BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan yang didirikan baik itu yang
bergerak di bidang jasa, industri maupun
dagang mempunyai tujuan utama yang ingin dicapai oleh perusahaan antara lain untuk mendapatkan laba
(profit) yang maksimal dengan pengeluaran
yang tertentu, sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan (survival) serta pertumbuhan
perusahaan (growth). Agar tujuan ini tercapai,
fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan
(planning), pengorganisasian
(organizing), pangarahan
(directing) dan fungsi pengawasan
(controlling) hendaknya dilaksanakan dengan baik oleh
perusahaan. Setiap perusahaan juga harus mempunyai sistem dan prosedur yang baik
dalam mengelola dan mengawasi semua
kegiatan yang ada di perusahaan.
Dalam melaksanakan
fungsi-fungsi manajemen tersebut diperlukan suatu forum pertemuan untuk membahas tata cara pelaksanaan
fungsi-fungsi manajemen yang baik,
membahas kinerja perusahaan dan kendala-kendala yang dialami perusahaan serta mencari solusi yang
tepat dalam menghadapinya, salah satu
forum tersebut adalah rapat. Rapat adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk membahas sesuatu. (Wibowo, 2001 ; 39).
Rapat dapat diikuti oleh semua anggota
organisasi untuk membahas kepentingan umum demi lancarnya organisasi. Rapat juga merupakan tempat
pengurusnya memberikan pertanggungjawaban
kerjanya.
Rencana-rencana organisasi seperti rencana
strategis (strategic plan), rencana taktis (tactical plan), dan rencana
operasional (operasional plan) juga biasanya
ditentukan dalam rapat perusahaan. Rapat
bukan hanya sekedar membuat rencana, dan
mengevaluasi kinerja perusahaan, tetapi proses pengambilan keputusan juga dilakukan dalam
rapat perusahaan, sehingga keputusan
yang diambil tidaklah keputusan sepihak saja, namun merupakan keputusan perusahaan/organisasi tersebut.
Rapat perusahaan
merupakan suatu hal yang sangat penting (urgent), karena menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
(survival) dan pertumbuhan perusahaan (growth). Jika pelaksanaan rapat terlaksana dengan baik, akan menghasilkan suatu keputusan - keputusan yang
baik pula bagi perusahaan.
Rapat Rapat
pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH
SUMATERA UTARA mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan kinerja perusahaan,
karena keputusan-keputusan penting perusahaan biasanya diambil dalam rapat. Evaluasi-evaluasi kinerja
perusahaan juga dibahas dalam rapat, sehingga
hal-hal yang mungkin menjadi kekurangan dapat diperbaiki.
B. Rumusan Masalah Permasalahan yang dibahas
pada tulisan ini ialah: 1. Bagaimana
tata cara pengelolaan rapat pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA? 2. Apa peranan rapat pada PT. PLN (PERSERO)
WILAYAH SUMATERA UTARA? C.
Tujuan Penelitian 1. Untuk
mengetahui tata cara pengelolaan rapat
pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA
UTARA.
2. Untuk mengetahui peranan rapat pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA.
D. Manfaat Penelitian 1.
Bagi penulis: Sebagai tambahan ilmu
pengetahuan mengenai tata cara pelaksanaan rapat pada suatu perusahaan dan sebagai
tambahan informasi tentang PT. PLN
(PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA kepada mahasiswa dan pembaca.
2. Bagi perusahaan: Sebagai bahan masukan
bagi perusahaan agar kinerja perusahaan menjadi
lebih baik dan Sebagai perbandingan untuk
peningkatan optimalisasi dan
kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.
3. Bagi peneliti yang akan datang: Sebagai
bahan referensi bagi mahasiswa dan peneliti selanjutnya.
E.
Jadwal Kegiatan Jadwal kegiatan pembuatan Tugas Akhir ini dapat dilihat
pada Tabel 1.1 berikut ini : Tabel 1.1 Jadwal
Kegiatan NO KEGIATAN TANGGAL (JUNI) 15-17 18-24
25-30 1 Persiapan
2
Pengumpulan Data 3
Penulisan Laporan Dalam kegiatan
pengumpulan data, riset dilakukan selama beberapa minggu mulai tanggal 15 Juni s/d 30
Juni 2009 di Kantor PT. PLN
(PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA.
F. Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi
atas 4 bab dan tiap bab dibagi atas beberapa sub bab antara lain : Bab I : PENDAHULUAN Dalam bab
ini diuraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan rencana
penulisan yang terdiri dari jadwal kegiatan/observasi dan sistematika penulisan.
Bab II : PROFIL PERUSAHAAN Dalam bab ini
diuraikan mengenai sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, uraian tugas, jenis
usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan.
Bab III :
PEMBAHASAN Dalam bab ini diuraikan mengenai pengertian perseroan, pengertian
rapat, penyelenggaraan rapat pada
perusahaan, dan peranan rapat perusahaan.
Bab IV : KESIMPULAN
DAN SARAN Dalam bab ini berisikan Kesimpulan dan Saran tentang Peranan Rapat pada PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA UTARA.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi