Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: TATA KERJA, PROSEDUR KERJA, DAN SISTEM KERJA PADA BAGIAN TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah 
Seiring dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat dewasa  ini, maka tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja memegang peranan penting  pada setiap instansi pemerintah dan juga badan-badan swasta. Tata  kerja merupakan cara-cara pelaksanaan kerja yang efisien atas sesuatu tugas dengan  memperhitungkan tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, dan  biaya yang tersedia. Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu  sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan  yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian sesuatu bidang tugas. Sedangkan  sistem kerja merupakan suatu rangkaian tata kerja yang kemudian membentuk  suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan sesuatu bidang  pekerjaan (Sedarmayanti, 2001 :134).

Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja penting artinya sebagai suatu  pola kerja yang merupakan penjabaran tujuan, sasaran, program kerja, fungsifungsi dan kebijaksanaan ke dalam kegiatan-kegiatan pelaksanaan yang nyata.
Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang baik membantu pelaksanaan  tugas-tugas seperti pengambilan keputusan, penentuan kebijaksanaan serta  penyelenggaraan pengawasan di suatu kantor.
Banyak kantor yang memiliki modal dan tenaga kerja yang lengkap tetapi  tidak dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan semula. Hal ini dapat terjadi  karena kurang baiknya pelaksanaan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja   pada kantor tersebut. Oleh karena itu organisasi yang ingin mencapai tujuan dan  hasil yang memuaskan harus mampu melalui tata kerja, prosedur kerja, dan sistem  kerja yang dibuat dengan tepat, dapat dilakukan standartisasi dan pengendalian  kerja dengan setepat-tepatnya. Sedemikian besarnya tata kerja, prosedur kerja, dan  sistem kerja dalam setiap badan usaha sehingga setiap pegawai diharapkan adalah  seseorang yang terampil, berpengalaman, baik, rapi, cepat, tepat dan tanggap  dalam penggunaan peralatan.
Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja, harus disusun dengan  memperhatikan segi-segi tujuan, fasilitas, peralatan, material, biaya, dan waktu  yang tersedia serta segi luas, macam, dan sifat dari tugas atau pekerjaan. Guna  penyusunan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang baik, perlu  memperhatikan asas-asas penyusunannya, diantaranya harus dinyatakan secara  tertulis dan disusun secara sistematis, serta dituangkan dalam bentuk manual atau  pedoman kerja pelaksanaannya  dan harus dikomunikasikan secara sistematis  kepada semua petugas atau pihak yang bersangkutan atau yang berkepentingan.
Oleh karena itu, tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja harus mendapat  perhatian yang besar atau sepenuhnya dari setiap pimpinan, baik mengenai  personalia, maupun perlengkapan untuk mensukseskan pencapaian tujuan  organisasi yang bersangkutan.
Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang baik membantu para  pelaksana maupun semua pihak yang berkepentingan untuk dijadikan sebagai  pedoman kerja. Dengan adanya prosedur kerja, sangat bermanfaat untuk, tahap,  mengetahui jenis pekerjaan gerakan, dan bagian pekerjaan yang bagaimanakah  yang diperlukan untuk penyelesaian suatu bidang tugas.
Pelaksanaan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja selalu berorientasi  pada efisiensi. Efisiensi adalah suatu konsepsi tentang perbandingan terbaik antara  suatu usaha dengan hasilnya. Kegiatan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja  dikatakan efisien jika suatu usaha tertentu memberikan hasil yang maksimal baik  mengenai kualitas maupun kuantitasnya.
Adanya kemungkinan yang akan timbul dalam penyelenggaraan tata kerja,  prosedur kerja, dan sistem kerja yang tidak efisien dapat mengakibatkan sulitnya  pimpinan dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi suatu  masalah sehingga dapat terjadi penyimpangan, penyalahgunaan kekuasaan dan  sulitnya melakukan pengawasan dan pemeriksaan dengan cepat.
Mengingat pentingnya peranan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja  dalam meningkatkan efisiensi kerja sebuah kantor atau instansi pemerintah  ataupun swasta, maka penulis terdorong dan tertarik untuk membahas tentang  “TATA KERJA, PROSEDUR KERJA, DAN SISTEM KERJA PADA  BAGIAN TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS  SUMATERA UTARA”.
 B. Perumusan Masalah Berdasarkan dengan latar belakang yang diuraikan diatas, maka terdapat  perumusan masalah yang menjadi objek penelitian, yakni bagaimana tata kerja,  prosedur kerja, dan sistem kerja pada bagian tata usaha Fakultas Ekonomi  .
C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata kerja, prosedur  kerja, dan sistem kerja pada bagian tata usaha Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah : 1. Bagi Penulis a)  Menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti baik secara  teoritis maupu n aplikasi.
b)  Sebagai bahan referensi bagi peneliti-peneliti lain yang tertarik pada objek  yang sama.
c)  Memberikan gambaran sedekat mungkin dengan kenyataan, tentang  bagaimana tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja itu yang  sesungguhnya.
 2. Bagi Instansi a)  Memberikan bahan pertimbangan bagi kantor dalam melaksanakan  kegiatan tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja dengan efisien pada  masa yang akan datang.
b)  Sebagai masukan untuk perbaikan-perbaikan tata kerja, prosedur kerja,  dan sistem kerja pada kantor tata usaha Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara, sesuai dengan hasil dan analisa penulis untuk bahan  kepentingan Tugas Akhir ini.
3. Bagi Peneliti yang Akan Datang a)  Sebagai bahan referensi Tugas Akhir bagi mahasiswa lainnya.
E. Jadwal Kegiatan  Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi   Jl. T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini  dapat dilihat pada Tabel 1.1 dibawah ini : Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN  MINGGU KE 1  2  3 1  Persiapan      2  Pengumpulan  Data 3  Penulisan  Laporan  Dalam kegiatan Pengumpulan Data, Penulis melakukan riset selama  beberapa minggu mulai tanggal 18 Maret s/d 8 April 2010 di kantor tata usaha  Fakultas Ekonomi .
F. Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan  terarah maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4)  bab, yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap  penting dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar  penulisan Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya  adalah sebagai berikut : BAB 1 : PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari jadwal  survey/observasi dan sistematika penulisan.
BAB 2 : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi,  struktur organisasi dan personalia, job description, kinerja usaha terkini dan  rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
 BAB 3 : PEMBAHASAN Dalam bab ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai pengertian,  fungsi, tujuan dan manfaat tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja pada bagian  tata usaha Fakultas Ekonomi .
BAB 4 : PENUTUP Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian  terdahulu dan memberikan saran-saran dari pengumpulan data dan pembahasan  yang dilakukan agar bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi di masa mendatang   

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi