Senin, 26 Mei 2014

Skripsi Finansial: PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP NASABAH DI BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang .
Perkembangan dunia usaha termasuk sektor Perbankan di kota Medan  dalam beberapa tahun ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, perkembangan  itu berkaitan dengan adanya perkembangan ekonomi nasional, disamping adanya  berbagai kemudahan yang diberikan oleh pemerintah dengan menciptakan iklim  yang lebih baik bagi perkembangan usaha dibidang Perbankan di Indonesia. Hal  ini di buktikan dengan banyaknya bank-bank baru yang membuka kantor atau  cabang di Sumatera Utara. Menurut dinas Infokom dan Pusat Data Elektronik kota  Medan sampai dengan tahun 2007, ada sekitar 64 Bank Swasta dan 8 Bank  Pemerintah yang membuka kantor di Medan.

Perbankan merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat penting  peranannya dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Dimana fungsi utamanya  adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat, yang bertujuan untuk  menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan  pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, serta pertumbuhan ekonomi dan  stabilitas nasional kearah peningkatan taraf hidup rakyat banyak.
Banyaknya Bank yang ada di Indonesia saat ini, membuat persaingan  semakin ketat dan berlomba untuk memperoleh peringkat paling baik dimata  masyarakat, khususnya di kota Medan. Oleh sebab itu diperlukan strategi yang  baik oleh masing masing Perbankan guna meningkatkan laba dan memiliki    kualitas yang bermutu. Salah satu cara yang tepat adalah adanya peranan  Customer Service dalam meningkatkan pelayanan terhadap nasabah di Bank atau  Instansi lain, karena pelayanan pelanggan yang bermutu merupakan kunci sukses  dan dasar untuk membangun keberhasilan  disuatu perusahaan. Hampir setiap  perusahaan mempekerjakan petugas pelayanan pelanggan (Customer Service)  dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah yang datang secara baik dan  memuaskan, karena peranan Customer Service sangat penting dan merupakan  tulang punggung kegiatan operasional dalam dunia Perbankan. Tanpa adanya  peran Customer Service maka sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan  perusahan.
Secara umum pengertian Customer Service adalah setiap kegiatan yang  diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan nasabah, melalui  pelayanan yang bermutu yang dapat memehuhi keinginan dan kebutuhan nasabah.
Pelayanan pelanggan (Customer Service) bermutu hanya bisa dipahami dari sudut  pandang nasabah (pelanggan), Yaitu nasabah cenderung memberikan penilaian  terhadap tingkat pelayanan dari dua dimensi : a. Dimensi Procedural : Mencakup  sistem dan prosedur yang telah tertata guna menyampaikan produk dan atau  pelayanan. b. Dimensi Pribadi : Berhubungan dengan bagaimana penyedia  pelayanan dalam menggunakan sikap, perilaku, dan kemampuan lisan dalam  berinterkasi dengan pelanggan.
Agar pelayanan (service) yang diberikan berjalan dengan baik, maka interaksi  antara nasabah dan Customer Service haruslah berjalan dengan baik. Interaksi ini  terjadi komunikasi antara Customer Service dengan nasabah, meliputi : apa yang    mereka katakan, bagaimana mereka mengatakan, apa yang mereka lakukan, dan  bagaimana mereka melakukan interaksi antara nasabah (pelanggan) dengan  peralatan teknis dan fisik yang ada dalam organisasi, seperti : pengisian  dokumen/formulir, cara pembayaran, dan lain sebagainya. Perlu juga diingat  bahwa dalam memberikan pelayanan, customer service bank selalu dituntut agar  dapat memuaskan nasabah tanpa melanggar harga diri atau etika. Ada beberapa  etiket pelayanan yang dapat diberikan oleh pegawai bank, khususnya customer  service dalam rangka memberikan pelayanan kepada nasabah : 1. Mengucapkan  salam pada saat bertemu dengan nasabah, seperti selamat pagi, selamat siang atau  selamat sore. 2. Setelah mengucapkan salam, segera mempersilahkan tamu untuk  masuk atau duduk dengan sopan atau suruh menunggu sebentar. 3. Baik dalam  mengucapkan salam atau mempersilahkan tamu masuk atau duduk selalu ramah  dan senyum. 4. Bertanya tentang keperluan nasabah, secara ramah, sopan dan  lemah lembut. 5. Biasakan dan mulailah mengucapkan tolong atau maaf untuk  menyuruh nasabah mengisi formulir atau menunggu sesaat. 6. Ucapkan kata  terima kasih apabila nasabah memberikan saran atau hendak pamit setelah  menyelesaikan masalahnya.
Adanya pelayanan yang baik itu membuat nasabah merasa senang dan  dihargai, sehingga nasabah akan kembali lagi dan melanjutkan hubungan bisnis  dengan perusahaan tersebut. Kemudian akan menceritakan kepuasan dan kebaikan  pelayanan yang diperoleh kepada rekan yang lain. Hal ini dapat mempengaruhi  pertumbuhan perusahaan dan penambahan peluang atau kesempatan bagi  Customer Service.
  Dalam praktiknya, fungsi Customer Service adalah sebagai berikut : a) Sebagai Resepsionis Sebagai resepsionis artinya seorang Customer Service berfungsi sebagai  penerima tamu yang datang ke bank. Dalam hal menerima tamu, Customer  Service harus bersikap ramah tamah, sopan santun, tenang, simpatik,  menarik dan menyenangkan. Dalam hal ini Customer Service harus  bersikap selalu memberi perhatian, berbicara dengan suara yang lembut  dan jelas. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti serta mengucapkan  salam sesuai kondisinya.
b) Sebagai Deskman Sebagai deskman artinya seorang Customer Service berfungsi sebagai  orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau  calon nasabah. Misalnya, memberikan informasi mengenai produk –  produk bank, menjelaskan manfaat dan ciri – ciri produk bank tersebut,  menjawab pertanyaan nasabah mengenai produk bank, serta membantu  nasabahmengisi formulir aplikasi.
c) Sebagai Salesman Maksudnya Customer Service berfungsi sebagai orang yang menjual  produk perbankan sekaligus sebagai  cross selling,  mengadakan  pendekatan, dan mencari nasabah baru. Berusaha membujuk nasabah yang  baru serta berusaha mempertahankan nasabah yang lama, mengatasi setiap  permasalahan yang dihadapi nasabah, termasuk keberatan dan keluhan  nasabah.
  d)  Sebagai Customer Relation Officer Yaitu berfungsi sebagai orang yang dapat membina hubungan baik dengan  seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap  bertahan tidak lari dari bank yang bersangkutan apabila menghadapi  masalah. Sehingga nasabah merasa senang, puas dan semakin percaya  kepada bank, serta sebagai penghubung antara bank dengan seluruh  nasabah.
e)  Sebagai Komunikator Sebagai komunikator Customer Service berfungsi sebagai orang yang  menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu  yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah, selain itu  memberikan kemudahan – kemudahan dan tempat menampung keluhan,  keberatan atau konsultasi.
B.  Perumusan Masalah Seperti yang kita ketahui bahwa dengan adanya peranan Customer Service  dalam meningkatkan pelayanan terhadap nasabah sangat penting untuk  perkembangan perusahaan. Oleh karena itu berbagai cara harus dilakukan oleh  pihak Bank untuk menciptakan atau menarik minat nasabah agar bergabung  dengan produk – produk dan jasa yang ditawarkan melalui Peranan Customer  Service.
  Dari uraian diatas yang menjadi permasalahan pokok dari penulisan Tugas  Akhir ini adalah untuk Mengetahui “ Bagaimana Peranan Customer Service  Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Nasabah di Bank Tabungan  Pensiunan Nasional Dan Prosedur Penanganan Nasabah Untuk Dapat  Meningkatkan Mutu Pelayanan “? C. Tujuan Penelitian a.  Mengetahui seberapa besar Peranan Customer Service dalam  memberikan pelayanan terhadap nasabah di Bank Tabungan Pensiunan  Nasional.
b.  Mengetahui aktivitas yang dilakukan dalam memberikan pelayanan  terhadap nasabah di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).
D. Manfaat Penelitian  a.  Bagi Penulis, memberikan kontribusi bagi penulis untuk memperluas  cakrawala berpikir dalam bidang Perbankan, khususnya yang berkaitan  dengan Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan  Terhadap Nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional.
b.  Bagi Bank Tabungan Pensiunan Nasional ( BTPN ) Kantor Cabang  Putri Hijau Medan, hasil penelitian ini dapat menjadi masukan yang  menjadi acuan untuk terus dapat meningkatkan dan memperhatikan  Peranan Customer Service dalam melayani nasabah agar merasa puas  dan senang terhadap pelayanan yang diberikan.
 c.  Bagi Peneliti Lain, sebagai bahan referensi yang dapat menjadi bahan  pertimbangan dalam melakukan penelitian dimasa yang akan datang,  khususnya penelitian yang berkaitan dengan Peranan Customer Service  dalam meningkatkan pelayanan terhadap nasabah di Bank Tabungan  Pensiunan Nasional ( BTPN ).



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi