Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA

BAB I .
PENDAHULUAN .
A.  Latar Belakang Penelitian.
Perkembangan dunia bisnis dewasa ini dinegara kita terlihat semakin  memacu laju perekonomian negara. Hal ini pasti akan sangat membantu dalam  meningkatkan taraf hidup rakyat. Oleh sebab itu pemerintah perlu melakukan  suatu perubahan-perubahan atas strategi yang diterapkan didalam dunia bisnis.

Sehubungan dengan usaha pemerintah dalam meningkatkan fungsi dari  dunia bisnis di indonesia yang sekaligusuntuk memacu laju ekonomi negara,  maka didalam hal ini pemerintah harus memperhatikan peran dan fungsi dari pada  perbankan Indonesia, yaitu menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam  rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional  kearah peningkatan dan kesejahteraan rakyat banyak. Berdasarkan dari uraian ini  bahwa dunia perbankan tidak akan terlepas dari pembangunan nasional negara  lain.
Selanjutnya peran bank dalam mendukung kegiatan bisnis pasti akan  sangat besar pula. Dimana kita ketahuibahwa bank bekerja dalam menyalurkan  kredit bagi pengusaha kecil, menengah, dan juga pengusaha yang telah memiliki  modal besar. Oleh sebab itu pemerintah kita dewasa ini berusaha untuk semakin  mempererat kerja sama yang baik dengan pihak bank dalam upaya meningkatkan  peranan bank dalam rangka menyalurkan kredit bagi nasabah atau pengusaha.
    Bank-bank yang dikelola oleh pemerintah ataupun oleh swasta ini turut  ambil bagian dalam penyaluran kredit bagi para pengusaha yang membutuhkan  tambahan modal kerja. Peran dari bank yang demikian akan sangat penting dan  akan sangat membantu dalam kelancaran operasional usaha yang menerima kredit  tersebut. Karena itu pihak bank diminta untuk memberikan kemudahan dalam  pelayanan penyaluran kredit kepada para pengusaha yang membutuhkan. Sama  halnya dengan pengusaha yang memanfaatkan kredit bank agar kiranya dalam  menyelesaikan pelunasan kreditnya sesuaidengan perjanjian kedua belah pihak.
Namun dalam realisasinya penyaluran kredit oleh bank belum tentu  berjalan dengan lancar karena tidak semua nasabah dapat mengembalikan kredit  sesuai dengan perjanjian, artinya masih ada kredit macet. Dan ini merupakan  kendala yang cukup berat yang harus dihadapi oleh bank dalam usahanya untuk  menyalurkan kredit. Dari pihak nasabah sendiri banyak kendala yang juga harus  dihadapi, misalnya mereka tidak sanggup untuk mengembalikan kredit yang telah  dipinjam karena ada penurunan penjualan dan sebagainya.
Dari semua uraian diatas jelaslah terlihat bahwa banyak hambatan yang  dihadapi oleh pihak bank maupun pihak nasabah dalam hal perkreditan. Oleh  karena itu penulis merasa tertarik untuk membahas mengenai perkreditan ini.
Dan selanjutnya penulis memilih judul tentang  PROSEDUR  PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANKRAKYAT INDONESIA ( Persero  ) Tbk, CABANG P. BERANDAN.
    B. Alasan Pemilihan Judul  Kegiatan penyaluran kredit merupakan salah satu kegiatan usaha  dari bank, dimana dalam hal ini bank akan menyalurkan semua dana yang  diperolehnya dari simpanan atau tabungan masyarakat kepada berbagai pihak  yang akan membutuhkan kredit dari bank.
Untuk menarik minat para nasabah yang membutuhkan kredit  maka perlu kiranya pihak bank menerapkan suatu metode ataupun suatu sistem  dalam penyaluran kredit yang dibutuhkan nasabah. Apalagi kita ketahui sekraang  ini tentang persaingan antar bank yang semakin tajam dalam usahanya menarik  minat para nasabah yang membutuhkan kredit. Karena itulah penulis merasakan  perlunya suatu pengawasan dalam dalam penyaluran kredit tersebut agar pihak  nasabah tidak merasa dirugikan, demikian juga pihak bank sebagai penyalur  kredit.
Dapat disimpulkan bahwa yang menjadi alasan pemilihan judul  dari penulisan skripsi minor ini adalah :  “ Bagaimana sistem pemberian kredit yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat  Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan.”  C.  Tujuan Dan Manfaat Penelitian  1.  Tujuan Penelitian  Untuk mengetahui prosedur pemberian kredit di PT. Bank Rakyat  Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan.
    2.  Manfaat Penelitian  a.  Bagi pihak manajemen perkreditan  PT.  Bank  Rakyat  Indonesia  ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan, tulisan ini kiranya dapat  menjadi suatu bahan pertimbangan dalam menyalurkan kredit bagi  nasabah dimasa yang akan datang.
b.  Bagi lembaga pendidikan, tulisanini berguna sebagai bahan  masukan bagi penulis-penulis lainnya yang berminat dan tertarik  terhadap permasalahan kredit pada bank.
c.  Bagi penulis, penulisan skripsi minor ini merupakan salah satu syarat  untuk menyelesaikan pendidikan diProgram Diploma III, Fakultas  Ekonomi, Universitas Sumatera  Utara, sekaligus menambah  wawasan penulis tentang sistem pemberian kredit.
D.  Metode Penelitian  1.  Jenis dan Sumber Data  Menurut Supranto ( 2000 : 23 ) sumber data terbagi atas :  a.  Data Primer  Data Primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung  dilapangan oleh orang-orang yang telah melakukan penelitian atau yang  bersangkutan yang memerlukannya. Data primer ini disebut juga data  asli atau data baru. Dalam skripsi minor ini data primer diperoleh dari  PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan.
    b.  Data Sekunder  Data Sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung  oleh orang yang melakukan penelitiandari sumber-sumber yang telah  ada. Data ini biasanya diperoleh dari perpustakaan. Data Sekunder  disebut juga data tersedia. Misalnya dapat dilaksanakan dengan  mempelajari dan menelaah buku-buku dan bacaan lainnya yang  bertujuan untuk memperoleh keterangan yang bersifat teoritis atau  konsep yang berhubungan erat dengan skripsi minor ini.
2.  Teknik Memperoleh Data  a.  Library Research ( Penelitian Lapangan ) Yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data melalui  perpustakaan dengan membaca literatur, buku-buku, majalah, buku  perbankan dan tulisan-tulisan yang ada dan berhubungan dengan skripsi  minor ini.
b.  Field Research ( Penelitian Lapangan )  Yaitu penelitian yang dilakukan dari objek dilapangan. Cara pengumpulan  data yang digunakan ada dua, yaitu :  1)  Interview, yaitu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung  kepada pihak yang berkepentingan pada PT.  Bank  Rakyat  Indonesia  ( Persero ) Tbk, Cabang P. Berandan.
2)  Observasi, yaitu studi yang dilakukan dengan mengadakan  pengamatan dan pencatatan terhadap masalah yang menjadi objel  penelitian.
    3.  Metode Analisa  Menurut Kuncoro Mudrajad ( 2003 : 172 ) metode analisa terbagi menjadi :  a.  Deskriptif  Pengumpulan data, menggolongkan, menganalisa dan menginterpretasikan  data yang diperoleh langsung dari objeknya atau lapangan maupun yang  datangnya dari luar perusahaan sehingga memberikan gambaran atau  keterangan yang lengkap tentang masalah yang dihadapi.
b.  Deduktif  Segala aturan-aturan dan cara-carayang dipakai sebagai alat dalam  mencoba menarik kesimpulan khusus dan umum dengan cara  membandingkan teori dan kenyataan yang ada.
E.  Sistematika Pembahasan  Skripsi minor ini dirancang secara sistematis yang terdiri dari 4 (  empat ) bab, dan masing-masing bab terdiri dari beberapa sub bab. Secara garis  besar pembahasan skripsi minor ini adalah sebagai berikut :  BAB I : PENDAHULUAN  Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan  masalah, Tujuan dan manfaat penelitian, Metode penelitian, dan  Sistematika pembahasan.
BAB II : PT. BANK RAKYAT INDONESIA ( Persero ) Tbk,  CABANG P. BERANDAN    Pada bab ini diuraikan tentang Sejarah berdirinya perusahaan, Struktur  organisasi perusahaan, Pengertian Kredit, Prosedur Pemberian Kredit  secara umum, Jenis Kredit yang diberikan, Bentuk Jaminan dalam  Pemberian Kredit, Pengawasan Terhadap Kredit, Masalah yang  dihadapi dalam pemberian kredit, dan Penanganan kredit bermasalah.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi