Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN MOTIVASI DALAM PELAKSANAAN KERJA SEKRETARIS DEKAN PADA FAKULTAS EKONOMI



 BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
 Suatu organisasi merupakan bentuk formal dan merupakan wadah dimana  sistem kerjasama dilakukan dalam melaksanakan berbagai aktivitas untuk  mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang diharapkan. Secara umum tujuan dan  sasaran yang dharapkan dapat dicapai dengan mendapatkan laba yang wajar,  pertumbuhan dan terjaminnya kelangsungan hidup dari organisasi itu sendiri.

Agar tujuan organisasi dapat terwujud maka pimpinan harus memberikan perhatian yang serius terhadap pegawai, serta menciptakan suatu kondisi kerja  yang dapat meningkatkan semangat kerja mereka. Hal ini dapat dilakukan antara  lain memberikan motivasi yang tepat.
 Menurut Berelson dan A.Stainer  dalam Organisasi dan Motivasi  (1996:95) Motivasi merupakan keadaan kejiwaan dan sikap mental manusia yang  memberikan energi, mendorong kegiatan atau gerakan mengarah atau  menyalurkan perilaku kearah mencapai kebutuhan yang memberikan keputusan  atau mengurangi ketidakseimbangan. Orang mau bekerja untuk dapat memenuhi  kebutuhan dan keinginan (fisik dan mental) baik itu kebutuhan yang disadari  maupun kebutuhan yang tidak disadari. Kebutuhan setiap orang adalah sama  misalnya setiap orang butuh makan dan minum, tetapi keinginan dari setiap orang  itu tidak sama, karena dipengaruhi oleh selera, kebiasaan dan lingkungannya.
Misalnya seseorang senang minum yang panas. Begitu juga dilingkungan  kerja,pimpinan juga sulit untuk mengetahui kebutuhan (needs) dan keinginan  (wants) yang diperlukan bawahan dari hasil pekerjaannya. Oleh sebab itu, seorang    pimpinan selalu berupaya mencari cara yang tepat untuk memberikan motivasi  kepada pegawainya.
Dengan ini Peranan motivasi dalam pelaksanaan kerja sekretaris sangatlah  penting karena Sekretaris adalah seseorang yang membantu seorang pemimpin  atau badan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang akan  menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional  perusahaan. Sekretaris diharapkan dapat cekatan, cepat, dan tanggap dalam  melakukan pekerjaannya. Karena sekretaris tidak hanya dituntut untuk membantu  tugas pimpinannya, namun turut berpartisipasi dan berperan dalam membantu  kelancaran aktivitas organisasi atau perusahaan yang menaunginya. Sekretaris  harus banyak memahami tentang perusahaan tempatnya bekerja, apa yang akan  dihadapi, bagaimana mengatasinya dengan cepat dan tepat dan memiliki  informasi-informasi yang dapat membantu kelancaran tugas pimpinan maupun  perusahaan atau organisasinya. Selain itu sekretaris bukan semata mata hanya  memberikan bantuan kepada pimpinannya dalam hal mengetik, menyimpan surat,  menerima tamu dan menelepon saja, akan tetapi sekretaris dituntut dapat  membantu dalam hal menyiapkan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan  dengan bidang perkantoran.
Sekretaris sebagai suatu profesi sudah cukup jauh berkembang sedemikian  rupa, sehingga berkembang pula menjadi suatu profesi yang cukup berperan  penting dan selalu diperlukan bagi suatu organisasi. Selain itu semakin pesatnya  dunia usaha membuat banyak organisasi membutuhkan sekretaris profesional.
Tugas seorang sekretaris cukup kompleks, sehingga memerlukan kreativitas yang    cukup tinggi. Tidak semua pekerjaan sekretaris membutuhkan tanggung jawab  yang sama, pekerjaan dan tanggung jawab itu pada dasarnya tergantung kepada  tuntutan, kemampuan dan keahlian sekretaris yang bersangkutan dan tergantung  kepada syarat yang diajukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Pada intinya  sekretaris harus mampu menangani segala pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya  dan menangani pekerjaan tersebut dengan penuh tanggung jawab. Sekretaris dapat  dikatakan elemen yang penting dalam sebuah organisasi. Sekretaris dapat  dikatakan tangan kanan atau orang kepercayaan dari pimpinan, sehingga menjadi  orang yang dipercaya membantu menyelesaikan tugas pimpinan bahkan menjaga  rahasia organisasi atau perusahaan. Maka dengan tanggung jawab ini sekretaris  harus memiliki kepribadian yang baik dan kuat, yaitu mampu menentukan dan  mengatur dirinya sendiri dalam melakukan sesuatu dan mampu menempatkan dir i  dalam segala situasi.
Dewasa ini yang sangat dirasakan dalam dunia profesi sekretaris adalah  kurangnya pemenuhan terhadap kebutuhan sekretaris profesional yang cakap dan  memiliki pengetahuan yang luas. Sering terjadi sekretaris tidak mampu  menangani tugas pimpinan secara rinci sehingga tugas pimpinan menjadi  terbengkalai dan tentu saja memberikan pengaruh pada organisasi. Pekerjaan  pimpinan menjadi terhambat, sehingga pimpinan tidak dapat memberikan hasil  kerja yang maksimal.
Berdasarkan uraian di atas, penulis merasa tetarik untuk mengetahui  peranan motivasi dalam pelaksanaan kerja sekretaris Dekan pada Fakultas  Ekonomi USU, maka dalam penulisan tugas akhir ini penulis memilih judul   1 “peranan motivasi dalam pelaksanaan kerja Sekretaris Dekan pada Fakultas  Ekonomi ” dalam penyusunan Tugas Akhir ini.
B. PERMASALAHAN Sekretaris memiliki peranan yang penting dalam suatu organisasi.
Sekretaris diharapkan tidak hanya mampu cakap dalam membantu tugas pokok  pimpinan, namun sekretaris harus ikut memberikan partisipasi dalam membantu  kelancaran aktivitas organisasi .
Berdasarkan yang telah di uraikan di atas maka di sini penulis melihat  adanya permasalahan yang dapat diidentifikasi, masalah pokok tersebut adalah  “PERANAN MOTIVASI DALAM PELAKSANAAN KERJA SEKRETARIS  DEKAN  PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA  UTARA” C. Tujuan Penelitian Berpedoman pada masalah tersebut penelitian yang dilakukan pada  Fakultas Ekonomi USU Medan, bertujuan untuk Mengetahui Peranan Motivasi  Dalam Pelaksanaan Kerja Sekretaris Dekan Pada Fakultas Ekonomi USU.
D. Manfaat Penelitian 1. Bagi fakultas dapat dijadikan bahan pertimbangan bagaimana cara memberi  motivasi yang positif untuk meningkatkan kerja Sekretaris Di Universitas  Usu.
 1 2. Memperkenalkan  pada lingkungan kerja yang sebenarnya dan menambah  wawasan penulis dalam masalah Motivasi yang di Lakukan Di Fakultas  Ekonomi USU.
3. Bermanfaat sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya.
E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Sekretaris Dekan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya,  jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan NO. KEGIATAN PADA TANGGAL Miggu I  Minggu II  Minggu III 1.  Persiapan       2.  Pengumpulan Data      3.  Penulisan Laporan    F. Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa  sub bab antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, Dijelaskan latar belakang penelitian, perumusan masalah,  tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL PERGURUAN TINGGI  1 Dalam bab ini, Dijelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas Ekonomi  USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja usaha  terkini, dan rencana kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini, Penulis akan menguraikan tentang pengertian motivasi, makna dari motivasi, jenis-jenis motivasi, motivasi sekretaris dekan,  pengertian  sekretaris, tugas-tugas sekretaris, tugas sekretaris dekan, kewajiban sekretaris  dekan Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini penulis akan menguraikan kesimpulan dan saran mengenai  “PERANAN MOTIVASI DALAM PELAKSANAAN KERJA SEKRETARIS  DEKAN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA  UTARA”    

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi