Sabtu, 31 Mei 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: ANALISIS DAMPAK PEMADAMAN LISTRIK TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA WARUNG INTERNET

BAB I.
PENDAHULUAN.
1.1  Latar Belakang.
Kelangkaan sumberdaya energi ternyata telah menjadi isyu sentral yang akan  membatasi pertumbuhan ekonomi. Kelangkaan, khususnya energi yang memang akan  langka meskipun digunakan secara bijaksana. Hal ini dapat disebabkan antara lain :  terbatasnya sumber energi fisik, keseimbangan ekologi mulai terganggu, bertambahnya  jumlah penduduk indonesia memerlukan energi untuk keperluan dalam negri yang dari  tahun ke tahun meningkat dengan pesat sejalan dengan laju pembangunan dan  pertambahan jumlah penduduk.

Energi listrik merupakan sektor yang paling penting khususnya dikalangan para  pengusaha yang kegiatan usahanya menggunakan listrik sebagai kebutuhan utama nya. PT. PLN (Persero) merupakan suatu unit yang mengusahakan tenaga listrik dan  mempunyai misi perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah No.17 tahun 1990 yang  dirumuskan sebagai tujuan PLN, yaitu : Menyediakan tenaga listrik untuk meningkatkan  kesinambungan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata serta mendorong kegiatan      ekonomi, mengusahakan keuntungan berdasarkan prinsip pengolahan perusahaan agar  dapat membiayai pengembangan tenaga listrik untuk melayani kebutuhan masyarakat ,  serta menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik yang belum  dapat dilaksanakan oleh swasta dan koperasi.
Dalam pelaksanaan pembangunan sistem jaringan informasi, informasi melalui  internet dilaksanakan untuk memperluas jaringan informasi dan ruang ilmu pengetahuan  yang lebih luas, serta meningkatkan mutu dan keandalan pelayanannya. Sebagai hasil  dari pembangunan di bidang informasi ini, maka kapasitas sentral jaringan internet terus  meningkat.
Masalah yang dihadapi sekarang ini adalah bagaimana pemanfaatan listrik  seefisien mungkin, dimana permintaan akan listrik meningkat tajam untuk menghadapi  masalah kelistrikan ini perlu dilakukan suatu kebijakan. Salah satu kebijakan yang  dilakukan oleh PLN untuk saat ini adalah pemadaman listrik secara bergilir. Hal ini  dilakukan untuk menghemat energi-energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Pemadaman listrik secara bergilir ini mungkin memberikan manfaat bagi PLN khususnya  mengingat sedikitnya cadangan energi listrik yang ada. Tetapi akibat yang ditimbulkan  dan dihadapi masyarakat langsung yang hampir seluruh kegiatannya memerlukan energi  listrik.
Pemadaman listrik ternyata tidak hanya berdampak pada industri besar, industri  kecil dan menengahpun menjadi terganggu. Jika hal ini tidak segera ditanggulangi bisa  berdampak buruk kepada perekenomian rakyat. Medan merupakan salah satu kota yang  memiliki banyak industri kecil bahkan menengah sarana internet yang salah satu  diantaranya adalah Warung Internet (warnet). Usaha warung internet ini membutuhkan      energi listrik untuk kepentingan penerangan lampu, dan komputer, serta jaringan instalasi  nya sambungan internet itu sendiri yang merupakan sarana penting dalam usaha warung  internet ini. Tetapi apa yang terjadi jika terjadinya pemadaman listrik secara bergilir.
Kota medan adalah kota yang mengalami pemadaman lisrtik tersebut. Para pengusaha  warung internet adalah salah satu yang harus merasakan hal ini.
Salah satu faktor pendukung kehidupan perekonomian Sumatera Utara adalah  ketersediaan energi listrik dan infrastrukturnya. Dimana dalam penyediaannya sebagian  besar ditangani oleh PT. PLN (Persero). Untuk melaksanakan misi dan visi perusahaan  serta peningkatan mutu pelayanan maka di Sumatera Utara terdapat 7 cabang perusahaan  salah satunya adalah PT PLN (Persero) Cabang Medan. Sebagai Badan Usaha Milik  Negara yang menangani ketenagalistrikan sangat memberikan sumbangan yang berarti  didalam mendukung aktivitas kehidupan masyarakat setempat. Artinya PT. PLN  (Persero) berusaha memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat. Hal ini erat  kaitannya dengan banyaknya orang yang merasakan kebutuhan akan tenaga listrik sudah  seperti kebutuhan primer, baik sektor rumah tangga industri, badan sosial, bisnis,  pendidikan, penerangan, jalan umum sehingga permintaan listrik dari masyarakat  setempat cukup tinggi. Tinggi rendahnya permintaan terhadap listrik tersebut banyak  faktor yang mempengaruhi sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen.
Dalam pembahasan ini skripsi ini hanya membahas bahwa pemadaman listrik di  kota medan yang terjadi di karenakan defisit pembangkit listrik yang menyebabkan  pemadaman bergilir yang disebabkan oleh defisit pembangkit listrik tersebut.
    Dari uraian diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana pengaruh  pemadaman listrik tersebut bagi pengusaha warnet. Oleh karena itu, dalam penulisan  skripsi ini penulis mengangkat judul “ ANALISIS DAMPAK PEMADAMAN  LISTRIK TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA WARUNG INTERNET  (WARNET) DI KOTA MEDAN “ 1.2  Perumusan Masalah Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1.  Apakah ada perbedaan pendapatan sesudah dan sebelum pemadaman listrik ? 2.  Apakah waktu pemadaman listrik, jumlah pengguna server, biaya penggunaan  warnet, biaya operasional, berpengaruh terhadap pendapatan warnet? 1.3  Tujuan Penelitian Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh waktu pemadaman listrik, jumlah pengguna  server warnet, biaya penggunaan warnet dan biaya operasional terhadap pendapatan  pengusaha warnet.
1.4  Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah sbb: 1.  Sebagai bahan studi dan tambahan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa FE USU,  terutama bagi mahasiswa Departemen Ekonomi Pembangunan yang ingin  melakukan penelitian selanjutnya 2.  Untuk memeperkaya wawasan ilmiah dan non ilmiah penulis dalam ilmu yang  penulis tekuni serta mengaplikasikannya secara kontekstual dan tekstual.
    3.  Menambah dan melengkapi hasil-hasil penelitian yang telah ada, khususnya  mengenai pendapatan para pengusaha.
4.  Hasil penelitian ini meningkatkan kemampuan penulis dalam melakukan  Penelitian.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi