Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN HUMAS PADA PT. ALAM LAUT SEJAHTERA



BAB I PENDAHULUAN
 A . Latar Belakang 
Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap lembaga, organisasi, dan bentuk  usaha lain baik instansi pemerintah dan swasta terdiri dari sejumlah individu yang  membentuk kelompok sosial dengan ciri-ciri tertentu yang kita sebut sebagai  publik.  Publik ini terbentuk karena adanya kepentingan yang sama dirasakan  masing-masing individu. Oleh sebab itu, sering kita jumpai dalam suatu  perusahaan terdapat jenis produk yang berbeda.

Ada yang disebut publik  internal dan  publik eksternal. Kedua publik ini  sangat penting artinya bagi perusahaan. Karena mereka turut mempengaruhi maju  mundurnya bagi perusahaan, jadi intinya kedua publik tersebut harus dibina  sebaik mungkin agar hubungan kedua publik tersebut berjalan harmonis.
Pembinaan hubungan kedua publik tersebut, baik internal maupun eksternal  tidaklah mudah harus dilakukan secara terus menerus. Karena itu diperlukan suatu  badan yang khusus menangani masalah tersebut. Badan itu disebut humas. Humas  ini memiliki kegiatan-kegiatan tertentu yang semuanya bertujuan untuk membina  hubungan yang harmonis dengan berbagai publik perusahaaan.
Seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan maka keberadaan Humas  menjadi sangat penting untuk mengantarkan perusahaan kepada suasana yang  kuat untuk bersaing dengan perusahaan sejenis. Pada dasarnya aktifitas Humas  meliputi kegiatan mulai dari pembenahan perusahaan itu sendiri, hingga kegiatan  yang bersifat membangun atau menciptakan citra perusahaan yang positif di mata   publiknya. Jadi secara struktural Humas merupakan bagian integral dari suatu  organisasi bukan merupakan fungsi yang terpisah dari sistem manajemen suatu  organisasi atau perusahaan.
Di samping itu peranan komunikasi dua arah dalam manjemen perusahaan  dewasa ini adalah menjadi nomor satu, seperti untuk melaksanakan komunikasi  antara manajemen dengan para karyawannya antara jajaran pemimpin manajemen  dengan pemilik perusahaan serta termasuk komunikasi timbal balik antara  perusahaan dengan publiknya. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan humas akan  melakukan fungsi-fungsi manajemen perusahaan secara optimal.
B. Permasalahan Untuk memfokuskan dan memperjelas topik yang akan dibahas pada tugas  akhir ini, maka penulis perlu mengadakan perumusan guna mempermudah materi  yang akan dibahas supaya tidak menyimpang dari yang dipelajari penulis selama  dibangku perkuliahan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah  bagaimana peranan humas pada PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
C. Tujuan Penelitian.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peranan humas pada PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
2. Memberikan sumbangan pemikiran sebagai bahan masukan bagi PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
 D. Manfaat Penelitian Adapun yang menjadi manfaat dari penelitian ini adalah:  1.  Bagi Perusahaan  Untuk menjaga hubungan yang harmonis antara PT. Alam Laut Sejahtera Belawan dengan publik  sehingga terjadi hubungan timbal balik  dalam  komunikasi dan adanya informasi yang diperoleh untuk mendukung kegiatan  humas.
2.  Bagi Penulis Bagaimana peranan dari humas dalam menjalankan tugas agar lebih berfungsi  dan bertanggungjawab. Bermanfaat untuk mengetahui dan memahami dalam  pencapaian tujuan agar terlaksana dengan sukses serta dapat menambah  pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti, baik secara teoritis maupun  penerapannya langsung di lapangan.
3.  Bagi Pembaca (secara umum)  Sebagai bahan informasi atau masukan bagi semua pihak yang membutuhkan  dalam hal peranan humas di sebuah perusahaan.
E. Jadwal dan Sistematika Penulisan 1. Jadwal Penulisan Dalam Penulisan tugas akhir ini, penulis membuat jadwal kegiatan, dimana  hal ini diperlukan agar dapat membagi waktu dengan teratur, supaya penulisan  tugas akhir ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
 Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir  Kegiatan  Minggu I  Minggu II  Minggu III Persiapan      Pengumpulan Data      Penulisan Laporan  Adapun jadwal survei yang dilakukan oleh penulis di PT. Alam Laut Sejahtera  pada tanggal 28 April, 2 Mei, dan 8 Mei 2009. Dimana survei tersebut bertujuan  memperoleh data-data yang diperlukan mengenai humas yang dilakukan oleh PT.
Alam Laut Sejahtera Belawan. Hal ini diperlukan penulis dalam menyelesaikan  tugas akhir.
2. Sistematika Penulisan Adapun sistematika penulisan dari tugas akhir ini adalah: BAB I :  Pendahuluan Pada Bab ini akan menjelaskan tentang Latar Belakang, Permasalahan,  Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Jadwal Penelitian yang dilakukan  dan Sistematika Penulisan.
BAB II: Profil Perusahaan atau Instansi Profil perusahaan dalam Bab ini terdiri dari Sejarah Ringkas Perusahaan, Strukur Organisasi dan Personalia, Uraian Tugas, Kegiatan  Usaha, Kinerja Terkini, serta Rencana Kegiatan.
BAB III : Pembahasan Dalam pembahasan ini akan menjelaskan tentang Kegiatan Humas  dengan Publik Internal dan Publik Eksternal, Fungsi Humas, dan  Peranan Humas.
 BAB IV : Penutup Isi dari penutup ini terdiri dari Kesimpulan mengenai Peranan Humas  pada PT. Alam Laut Sejahtera Belawan dan Saran mengenai Peranan  Humas pada PT. Alam Laut Sejahtera Belawan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi