Senin, 26 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ANGGARAN PENJUALAN PADA PT.KIMIA FARMA

BAB I..
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang.
Tugas akhir merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh  oleh mahasiswa D-III Keuangan , Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Yang mana mahasiswa telah melakukan magang di Departemen Fakultas  Ekonomi yang  sudah mendapat pengetahuan tambahan khususnya mengenai  kondisi riil di lapangan. Tugas akhir ini sebagai tambahan syarat untuk  menyelesaikan program studi, dengan syarat kelulusan yang ditetapkan, menjadi  salah satu pendorong utama bagi setiap mahasiswa untuk mengenal kondisi dan  melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah  dengan aplikasi praktis dalam dunia kerja yang berhubungan dengan anggaran  penjualan. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan  perkembangan lembaga dan perusahaan yang ada, dan ilmu-ilmu penunjang lain  yang diperlukan sebagai bekal dimasa yang akan datang, sehingga mahasiswa  dapat menjadi berkompeten menjadi yang terbaik.

Sesuai dengan tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba. Baik besar maupun perusahaan kecil apakah itu bergerak dalam  bidang jasa atau manufaktur, Untuk mewujudkan target laba yang maksimal ini,  maka di butukan suatu anggaranpenjualan yang disusun yang memuat aktivitas  yang akan dilaksanakan. Anggaran penjualan yang telah disusun mencerminkan  nilai tertinggi dari aktifitas yang telah dilaksanakan, anggaran penjualan    merupakan merupakan otorisasi pos anggaran yang tidak diperbolehkan untuk  aktivitas bidang yang lain.
Menurut Gitosudarmo (2003 : 12) dimaksudkan dengan anggaran  penjualan (Sale Budget) perusahaan dapat merencanakan secara terperinci tentang  penjualan perusahaan selama periode yang akan datang, yang didalamnya  meliputi rencana tentang jenis (kualitas) barang yang akan  dijual, jumlah  (kuantitas) barang yang akan dijual, harga barang yang akan dijual, waktu  penjualan serta tempat (daerah) penjualannya. Suatu anggaran dapat berfungsi  dengan baik bilamana taksiran-taksiran yang yang termuat didalamnya cukup  akurat, sehingga tidak jauh berbeda dengan realisasinya nanti. Untuk bisa  melakukan penaksiran secara lebih akurat, diperlukan berbagai data, informasi  dan pengalaman, yang merupakan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan di  dalam menyusun anggaran.
Dari pengertian tersebut diatas, jelas bahwa anggaran penjualan hanyalah  merupakan salah satu bagian saja dari seluruh rencana perusahaan dari bidang  pemasaran dan perencanaan perusahaan dari bidang pemasaran lainya misalnya : (1) Rencana tentang sasaran atau tujuan pemasaran selama periode yang akan  datang, (2) Rencana tentang organisasi penjualan, (3) Rencana tentang saluran  distribusi, (4) Rencana tentang beaya distribusi, (5) Rencana tentang media-media  promosi, (6) rencana tentang beaya promosi, (7) Rencana tentang biaya tentang  pengembangan.
Secara  umum, semua anggaran, termaksud  anggaran penjualan,  mempunyai tiga kegunaan pokok, yaitu sebagai pedoman kerja, sebagai alat  pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan kerja yang membantu    manajemen dalam memimpin jalannya perusahaan.  Sedang sacara khusus,  anggaran penjualan berguna sebagai dasar penyusunan semua aggaran-anggaran  dalam perusahaan, sebab bagi perusahaan yang menghadapi pasar yang bersaing.
Anggaran penjualan harus disusun paling awal daripada semua anggaran yang lain  yang ada dalam perusahaan.
Untuk menyusun anggaran penjualan, diperlukan penaksiran (forecasting),  khususnya penaksiran tentang jumlah (kuantitas) produk yang diperkirakan akan  mampu dijual beserta harga jualnya, yang masing-masing dikaitkan dengan jenis  produk (kualitas) yang akan dijual, dengan waktu serta tempat (daerah) untuk  melakukan penaksiran-panaksiran tersebut dapat dibedakan menjadi dua yaitu,  bersifat kualitatif ialah cara penaksiran yang menitik beratkan pada pandapat  seseorang. Dan bersifat kuantitatif ialah cara penaksiran yang menitik beratkan  pada perhitungan-perhitungan angka dengan menggunakan berbagai metode  statistik.
Dengan anggaran penjualan , maka kegiatan perusahaan yang luas dan  kompleks dengan transaksi yang juga semakin rumit akan dapat sikendalikan  sehingga kebijakan perusahaan di masa yang akan datang dapat di awasi dan dapat meningkatkan  laba di tahun berikutnya.  Dalam anggaran penjualan yang  melibatkan pula  semua unsur dan semua bagian (Departmen) yang berkaitan  dengan penjualan, faktor yang mempengaruhi besar kecilnya anggaran penjualan  adalah : (1) Jenis Produk Yang Dijual,Semakin banyak jenis produk yang dijual  anggaran penjualan semakin besar,  Setiap produk yang ada harus dibuat  anggaranya sendiri sebelum pada akhirnya dijumlahkan.  (2)  Unit Produk,  Semakin besar unit yang dianggarkan maka anggaran penjualan semakin besar,   Besar kecilnya unit yang dianggarkan akan melihat pada hasil proyeksi dan  kapasitas produksi, tersedianya bahan baku, tenaga kerja, modal, distribusi dan  lainya.
Berdasarkan latar belakang dan besarnya peranan Analisis Anggaran  Penjualan bagi kelangsungan sebuah kegiatan perusahaan maka penulis tertarik  untuk membahas masalah "ANALISIS   ANGGARAN PENJUALAN PADA PT  KIMIA FARMA (PERSERO) Tbk. TJ-MORAWA MEDAN" sebagai judul dalam  penulisan paper ini.
B. Perumusan Masalah Sebagai alasan suatu perencanaan riset, perlu di tetapkan apa yang menjadi  pokok yang dijadikan penelitian untuk menghindari pembahasan terlalu luas maka  penulis membahas : 1.  Bagaimana PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Dalam menyusun anggaran  penjualan agar perusahaan mampu dalam menghadapi pasar yang bersaing  dan mampu mengoptimalka laba yang diperoleh perusahaan .
2.  Untuk mengetahui salah satu bagian saja dari seluruh rencana perusahaan  di bidang pemasaran ( sales planning) dengan anggaran penjualan.
C. Tujuan Adapun tujuan dari penelitian ini ada dua macam. Diantaranya adalah  tujuan yang bersifat umum dan yang bersifat khusus.
  1. Tujuan Umum 1.  Terciptanya suatu hubungan terarah antara dunia perguruan tinggi dan  dunia kerja sebagai mitra pengguna outcome-nya.
2.  Meningkatkan kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam memberikan  kontribusinya pada sistem pendidikan nasional.
3.  Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami  aplikasi ilmunya di dunia kerja pada umumnya serta mampu menyerap dan  berasosiasi dengan dunia kerja secara utuh.
4.  Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami sistem kerja di lapangan  yang sebenarnya  sekaligus mampu mengadakan pendekatan masalah  secara utuh dan terstruktur.
5.  Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir yang lebih berwawasan  bagi mahasiswa .
2. Tujuan Khusus 1.  Untuk memenuhi tugas akhir yang harus ditempuh sebagai persyaratan  akademis di Jurusan D-III Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara.
2.  Untuk menghitung dan menganalisa penjualan yang harus dicapai perusahaan agar  mendapatkan komitmen manajemen untuk mencapai  sasaran penjualan terpadu, yaitu manajemen harus terkait untuk mencapai  sasaran penjualan yang sudah ditetapkan dalam rencana penjualan.
3.  Untuk mengetahui pencapaiyan laba maksimal, penetrasi pasar (market  penetration), pengembangan pasar (market  development),    mempertahankan market share, memperkenalkan produk baru, dan  sebagainya.
4.  Mencari beberapa permasalahan dalam anggaran  penjualan  dan  memberikan alternatif pemecahan yang dapat memberikan kontribusi  positif.
D. Manfaat Penelitian a.  Bagi Penulis, merupakan usaha untuk meningkatkan kemampuan  menganalisis setiap permasalahan yang dihadapi, terutama dalam hal  Anggaran Penjualan, dengan mengimplementasikan teori-teori yang  diperoleh selama perkuliahan.
b.  Bagi Perusahaan, sebagai bahan masukkan dan pertimbangan dalam  menentukan perencaaan dan kebijakan yang berhubungan dengan  Anggaran Penjualan  sehingga dapat mendukung perusahaan dalam  menetapkan standard penjualan yang efektif dan efisien agar mendapatkan  laba yang lebih tinggi.
c.  Bagi Akademik, dapat memberikan manfaat sebagai masukan bagi pihak  yang membutuhkan terutama yang ada relevansinya dengan penelitian ini,  serta sebagai bahan referensi dan pembanding untuk penulisan paper  dimasa yang akan datang.

    

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi