Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: SISTEM PENYIMPANAN DAN PEMELIHARAAN KEARSIPAN PADA BAGIAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
 Pengertian kearsipan lebih diartikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan  pengelolaan surat. Berbicara tentang penyimpanan arsip pun tidak terlepas pada  kegiatan penyimpanan surat. Pandangan tersebut sebenarnya sudah tidak tepat lagi,  karena bidang kearsipan telah tumbuh berkembang sesuai dengan kebutuhan praktis  organisasi, karena kearsipan telah berkembang menjadi bagian tidak terpisahkan dari  manajemen informasi.

Pengertian arsip secara fisik pun tidak terbatas pada surat saja tetapi semua bentuk  perekam data dan informasi seperti foto, rekaman, film, disket dan sebagainya. Hal ini  sesuai dengan apa yang dimaksudkan pada Undang-Undang No.7 tahun 1971 tentang  pokok-pokok kearsipan. Yaitu sebagai berikut : Menimbang : a.  Bahwa untuk kepentingan generasi yang akan datang perlu diselamatkan bahanbahan bukti yang nyata, benar, lengkap mengenai kehidupan kebangsaan Bangsa  Indonesia di masa yang lampau, sekarang dan yang akan datang dan  berhubungan dengan itu perlu diatur ketentuan-ketentuan pokok tentang  kearsipan.
b.  Bahwa dalam rangka meningkatkan penyempurnaan administrasi aparatur  Negara, khususnya dibidang kearsipan materi tahun 1961 perlu ditinjau kembali  dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan.
 Arsip yang tertib dan teratur akan sangat menunjang kecepatan dan ketepatan  penyajian informasi yang dibutuhkan baik oleh individu maupun kelompok organisasi  sehingga dapat membantu semua pihak dalam rangka melancarkan penyelesaian tugas  guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Bagian keemahasiswaan di Fakultas Ekonomi  adalah  salah satu unit kerja yang mempunyai kewenangan untuk melaksanakan usaha-usaha  penyediaan data dan informasi yang dibutuhkan oleh dosen, pegawai-pegawai serta  mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi USU. Data dan informasi Itu harus benarbenar dikelola dengan baik oleh pegawai kearsipan di bagian kemahasiswaan sehingga  dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan terhadap arsip yang disimpan.
Bagian emahasiswaan tersebut merupakan salah satu unit pendukung seluruh kegiatan  akademik dalam pelayanan data dan informasi, guna pengambilan keputusan terhadap  rencana yang akan datang.
Apabila arsip tidak disimpan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan maka  hal ini dapat menghambat kelancaran pekerjaan administrasi. Oleh karena itu,  pengelolaan arsip membutuhkan tekhnik dan keterampilan khusus karena data yang  akan dihasilkan, diterima, diproses dan dibuang tidak terbatas jumlahnya. Kegiatan  kearsipan di instansi atau organisasi dilaksanakan dengan maksud memberikan  pelayanan yang dibutuhkan oleh instansi atau organisasi dan merupakan suatu aktivitas  yang bersifat rutinitas.
Efektivitas pengelolaan kersipan pada suatu instansi atau organisasi dipengaruhi  oleh pegawai yang bekerja pada unit kearsipan, sarana atau fasilitas yang digunakan  dalam membantu pengelolaan arsip yang tersedia untuk penyimpanan, pengamanan dan  pemeliharaan arsip tersebut. Fungsi arsip sebagai alat ingatan, sumber informasi dan   sebagai alat pengawasan perlu dikelola dengan baik agar dapat memperlancar seluruh  pekerjaan kantor yang berdayaguna. Untuk dapat melaksanakan tugas ini, pegawai yang  bekerja pada unit kersipan bukan hanya ditunjang oleh faktor kemauan terhadap  pekerjaan tetapi juga harus memiliki keterampilan khusus di bidang kearsipan sehingga  tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik.
Meskipun kearsipan berperan penting dalam suatu organisasi, tetapi masih banyak  instansi atau organisasi yang belum melakukan penataan arsip dengan baik. Dalam  pelaksanaannya masih banyak dijumpai arsip-arsip yang ditumpukkan di dalam lemari  yang tidak tersusun rapi sehingga sulit untuk ditemukan kembali. Akibat dari hal ini  tentunya kelestarian informasi yang terkandung dalam arsip tersebut tidak dapat  terjamin dan akan lenyap. Maka berdasarkan alasan tersebut penyimpanan, pengamanan  dan pemeliharaan arsip mutlak harus dilaksanakan untuk menjamin kelestarian  informasi yang terkandung dalam arsip tersebut.
Pentingnya sistem kearsipan yang baik mendorong penulis untuk mengetahui  bagaimana sistem kearsipan pada bagian Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara melalui penulisan laporan tugas akhir yang berjudul “Sistem  Penyimpanan, Pengamanan dan Pemeliharaan Kearsipan pada Bagian  Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ”.
B.  Permasalahan  Untuk lebih memfokuskan dan memperjelas topik yang akan dibahas dalam  penulisan tugas akhir ini maka penulis akan membatasi ruang lingkup masalah yang  akan dibahas hanya pada masalah “Bagaimana proses penyimpanan, penanganan, dan  pemeliharaan kearsipan”.
 C.  Tujuan Penelitian Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah :  a.  Merupakan syarat mutlak untuk dapat menyelesaikan pendidikan Diploma III  Kesekretariatan Fakultas Ekonomi .
b. Untuk mengetahui lebih jelas tentang proses penyimpanan, pengamanan dan  pemeliharaan kearsipan pada bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi  .
c. Untuk dijadikan sebagai bahan masukan pada bagian Kemahasiswaan Fakultas  Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah : a.  Dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam bidang kearsipan.
b.  Dapat menambah kepustakaan Fakultas Ekonomi .
E.  Jadwal Kegiatan Riset ini dilakukan oleh penulis untuk pengumpulan data dan penyusunan laporan  tugas akhir pada bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
Jadwal kegiatan dapat dilihat pada Tabel 1.1 sebagai berikut:   Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan No Kegiatan  Minggu Ke I  II /III  IV  1  Persiapan      2  Pengumpulan Data dan Kondisi Data √   3  Penulisan      √ F.  Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir ini disusun sebagai berikut:  BAB I   : PENDAHULUAN Bab ini membahas tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan  manfaat penelitian, jadwal kegiatan dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN Bab ini membahas sejarah ringkas, stuktur organisasi, job description,  jaringan usaha/kegiatan, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan pada  Fakultas Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN  Bab ini menguraikan tentang pengertian arsip, pengorganisasian arsip,  jenis arsip, peranan dan tujuan kearsipan, alat-alat yang digunakan untuk  penyimpanan arsip, sistem penyimpanan, pengamanan dan pemeliharaan  kearsipan serta sistem penyusutan dan pemusnahan arsip pada bagian  Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
 BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan kesimpulan berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian  yang dilakukan dibagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara dan beberapa saran yang bermanfaat dikemudian hari.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi