Senin, 26 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ALIRAN KAS PADA CV. ASCO GRAFIKA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Pada dasarnya setiap manajer atau pimpinan perusahaan membutuhkan suatu  laporan arus kas dari perusahaan yang dikelolanya, karena arus kas memberikan  rincian tentang keadaan keuangan dari perusahaan tersebut. Untuk memperoleh  gambaran maju atau mundurnya suatu perusahaan dan untuk menilai operasi  perusahaan dalam menggunakan sumber yang optimal perlu diadakan analisa laporan  arus kas perusahaan yang bersangkutan. Masalah keuangan merupakan masalah yang  sangat sensitif bagi perusahaan. Oleh sebab itu masalah keuangan harus mempunyai  versi dan jalan sendiri untuk menanganinya. Secara umum yang terjadi dalam  transaksi terjadi dalam perusahaan akan berhubungan dengan kas, karena setiap  aktivitas perusahaan berawal dari kas dan berakhir ke kas, baik dalam bentuk  penerimaan maupun pengeluaran.

Salah satu bentuk laporan keuangan adalah laporan arus kas, dimana dalam  laporan tersebut terlihat arus kas masuk dan arus kas keluar dari kegiatan usaha yang  dapat digunakan sebagai suatu alat untuk menganalisis suatu kemampuan perusahaan  dalam menghasilkan kas dan kebutuhan perusahaan dalam memanfaatkan dana  tersebut. Dengan analisis tersebut, maka dapat diketahui bagaimana perusahaan  memiliki kas bersih yang positif dari kegiatan operasi sehingga tidak selalu harus  tergantung pada kegiatan investasi dan kegiatan pendanaan.
 Menurut Keawn dan Scott (2008 : 8) “perusahaan tidak memiliki likuiditas untuk membayar kewajibannya tepat waktu akibat aliran kas perusahaan kurang  efektif yaitu aliran kas yang berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan seperti kas  yang cukup untuk menjalankan operasi usaha, melakukan investasi dan membayar  hutang dengan mempergunakan uang kas yang telah tersedia dan juga belum  efisiennya perusahaan dalam mempergunakan kas yang tersedia seperti terlalu  besarnya proporsi kas pada bentuk investasi aktiva tetap sehingga berkurangnya  proporsi dana pada kas”. Kas merupakan suatu bagian penting dalam perusahaan,  karena harus tersedia kas yang cukup pada saat dibutuhkan pada kegiatan operasi  perusahaan.
Maka dapat dilihat dengan jelas manfaat dari menganalisis aliran kas bagi  pihak ekstern dan intern perusahaan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang analisis  aliran arus kas demi kelangsungan hidup perusahaan, maka penulis tertarik untuk  menyusun skripsi minor ini dengan judul : “ANALISIS ALIRAN KAS pada CV.
ASCO GRAFIKA MEDAN.
B. Perumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan permasalahan yang  menjadi pokok pembahasan dalam penelitian adalah : 1. Bagaimana menyusun laporan aliran kas pada CV. ASCO GRAFIKA yang  akan digunakan sebagai alat analisis untuk membuat keputusan  pendanaan?  2.  Apakah saldo kas pada CV. ASCO GRAFIKA sudah ideal untuk  dipergunakan dalam kebutuhan usaha perusahaan?  C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1)  Tujuan Penelitian: a. Untuk mengetahui keadaan aliran kas pada CV. ASCO GRAFIKA.
b. Untuk menjawab perumusan masalah pada CV. ASCO GRAFIKA.
c. Untuk memenuhi salah satu persyaratan Program Diploma III Fakultas  Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
2) Manfaat Penelitian a. Bagi Perusahaan Sebagai bahan masukan bagi pimpinan CV. ASCO GRAFIKA dalam  mengambil keputusan atau kebijakan yang lebih baik di masa yang akan datang  serta sebagai koreksi perusahaan apabila terdapat kelemahan dalam mengelola  keuangannya.
b. Bagi Penulis Sebagai bahan masukan untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan  berpikir mengenai analisis kebutuhan modal kerja yang dipakai pada  perusahaan.
c. Bagi Peneliti Selanjutnya Sebagai bahan masukan bagi yang membutuhkan untuk menambah wawasan  dan pengetahuan mengenai kebutuhan modal kerja.
 D. Metodologi Penelitian : 1.  Lokasi Penelitian Penelitian dilakukan dengan pengamatan secara langsung pada CV. ASCO  GRAFIKA yang bergerak sebagai perdagangan umum, fotocopy, dan percetakan  yang berlokasi di Jl. Jamin Ginting No. 420 SUMBER NONGKO Padang Bulan  Medan.
2. Sumber Data Adapun jenis data yang penulis perlukan dalam penelitian adalah sebagai berikut: a)  Data Primer Data yang diperoleh dengan cara melakukan penelitian langsung ke lapangan,  dengan wawancara, observasi yaitu mengenai data aliran kas pada CV. ASCO  GRAFIKA.
b)  Data Sekunder Data yang diperoleh dari perusahaan seperti sejarah perusahaan, struktur  organisasi maupun neraca dalam bentuk publikasi yang sering juga disebut  data eksternal dan datanya berasal dari luar perusahaan, yaitu buku-buku dan  media lainnya yang ada kaitannya dengan penelitian.
3. Teknik Pengumpulan Data Adapun teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut: a. Interview (Wawancara) Yaitu mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung terhadap pihak perusahaan  yang mempunyai wewenang dalam memberikan informasi dan data yang  berkaitan dengan objek penelitian.
 b. Studi Dokumentasi Yaitu dilakukan dengan mengumpulkan data dan mempelajari data-data yang  diperoleh dari buku literatur, jurnal, majalah dan situs internet yang  berhubungan dengan penelitian ini.
4. Metode Analisis Data Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut: a. Motode Deskriptif Metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data, merumuskan,  mengklasifikasikan serta menginterprestasikan sehingga memberikan gambaran  atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh perusahaan  dan berbagai keadaan yang berhubungan dengan topik yang dibahas.
b. Metode Deduktif Metode yang dilakukan untuk mendapat data yang diperoleh sehingga terlihat  dari pengaruhnya terhadap keputusan yang diambil oleh perusahaan tersebut.
Mengambil berdasarkan teori-teori yang menyebabkan timbulnya masalah yang  akhirnya memberikan saran-saran dan nilai-nilai yang dimajukan dalam  meningkatkan kemajuan perusahaan.
E. Sistematika Pembahasan Merupakan kronologis dari tulisan yang sekaligus merupakan pembahasan.
Secara garis besar pembahasan dapat dibagi kedalam sub bab sehingga penulisan akan  lebih sistematis dan terarah. Setiap bab menguraikan sebagai berikut : BAB I  : PENDAHULUAN Pada bab ini merupakan pembahasan yang meliputi latar belakang  masalah perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian,  metodologi penelitian dan sistematika pembahasan.
BAB II  : GAMBARAN UMUM PERCETAKAN CV. ASCO GRAFIKA Pada bab ini penulis menguraikan mengenai bagaimana keadaan  objek penelitian yang meliputi : sejarah singkat perusahaan, struktur  organisasi perusahaan, pengertian aliran kas, pengertian dana, tujuan  dan kegunaan laporan keuangan, analisis sumber dan penggunaan  dana, laporan sumber.
BAB III  : ANALISIS DAN EVALUASI Pada bab ini penulis mencoba menganalisis aliran kas kemudian  membuat suatu evaluasi yang diterapkan dalam perusahaan dengan  teori yang diterima penulis dan juga buku-buku perpustakaan.
BAB IV  : KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini penulis menarik beberapa kesimpulan dan saran yang diperoleh dari hasil pembahasan dari BAB III serta mengemukakan  saran-saran serta perbaikan terhadap perkembangan perusahaan pada  masa yang akan datang.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi