BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan modern, dimana
perkembangan masyarakat memasuki era global
dan era informasi, sangatlah penting artinya bagaimana kita berhubungan antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Begitu juga halnya dalam konteks organisasi
maupun perusahaan. Public Relation merupakan salah satu hal yang dapat mengakomodir kebutuhan untuk berhubungan
dan berkomunikasi. Public Relation yang
baik mutlak dimiliki semua anggota masyarakat pada umumnya dan terutama masyarakat organisasi pada
khususnya guna kelancaran hubungan kerja
yang baik pada organisasi tersebut.
Public Relation menyangkut kepentingan
setiap organisasi yang bersifat komersial maupun yang nonkomersial, di sektor
pemerintah (Publik) maupun maupun swasta (privat).
Berdasarkan IPRA
(International Public Relation Association), Public Relation didefinisikan sebagai fungsi
manajemen yang khas yang mendukung pembinaan
dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaaan
dan kerjasama, melibatkan manajemen
dalam permasalahan dan persoalan: membantu manajemen memberikan penerangan dan tanggapan dalam
hubungan dengan opini public: menetapkan
dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan umum: menopang manajemen dalam
mengikuti dan memanfaatkan perubahan
secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan: dan
menggunakan penelitian secara teknik komunikasi
yang sehat dan etis sebagai sarana yang utama. Adapun fungsi dari Public Relation tersebut adalah memberikan
informasi (timbal-balik, komunikasi dua
arah) kepada masyarakat secara pribadi/ kelompok, memberi persuasi dalam pengertian mengubah sikap dan tingkah laku
publik terhadap organisasi/ perusahaan
demi keuntungan kedua belah pihak, mengintegrasikan sikap dan perbuatan organisasi dengan sikap dan
perbuatan publik dan sebaliknya.
Berdasarkan
defenisi dan fungsi di atas, dapat dilihat bahwa komunikasi dalam kegiatan Public Relations itu sangat
penting. Komunikasi yang dimaksud ialah
komunikasi dua arah dari organisasi ke publiknya, dari publik ke organisasi secara timbal balik, dengan memperhatikan
opini publik sebagai efeknya. Publik yang dimaksud di dalam Public Relations
adalah kelompok atau publik yang terkait
dalam pelaksanaan fungsi Public Relations itu. Di dalam Public Relations dibedakan
adanya dua macam publik yang menjadi sasaran, yakni Internal Public Relations dan External Public Relations.
Internal Public Relation adalah seluruh jajaran
personel dari organisasi dari top manajemen sampai dengan lapisan yang terbawah, vertical, horizontal maupun
diagonal. External Public Relationsadalah pribadi atau kelompok publik yang terkait
dalam suatu kegiatan kehumasan yang merupakan
pelaksanaan fungsi Public Relations.
Sesuai dengan
tujuan utamanya, Public Relations akan
dituntut untuk membentuk good will,
toleransi, saling kerja sama, saling memercayai, saling pengertian, dan saling menghargai, serta untuk
memperoleh opini publik yang baik atau
menguntungkan tepat berdasarkan prinsip-prinsip hubungan yang harmonis, baik hubungan ke dalam (internal
relations) maupun hubungan keluar (external
relations).
Profesi seorang
sekretaris di dalam suatu perusahaan merupakan salah satu profesi yang melibatkan aktivitas berinteraksi
dengan banyak orang. Seorang sekretaris
sering dihadapkan pada suatu keadaan dimana mereka melakukan tugas-tugas sekretaris, dalam arti luas adalah
pelaksanaan tugas-tugas yang bersifat
membantu manajer atau pimpinan untuk menjalankan roda organisasi, lembaga, maupun kantor atau mengatakan sesuatu
berupa informasi dan menjadi sumber
informasi untuk dapat mempererat hubungan dengan seseorang, baik dilakukan dengan orang dari luar perusahaan
atau dari dalam perusahaan.
Pengembangan
hubungan kerja yang dijalankan seorang sekretaris dalam kedudukannya sebagai seorang human
relations dapat dilaksanakan melalui penerapan dan pemanfaatan aspek-aspek
komunikasi secara baik dan benar.
Dengan melihat
permasalahan tersebut, maka peran sekretaris dalam human relations sangatlah penting, hal ini tidak
saja dalam pengertian hubungan kerja antara
pimpinan dan bawahan, tetapi juga termasuk pada hubungan in formal atau hubungan kemanusiaan antara pimpinan dan
bawahan dalam rangka menciptakan suasana
kerja yang kondusif.
B. PERMASALAHAN Berdasarkan latar belakang
tersebut di atas, maka yang menjadi perumusan
masalahnya adalah “Bagaimana Pengetahuan Public Relations Seorang Sekretaris Dekan Dalam Mendukung
Kegiatannya Pada Fakultas Ekonomi USU”.
C. TUJUAN PENELITIAN Pada dasarnya setiap
kegiatan yang dilaksanakan mempunyai suatu tujuan, karena tanpa adanya tujuan kegiatan yang
dilakukan tidak akan mendapatkan hasil yang
baik. Pencapaian tujuan yang ditetapkan merupakan titik tolak dalam melaksanakan kegiatan. Adapun penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui “Pentingnya
Pengetahuan Public Relations Seorang Sekretaris Dekan Dalam Mendukung Kegiatannya Pada Fakultas Ekonomi
USU”.
D. MANFAAT PENELITIAN Manfaat merupakan kegunaan yang terdapat dari
suatu kegiatan yang kita lakukan. Adapun
menjadi manfaat dalam penelitian ini adalah: 1.
Penelitian ini bermanfaat pada Fakultas Ekonomi USU bahwa betapa penting
dan berpengaruhnya pengetahuan Public
Relations terhadap sekretaris dalam melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya.
2. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
bagi pembaca, terkhusus untuk mengetahui
bagaimana pengetahuan Public Relations
dalam mendukung tugas sekretaris
pada Fakultas Ekonomi USU. Dan juga
Sebagai bahan referensi bagi
peneliti-peneliti lain yang tertarik pada objek yang sama.
3. Bagi
penulis penelitian ini bermanfaat untuk dapat menyelesaikan tugas akhirnya serta mengetahui bagaimana peranan
seorang sekretaris dalam menyelesaikan
tugasnya yang berkaitan dengan Public Relations.
E. JADWAL PENELITIAN DAN SISTEMATIKA PENULISAN 1.
Jadwal Penelitian Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat
jadwal kegiatan, gunanya agar waktu yang
diperlukan dapat berbagi-bagi dengan teratur, supaya penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan.
Jadwal kegiatan dapat
dilihat pada Tabel 1.1 dibawah ini : Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan No Kegiatan Minggu ke I
II III 1 Persiapan
2
Pengumpuan Data 3
Penulisan Laporan Dalam kegiatan Pengumpulan Data, Penulis
melakukan riset selama beberapa minggu
mulai tanggal 27 Maret s/d 17 April 2010 di bagian sekretaris dekan Fakultas Ekonomi .
2. Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas
Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah maka penulis membagi luas pembahasan
Tugas Akhir ini dalam empat (4) bab,
yang dianggap cukup memadai untuk mengemukakan hal yang dianggap penting dan relevan dengan judul Tugas Akhir
yang dimaksud, dengan tujuan agar penulisan
Tugas Akhir ini dapat lebih terarah dan sistematis. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Dalam
bab ini, diuraikan mengenai Latar Belakang Masalah, Permasalahan, Tujuan Penelitian, Jadwal
Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB II : PROFIL
FAKULTAS EKONOMI USU Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat
instansi, struktur organisasi dan
personalia, job description, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN Pada bab ini, penulis menguraikan hasil penelitian mengenai
segala sesuatu yang berhubungan dengan
judul tugas akhir. Seperti, pengertian, peranan, tujuan dan hubungan antara pengetahuan Public
Relations pada seorang sekretaris dekan
dalam mendukung kegiatannya pada Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV : KESIMPULAN
DAN SARAN Pada bab ini, penulis membuat kesimpulan dan saran yang diperoleh
dari penulisan tugas akhir dan
pembahasan yang dilakukan. Dimana diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi