Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISA BIAYA OPERASIONAL PADA CV RONIASI BERLIANSON

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dewasa ini menunjukkan  persaingan yang semakin ketat, baik itu pada perusahaan industri maupun  perusahaan jasa. Untuk dapat mengantisipasi persaingan yang demikian berat  perusahaan dituntut dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam mengelola  sumber daya tersebut seperti perencanaan kerja, perencanaan biaya dan berbagai  teknik lain yang dapat meningkatkan efektifitas usaha.

Dalam melakukan perencanaan sangat erat kaitannya dengan anggaran,  karena anggaran adalah menuntut keputusan pengalokasian sumber daya menuju  pencapaian sasaran, di samping itu anggaran juga mempunyai fungsi pengawasan  yaitu mengawasi apakah pelaksanaan suatu kegiatan itu sudah dijalankan sesuai  dengan rencana yang telah dibuat. Dalam prakteknya apabila terdapat perbedaan  dengan realisasinya, perlu dianalisis perbedaan tersebut. Dari analisis tersebut  diambil keputusan yang perlu untuk mencegah kemungkinan yang merugikan di  masa yang akan datang. Terutama pada anggaran biaya operasional karena  anggaran tersebut sangat penting bagi setiap perusahaan di dalam kegiatan  operasinya.Hal itu untuk menghindari timbulnya biaya-biaya yang tidak  diperlukan, yang akan menyebabkan biaya menjadi lebih besar. Bila biaya terlalu  besar akan menyebabkan laba menjadi kecil dan sebaliknya jika biaya dapat  ditekankan seminim mungkin akan menjadikan laba semakin besar. Jadi dengan   USU Repository © 2009 adanya analisa biaya operasional, menyebabkan segala kegiatan perusahaan akan  berpedoman pada anggaran yang telah ditetapkan dan pemborosan biaya yang  tidak diperlukan dapat dihindari. Sehingga efisiensi sebagai unsur penting di  dalam mencapai keberhasilan usaha dapat dicapai tepat waktu.
Dengan demikian dapat diartikan bahwa biaya operasional adalah suatu  pernyataan dari rencana manajemen untuk membuat pedoman dalam pengambilan  keputusan rencana anggaran biaya operasional dalam jangka waktu periode  tertentu.
Untuk pembahasan berikut dari berbagai jenis anggaran biaya operasional  penulis hanya membahas Analisa Biaya Operasional saja. Untuk itulah penulis  merasa tertarik untuk memilih judul “ANALISIS BIAYA OPERASIONAL  PADA CV. RONIASI BERLIANSON”.
B. Perumusan Masalah Untuk lebih memperjelas permasalahan yang dijadikan sebagai dasar  penulisan skripsi minor ini, maka penulis mencoba untuk merumuskan  permasalahan tersebut dalam bentuk pertanyaan “Apakah Biaya Operasional  pada CV. Roniasi Berlianson telah efisien dan efektif”.
 USU Repository © 2009 C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah  biaya operasional pada CV. Roniasi Berlianson telah efisien dan efektif.
2. Manfaat Penelitian  Manfaat yang dapat diperoleh penulis dari hasil penelitian melalui  Laporan Skripsi Minor ini adalah : a.  Bagi Penulis Dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dalam  mempraktekkan teori-teori tentang biaya operasional b.  Bagi Perusahaan  Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil  langkah tepat di dalam memajukan perusahaan pada masa yang akan  datang.
c.  Bagi Orang Lain Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi rekanrekan yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan datang.
 USU Repository © 2009 D. Metodologi Penelitian  1.  Lokasi Penelitian Lokasi penelitian yang dilakukan penulis di CV.RONIASI BERLIANSON  yang berlokasi di Jl.Tugu 30. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
2.  Sumber Data a. Data Primer Adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi  atau perorangan langsung dari objeknya. Misalnya data mengenai sejarah  perusahaan, kegiatan usaha yang dijalankan dan yang lebih penting data mengenai  laporan keuangan perusahaan.
b. Data Sekunder Adalah data yang diperoleh dari hasil pengolahan pihak kedua. Misalnya  dokumentasi yang ada di perusahaan dan sumber-sumber lain yang dipublikasi.
3.  Teknik Pengumpulan Data a.  Interview ( wawancara ) Adalah wawancara langsung kepada pimpinan dan karyawan  perusahaan untuk memperoleh keterangan untuk tujuan penyusunan laporan  dengan cara mengajukan pertanyaan secara langsung.
 USU Repository © 2009 b.  Observation ( Observasi)  Adalah pengamatan secara langsung terhadap perusahaan dengan  pengamatan langsung terhadap pembukuan dan lokasi pelaksanaan produksi pada  CV.Roniasi Berlianson. Tapanuli Utara.
4.  Metode Analisis Penelitian ini menggunakan Metode Analisis Deskriptif, yaitu dengan cara  mengumpulkan dan menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran  yang jelas mengenai pengumpulan data, penyusunan dan analisis data sehingga  dapat diketahui gambaran umum objek yang diteliti.
 USU Repository © 2009 BAB II CV. RONIASI BERLIANSON,TAPANULI UTARA A. PROFIL PERUSAHAAN 1. Sejarah Singkat Berdirinya Perusahaan CV. Roniasi Berlianson, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak  dibidang makanan ternak. perusahaan ini didirikan pada tahun 1984, dimana awal  didirikannya usaha ini mengingat pada saat itu kebutuhan pakan ternak untuk  ternak yang ada di Sinur Siborongborong sudah sangat meningkat, belum lagi  permintaan pakan untuk masyarakat pemelihara ternak. Sampai sekarang  pengadaan makanan ternak ini terus meningkat. Sehingga bukan hanya untuk  pakan ternak ayam saja tapi bisa mengelola pakan ternak untuk kerbau dan sapi.
Perusahaan ini menyadari bahwa permintaan akan pakan ternak akhir-akhir ini  sangat meningkat secara drastis, hal ini disebabkan masyarakat di daerah  Kabupaten Tapanuli Utara ini semakin sadar akan penggunaan pakan ternak  kering.
CV.Roniasi Berlianson, sudah mempunyai mesin pengolah pakan ternak  yang dilengkapi dengan Mixer  untuk mencampur bahan pakan tersebut serta  gudang tempat penyimpanan pakan ternak dan juga tersedia gilingan padi bagi  petani sawah. Industri pengolahan pakan ternak CV.Roniasi Berlianson terletak di  Jln. Pacuan Km 0,9 Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara yang  berkantor di Jl. Tugu 30 Siborongborong. Ini sesuai dengan surat akte Notaris A.
Panggabean, SH Nomor  USU Repository © 2009 Akta 5 tanggal 2 pebruari 1982 tentang wajib daftar perusahaan. CV. Roniasi  Berlianson juga telah terdaftar di kantor pendaftaran perusahaan dengan Ijin  Usaha Nomor 02.09.1907 RK 01.86 tanggal 11 Januari1986.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi