Senin, 26 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS BIAYA OPERASIONAL PADA PT. DELA ROHITA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Perusahaan adalah suatu lembaga yang terorganisir dan dijalankan untuk  menyediakan barang dan jasa untuk masyarakat dengan motif (incentive) keuntungan. Oleh karena itu, suatu perusahaan di bentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan  utama perusahaan adalah mencari laba (profit), kelangsungan hidup (continuity) dan  pertumbuhan (growth). Disamping itu juga ada tujuan – tujuan lain yang ingin dikejar  oleh perusahaan seperti: perkembangan, prastise, servis, dan diterimanya lembaga  dalam kehidupan masyarakat. Didalam mencapai tujuan tersebut perusahaan  menetapkan langkah – langkah yang harus ditempuh, dan kemudian diambil suatu  tindakan korektif yang mengarah pada tujuan organisasi pada perusahaan.

Untuk memahami bagaimana mempengaruhi laporan keuangan, seseorang  harus memahami siklus biaya operasional dalam suatu perusahaan. Dalam hal ini  penulis menitik beratkan pada manajemen biaya operasional yang dapat berguna bagi  para pemakai laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan  dalam menghasilkan kas dan menilai kebutuhan perusaan untuk menggunakan biaya  operasional tersebut.
Laba yang menjadi tujuan perusahaan tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi  laba diperoleh dengan usaha yang dilakukan secara terencana, teratur dan terus    2 menerus. Dalam pengertian ini, untuk memperoleh laba maka perusahaan harus  mampu menekan biaya atau dengan kata lain perusahaan dapat bekerja seefisien  mungkin. Pengalokasian biaya yang tepat dan efisien dapat memperkecil jumlah  biaya yang akan terjadi. Misalkan dengan memperkecil atau bahkan menghilangkan  biaya yang tidak menambah ”valued added” pada barang atau jasa yang ditawarkan  perusahaan merupakan salah satu pengalokasian biaya yang efisien, dimana biaya  akan berkurang tetapi dengan tidak mengurangi nilai kualitas barang atau jasa  tersebut.Efisiensi dalam setiap kegiatan merupakan faktor untuk mencapai sasaran  yang telah diterapkan.
Kholmi (2004;11)Biaya adalah pengurangan pada aktiva netto sebagai akibat  digunakannya jasa – jasa ekonomi untuk menciptakan penghasilan. Biaya operasional  merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan anggaran  operasional yang baik, dapat mendukung tujuan akhir perusahaan tersebut. Anggaran  biaya operasional merupakan anggaran yang bertujuan untuk menyusun anggaran  berupa daftar yang disusun secara sistematis atas pendapatan, beban, dan laba rugi  yang di peroleh suatu perusahaan selama periode tertentu.
Anggaran biaya dalam bidang operasional perusahaan sangat penting guna  menghindari terjadinya penyimpangan biaya yang tidak diperlukan, yang dapat  menyebabkan biaya operasional perusahaan semakin besar karena pada dasarnya  perusahaan menginginkan keuntungan yang besar, pertumbuhan yang cepat dan  kelangsungan hidup yang lama. Suatu anggaran yang baik dapat membantu pihak  manajemen dalam melakukan perencanaan terhadap pelaksanaan kegiatan usaha dan  pengawasannya. Anggaran menuntut keputusan pengalokasian sumber daya menuju    3 pencapaian sasaran, disamping itu anggaran juga mempunyai fungsi  pengawasan yaitu mengawasi apakah pelaksanaan suatu kegiatan itu sudah dijalankan  sesuai dengan rencana yang dibuat.
Apabila tujuan untuk mencapai keuntungan tidak dapat direalisasikan dalam  jangka waktu tetentu, maka kapital yang telah ditanam oleh para pemilik perusahaan  itu akan ditarik / diminta kembali dan perusahaan tersebut akan mengalami kesulitan,  oleh karena itu keuntungan merupakan dasar hidupnya suatu perusahaan. Dalam praktek tidak ada jaminan bahwa perusahaan akan selalu memperoleh laba kecuali  dengan manajemen yang baik. Dengan kata lain perusahaan dapat memperoleh  keuntungan atau dapat juga menderita kerugian.
Agar perusahaan bekerja secara efisien dibutuhkan suatu rencana yang baik.
Perencanaan dibuat dalam berbagai bidang. Salah satu bidang perencanaan adalah  bagian keuntungan. Perencanaan di bidang keuangan atau rencana yang dinilai  dengan uang disebut dengan anggaran. Anggaran merupakan rencana kegiatan yang  dilakukan dengan teliti, didsarkan atas pengalaman masa lalu dan ramalan pada masa  yang akan. Anggaran yang disusun secara teliti dan terperinci dapat menjadi data  yang sangat akurat bagi pimpinan dalam melaksanakan tugasnya.
Dalam menganalisa biaya operasional tersebut, setiap perusahaan mempunyai  sistem yang berbeda – beda sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut. Biasanya  dalam penentuan dan pemakaian sistem analisa biaya operasional sering terjadi  kesalahan – kesalahan sehingga hasil dari biaya operasinal tidak sesuai dengan  jumlah persediaan yang sebenarnya.
  4 Untuk menunjang tercapainya tujuan – tujuan perusahaan diperlukan adanya  perencanaan. Perencanaan selalu diikuti dengan pengawasan, pengawasan  dimaksudkan untuk menjamin aktifitas yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai  dengan yang direncanakan. Pengawasan yang dimaksudkan untuk menilai sampai  sejauh mana prinsip efisiensi telah tercapai dalam melaksanakan kegiatan. Anggaran  dapat digunakan alat untuk melakukan perencanaan dan pengawasan yaitu dengan membandingkan realisasi dengan apa yang seharusnya dicapai sesuai dengan apa  yang dianggarkan. Dari perbandingan dapat dinilai apakah operasi perusahaan telah  berjalan dengan efisien dan dapat ditentukan apakah ada penyiimpangan  –  penyimpangan yang terjadi dalam perusahaan tersebut.
Melalui latar belakang masalah diatas, bahwa pentingnya perencanaan  penyusunan anggaran biaya operasioanal didalam suatu perusahaan, maka penulis  tertarik untuk memilih judul ” ANALISIS BIAYA OPERASIONAL PADA PT.
DELLA ROHITA Contractor and Trade” B.  Perumusan Masalah Dalam menjalankan kegiatan usaha, perusahaan sering mengalami hambatan,  baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Pengelolaan biaya  operasional yang cermat dan tepat akan membantu manajemen perusahaan mencapai  tujuan yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan latar belakang diatas, maka  pokok permasalahan yang dibahas yaitu ”Bagaimana PT. DELLA ROHITA  Contractor and Trade dalam mengelola biaya operasionalnya”.
  5 C. Tujuan Penelitian Penelitian dilaksanakan dengan tujuan: a.  Untuk dapat menilai kemampuan perusahaan dalam menggunakan biaya  operasionalnya  b.  Untuk dapat mengetahui bagaimana usaha yang diinginkan yang berdampak  pada meningkatnya efisiensi kinerja dan produktivitas perusahaan.
c.  Untuk membandingkan teori pencatatan dengan laporan keuangan khususnya  laporan biaya yang dipelajari diperkuliahan dengan kenyataan yang ada dalam  prakteknya diperusahaan.
D. Manfaat Penelitian a.  Bagi Penulis Untuk memperdalam pengetahuan, penulisan paper ini digunakan untuk  memperluas wawasan tentang analisis biaya operasional dalam praktek  yang sebenarnya dan membandingkannya dengan teori yang dipelajari  selama diperkuliahan.
b.  Bagi Perusahaan  Panalitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perusahaan  untuk meningkatkan produksi dimasa mendatang, sehingga kemungkinan  kesalahan operasional dapat diketahui sebagai dasar pertimabangan untuk  mengambil keputusan dalam menentukan perencanaan dan kebijaksanaan  di masa yang akan datang.
  6 c.  Bagi kalangan Akademik/ Mahasiswa Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai bahan informasi atau refrensi  penelitian dan penulisan selanjutnya, terutama mengenai biaya  operasional.

7   

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi