Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN RAPAT PADA PT. PLN



BAB I PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang Masalah 
 Setiap perusahaan yang didirikan baik itu yang bergerak di bidang jasa,  industri maupun dagang mempunyai tujuan utama yang ingin dicapai oleh  perusahaan antara lain untuk mendapatkan laba (profit) yang maksimal dengan  pengeluaran yang tertentu, sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup  perusahaan (survival) serta pertumbuhan perusahaan (growth). Agar tujuan ini  tercapai, fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan  (planning),  pengorganisasian (organizing), pangarahan  (directing)  dan fungsi pengawasan  (controlling)  hendaknya dilaksanakan dengan baik oleh perusahaan. Setiap  perusahaan juga  harus mempunyai sistem dan prosedur yang baik dalam  mengelola dan mengawasi semua kegiatan yang ada di perusahaan.

Dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen tersebut diperlukan suatu  forum pertemuan  untuk membahas tata cara pelaksanaan fungsi-fungsi  manajemen yang baik, membahas kinerja perusahaan dan kendala-kendala yang  dialami perusahaan serta mencari solusi yang tepat dalam menghadapinya, salah  satu forum tersebut adalah rapat. Rapat adalah pertemuan yang diselenggarakan  untuk membahas sesuatu. (Wibowo, 2001 ; 39). Rapat dapat diikuti oleh semua  anggota organisasi untuk membahas kepentingan umum demi lancarnya  organisasi. Rapat juga merupakan tempat pengurusnya memberikan  pertanggungjawaban kerjanya.
 Rencana-rencana organisasi seperti rencana strategis  (strategic plan),  rencana taktis (tactical plan), dan rencana operasional (operasional plan) juga  biasanya ditentukan dalam rapat perusahaan.  Rapat bukan hanya sekedar  membuat rencana, dan mengevaluasi kinerja perusahaan, tetapi proses  pengambilan keputusan juga dilakukan dalam rapat perusahaan, sehingga  keputusan yang diambil tidaklah keputusan sepihak saja, namun merupakan  keputusan perusahaan/organisasi tersebut.
Rapat perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting (urgent), karena  menyangkut kelangsungan hidup perusahaan (survival)  dan pertumbuhan  perusahaan (growth).  Jika pelaksanaan rapat terlaksana dengan  baik, akan  menghasilkan suatu keputusan - keputusan yang baik pula bagi perusahaan.
Rapat  Rapat  pada  PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA  UTARA  mempunyai peranan  yang sangat besar dalam menentukan kinerja  perusahaan,  karena keputusan-keputusan penting perusahaan biasanya  diambil  dalam rapat. Evaluasi-evaluasi kinerja perusahaan juga dibahas dalam rapat,  sehingga hal-hal yang mungkin menjadi kekurangan dapat diperbaiki.
B.  Rumusan Masalah Permasalahan yang dibahas pada tulisan ini ialah: 1.  Bagaimana tata cara pengelolaan rapat pada PT. PLN (PERSERO)  WILAYAH SUMATERA UTARA? 2.  Apa peranan rapat pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH  SUMATERA UTARA?  C.  Tujuan Penelitian 1.  Untuk mengetahui  tata cara pengelolaan rapat pada PT. PLN  (PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA.
2.  Untuk mengetahui peranan  rapat pada PT.  PLN (PERSERO)  WILAYAH SUMATERA UTARA.
D.  Manfaat Penelitian     1. Bagi penulis:  Sebagai tambahan ilmu pengetahuan mengenai tata cara pelaksanaan  rapat pada suatu perusahaan dan sebagai tambahan informasi tentang  PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA  kepada  mahasiswa dan pembaca.
  2. Bagi perusahaan: Sebagai bahan masukan bagi perusahaan agar kinerja perusahaan  menjadi lebih baik dan Sebagai perbandingan untuk  peningkatan  optimalisasi dan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.
  3. Bagi peneliti yang akan datang: Sebagai bahan referensi bagi mahasiswa dan peneliti selanjutnya.
 E.  Jadwal Kegiatan Jadwal kegiatan pembuatan Tugas Akhir ini dapat dilihat pada Tabel 1.1  berikut ini : Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN TANGGAL (JUNI) 15-17  18-24  25-30  1  Persiapan      2  Pengumpulan Data             3  Penulisan Laporan  Dalam kegiatan pengumpulan data, riset dilakukan selama beberapa minggu  mulai tanggal 15 Juni  s/d 30  Juni  2009 di Kantor PT. PLN (PERSERO)  WILAYAH SUMATERA UTARA.
F.   Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan tiap bab dibagi atas beberapa sub bab  antara lain : Bab I : PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, dan rencana penulisan  yang terdiri dari jadwal  kegiatan/observasi dan sistematika penulisan.
 Bab II : PROFIL PERUSAHAAN Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah singkat perusahaan, struktur  organisasi, uraian tugas, jenis usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini dan rencana  kegiatan.
Bab III : PEMBAHASAN Dalam bab ini diuraikan mengenai pengertian perseroan, pengertian rapat,  penyelenggaraan rapat pada perusahaan, dan peranan rapat perusahaan.
Bab IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini berisikan Kesimpulan dan Saran tentang Peranan Rapat  pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi