.
b.  Agar penulis lebih memahami perencanaan kerja untuk membantu suatu  kegiatan dalam mencapai tujuan dengan teratur, rapi dan lebih berfungsi.
2.  Bagi Instansi a.  Sebagai masukan untuk meningkatkan penerapan perencanaan kerja pada  bagian kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ,  sesuai dengan hasil dan analisa penulis untuk bahan kepentingan Tugas  Akhir ini.
3. Bagi Peneliti Selanjutnya a.  Sebagai bahan referensi Tugas Akhir bagi mahasiswa lainnya.
 3 E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi   Jl. T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Penelitian  dilakukan tanggal 10 Mei 2010 sampai dengan 30 Mei 2010. Untuk lebih jelasnya  jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada tabel 1.1 dibawah ini: Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN MINGGU KE I  II  III 1  Persiapan      2  Pengumpulan Data      3  Penulisan Laporan  E.  Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan  terarah maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4)  bab, yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap  penting dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar  penulisan Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya  adalah sebagai berikut:  BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari jadwal  survey/observasi dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi,  struktur organisasi dan personalia, job description, kinerja usaha terkini dan  rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai pengertian  perencanaan, proses perencanaan, fungsi perencanaan dan penerapan perencanaan  pada bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
BAB IV : PENUTUP Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian  terdahulu dan memberikan saran-saran yang bertitik tolak dari pengumpulan data  dan pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan masukan  yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi  dimasa  mendatang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi