Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS INVESTASI AKTIVA TETAP PADA CV. SIMPATI TAXI

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
Suatu perusahaan pada umumnya menjalankan kegiatan operasionalnya  selain bertujuan mencari laba juga mempertahankan pertumbuhan perusahaan itu  sendiri. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai maka semua faktor -   faktor  produksi yang mempengaruhi hal tersebut diperhatikan dan diatur secara baik.

Seluruh factor - faktor produksi mempunyai peranan yang sama pentingnya dalam  mencapai tujuan perusahaan karena itu masing – masing factor tersebut harus  dioptimalkan sehingga akhirnya akan memberikan kemungkinan laba yang besar  bagi perusahaan.
Demikian juga halnya aktiva tetap yang ada diperusahaan haruslah  benar-benar diperhatikan karena itu bila ditinjau dari segi dana, pada umumnya  aktiva dalam perusahaan membuthkan dana yang cukup besar begitu juga bila  ditinjau dari segi pengadaan selalu memakan waktu yang cukup lama.
Aktiva tetap merupakan salah satu unsure yang terdapat dalam suatu  neraca yang bersifat permanent dan dapat dipergunakan secara terus menerus  selama taksiran umur ekonomis aktiva tersebut, sehingga dalam pemakaian dan  pemeliharaan dan pengawasannya harus cermat. Penganalisaan investasi aktiva  tetap ini dimaksudkan agar perlakuan terhadap aktiva tetap sesuai dengan  kebijaksanaan akuntansi yang telah ditetapkan, kegagalan dalam investasi aktiva    tetap dapat mengakibatkan turunnya daya hidup dan daya tumbuh dari suatu  perusahaan.
Investasi aktiva tetap mempunyai dampak atau konsekuensi yang  mungkin tidak ditemukan dalam pengeluaran kas sehari-hari dari perusahaan.
Apabila dana telah dipergunakan untuk pemebelian aktiva tetap, untuk  mengembalikan dana tersebut maka akan memakan waktu yang lama.
Pengeluaran yang tidak tepat dalam aktiva tetap adalah sulit untuk ditarik kembali  tanpa menimbulkan kerugian besar bagi para investornya. Dengan demikian  komitmen yang kurang hati - hati dapat mengakibatkan kepailitan atau kesulitankesulitan lain dalam keuangan.
Investasi aktiva tetap memerlukan perencanaan dan pengawasan yang  baik mulai dari pengadaan sampai dengan pemindahan ke gudang maupun  pemusnahan sehingga diperlukan suatu bagian yang mampu melaksanakan fungsi  tersebut, dalam hal ini controller perusahaan. Dengan adanya controller dalam  membantu mengelola aktiva tetap dan dengan perlakuan akuntansi yang sesuai  dengan prinsip akuntansi maka diharapkan peluang untuk melakukan kecurangan  dan kekeliruan akan semakin kecil.
Berdasarkan uraian diatas serta melihat pentingnya aktiva tetap dalam  eperasional perusahaan maka penulis tertarik untuk mengadakan  penelitian  dengan judul “ ANALISIS INVESTASI AKTIVA TETAP “ dan sebagai objek  penelitian adalah CV. SIMPATI TAXI.
  B.  Perumusan Masalah Adapun yang menjadi perumusan masalah pada penelitian ini adalah “  Apakah aktiva tetap perusahaan mampu mendukung kegiatan operasional  perusahaan CV. SIMPATI TAXI”? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1)  Tujuan Penelitian Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk  mengetahui bagaimana aktiva tetap pada CV. SIMPATI TAXI dalam mendukung  investasinya.
2)  Manfaat Penelitian Adapun yang menjadi manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut : a.  Bagi Perusahaan adalah sebagi masukan atau bahan pertimbangan bagi  perusahaan untuk perencanaan dan kebijaksanaan yang berhubungan  dengan aktiva tetap pada masa yang akan dating.
b.  Bagi Penulis adalah untuk menambah dan memperluas pengetahuan  mengenai analisis investasi aktiva tetap.
c.  Bagi Lembaga Pendidikan adalah untuk menambah wawasan dan  masukan dalam dunia pendidikan.
d.  Bagi Pihak Lain, Seabagi acuan bagi penelitian selanjutnya.
  D. METODE PENELTIAN A. Metodelogi Peneltian 1.  Lokasi Penelitian CV. SIMPATI TAXI adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa  angkutan orang cara sewa dengan menggunakan kenderaan taxi type L300 yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No. 37 C Medan yang merupakan  lokasi penelitian.
2.  Sumber Data Adapun jenis data yang penulis perlukan dalam penelitian ini dalah : a.  Data primer Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari perusahaan  dengan melakukan wawancara dan observasi yaitu mengenai investasi  aktiva tetap perusahaan tersebut.
b.  Data Sekunder Data sekunder adalah data yang diperoleh dari perusahaan seperti  sejarah perusahaan, struktur organisasi maupun neraca dalam bentuk  publikasi yang sering juga disebut data eksternal yaitu data yang  berasal dari luar perusahaan, seperti buku-buku, literatur-literatur,  media yang lainnya yang ada kaitannya dengan judul skripsi minor.
  3.  Tekhnik Mengumpulkan Data  Pengumpulan data dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu: a.  Interview Yaitu melakuakn wawancara langsung dengan sebagian pihak  perusahaan yang mempunyai wewenang dalam memberikan informasi  dan data perusahaan.
b.  Observasi Studi yang dilakukan dengan pengamatan langsung atas kegiatan yang  dilakukan perusahaan dalam setiap fenomena yang menjadi objek  peneliti.
c.  Library ( kepustakaan ) Penelitian yang dilakukan pada perpustakaan untuk mengumpulkan  data dengan membaca literature-literatur serta sumber-sumber lainnya  yang sifatnya teoritis. Data dari perpustakaan yang diambil adalah data  yang berhubungan dengan judul skripsi yang berhubungan dengan  perusahaan.
 B.  Metode Analisis Data Dari perolehan data dapat disimpulkan, maka penulis akan menganalisa  dengan menggunakan metode : i.  Metode Deskriptif Merupakan serangkaian kegiatan penelitian yang dialukan dengan  jalan mengumpulkan data-data yang diperoleh, selanjutnya diolah  kembali sehingga memperoleh gambaran yang jelas, terarah,  menyeluruh dari masalah yang dibahas secara umum.
ii.   Metode Deduktif Metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data, menganalisis,  menyusun, mengklarifikasikan, serta mengajukan data yang  dikumpulkan. Sehingga memberikan gambaran atau keterangan  yang jelas mengenai masalah yang dihadapi.

  

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi