Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PROSEDUR PELAYANAN KEPADA MAHASISWA PADA BAGIAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 A.  LATAR BELAKANG 
Dalam kehidupan modern, dimana perkembangan masyarakat memasuki era  global dan era informasi, sangatlah penting artinya bagaimana kita berhubungan  antara orang yang satu dengan yang lainnya. Begitu juga halnya dalam konteks  organisasi maupun perusahaan. Public Relation merupakan salah satu hal yang  dapat mengakomodir kebutuhan untuk berhubungan dan berkomunikasi. Public  Relation yang baik mutlak dimiliki semua anggota masyarakat pada umumnya  dan terutama masyarakat organisasi pada khususnya guna kelancaran hubungan  kerja yang baik pada organisasi tersebut.  Public Relation menyangkut  kepentingan setiap organisasi yang bersifat komersial maupun yang nonkomersial, di sektor pemerintah (Publik) maupun maupun swasta (privat).

Berdasarkan IPRA (International Public Relation Association), Public  Relation didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang khas yang mendukung  pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya  mengenai komunikasi, pengertian, penerimaaan dan kerjasama, melibatkan  manajemen dalam permasalahan dan persoalan: membantu manajemen  memberikan penerangan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini public:  menetapkan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani  kepentingan umum: menopang manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan  perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam   membantu mendahului kecenderungan: dan menggunakan penelitian secara teknik  komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana yang utama. Adapun fungsi dari  Public Relation tersebut adalah memberikan informasi (timbal-balik, komunikasi  dua arah) kepada masyarakat secara pribadi/ kelompok, memberi persuasi dalam  pengertian mengubah sikap dan tingkah laku publik terhadap organisasi/  perusahaan demi keuntungan kedua belah pihak, mengintegrasikan sikap dan  perbuatan organisasi dengan sikap dan perbuatan publik dan sebaliknya.
Berdasarkan defenisi dan fungsi di atas, dapat dilihat bahwa komunikasi  dalam kegiatan Public Relations itu sangat penting. Komunikasi yang dimaksud  ialah komunikasi dua arah dari organisasi ke publiknya, dari publik ke organisasi  secara timbal balik, dengan memperhatikan opini publik sebagai efeknya. Publik yang dimaksud di dalam Public Relations adalah kelompok atau publik yang  terkait dalam pelaksanaan fungsi Public Relations itu. Di dalam Public Relations dibedakan adanya dua macam publik yang menjadi sasaran, yakni Internal Public  Relations dan External Public Relations. Internal Public Relation adalah seluruh  jajaran personel dari organisasi dari top manajemen sampai dengan lapisan yang  terbawah, vertical, horizontal maupun diagonal. External Public Relationsadalah  pribadi atau kelompok publik yang terkait dalam suatu kegiatan kehumasan yang  merupakan pelaksanaan fungsi Public Relations.
Sesuai dengan tujuan utamanya, Public Relations  akan dituntut untuk  membentuk good will, toleransi, saling kerja sama, saling memercayai, saling  pengertian, dan saling menghargai, serta untuk memperoleh opini publik yang  baik atau menguntungkan tepat berdasarkan prinsip-prinsip hubungan yang   harmonis, baik hubungan ke dalam (internal relations) maupun hubungan keluar  (external relations).
Profesi seorang sekretaris di dalam suatu perusahaan merupakan salah satu  profesi yang melibatkan aktivitas berinteraksi dengan banyak orang. Seorang  sekretaris sering dihadapkan pada suatu keadaan dimana mereka melakukan  tugas-tugas sekretaris, dalam arti luas adalah pelaksanaan tugas-tugas yang  bersifat membantu manajer atau pimpinan untuk menjalankan roda organisasi,  lembaga, maupun kantor atau mengatakan sesuatu berupa informasi dan menjadi  sumber informasi untuk dapat mempererat hubungan dengan seseorang, baik  dilakukan dengan orang dari luar perusahaan atau dari dalam perusahaan.
Pengembangan hubungan kerja yang dijalankan seorang sekretaris dalam  kedudukannya sebagai seorang human relations  dapat dilaksanakan melalui  penerapan dan pemanfaatan aspek-aspek komunikasi secara baik dan benar.
Dengan melihat permasalahan tersebut, maka peran sekretaris dalam human  relations sangatlah penting, hal ini tidak saja dalam pengertian hubungan kerja  antara pimpinan dan bawahan, tetapi juga termasuk pada hubungan in formal atau  hubungan kemanusiaan antara pimpinan dan bawahan dalam rangka menciptakan  suasana kerja yang kondusif.
B.  PERMASALAHAN Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka yang menjadi  perumusan masalahnya adalah “Bagaimana Pengetahuan Public Relations   Seorang Sekretaris Dekan Dalam Mendukung Kegiatannya Pada Fakultas  Ekonomi USU”.
C.  TUJUAN PENELITIAN Pada dasarnya setiap kegiatan yang dilaksanakan mempunyai suatu tujuan,  karena tanpa adanya tujuan kegiatan yang dilakukan tidak akan mendapatkan hasil  yang baik. Pencapaian tujuan yang ditetapkan merupakan titik tolak dalam  melaksanakan kegiatan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  “Pentingnya Pengetahuan Public Relations Seorang Sekretaris Dekan Dalam  Mendukung Kegiatannya Pada Fakultas Ekonomi USU”.
D.  MANFAAT PENELITIAN  Manfaat merupakan kegunaan yang terdapat dari suatu kegiatan yang kita  lakukan. Adapun menjadi manfaat dalam penelitian ini adalah: 1.  Penelitian ini bermanfaat pada Fakultas Ekonomi USU bahwa betapa penting  dan berpengaruhnya pengetahuan Public Relations terhadap sekretaris dalam  melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
2.  Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca, terkhusus untuk  mengetahui bagaimana pengetahuan Public Relations  dalam mendukung  tugas sekretaris pada Fakultas Ekonomi USU. Dan  juga Sebagai bahan  referensi bagi peneliti-peneliti lain yang tertarik pada objek yang sama.
 3.  Bagi penulis penelitian ini bermanfaat untuk dapat menyelesaikan tugas  akhirnya serta mengetahui bagaimana peranan seorang sekretaris dalam  menyelesaikan tugasnya yang berkaitan dengan Public Relations.
E.  JADWAL PENELITIAN DAN SISTEMATIKA PENULISAN  1.  Jadwal Penelitian Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat jadwal kegiatan,  gunanya agar waktu yang diperlukan dapat berbagi-bagi dengan teratur, supaya  penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan.
Jadwal kegiatan dapat dilihat pada Tabel 1.1 dibawah ini : Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan No  Kegiatan  Minggu ke I  II  III 1  Persiapan       2  Pengumpuan Data       3  Penulisan Laporan      Dalam kegiatan Pengumpulan Data, Penulis melakukan riset selama beberapa  minggu mulai tanggal 27 Maret s/d 17 April 2010 di bagian sekretaris dekan  Fakultas Ekonomi .
2.  Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan  terarah maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4)  bab, yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap  penting dan relevan dengan judul Tugas Akhir yang dimaksud, dengan tujuan agar  penulisan Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya  adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Dalam bab ini, diuraikan mengenai Latar Belakang Masalah,  Permasalahan, Tujuan Penelitian, Jadwal Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II : PROFIL FAKULTAS EKONOMI USU Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi,  struktur organisasi dan personalia, job description, kinerja usaha terkini dan  rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
 BAB III : PEMBAHASAN Pada bab ini,  penulis menguraikan hasil penelitian mengenai segala  sesuatu yang berhubungan dengan judul tugas akhir. Seperti, pengertian, peranan,  tujuan dan hubungan antara pengetahuan Public Relations pada seorang sekretaris  dekan dalam mendukung kegiatannya pada Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini, penulis membuat kesimpulan dan saran yang diperoleh dari  penulisan tugas akhir dan pembahasan yang dilakukan. Dimana diharapkan dapat  memberikan masukan yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi