Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA CV. DANY’S

BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  LATAR BELAKANG.
Setiap perusahaan selalu membutuhkan modal kerja baik perusahaan besar maupun  kecil, baik itu perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. Perusahaan yang  kurang memahami pengelolaan modal kerja secara tepat akan mengalami gejala – gejala  perkembangan yang lambat, bila dibandingkan dengan perusahaan yang mengelola modal  kerja dengan baik. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang harus dilakukan seorang  pemimpin atau manajer dalam usahanya untuk mencapai tujuan secara efektif dan  efesien. Pencapaian tujuan perusahaan sangat didukung oleh tingkat modal kerja suatu  perusahaan dalam memenuhi kebutuhan operasionalnya. Kebutuhan modal kerja  mempunyai hubungan langsung dengan tingkat penjualan, diaman korelasinya positif.

Dengan kata lain suatu trend penjualan yang mempunyai fluktuasi dan cenderung searah,  bila volume penjualan meningkat kebutuhan modal kerja juga meningkat. Dengan  tersedianya modal kerja yang baik akan dapat membantu perusahaan dalam mencapai  laba yang telah ditargetkan, juga terjaminnya usaha berkelanjutan.
Penggunaan modal kerja dapat membantu analisis intern dan ekstern dalam  perusahaan, karena modal kerja erat kaitannya dengan operasi perusahaan sehari – hari.
Kekurangan modal kerja atau kelebihan modal kerja suatu perusahaan akan berkaitan  dengan hal – hal yang sifatnya merugikan perusahaan. Kekurangan modal kerja  mengakibatkan tidak berjalannya operasionalnya perusahaan dengan lancar dan baik,  dimana faktor – faktor produksi tidak dapat didayagunakan secara optimal. Sebaliknya  kelebihan dalam aktiva lancar mengakibatkan terjadinya kelebihan kapasitas ( idle    capacity ) di dalam perusahaan dan memperkecil tingkat rentibilitas yang merupakan  penceminan dari efesiensi. Perusahaan dalam memberdayagunakan modal kerja yang ada  dalam perusahaan CV. DANY’S MEDAN yang bergerak dalam bidang penerbitan dan  percetakan. Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui peran penting modal kerja bagi  kelancaran kegiatan operasional setiap perusahaan termasuk CV. DANY’S MEDAN,  yang sampai sekarang tetap berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Oleh  karena itu membahas permasalahan dalam modal kerja dilakukan penelitian dengan judul  :  ″ ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA CV. DANY’S MEDAN ″ B.  PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan uraian terdahulu maka penulis mencoba merumuskan masalah dalam  skripsi minor ini yakni : Bagaimana perusahaan CV. DANY’S MEDAN menggunakan modal kerja yang dimiliki  sesuai dengan kebutuhan modal kerja yang digunakan perusahaan.
C.  TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN  1.  T ujuan Penelitian a.  Untuk mengetahui upaya CV. DANY’S MEDAN dalam mengelola  kebutuhan modal kerja, sehingga terpenuhi kebutuhan pembiayaan operasi  dalam perusahaannya.
  2.  Manfaat Penelitian Beberapa manfaat penelitian yang diharapkan penulis skripsi minor ini antara lain  :      1. Bagi Perusahaan  Sebagai bahan masukan bagi pimpinan CV. DANY’S MEDAN dalam  mengambil keputusan atau kebijaksanaan dihari – hari mendatang guna  mengadakan perbaikan yang dianggap perlu untuk kemajuan CV. DANY’S  MEDAN.
    2. Bagi Penulis Untuk memperdalam pengetahuan penulis, khususnya dalam modal kerja.
    3. Bagi Pembaca Sebagai bahan informasi, acuan khususnya mengenai modal kerja dan  sebagai gambaran untuk melihat kualitas yang dimiliki suatu perusahaan  dalam menghasilkan laba.
    4. Bagi Lembaga Pendidikan  Dapat dipergunakan sebagai bahan masukan bagi yang memerlukannya  untuk diperbandingkan dengan teori – teori yang ada.
D.  METODE PENELITIAN  1. Tempat dan Lokasi Penelitian “CV. DANY’S MEDAN” bergerak dalam bidang penerbitan dan percetakan yang  berlamatkan di Jalan. Jamin Ginting. No.402, Padang Bulan, Medan, dan  dilakukan sejak tanggal 01 September 2008 sampai dengan 27 Februari 2009.
  2.  Sumber Data      a. Data Primer Data primer adalah data yang diperoleh dengan mengadakan peninjauan  lansung ke objek penelitian dengan menggunakan wawancara ke CV.
DANY’S MEDAN.
b.  Data Sekunder Data sekunder adalah data yang diperoleh dari perusahaan seperti sejarah  perusahaan, struktur organisasi maupun laporan tahunan dalam bentuk  publikasi yang sering juga disebut data eksternal dan yang datanya berasal  dari luar perusahaan seperti, buku – buku, media lainnya yang ada  kaitannya dengan judul skripsi.
3.  Pengumpulan Data a.  Interview Penulis melakukan pengumpulan data dan wawancar langsung ke  perusahaan sehingga dapat diperoleh gambaral langsung mengenai  masalah yang diteliti.
b.  Study Dokumentasi Yaitu dengan memperoleh data langsung dari tempat penelitian termasuk  mencari data dan informasi dari buku – buku yang relevan, data dari  informasi atau fotocopy yang berkaitan dengan masalah yang ada pada  perusahaan CV. DANY’S MEDAN.
  4.  Metode Analisis      a. Metode Deskriptif  Adalah metode yang dilakukan dengab cara mengumulkan data – data  yang diperoleh. Selanjutnya diolah sehingga memperoleh gambaran jelas,  terarah, menyeluruh dari masalah yang dibahas secara umum.
b.  Metode Deduktif Metode ini digunakan untuk menarik kesimpulan yang logis berdasarkan  teori yang telah diterima sebagai suatu kebenaran umum dimana metode  ilmiah ini menggunakan metode teori berlaku.
  BAB II GAMBARAN UMUM CV. DANY’S MEDAN A.  PROFIL PERUSAHAAN  1.  Sejarah Singkat Berdirinya Perusahaan CV. DANY’S MEDAN adalah sebuah perusahaan percetakan yang berdiri pada  tahun 2003, dengan modal awal yang tidak terlalu besar jumlahnya, serta pengetahuan  yang sangat minim di bidang fotocopy dan percetakan.
Pada Tahun 2003  : Jumlah karyawan 1 orang dan satu unit mesin fotocopy.
Pada Tahun 2004  : Jumlah karyawan 3 orang dan dua unit mesin fotocopy.
Pada Tahun 2005  : Jumlah karyawan 4 orang dan dua unit mesin fotocopy.
Pada Tahun 2006  : Jumlah karyawan 6 orang dan tiga unit mesin fotocopy.
Pada Tahun 2007  : Jumlah karyawan 8 orang dan tiga unit mesin fotocopy.
Pada Tahun 2008 – sampai dengan sekarang ( Maret 2009 ) total jumlah karyawan 11  orang dengan lima unit mesin fotocopy.
Karena pekerjaan yang terus meningkat, maka peralatan dan penambahan karyawan  harus dilakukan. Karena kondisi ruangan yang tidak begitu luas maka dalam perekrutan  karyawan yang diprioritaskan adalah karyawan yang telah berpengalaman dan mempunyai ketrampilan khusus di bidangnya masing – masing, sehingga dalam  melakukan pekerjaannya dapat dilakukan secara perorangan maupun dengan tim agar  pekerjaan dapat mudah dilakukan. Karena masing – masing dapat melengkapi kebutuhan  yang diperlukan tanpa harus ada bantuan dari pemilik. Berbekal pengetahuan dan  pengalaman, masing – masing karyawan CV. DANY’S MEDAN berusaha dalam  pengembangan dan kemajuan usaha. Beberapa karyawan sudah dapat memberikan  peayanan yang lebih baik kepada konsumen tanpa mengurangi mutu produk tersebut.
Dengan kecepatan kerja dan dalam jumlah yang banyak dapat dilakukan dengan sortir di  atas mesin cetak manual, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat. Proses  fotocopy selesai dan bagian sortir jga selesai dilakukan,  sehingga hal demikian  memberikan nilai tambah bagi konsumen. Pada bagian penjilidan, pekerjaan menjilid  dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga menghasilkan suatu jilidan “ express “.
Dalam kegiatan usahanya selain di bidang percetakan, CV. DANY’S MEDAN juga  menjual barang – barang yang berhubungan dengan percetakan dan pengadaan alat tulis  dan kantor kepada konsumen.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi