Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS RASIO KEUANGAN PADA RSU SARI MUTIARA

BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang.
Setiap Perusahaan yang didirikan baik perusahaan dagang, jasa dan  industri mempunyai tujuan utama yaitu untuk mendapatkan keuntungan (profit)  agar kelangsungan hidup dari perusahaan dan pertumbuhannya akan terus  berlanjut sampai masa yang akan datang. Untuk mengukur sejauh mana dana yang  diinvestasikan berguna bagi perkembangan perusahaan dapat dilihat melalui  laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan.

Laporan Keuangan merupakan suatu gambaran dari keadaan perusahaan  pada waktu tertentu dan memberikan informasi tentang kondisi keuangan yang  telah dicapai oleh perusahaan dalam waktu tertentu(Arthur J. Keown,David F.
Schoot,Jhon D.Marthin,Dan J.Willem Petty200:75). Laporan keuangan biasanya  terdiri dari Neraca dan Laporan Rugi Laba. Neraca memperlihatkan besarnya nilai  keuangan dari aktiva, utang dan modal perusahaan pada saat tertentu. Laporan  Rugi Laba memperlihatkan hasil-hasil yang dicapai dalam 1(satu) tahun tertentu.
Laporan Keuangan merupakan alat yang paling penting untuk memperoleh  informasi tentang posisi keuangan dari hasil yang dicapai perusahaan.
Menganalisis dan mengevaluasi laporan keuangan perusahaan adalah satu cara  untuk memperoleh informasi tersebut. Laporan keuangan juga dapat menunjukkan  apakah perusahaan itu sedang mengalami kemajuan atau sebaliknya.
Laporan Keuangan juga bermanfaatbagi banyak pihak, misalnya  pemegang saham (pemilik perusahaan), pemerintah, kreditur, karyawan dan    sebagainya. Analisa laporan keuangan diperlukan untuk mengetahui hasil yang  telah dicapai dan untuk memprediksi hasil yang hendak dicapai dimasa yang akan  datang.
Bagi kreditur, Laporan Keuangan berguna untuk penilaian pinjaman yang  diberikan kepada perusahaan apakahakan dipergunakan seefisien mungkin,  sehingga perusahaan mampu membayar setiap pinjaman yang telah jatuh tempo.
Kemudian dapat dipergunakan untuk melihat prospek keuntungan dimasa yang  akan datang dan perkembangan perusahaan berikutnya.. Bagi karyawan dan  laporan keuangan juga dapat digunakan sebagai pertimbangan apakah gaji yang  diterimanya adil atau tidak. Pemerintah berkepentingan terhadap laporan  keuangan perusahaan untuk menentukan besarnya pajak yang harus ditanggung  oleh perusahaan.
Rasio Keuangan sangat penting dalam melakukan analisa terhadap kondisi  keuangan perusahaan dan mengingat pentingnya laporan keuangan bagi suatu  perusahaan dan banyak pihak, maka penulismerasa tertarik untuk menganalisis  rasio keuangan. Sehubungan dengan ini maka penulis merencanakan penelitian  dengan judul “ANALISIS RASIO KEUANGAN PADA RUMAH SAKIT  UMUM (RSU) SARI MUTIARA MEDAN.”   B.  Perumusan Masalah .
Dari latar belakang terdahulu maka masalah dalam penelitian ini  dirmuskan sebagai berikut :  Bagaimana rasio keuangan( rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan  aktivitas) terhadap pencapaian target pada RSU Sari Mutiara Medan.
C.  Tujuan dan Manfaat Penelitian .
Tujuan penelitian adalah :  Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan melalui analisis rasio financial.
Manfaat Penelitian adalah :  1.  Bagi Rumah Sakit .
Merupakan masukan yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan  dalam menyusun kebijakan keuangan dimasa yang akan datang .
2.  Bagi Pembaca.
Sebagai bahan acuan dan bahan pembanding dalam penulisan skripsi di masa  yang akan datang.
3.  Bagi Penulis.
Dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen keuangan dalam suatu  Perusahaan.
 C. Metode Penelitian .
Uraian dan pembahasan didasarkan pada data atau fakta aktual yang  diperoleh dari penelitian langsung maupun yang tidak langsung dari objek yang  diteliti.
1.  Lokasi Penelitian  Dalam pengumpulan data ini, penulis akan mengambil lokasi  penelitian pada RSU SARI MUTIARA MEDAN yang berada di jalan  Kapten Muslim No. 79 Medan.
2.  Sumber Data  a.  Data Primer  Data Primer merupakan pengumpulan data yang dilakukan langsung  ke objek penelitian pada RSU SARI MUTIARA MEDAN.
Data primer menyangkut data laporan keuangan RSU SARI  MUTIARA MEDAN.
b.  Data Sekunder  Data Sekunder adalah pengumpulan data yang dilakukan secara tidak  langsung pada objek yang diteliti yaitu dari buku-buku pustaka. Data  ini menunjang pengolahan data primer yang dikumpulkan.
3.  Metode Pengumpulan Data  a.  Field Research  Yaitu penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang  diperlukan dalam pembahasan masalah. Metode yang digunakan untuk  menganlisis data yang dimaksud yaitu dengan :   1)  Observasi atau Pengamatan  Yaitu studi yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan  pencatan terhadap fenomena yang menjadi objek penelitian.
2)  Interview  Yaitu dengan mengajukan pertanyaan secara langsung pada pihak-  pihak yang berwenang di RSU SARI MUTIARA MEDAN.
b. Library Research  Penelitian kepustakaan dengan membaca literatur seperi buku ,  majalah ilmiah, surat kabar, dan media lainnya yang berhubungan  dengan skripsi minor ini.
4.  Metode Analisis  Dalam penyusunan skripsi minor ini penulis menggunakan metode  deduktif. Meode deduktif adalah metode yang menyajikan terlebih  dahulu masalah pokoknya dilanjutkan dengan penjelasan dan  alasannya.
BAB II  GAMBARAN UMUM RUMAH SAKIT UMUM SARI  MUTIARA MEDAN   A.  Profil Perusahaan  Sejarah Singkat Perusahaan  Rumah Sakit Umum Sari Mutiara yang beralamat di Jl. Kapten Muslim  No. 79 Medan merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan kelas madya plus  yang berstatus swasta milik yayasan Sitanggang Purba dalam usaha pelayanan  kesehatan yang mencakup: pemeliharaan,penyembuhan,dan pemulihan kesehatan.
RSU Sari Mutiara pada mulanya berasal dari praktek bidan berijazah yang  berdiri mulai tanggal 23 September 1963, dan kemudian pada tanggal 11 Januari  1969 berubah menjadi klinik bersalin Sitanggang. Selanjutnya pada tanggal 2 Februari 1974 menjadi Rumah Sakit Bersalin Sitanggang dan baru pada tanggal  31 Maret 1978 statusnya berubah menjadi Rumah Sakit Umum Sitanggang.
Sejak tahun 1985 sampai sekarang Rumah Sakit Umum  Sitanggang(sekarang bernama Rumah Sakit Umum Sari Mutiara) telah mendapat  kepercayaan dari Pemerintah Departemen Kesehatan Republik Indonesia dalam  hal ini Perum Husada Bhakti menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi  pegawai negeri sipil beserta keluarganya (PHB) di propinsi Sumatera  Utara.Dengan pengaturan Rayonisasi pasien-pasien peserta Perum Husada Bhakti  yang berasal dari kodya Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kodya Binjai  ditunjuk menjadi Rayon Rumah Sakit UmumSari Mutiara selama kurang lebih    8(delapan) tahun. RSU Sari Mutiara Medan telah menyelenggarakan pelayanan  kesehatan kepada peserta Perum Husada(PHB) yang ternyata penyelenggaraannya  telah berjalan baik  Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan selain berfungsi sebagai  pemelihara, penyembuhan dan pemulihankesehatan juga berfungsi menjadi  tempat praktek bagi siswa-siswa para medis kesehatan, tidak hanya berasal dari  Akper atau Akbid Sari Mutiaratetapi juga berasal dariAkper/Akbid lain yang ada  di Propinsi Sumatera Utara.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi