BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang Penelitian.
Perkembangan dunia bisnis dewasa
ini dinegara kita terlihat semakin memacu
laju perekonomian negara. Hal ini pasti akan sangat membantu dalam meningkatkan taraf hidup rakyat. Oleh sebab
itu pemerintah perlu melakukan suatu
perubahan-perubahan atas strategi yang diterapkan didalam dunia bisnis.
Sehubungan dengan usaha
pemerintah dalam meningkatkan fungsi dari dunia bisnis di indonesia yang sekaligusuntuk
memacu laju ekonomi negara, maka didalam
hal ini pemerintah harus memperhatikan peran dan fungsi dari pada perbankan Indonesia, yaitu menunjang
pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka
meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan dan kesejahteraan rakyat
banyak. Berdasarkan dari uraian ini bahwa
dunia perbankan tidak akan terlepas dari pembangunan nasional negara lain.
Selanjutnya peran bank dalam
mendukung kegiatan bisnis pasti akan sangat
besar pula. Dimana kita ketahuibahwa bank bekerja dalam menyalurkan kredit bagi pengusaha kecil, menengah, dan
juga pengusaha yang telah memiliki modal
besar. Oleh sebab itu pemerintah kita dewasa ini berusaha untuk semakin mempererat kerja sama yang baik dengan pihak
bank dalam upaya meningkatkan peranan
bank dalam rangka menyalurkan kredit bagi nasabah atau pengusaha.
Bank-bank
yang dikelola oleh pemerintah ataupun oleh swasta ini turut ambil bagian dalam penyaluran kredit bagi para
pengusaha yang membutuhkan tambahan
modal kerja. Peran dari bank yang demikian akan sangat penting dan akan sangat membantu dalam kelancaran
operasional usaha yang menerima kredit tersebut.
Karena itu pihak bank diminta untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan penyaluran kredit kepada para
pengusaha yang membutuhkan. Sama halnya
dengan pengusaha yang memanfaatkan kredit bank agar kiranya dalam menyelesaikan pelunasan kreditnya sesuaidengan
perjanjian kedua belah pihak.
Namun dalam realisasinya
penyaluran kredit oleh bank belum tentu berjalan
dengan lancar karena tidak semua nasabah dapat mengembalikan kredit sesuai dengan perjanjian, artinya masih ada
kredit macet. Dan ini merupakan kendala
yang cukup berat yang harus dihadapi oleh bank dalam usahanya untuk menyalurkan kredit. Dari pihak nasabah sendiri
banyak kendala yang juga harus dihadapi,
misalnya mereka tidak sanggup untuk mengembalikan kredit yang telah dipinjam karena ada penurunan penjualan dan
sebagainya.
Dari semua uraian diatas jelaslah
terlihat bahwa banyak hambatan yang dihadapi
oleh pihak bank maupun pihak nasabah dalam hal perkreditan. Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk
membahas mengenai perkreditan ini.
Dan selanjutnya penulis memilih
judul tentang PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANKRAKYAT INDONESIA
( Persero ) Tbk, CABANG P. BERANDAN.
B.
Alasan Pemilihan Judul Kegiatan
penyaluran kredit merupakan salah satu kegiatan usaha dari bank, dimana dalam hal ini bank akan
menyalurkan semua dana yang diperolehnya
dari simpanan atau tabungan masyarakat kepada berbagai pihak yang akan membutuhkan kredit dari bank.
Untuk menarik minat para nasabah
yang membutuhkan kredit maka perlu
kiranya pihak bank menerapkan suatu metode ataupun suatu sistem dalam penyaluran kredit yang dibutuhkan
nasabah. Apalagi kita ketahui sekraang ini
tentang persaingan antar bank yang semakin tajam dalam usahanya menarik minat para nasabah yang membutuhkan kredit.
Karena itulah penulis merasakan perlunya
suatu pengawasan dalam dalam penyaluran kredit tersebut agar pihak nasabah tidak merasa dirugikan, demikian juga
pihak bank sebagai penyalur kredit.
Dapat disimpulkan bahwa yang
menjadi alasan pemilihan judul dari
penulisan skripsi minor ini adalah : “
Bagaimana sistem pemberian kredit yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P.
Berandan.” C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian 1.
Tujuan Penelitian Untuk
mengetahui prosedur pemberian kredit di PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan.
2. Manfaat Penelitian a. Bagi
pihak manajemen perkreditan PT. Bank
Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan, tulisan
ini kiranya dapat menjadi suatu bahan
pertimbangan dalam menyalurkan kredit bagi nasabah dimasa yang akan datang.
b. Bagi lembaga pendidikan, tulisanini berguna
sebagai bahan masukan bagi
penulis-penulis lainnya yang berminat dan tertarik terhadap permasalahan kredit pada bank.
c. Bagi penulis, penulisan skripsi minor ini
merupakan salah satu syarat untuk
menyelesaikan pendidikan diProgram Diploma III, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, sekaligus menambah wawasan penulis tentang sistem pemberian
kredit.
D. Metode Penelitian 1.
Jenis dan Sumber Data Menurut
Supranto ( 2000 : 23 ) sumber data terbagi atas : a. Data
Primer Data Primer adalah data yang
diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangan
oleh orang-orang yang telah melakukan penelitian atau yang bersangkutan yang memerlukannya. Data primer
ini disebut juga data asli atau data
baru. Dalam skripsi minor ini data primer diperoleh dari PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk,
Cabang P. Berandan.
b. Data Sekunder Data Sekunder adalah data yang diperoleh atau
dikumpulkan langsung oleh orang yang
melakukan penelitiandari sumber-sumber yang telah ada. Data ini biasanya diperoleh dari
perpustakaan. Data Sekunder disebut juga
data tersedia. Misalnya dapat dilaksanakan dengan mempelajari dan menelaah buku-buku dan bacaan
lainnya yang bertujuan untuk memperoleh
keterangan yang bersifat teoritis atau konsep
yang berhubungan erat dengan skripsi minor ini.
2. Teknik Memperoleh Data a.
Library Research ( Penelitian Lapangan ) Yaitu penelitian yang dilakukan
untuk memperoleh data melalui perpustakaan
dengan membaca literatur, buku-buku, majalah, buku perbankan dan tulisan-tulisan yang ada dan
berhubungan dengan skripsi minor ini.
b. Field Research ( Penelitian Lapangan ) Yaitu penelitian yang dilakukan dari objek
dilapangan. Cara pengumpulan data yang
digunakan ada dua, yaitu : 1) Interview, yaitu dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan langsung kepada
pihak yang berkepentingan pada PT.
Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan.
2) Observasi, yaitu studi yang dilakukan dengan
mengadakan pengamatan dan pencatatan
terhadap masalah yang menjadi objel penelitian.
3. Metode Analisa Menurut Kuncoro Mudrajad ( 2003 : 172 ) metode
analisa terbagi menjadi : a. Deskriptif Pengumpulan data, menggolongkan, menganalisa
dan menginterpretasikan data yang
diperoleh langsung dari objeknya atau lapangan maupun yang datangnya dari luar perusahaan sehingga
memberikan gambaran atau keterangan yang
lengkap tentang masalah yang dihadapi.
b. Deduktif Segala aturan-aturan dan cara-carayang dipakai
sebagai alat dalam mencoba menarik
kesimpulan khusus dan umum dengan cara membandingkan
teori dan kenyataan yang ada.
E. Sistematika Pembahasan Skripsi minor ini dirancang secara sistematis
yang terdiri dari 4 ( empat ) bab, dan
masing-masing bab terdiri dari beberapa sub bab. Secara garis besar pembahasan skripsi minor ini adalah
sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan mengenai latar
belakang masalah, perumusan masalah,
Tujuan dan manfaat penelitian, Metode penelitian, dan Sistematika pembahasan.
BAB II : PT. BANK RAKYAT
INDONESIA ( Persero ) Tbk, CABANG P.
BERANDAN Pada
bab ini diuraikan tentang Sejarah berdirinya perusahaan, Struktur organisasi perusahaan, Pengertian Kredit,
Prosedur Pemberian Kredit secara umum,
Jenis Kredit yang diberikan, Bentuk Jaminan dalam Pemberian Kredit, Pengawasan Terhadap Kredit,
Masalah yang dihadapi dalam pemberian
kredit, dan Penanganan kredit bermasalah.
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi