Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISA SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT COCA COLA DISTRIBUTION INDONESIA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Setiap perusahaan selalu berusaha menerapkan sistem pengolahan data  yang baik dan menyajikan laporan keuangan dalam bentuk yang lengkap dan  sistematis. Adapun manfaat laporan keuangan bagi perusahaan adalah untuk  memberikan informasi mengenai data-data keuangan dari suatu organisasi atau  perusahaan yang akan digunakan oleh berbagai pihak yang berkepentingan  sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Analisa sumber dan penggunaan modal kerja merupakan alat  pertimbangan pengambilan keputusan yang sangat penting bagi manajer atau  pihak-pihak yang berkepentingan. Laporan sumber dan penggunaan modal kerja  adalah suatu laporan mengenai sumber dana yang diperoleh sebagai modal kerja  dan penggunaan dalam satu periode tertentu. Laporan ini digunakan untuk menilai  efisiensi dan efektivitas perusahaan dalam mengolah modal kerja yang ada.
Dengan penggunaan modal kerja yang lebih efisien dan efektif dapat dicapai laba  semaksimal mungkin untuk memperluas jaringan usaha atau ekspansi.
Laporan sumber dan penggunaan modal kerja bermanfaat bagi pihak intern  dan ekstern perusahaan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya analisa      sumber dan penggunaan modal kerja demi kelangsungan hidup perusahaan maka  penulis tertarik untuk menulis skripsi minor dengan judul : “Analisa Sumber Dan Penggunaan Modal Kerja Pada PT Coca Cola  Distribution Indonesia Medan”.
B. Perumusan Masalah  Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi minor ini adalah  “Apakah pengelolaan sumber dan penggunaan modal kerja pada PT Coca  Cola Distribution Indonesia sudah efisien”.
C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian  Tujuan Penelitian :  1.  Untuk mengetahui bagaimana PT. Coca Cola Distribution Indonesia  mengelola sumber dan penggunaan modal kerja 2.  Untuk mengetahui apakah manjemen PT. Coca Cola Distribution  Indonesia telah cukup efisien dalam menggunakan modal kerja.
Manfaat Penelitian : 1.  Bagi perusahaan, dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan evaluasi  dalam pengambilan keputusan terutama dalam mengelola modal kerja  dimasa yang akan datang.
2.  Bagi penulis, untuk menambah pengetahuan tentang sumber dan  penggunaan modal kerja dan melihat penerapannya dalam perusahaan,      3.  Bagi pihak lain, Sebagai bahan informasi atau perbandingan mengenai  analisa sumber dan penggunaan modal kerja bagi peneliti lain yang akan  melaksanakan penelitian selanjutnya.
D. Metode Penelitian Dalam skripsi minor ini, metode penelitian penulis terdiri dari : 1. Lokasi Penelitian  Perusahaan yang menjadi lokasi penulis adalah PT Coca Cola Distribution  Indonesia di Jl. Medan – Belawan km 14 Martubung Medan.
2. Sumber Data Data yang digunakan dalam skripsi minor ini diperoleh melalui:  a. Library Research ( Penelitian Kepustakaan ) Penelitian yang dilakukan melalui perpustakaan dengan membaca  literatur seperti buku kuliah dan buku bacaan yang relevan dengan yang  penelitian.
b.Field Research ( Penelitian Lapangan ) Penelitian yang dilakukan pada objek penelitian secara langsung, dalam  hal ini penulis langsung melakukan penelitian ke PT Coca Cola  Distribution Indonesia.
3. Teknik Pengumpulan Data Dalam pengumpulan data dan informasi yang  diperlukan penulis  menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut : a. Pengamatan ( Observasi )  yaitu pengumpulan data dengan pengamatan langsung sehingga dapat       memperoleh gambaran mengenai masalah yang diteliti.
b.Wawancara ( Interview )  Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan tanya  jawab atau wawancara langsung dengan objek penelitian melalui  pimpinan dan karyawan yang berkepentingan.
4. Metode Analisa Metode analisa yang akan digunakan dalam skripsi minor ini adalah  metode analisa  deskriptif yaitu merumuskan , mengumpulkan dan  mengkasifikasikan data kemudian mengembangkan dengan landasan  teoritis untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus, sehingga dapat  memberikan gambaran yang jelas tentang masalahnya.
    BAB II PT COCA COLA DISTRIBUTION INDONESIA A. Profil Perusahaan PT. Coca Cola Distibution Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak  dibidang industri. Perusahaan tersebut bertekad untuk memberikan nilai terbaik  bagi pemegang saham  dengan menjadi perusahaan  minuman bebas alkohol  terdepan dalam pasar minuman global. Berbagai merk dari The Coca Cola  Company merupakan tumpuan keberhasilan perusahaan dalam memuaskan  konsumen dan pelanggan, dengan memberikan layanan dan produk yang bermutu  melalui orang – orang yang berdedikasi tinggi.
Dan sesuai akte pendirian maka perusahaan ini mempunyai data – data  sebagai berikut :  Nama Perusahaan   : PT. Coca Cola Distibution Indonesia Alamat   : Jl. Medan – Belawan Km. 14 Medan – Martubung  Luas Tanah  :  +51.353 M 2  A.1. Sejarah Singkat Perusahaan Coca Cola mulai diperdagangkan di Indonesia tahun 1932 oleh De  Nederlands Indische meneraal water Fabriek Jakarta dibawah manajemen Bernie      Vonings dari Belanda. Setelah proklamasi kemerdekaan dan masuknya para  pemegang saham dari Indonesia, perusahaan ini berganti nama menjadi Indonesia  Beverages Limitid (IBL). Pada tahun 1971 IBL menjalin kerja sama dengan tiga  perusahaan Jepang dan membentuk PT. Djaya Beverages Bottling Company  (DBBC).
PT. Coca  Cola Distribution Indonesia merupakan nama dagang yang  terdiri dari perusahaan-perusahaan patungan (Join Venture) antara perusahaanperusahaan lokal yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha independen dan Coca  Cola Amatil Limited, yang merupakan salah satu produsen dan distributor terbesar  produk-produk Coca Cola di dunia.
Di Sumatera Utara, perusahaan Coca Cola mulai dirintis pada tahun 1972  oleh PT. Brasseries d’el Indonesia, yang merupakan perusahaan milik Perancis.
Produk andalan perusahaan ini sebenarnya adalah Bir, sedangkan Coca Cola,  Sprite dan Fanta adalah produk sampingan. Tahun 1980, PT. Brasseries d’el  Indonesia diambil alih oleh PT. Multi Bintang Indonesia yang juga merupakan  perusahaan minuman Bir terkenal di Indonesia.
Karena ingin berkonsentrasi pada produk utama Bir, PT. Multi Bintang  Indonesia merelokasi pabriknya ke Tangerang dan menjual pabrik pembotolan  Coca Cola Medan kepada PT. Pan Java Bottling Company pada tanggal 2 Mei  1994. PT. Pan Java Bottling Company sendiri didirikan pada 1 November 1974  dan memiliki 4 pabrik pembotolan Coca Cola di Indonesia.
Karena perkembangan perusahaan yang begitu cepat maka pada tahun  1992, perusahaan ini melakukan kerja sama dengan Coca Cola Amatil  Limited    Australia (CCA) dan sejak itu PT. Pan Java Bottling Company berubah namanya  menjadi PT. Coca Cola Pan Java.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi