Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PERANAN FASILITAS KERJA PADA BAGIAN TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah 
Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut manusia untuk  bertindak semakin cepat dengan memperhatikan efisiensi disegala bidang, dalam  menghadapi perkembangan tersebut tentu saja diperlukan fasilitas atau peralatan  dalam kesiapan sarananya. Kalangan dunia usaha baik instansi pemerintah maupun instansi swasta dalam melakukan usaha sangat mengandalkan fasilitas  atau peralatan kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efisien dan hasil  kerja yang optimal. Dengan itu, diperlukan kesiapan dalam mengoperasikan  fasilitas atau peralatan kerja tersebut.

Pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan produktivitas  pegawai sehingga dapat membentuk tenaga kerja yang produktif, terampil dan  profesional yang bekerja secara efektif dan efisien. Produktivitas sering pula  dikaitkan dengan cara sistem yang efisien, sehingga proses produksi berlangsung  tepat waktu dan dengan demikian tidak diperlukan kerja lembur dengan segala  implikasinya, terutama implikasi biaya. Dan merupakan hal yang logis dan tepat  apabila peningkatan produktivitas dijadikan salah satu sasaran jangka panjang  Perguruan Tinggi Negeri dalam rangka pelaksanaan strateginya. Produktivitas  adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (Bambang, 1997). Jika suatu  Perguruan Tinggi dapat meningkatkan produktivitas pegawai  maka secara  langsung produktivitas Perguruan Tinggi Negeri akan meningkat.
 Di samping itu, terdapat pula hal yang mempengaruhi peningkatan  produktivitas kerja pada personal, diantaranya adalah : Sikap mental, pendidikan,  keterampilan, manajemen, hubungan industrial pancasila, tingkat penghasilan,  jaminan sosial, lingkungan dan iklim kerja, sarana produksi, teknologi dan  kesempatan berprestasi.
Fasilitas adalah sarana dan prasarana untuk melancarkan dan memberikan  kemudahan suatu pekerjaan (Anaroga, 2000). Kerja adalah kegiatan melakukan  sasuatu. Jadi, secara harafiah fasilitas kerja adalah segala sesuatu berupa sarana  dan prasarana yang dapat membantu memudahkan suatu kegiatan atau aktivitas (Anaroga, 2000). Dalam setiap segi proses perkantoran yang produktif, maka  perusahan harus menyediakan fasilitas kerja yang lengkap. Peningkatan  produktivitas dapat ditunjang dengan adanya penyediaan fasilitas kerja yang dapat  membantu dan  memotivasi pegawai  dalam menyelesaikan pekerjaan kantor  dengan baik.
Perguruan Tinggi Negeri sebagai suatu organisasi  harus membuat  perencanaan fasilitas kerja dengan baik, agar fasilitas kerja yang dipilih sesuai  pada kebutuhan yang telah di rencanakan. Perencanaan fasilitas kerja merupakan  suatu kegiatan yang dilakukan sebelum dan setelah kegiatan operasional  (Bambang, 1997). Secara umum perencanaan fasilitas kerja mempunyai beberapa  fungsi seperti menunjang peningkatan produksi, menggunakan tenaga kerja,  peralatan dan ruang serta energi secara efektif, meminimalkan investasi modal,  mempermudah pemeliharaan, meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja.
 Penggunaan fasilitas  kerja  yang efisien dan efektif akan mampu  mempermudah pelaksanaan pekerjaan pegawai, sehingga kinerja atau  produktivitas Perguruan Tinggi Negeri  akan dapat mewujudkan tujuan sesuai  dengan yang telah direncanakan. Sebaliknya fasilitas kerja yang tidak tersedia  secara efektif dan efisien akan menghambat pekerjaan pegawai, khususnya dalam  bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi USU. Sarana dan prasarana kantor juga  menunjang jalannya kegiatan suatu kegiatan. Sehingga, apabila fasilitas dan  pekerjaan yang telah di rencanakan tidak berjalan dengan baik, akan dapat  menghambat kemajuan dari bagian tersebut.
Fasilitas kerja terbagi atas dua bagian yaitu fasilitas sarana kantor dan  fasilitas prasarana kantor (Moekijat, 1995), yaitu : 1. Fasilitas sarana kantor. Contohnya : Komputer, Telepon, Faksimile, Printer,  Fotocopy, Mesin Tik dan In Foccus.
2. Fasilitas prasarana kantor Contohnya : Fasilitas Pendidikan, Fasilitas Olahraga,  Rekreasi, Musholla, Kantin dan fasilitas kesehatan.
Pada Fakultas Ekonomi  menggunakan  berbagai macam fasilitas kerja untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja  dan ketepatan waktu pengerjaan tugas oleh pegawai. Fasilitas kerja yang terdapat  pada Fakultas Ekonomi  antara lain adalah Fasilitas  sarana kantor dan fasilitas prasarana kantor. Adapun Fasilitas sarana kantor yang  terdapat pada bagian Tata Usaha dan ruang Pembantu Dekan II Fakultas Ekonomi  USU terdiri dari komputer, printer, papan tulis, mesin ketik, dan filling cabinet,   sedangkan fasilitas prasarana pada Fakultas Ekonomi   terdiri dari : fasilitas olah raga, rekreasi, fasilitas kesehatan, kantin dan Musholla.
Tersedianya fasilitas kerja yang baik pada bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi  dapat meningkatkan produktivitas pegawai.
Pegawai Tata Usaha Fakultas Ekonomi USU juga memiliki rasa solidaritas yang  tinggi antar sesama  pegawai, sehingga tanpa di sadari telah menciptakan  hubungan kekeluargaan antar sesama pegawai. Dari hal tersebut, pegawai telah  meningkatkan fasilitas kerja yang baik dan telah meningkatkan produktivitas dari  Fakultas Ekonomi .  Produktivitas yang meningkat  dapat dilihat dari cara kerja atau prosedur yang cepat. Prosedur adalah Tata cara  kerja atau cara menjalankan atau cara menjalankan suatu pekerjaan (Ali, 2000).
Prosedur yang cepat karena pegawai memberikan pelayanan yang baik, khususnya  dalam bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi telah memberikan suatu bentuk  pelayanan yang baik dari para pegawai karena didukung oleh adanya fasilitas  kerja dan adanya reward and funishment. Misalnya, penyelesaian surat keterangan  bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah pada jurusan lain, surat tersebut  dapat diselesaikan dalam waktu satu minggu.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memilih judul “Peranan  fasilitas kerja pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara”, karena penulis menganggap betapa pentingnya fasilitas kerja khususnya  pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan masih banyak pula Perguruan  Tinggi Negeri yang belum memiliki atau kurang tepat memiliki peralatan dan  fasilitas yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan yang mampu  meningkatkan produktivitas  dari Perguruan Tinggi Negeri.  Penulis juga akan  melakukan penelitian yang memiliki keterkaitan tentang fasilitas kerja khususnya  pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi .
B. Perumusan Masalah Dalam hal ini penulis membatasi masalah yang akan dibahas yaitu  “Apakah fasilitas kerja yang tersedia pada Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara dapat menunjang produktivitas kerja”.
C. Tujuan Penelitian Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peranan  fasilitas kerja yang tersedia dapat meningkatkan produktivitas kerja pada Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian  Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis lakukan  adalah : 1.  Bagi Fakultas Ekonomi Memberikan bahan masukan kepada Perguruan Tinggi Negeri dalam  mengatasi masalah tentang peranan fasilitas kerja terhadap pegawai.
2.  Bagi penulis untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai peranan  fasilitas kerja dalam meningkatkan produktivitas pegawai.
 3.  Pihak yang berkepentingan Sebagai bahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi setiap  pembacanya dan dapat mengetahui beberapa sarana dan prasarana fasilitas  kantor E. Jadwal Penelitian dan Sistimatika Penulisan 1. Jadwal Penelitian Dalam penulisan tugas akhir ini penulis membuat jadwal kegiatan,  gunanya agar waktu yang diperlukan dapat dibagi-bagi dengan teratur, supaya  penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan tepat pada waktu yang telah di  rencanakan. Jadwal kegiatan ini terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan dilakukan  mulai tanggal 29 Maret 2010 s/d 19 April 2010 di bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi . Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di tabel  1.1 berikut ini :  Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan NO.
MINGGU KE 1  2  3 1.  Penyusunan Draft      2.  Pengumpulan Data      3.  Penulisan Laporan  2. Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap bab nya dibagi atas beberapa sub bab  antara lain : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini, Penulis menjelaskan latar belakang penelitian, perumusan  masalah, tujuan, manfaat penelitian jadwal penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL PERGURUAN TINGGI Dalam bab ini, Penulis menjelaskan mengenai sejarah ringkas Fakultas  Ekonomi USU, struktur organisasi dan Job Description, jenis kegiatan, kinerja  usaha terkini, dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara.
BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini, menjelaskan hasil penelitian mengenai segala sesuatu yang  berhubungan dengan judul tugas akhir. Pembahasan berupa fasilitas kerja, jenisjenis fasilitas baik sarana dan prasarana kantor yang menunjang jalannya kegiatan,  fungsi daripada peralatan kantor, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam  memilih mesin peralatan kantor, serta hasil guna peranan fasilitas kerja pada  bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera.
 BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini, menjelaskan tentang kesimpulan yang merupakan inti dari  pembahasan penelitian dan saran yang merupakan masukan yang membangun  bagi Fakultas Ekonomi .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi