Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISA LAPORAN KEUANGAN PADA PT. TELKOM

PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang .
Untuk melihat keadaan keuangan dari suatu perusahaan kita dapat menggunakan  laporan keuangan.Data keuagan yang dipergunakan untuk menganalisa laporan keuangan  yang diambil dari laporan neraca yang berisikan tentang aktiva, utang dan modal. Laporan  laba rugi yang menggambarkan hasil yang dicapai dalam priode tertentu. Laporan keuangan  harus dapat di mengerti oleh pihak yang berkepentingan pada laporan keuangan tersebut.

Analisa laporan keuangan ini sangat penting bagi pimpinan perusahaan,dengan analisa  laporan keuangan maka pimpinan perusahaan dapat menggetahui keadaan dan perkembangan  dari perusahaan, serta dapat dilihat dari hasil financial yang dicapai pada tahun-tahun  sebelumnya dan dapat pada waktu yang sedang berjalan. Laporan keuangan dapat dijadikan  sebagai bahan pertimbangaan dalam mengambil suatu keputusan untuk perusahaan.
Selain pimpinan perusahaan kreditur juga berkepentingan terhadap laporan keuangan  karena kreditur dapat melihat kemampuan perusahaan dalm membayar utang-utangnya.Disini  pemerintah juga perlu mengetahui keaadaan keuangan perusahaan, guna untuk berapa pajak  yang harus ditanggung oleh perusahaaan.
Dan pentingnya analisa laporan keuangan bagi investor atau penanam modal, agar  dapat mengetahui perkembangan perusahaaan secara keseluruhaan, laporan keuangan ini  disusun agar semua bagian departement pada perusahaan mengetahui keadaan keuangan  untuk masa yang akan datang.
Ada tiga laporan keuangan yang dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi  keuangan dan kinerja perusahaan yaitu : Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas.
Neraca memberikan gambaran tentang aktiva, utang dan ekuitas pemilik perusahaan untuk   suatu saat. Sedangkan laporan laba rugi merupakan gambaran pendapatan bersih dari  kegiatan operasi perusahaan selama periode tertentu.Pengertian laporan keuangaan adalah  memberikan ihtisar mengnai keadaan financial suatu perusahaan, dimana neraca  mencerminkan nilai aktiva, hutang dan modal sendiri pada suatu saat tertentu, dan laporan  laba-rugi memberikan hasil-hasil yang dicapai selama periode tertentu biasanya meliputi  periode satu tahun. (Rianto, 1996; 251) Dalam hal ini diperlukan analisa laporan keungan yang bertujuan untuk mengetahui  sejauh mana perkembangan yang telah dicapai perusahaan terutama dalam hal finansial,  sehingga dalam membuat suatu kebijakan masa yang akan datang manajer perusahaan telah  memilki dasar pertimbagan dalam penerapan kebijakan tersebut yang mengacu pada pada  segi finansial perusahaan. Informasi ini diperoleh dari menganalisa laporan keuangan.
Melalui laporan keuangan dapat diketahui bagaimana perusahaan dalam memanfaatkan aset  untuk menutupi kewajiban finansial bagaimana kemampuan perusahaan menghasilkan laba  dari seluruh dari modal yang dimilikinya dan bagaimana kemampuan seluruh perusahaan  untuk mengembalikan utang jangka pendek maupun jangka panjang dengan kekayaan yang  dimliki. Pada perusahaan PT.TELKOM UNER 1 MEDAN yang bergerak dalam bidang  komunikasi yang dijalankan di kota Medan.
Mengingat pentingnya laporan keuangan bagi suatu perusahaan dan banyak perusahaan  dan banyak pihak maka penulis merasa perl untuk menganalisa laporan keuangan dari suatu  perusahaan melalui analisa ratio-ratio keuangan. Sehubunagan dengan ini penulis memilih  judul ” ANALISA LAPORAN KEUNGAN PADA PT. TELKOM UNER 1 MEDAN”.
B. Perumusan Masalah Dari uraian latar belakang diatas maka masalah yang menjadi fokus dari penelitian ini  berhubungan dengan analisa laporan keuangan masalah adalah   ”Bagaimana kondisi keuangan PT. TELKOM UNER 1 MEDAN dilihat dari rasio  likuiditas, aktivitas dan solvabilitas / leverage yang dicapai ? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Tujuan dari penelitian ini adalah : a.  Untuk mengetahui kondisi keuangan pada PT TELKOM UNER 1 MEDAN .
b.  Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan melalui ratio likuiditas, ratio  rentabilitas, ratio aktivitas dan ratio solvabilitas leverege.
c.  Mengetahui sistem penyusunan laporan keuangan pada perusahaan sudah sesuai  dengan akuntasi keuangan.
2. Manfaat Manfaat penelitian adalah : a.  Bagi perusahaan, merupakan masukan yang dapat digunakan sebagai bahan  pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah untuk masa yang akan datang.
Sehingga diharapkan perusahaan akan terus mengalami perkembangan yang lebih  baik.
b.  Bagi pembaca, sebagai bahan acuan dan bahan pembanding dalam penulisan paper di  masa yang akan datang.
c.  Bagi penulis, untuk mempelajari dan mendalami tentang analisa laporan keuangan perusahaan.
D. Metode Penelitian 1. Lokasi Penelitian Dalam pengumpulan data ini, penulis mengambil tempat di Jl.Putri Hijau no 1 Medan.
 2. Tehnik Pengumpulan Data a. Observasi (pengamatan)  Studi yang dilakukan dengan jalan mengadakan pengamatan dan pencatatan terhadap  fenomena-fenomena yang menjadi objek penelitian.
b. Interview (wawancara) Dengan jalan mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung terhadap pihak-pihak  yang berwenag tentang hal-hal berhubungan denagn judul penelitian.
3. Sumber Data a. Data Primer Data primer merupakan pengumpulan data secara langsung kepada objek penelitian  yaitu wawancara dan observasi mengenai laporan keuanga yang ada didalam  perusahan .
b. Data Skunder Data sekunder adalah data yang tidak secara langsung pada objek teliti yaitu berupa  buku-buku pustaka yang menyangkut dengan data primer yaitu laporan keuangan  yang telah dikumpulkan.
4. Metode Analisa Data Dalam penelitian ini, analisa yang dilakukan dengan 2 cara, yaitu : 1. Metode Kuantitatif Dalam hal ini penulis antara dua periode laporan keuangan pada periode tertentu.
Dibandingkan dengan pos-pos yang ada dalam laporan keuangan pada periode berikutnya  atau sebelum berdasarkan perbandingan laporan keuangan metode yang diukur adalah  ratio-ratio keuanagan.
 2. Metode Deskriptif Yaitu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data, merumuskan,  mengklasifikasikan serta menginterprestasikan sehingga memberi gambaran atau  keteragan yang jelas mengenai masalah yang dicapai oleh perusahaan dan berbagai  keadaan yabg berhubungan dengan topik yang dibahas.
BAB II PT. TELKOM UNER 1 MEDAN A. Sejarah singkat PT. Telkom Uner 1 Medan PT. Telkom merupakan bagian badan usaha negara yang ada sejak zaman kolonial  Belanda pada tahun 1882 pada saat itu berkambang lagi dengan adanya telegraf dan pada  tahun 1915 menjadi nama dengan pesawat telpon yang dahulu  mempuyai jangkauan yang terbatas, dan sekarang dengan adanya pemasanagn satelit  memberikan semakin maju perkembangan sarana telekomunikasi pada masyarakat. PT.
Telkom juga mengalami perubahan dari persero menjadi suatu badan usaha negara dengan  akte notaris, PT. Telkom Uner 1 Medan merupakan bagian dari perusahaan PT. Telkom yang  bertugas dalam mejalankan pemasaran produk yang dikeluarkan oleh perusahaan guna  memenuhi suatu kebutuhan kosumen yang semakin meningkat.
PT. Telkom Uner 1 Medan (Unit Enterprise) pada dasarnya didirikan untuk  memenuhi kebutuhan pengawasan atau juga memberikan suatu produk yang akan ditawarkan  kepada kosumen menginginkan adanya pelayanan yang baik agardapat kepuasan memakai  telepon serta harga yang terjangkau oleh warga kota Medan dan semua masyarakat.
 Berdasarkan konsep kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat maka produk yang  ditawarkan semakin bertambah seperti, internet, kartu telpon, dan produk lain yang  dipasarkan kepada masyarakat.
Berdasarkan kondisi pasar dan keinginan konsumen serta berbekal pengalaman  yang ada maka didirikanlah PT. TELKOM UNER 1 MEDAN dengan Ir. Muhammad Faisal  Bancin sebagai Direktur Utama dan Fernando Hutabarat sebagai Komisaris Utama. Dengan  modal dasar sebesar Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).
PT. Telkom Uner 1 Medan didirikan berdasarkan Akte Notaris / PPAT Tringgani  Tarigan, SH No. 12 pada tanggal 18 Juli 2004 di Medan. Pada hari Jumat, Tanggal 13 Mei  2005, berdasarkan pasal 3 akte pendirian perusahaan, PT. Telkom Uner 1 Medan  mengadakan perubahan mengenai anggaran dasar perusahaan dengan Akte No. 37 di hadapan  notaris Tringgani Tarigan, SH di Medan.
Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha dari perusahaan ini adalah : 1.  Menjalankan usaha-usaha di bidang pembangunan, layanan sarana komunikasi dan  telekomunikasi untuk ke segala wilayah.
2.  Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut perseroan dapat melaksanakan kegiatan  usaha : a.  Bertindak sebagai pengembang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,  pengawasan kontruksi beserta fasilitas termasuk perencanaan pembangunan,  mengerjakan pembebasan, dan pemerataan pemborong pada umumnya (General  Contractor), antara lain membangun kawasan pembuatan pemancar ke satelit,  layanan telpon jarak jauh yang lebih baik dalam memberikan konstribusi untuk  kalangan masyarakat agar dapat terus mengunakan produk PT. Telkom.
 b. Menjalankan usaha dibidang sarana telpon jarak jauh inertnasional atau juga SLI  yang memberikan sambungan langsung jarak inertnasional dan dapat digunakan  hampir keseluruh negara-negara yang ada diseluruh belahan dunia dengan  menggukan kode layanan yang merupakan penghubung komunikasi antara  Indonesia dengan negara lain dan tentunya denagn biaya yang efektif.
c.  Menjalankan usaha-usaha dibidang sambungan langsung jarak jauh atau SLJJ  merupakan sambungan antara kota ke kota dan juga ke berbagai daerah-daerah  yang ada dalam satu negara dengan mengharapkan mutu yang baik dalam  berkomunikasi.
d.  Menjalankan usaha-usaha dibidang kartu prabayar dan kartu telpon yang  merupakan bagian dari produk perusahaan tersebut seperti Telkomsel yang bagian  dari pemasaran produk menawarkan kartu Simpati, Halo dan AS mempunyai  kelebihan masing-masing dan tidak merugikan masyarakat dengan adanya  pengeluaran produk yang datpat dikomsumsi oleh masyarakat luas.
e.  Menjalankan usaha dibidang layanan internet yang hanya ada di PT. Telkom  merupakan bagian dari suatu usaha perusahaan yang paling banyak dimminati oleh  masyarakat umum dalam mengakses segala kegiatan karena merupakan bagian dari  satelit seperti Speedy dan Infocom.
f.  Menjalankan usaha-usaha dalam bidang kartu CDMA atau kartu telpon yang  menggu kan tarif harga telpon rumah seperti kartu Telkomflexi.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi