Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISA LAPORAN ARUS KAS PADA PO. MEDAN JAYA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Penelitian.
Setiap perusahaan perlu mengetahui perkembangan kegiatan usahanya dari  waktu ke waktu agar dapat diketahui apakah perusahaan mengalami kemajuan  atau kemunduran serta perlu juga mengetahui keadaan keuangan pada saat  tertentu. Hal ini dapat dilihat melalui laporan pertanggung jawaban pimpinan  perusahaan dalam bentuk laporan keuangan. Laporan keuangan ini dapat  digunakan untuk menilai hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan pada masa yang  lalu dan juga dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk membuat kebijakan  pada masa yang akan datang.

Salah satu bentuk laporan keuangan adalah laporan arus kas, dimana  dalam laporan tersebut akan terlihat arus kas masuk dan arus kas keluar dari  kegiatan usaha yang dapat digunakan sebagai suatu alat analisis keuangan yang  sangat penting bagi pimpinan perusahaan. Dengan analisis tersebut, maka akan  dapat diketahui berapa besar dana yang dibutuhkan agar mampu membiayai  kegiatan operasi perusahaan dan dapat memungkinkan perusahaan untuk  beroperasi seefesien mungkin serta dapat mengontrol kesulitan keuangannya.
Kas merupakan suatu bagian yang penting dalam perusahaan. Tanpa  adanya kas maka tidak ada laporan keuangan. Di dalam perusahaan, kas berfungsi  sangat aktif sebagai dasar dari pengelolaan fungsi-fungsi manajemen khususnya  dalam bidang keuangan. Hubungan antara kas dengan fungsi-fungsi manajemen    sangat erat misalnya pada fungsi pemasaran, efisiensi anggaran kas dengan  memperketat pengeluaran biaya untuk meningkatkan volume penjualan.
Menurut Munawir (2002 : 40) ada beberapa faktor yang menimbulkan  kerugian bagi perusahaan, antara lain : 1.  Jumlah kas yang tersedia dalam suatu perusahaan terlalu kecil, sehingga  mengakibatkan operasi perusahaan terganggu.
2.  Perusahaan tidak efektif dan efisien dalam menggunakan kasnya sehingga  akan menimbulkan kerugian.
3.  Perusahaan sebaiknya memperhitungkan dan meninjau kembali kebijakan  dalam aktiva tetap, untuk mengurangi resiko dan kerugian yang besar.
Salah satu hal yang mengakibatkan adanya kas yang menganggur yaitu kas  yang tersedia dalam suatu perusahaan terlalu besar, dimana hal ini menunjukkan  adanya pemborosan yang dapat merugikan perusahaan. Dengan demikian kas  yang tersedia dalam suatu perusahaan harus cukup, yaitu sesuai dengan kebutuhan  perusahaan untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari.
Agar perusahaan mampu memperoleh tingkat keuntungan yang maksimal  maka aktiva lancarnya termasuk kas harus dapat mencerminkan keadaan yang  sebenarnya dalam perusahaan. Hal ini dapat dilihat pada laporan keuangan  perusahaan. Melihat begitu pentingnya peranan kas di dalam setiap kegiatan  operasi perusahaan, maka Penulis tertarik untuk memperdalam pengetahuan  dalam bidang modal kerja khususnya mengenai arus kas. Untuk itu Penulis  merasa tertarik mengambil judul “ANALISA LAPORAN ARUS KAS PADA  PO. MEDAN JAYA”. Dimana perusahaan PO. Medan Jaya adalah sebuah    perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi dan Penulis akan  mengungkapkan bahwa sistem pencatatan laporan keuangan yaitu laporan arus  kas dalam bidang jasa transportasi pada perusahaan PO. Medan Jaya yang cukup  baik, yang mana perusahaan PO. Medan Jaya ini juga sudah dikenal baik oleh  masyarakat baik dari segi pelayanan dan harga. Selanjutnya mengenai penjelasan  akan perusahaan PO. Medan Jaya ini akan dibahas pada bab-bab berikutnya.
B. Perumusan Masalah Untuk mengarahkan penulisan skripsi minor ini supaya memperoleh hasil  yang baik, maka dibahaslah masalah-masalah berikut ini. Adapun masalah yang  akan dibahas dalam skripsi minor ini adalah : 1.  Bagaimana kondisi jumlah kas pada PO. Medan Jaya.
Apakah dalam kondisi "well finance" atau tidak ? 2.  Berapa jumlah kas yang ideal yang harus dipertahankan oleh PO. Medan  Jaya sehingga dapat memprediksi arus kas masuk dan bagaimana  penggunaannya pada masa yang akan datang ? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian  a.  Untuk mengetahui bagaimana kondisi jumlah kas yang ada pada PO.
Medan Jaya, apakah dalam keadaan "well finance" atau tidak melalui  laporan keuangan perusahaan.
  b.  Untuk mengetahui berapa  jumlah kas yang sebaiknya dipertahankan,  sehingga dapat memprediksi arus kas masuk dan penggunaannya pada  masa yang akan datang.
2. Manfaat Penelitian  a.  Bagi Perusahaan, Skripsi Minor ini kiranya dapat menjadi bahan  pertimbangan untuk terciptanya kebijakan yang lebih baik di masa yang  akan datang sehingga perusahaan dapat berkembang sesuai dengan yang  diharapkan.
b.  Bagi Penulis, penulisan Skripsi Minor ini berguna untuk memenuhi salah  satu persyaratan akademik dalam menyelesaikan Pendidikan Program  Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
c.  Bagi Lembaga Pendidikan atau Pihak lain, penulisan Skripsi Minor ini  berguna sebagai masukan bagi yang membutuhkannya.
D. Metode Penelitian Suatu penulisan skripsi minor di dalam pembahasannya maupun uraiannya  haruslah didasarkan atas data atau fakta yang benar. Dalam melakukan penelitian  perlu diketahui lokasi penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan  metode analisis yang digunakan.
Metode penelitian terbagi atas beberapa bagian, yaitu : 1.  Lokasi Penelitian  PO. Medan Jaya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang  pelayanan jasa pengangkutan ke berbagai daerah. Lokasi penelitian ini  berada di Jln. Rebab No.48, Medan.
  2.  Sumber Data Sumber data ini terbagi dua macam, yaitu : a.  Data Primer Data ini diperoleh dengan jalur peninjauan langsung ke PO. Medan  Jaya dan wawancara dan observasi, dilakukan untuk beroleh data  meliputi : laporan keuangan tahunan yang ada pada perusahaan dan  data-data yang diperlukan penulis dari perusahaan.
b.  Data Sekunder Data ini diperoleh dari perusahaan atau dari berbagai literatur  laporan keuangan, seperti : sejarah singkat perusahaan, struktur  organisasi, dan neraca perusahaan.
3.  Teknik Pengumpulan Data  Teknik pengumpulan data merupakan cara yang digunakan dalam melakukan  suatu kegiatan penelitian. Adapun teknik yang digunakan penulis ada 2 (dua)  cara yaitu : a.  Interview Mengadakan wawancara secara langsung dengan pihak perusahaan yang  mempunyai wewenang dalam memberikan informasi dan data yang  berkaitan dengan objek penelitian.
c.  Dokumentasi  Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati dokumen-dokumen  yang dimiliki dan disediakan oleh perusahaan untuk diolah si peneliti yang  berkaitan dengan laporan arus kas.
  4.  Metode Analisis Data  Metode yang digunakan, yaitu : a.  Metode Deskriptif Menurut Ginting dan Situmorang ( 2008 : 55 ) deskriptif bertujuan  membuat deskripsi mengenai fakta-fakta dan sifat suatu populasi atau  daerah tertentu secara sistematik, faktual dan teliti. Variabel-variabel yang  diteliti terbatas atau tertentu saja, tetapi dilakukan secara meluas pada  suatu populasi atau daerah itu.
b.  Metode Kuantitatif Metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, merumuskan,  mengklasifikasikan serta mengintreprestasikan sehingga memberikan  gambaran atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi  perusahaan.

  

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi