Jumat, 30 Mei 2014

Skripsi Ekonomi Pembangunan: PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH, PENANAMAN MODAL ASING DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI

BAB I .
PENDAHULUAN.
1.1. Latar Belakang.
Pertumbuhan merupakan suatu gambaran mengenai dampak kebijaksanaan  pemerintah yang dilaksanakan khususnya dalam bidang ekonomi. Pertumbuhan  ekonomi merupakan laju pertumbuhan yang dibentuk dari berbagai macam industri  yang secara tidak langsung menggambarkan tingkat ekonomi yang terjadi. Bagi  daerah, indikator ini penting untuk mengetahui keberhasilan pembangunan dimasa  yang akan datang. Pertumbuhan menjadi ukuran utama keberhasilan pembangunan,  dan hasil pertumbuhan akan dapat dinikmati masyarakat paling bawah baik dengan  sendirinya maupun campur tangan pemerintah.

Untuk melihat fluktuasi pertumbuhan ekonomi secara rill dari tahun ke tahun  tergambar melalui penyajian PDRB atas harga konsumen secara berkala, yaitu  Pertumbuhan yang positif menunjukkan adanya peningkatan perekonomian,  sebaliknya apabila negative menunjukkan terjadinya penurunan. Pertumbuhan biasanya disertai dengan proses sumber daya dan dana negara.
Menurut Boediono (1999), ada ahli ekonomi yang membuat definisi yang  lebih ketat, yaitu bahwa pertumbuhan itu haruslah ”bersumber dari proses intern  perekonomian tersebut”. Ketentuan yang terakhir ini sangat penting diperhatikan  dalam ekonomi wilayah, karena bisa saja suatu wilayah mengalami pertumbuhan  tetapi pertumbuhan itu tercipta karena banyaknya bantuan/suntikan dana dari  pemerintah pusat dan pertumbuhan itu terhenti apabila suntikan dana itu dihentikan.
Dalam kondisi seperti ini, sulit dikatakan ekonomi wilayah itu bertumbuh. Adalah      wajar suatu wilayah terbelakang mendapatkan suntikan dana dalam proporsi yang  lebih besar dibandingkan wilayah lainnya, akan tetapi setelah suatu jangka waktu  tertentu, wilayah itu mestilah tetap bisa tumbuh walaupun tidak lagi mendapat alokasi  yang berlebihan.
Selain pengeluaran pemerintah, investasi juga memegang peranan yang  penting dalam menggairahkan perekonomian atau dunia usaha. Dengan posisi  semacam itu investasi pada hakekatnya juga merupakan langkah awal kegiatan  pembangunan ekonomi dan penanaman modal mempengaruhi tinggi rendahnya  pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu pemerintah indonesia khususnya Sumatera  Utara senantiasa berusaha menciptakan iklim yang kondusif untuk menggairahkan  investasi khususnya untuk menarik minat investor asing agar menanamkan modalnya  di indonesia khususnya Sumatera Utara.
Sektor-sektor ekonomi yang dianggap dominan merupakan sektor ekonomi  yang menjadi potensi bagi daerah yang bersangkutan. Setelah adanya otonomi daerah,  masing-masing daerah sudah lebih bebas dalam menetapkan sektor komoditi yang  diprioritaskan pengembangannya. Kemampuan pemerintah daerah untuk melihat  sektor yang memiliki keunggulan/kelemahan di wilayahnya menjadi semakin penting.
Sektor yang memiliki keunggulan, memiliki prospek yang lebih baik untuk  dikembangkan dan diharapkan dapat mendorong sektor-sektor lain untuk berkembang.
 ` Ditinjau dari sumber daya alam yang dimiliki, daerah Sumatera Utara  mempunyai kemungkinan yang sangat besar untuk aktifitas penanaman modal  khususnya Penanaman Modal Asing (PMA) Karena banyaknya tersedia berbagai  bahan mentah dari berbagai sektor seperti sektor pertanian, perkebunan, dan juga  potensi daerah yang dapat dijadikan objek wisata sehingga apabila potensi-potensi      daerah ini diberdayakan maka sangat besar manfaatnya dalam menghasilkan devisa  negara dan juga menunjang terciptanya kegiatan ekonomi disekitar daerah tersebut  yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.
Dalam rangka perkembangan ekonomi daerah Sumatera Utara maka  pemerintah harus melakukan pembangunan daerahnya sendiri. Pemerintah Sumatera  Utara harus mampu memanfaatkan seluruh dana yang ada untuk pembangunan  ekonomi Sumatera Utara. Dalam melakukan hal tersebut yang merupakan kewajiban  pemerintah dibiayai dari sumber anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).
Dengan demikian dalam meningkatkan pembangunan ekonomi Sumatera Utara  pengeluaran pemerintah sangat penting demikian juga dengan investasi asing yang  turut berperan dalam menggairahkan iklim perekonomian.
Pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan kegiatan dalam perekonomian  yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi masyarakat bertambah dan  kemakmuran masyarakat meningkat. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi  merupakan impian bagi semua negara terlebih negara miskin dan berkembang. Namun  untuk mencapai tingkat perekonomian yang tinggi tidaklah mudah. Pertumbuhan  ekonomi dapat dicapai dengan berbagai faktor pendukung seperti stabilitas nasional,  sumber daya alam yang tersedia, sumber daya manusia yang berkualitas, budaya dan  modal. Dengan demikian dalam meningkatkan pembangunan ekonomi Sumatera  Utara pengeluaran pemerintah sangat penting demikian juga dengan investasi asing  dan sumber daya manusia yang turut berperan dalam menggairahkan iklim  perekonomian.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian  dengan judul : ”PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH, PENANAMAN      MODAL ASING DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN  EKONOMI SUMATERA UTARA” 1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas, maka ada rumusan masalah yang dapat diambil  sebagai kajian dalam penelitian yang dilakukan. Hal ini dilakukan untuk lebih  mempermudah dan mensistemasikan penulisan skripsi ini. Selain itu, rumusan  masalah ini diperlukan sebagai suatu cara untuk mengambil keputusan dari akhir  penulisan skr ipsi.
Yang menjadi pokok permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai  berikut  1.  Seberapa besar pengaruh pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi  Sumatera Utara? 2.  Seberapa besar pengaruh penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi  Sumatera Utara? 3.  Seberapa besar pengaruh tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera  Utara?  1.3. Hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara dari permasalahan yang kebenarannya  harus diuji. Berdasarkan permasalahan diatas maka sebagai jawaban sementara  penulis membuat hipotesis sebagai berikut : 1.  Pengeluaran pemerintah berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi  Sumatera Utara.
    2.  Penanaman modal asing berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi  Sumatera Utara.
3.  Tenaga kerja berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.
1.4.Tujuan dan Manfaat Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1.  Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengeluaran pemerintah terhadap  pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.
2.  Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penanaman modal asing terhadap  pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.
3.  Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tenaga kerja terhadap pertumbuhan  ekonomi Sumatera Utara.
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.  Sebagai bahan studi dan tambahan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa Fakultas  Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
2.  Untuk memperkaya wawasan ilmiah dan non ilmiah penulis dalam disiplin ilmu  yang penulis tekuni serta mengaplikasikan nya secara kontekstual dan tekstual.
3.  Sebagai masukan bagi kalangan akademisi dan peneliti yang tertarik membahas  pertumbuhan ekonomi Propinsi Sumatera Utara.
    BAB II URAIAN TEORITIS 2.1. Pertumbuhan Ekonomi 2.1.1. Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Simon kuznets  (1996)  mendefinisikan pertumbuhan ekonomi sebagai  “kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara dalam menyediakan  semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya, kemampuan ini  tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi, dan penyesuaian kelembagaan serta  idiologis yangdiperlukannya”.
Defenisi ini memiliki 3 (tiga) komponen: pertama, pertumbuhan ekonomi  bangsa terlihat dari meningkatnya terus menerus persediaan barang; kedua, teknologi  maju merupakan faktor dalam menentukan derajat pertumbuhan kemampuan dalam  penyediaan aneka macam barang kepada penduduk; ketiga, penggunaan teknologi  secara luas dan efisien memerlukan adanya penyesuaian dibidang kelembagaan dan  idiologi sehingga inovasi yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan dapat dimanfaatkan  secara tepat.
Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang sangat penting  dalam melakukan analisis tentang pembangunan ekonomi yang terjadi pada suatu  negara. Dimana pertumbuhan ekonomi ini menunjukkan sejauh mana aktivitas  perekonomian akan menghasilkan tambahan pendapatan masyarakat pada suatu  periode tertentu. Karena pada dasarnya aktivitas ekonomi adalah suatu proses  penggunaan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan output, maka proses ini pada  gilirannya akan menghasilkan suatu aliran balas jasa terhadap faktor produksi yang  dimiliki oleh masyarakat. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi maka diharapkan  pendapatan masyarakat sebagai pemilik faktor produksi juga akan meningkat.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi