Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PENGARUH TATA RUANG TERHADAP KENYAMANAN MEMBACA PARA MAHASISWA/I PADA PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
  A. Latar Belakang  
 Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting,  karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan  sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar  bisa menjawab tantangan kehidupan. Dalam mempelancar pendidikan, banyak  cara yang dapat kita lakukan, salah satunya mempertinggi minat baca melalui  perpustakaan. Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah kileksi buku dan  majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun  perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan  dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat  yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu  pengetahuan, hiburan, rekreasi dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki  manusia. Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefenisikan kembali  sebagai tempat untuk mengakses informasi dan format apapun, apakah informasi  itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. (Wikipedia Bahasa  Indonesia) Manfaat dari perpustakaan secara umum adalah untuk membantu  masyarakat dengan memberikan kesempatan dan dorongan melalui jasa pelayanan  perpustakaan agar mereka :  a.  Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan b.  Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu  pengetahuan, kehidupan sosial dan politik c.  Dapat memelihara kemerdekaan berfikir dan konstruktif untuk menjadi  anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik d.  Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani  dan dapat menggunakan kemampuannya untuk dapat menghargai hasil  seni dan budaya manusia e.  Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara  aktif dalam pembangunan nasional f.  Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat  bagi kehidupan pribadi dan sosial Salah satu yang harus diperhatikan didalam perpustakaan adalah ruang  baca. Seorang pelajar ataupun mahasiswa dapat belajar dengan baik jika tersedia  tempat belajar yang baik juga. Begitu juga dengan membaca, seseorang  memerlukan konsentrasi untuk membaca. Seseorang dapat menyerap bahan  bacaan dengan baik jika tersedianya tempat untuk membaca yang nyaman. Ruang  baca juga memerlukan penataan baik penataan dari segi gedung atau  bangunannya, desain atau penataan ruangannya serta peralatan dan perlengkapan  yang digunakan dalam sebuah ruang baca. Tata ruang baca diperlukan karena  hal tersebut berpengaruh terhadap kenyamanan membaca seseorang.
Tata ruang perpustakaan yang kurang baik akan mengakibatkan ketidak nyamanan membaca para mahasiswa/i. Sehingga para mahasiswa/i kurang   berminat untuk membaca di ruang yang kurang baik karena tidak nyaman akan  tata ruang di perpustakaan.
Tata ruang perpustakaan yang baik adalah susunan tata ruang kantor yang  ditata atau diatur dengan baik, artinya ruangan tersebut tidak mengakibatkan  pemborosan tenaga, waktu dan tempat. Disamping itu ruangan perpustakaan harus  cukup memadai agar pegawai perpustakaan dapat bergerak lebih leluasa dan  bebas sehingga komunikasi antar pegawai perpustakaan dan mahasiswa semakin  lancar, koordinasi dan pengawasan semakin mudah dilakukan. Oleh karena itu  diperlukan penerapan tata ruang baca yang baik.
Tata ruang yang baik dapat membuat para pengunjung betah tinggal di  dalamnya, dengan demikian dapat meningkatkan kenyamanan pemakai untuk  mengunjungi dan memanfaatkan layanan perpustakaan. Perasaan nyaman adalah  langkah awal untuk terciptanya kenyamanan membaca seseorang. Sebab dalam  kondisi yang nyaman maka seseorang juga mudah memahami buku yang  dibacanya. Ruang baca yang nyaman juga mampu membantu dalam  mengeluarkan inspirasi. Berdasarkan fungsi tersebut, perpustakaan Fakultas  Ekonomi  tidak hanya digunakan sebagai ruang baca  bagi para mahasiswa, namun juga tempat atau sumber inspirasi pada saat para  mahasiswa akan menyusun tugas ataupun skripsi, hal ini disebabkan banyak  terdapat buku-buku yang dapat digunakan mahasiswa sebagai referensi.
Berdasarkan uraian diatas, perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara juga harus memberikan kenyamanan yang sedemikian rupa kepada para  pengunjungnya. Kenyamanan tersebut dapat diperoleh dari ruangan yang   memiliki: sirkulasi udara yang baik,  ketenangan, wewangian, bentuk  (bangku/kursi), keamanan, kebersihan dan keindahan.
Uraian latar belakang diatas mendorong keinginan penulis untuk  mengetahui seberapa nyaman perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara dimata mahasiswa/i sebagai pengguna, maka penulis memilih  judul  “PENGARUH TATA RUANG TERHADAP KENYAMANAN  MEMBACA PARA MAHASISWA/I PADA PERPUSTAKAAN FAKULTAS  EKONOMI .” B. Permasalahan  Tata ruang memiliki peranan yang penting dalam perpustakaan. Karena  dengan terciptanya tata ruang yang baik, maka terjadi kenyamanan membaca yang  nyaman pada mahasiswa/i. Dengan kenyamanan membaca maka akan dihasilkan  mahasiswa yang memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang besar dan  meningkatkan keinginan para mahasiswaa/i untuk membaca di perpustakaan.
Berdasarkan pada uraian latar belakang diatas, maka terdapat perumusan  masalah yang menjadi objek dalam penelitian, yaitu “Apakah tata ruang  berpengaruh dalam meningkatkan kenyamanan membaca para mahasiswa/i pada  perpustakaan Fakultas Ekonomi ?”  C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah : a. Untuk mengetahui pengaruh tata ruang terhadap kenyamanan membaca  para mahasiswa/i pada perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
b. Merupakan syarat mutlak untuk dapat menyelesaikan pendidikan  Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara.
2. Manfaat Penelitian : a. Menambah pengetahuan dan wawasan pada penulis dalam bidang yang  diteliti terutama tentang penataan ruang yang baik. Meningkatkan  ketrampilan penulis dalam menulis laporan yang berkaitan dengan  penataan ruang baca yang baik b. Sebagai masukan dan perbaikan tata ruang baca pada perpustakaan  Fakultas Ekonomi . Sebagai bahan  pertimbangan dalam mengambil langkah pada masa yang akan datang  untuk lebih memperhatikan tata ruang yang akan digunakan.
c. Sebagai bahan referensi bagi penulis lain yang hendak meneliti lebih  lanjut tentang tata ruang.
D. Jadwal Kegiatan  Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi   Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Penulis membuat jadwal kegiatan  gunanya agar waktu yang diperlukan dapat dibagi-bagi dengan teratur agar  penulisan tugas akhir ini dapat selesai tepat pada waktunya. Untuk lebih  jelasnya jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut ini : Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN BULAN OKTOBER  NOVEMBER  DESEMBER 1  2  3  4  1  2  3  4  1  2  3  4 1.  Persiapan                        2.
Pengumpulan Data                        3  Penulisan Laporan                      Persiapan Tugas Akhir dimulai dari tanggal 07 Oktober 2010, sejak  disetujuinya Judul Tugas Akhir oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi DIII  Kesekretariatan.
Pada tahap pengumpulan data, Penulis melakukan wawancara terhadap  mahasiswa Fakultas Ekonomi  yang akan dilaksanakan  pada minggu ketiga dan keempat bulan Oktober 2010 di Perpustakaan Fakultas  Ekonomi . Mahasiswa yang diwawancarai berjumlah  30 orang baik dari departemen akuntansi, manajemen, ekonomi pembangunan dan  DIII akuntansi, keuangan serta kesekretariatan.
 E. Sistematika Penulisan Tugas akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa  sub bab antara lain : Bab I : PENDAHULUAN Pada bab I diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, maksud dan  tujuan penelitian, rencana penulisan yang terbagi lagi atas jadwal  survey/observasi dan rencana isi.
Bab II : PROFIL INSTANSI Pada bab II diuraikan tentang sejarah ringkas, struktur organisasi dan  personalia, job description, jaringan usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini  dan rencana kegiatan pada Fakultas Ekonomi .
Bab III : PEMBAHASAN Pada bab III diuraikan tentang pengertian tata ruang, pengertian  perpustakaan, penataan ruang perpustakaan, faktor-faktor fisik yang  mempengaruhi tata ruang, serta pengaruh tata ruang terhadap kenyamanan  membaca para mahasiswa/i pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi  .
Bab IV : PENUTUP  Pada bab IV penulis akan menguraikan kesimpulan dan saran penulis  mengenai tata ruang pada perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi