BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Madrasah sebagai sebuah lembaga
formal dalam prosesbelajar mengajar
tidak lepas dari berbagai persoalan. Meskipun kurikulum madrasah
memiliki penambahan dalam
mata pelajaran agama,
namun di sisi lain dalam
kenyataannya penyelenggaraan pendidikan madrasah masih dihadapkan
pada sejumlah persoalan yang mengacu
pada perbaikan dan peningkatan mutu
di berbagai bidang.
Persoalan kualitas Madrasah
berkaitan dengan peran
kepemimpinan kepala sekolah, di mana peran kepemimpinan kepala
sekolah sangat penting bagi mutu sekolah
yang dipimpinnya. Terbukti dari
beberapa penelitian yang
menyatakan pentingnya peran
kepala sekolah dalam
memajukan sekolah yang
dipimpinnya, bagaimana kepala
sekolah memberdayakan guru,
staf dan siswa
dengan cara memberikan
motivasi, membina hubungan
dan perhatiannya terhadap
mereka merupakan perilaku
yang sangat berpengaruh
terhadap persepsi mereka
dan mempengaruhi motivasi kerja mereka.
Adanya
perhatian, dorongan, usaha-usaha
kepala sekolah dan
upayaupaya yang terus
menerus dilakukan dalam
rangka meningkatkan mutu
sekolah akan mempengaruhi juga prestasi belajar siswanya. Madrasah
yang bermutu dapat dilihat dari prestasi
yang sudah diraih.
http://www.digilib.ui.ac.id/opac/themes/libri2/detail.jsp?id=96980&lokasi=lok MAN 6 Jombang merupakan salah satu madrasah
yang memiliki prestasi yang sangat baik
dari pada sekolah disekitarnya. Keberhasilan pendidikan ini tidak hanya diukur
dari nilai-nilai akademis,
tetapi juga nilai
non akademis.
Tolak ukur
nilai non akademis
bisa dilihat dari keberhasilan kegiatan
ekstra kurikuler. Di MAN 6
Jombang ini memiliki 12 jenis kegiatan ekstra kurikuler, baik
kegiatan ektra kurikuler
umum maupun keagamaan.
Adapun kegiatan ekstra
kuler yang ada
di MAN 6
Jombang adalah sebagai
berikut: Seni musik/Qosidah, Rebana/Hadra,
Qiroatul Qur’an, Istighosah,
Khutbah, Bimbingan Bahasa
Arab, Club bahasa
Inggris, Pramuka, Tata
Boga, PMR, dan Olah Raga, KIR.
Prestasi akademik
yang pernah diraih
oleh MAN 6
Jombang meliputi: pada tahun 2003 juara 3 danem tertinggi MAN
se JATIM, tahun 2004 juara 3 UKS MA/ SMA
se Jombang, tahun 2008 juara 2 KIR MA/SMA se Jombang, tahun 2007 juara 2 gugus tergiat MA/SMA se
Jombang,tahun 2009 juara 3
olimpiade Ekonomi se
JATIM. Dari prestasi
akademik yang sudah
diraih, MAN 6 juga memiliki
prestasi non akademik, yang meliputi: pada tahun 2007 juara
1 lintas puncak
lawu se JATIM,
tahun 2007 juara
2 footsal MAN
se Jombang, tahun
2007 juara 1
lari cepat dan
jarak jauh 1000-3000
m, tahun 2006 juara 1 puisi MA/SMA se Jombang.
Selain prestasi di bidang umum di
MAN 6 Jombang juga memiliki pretasi
dalam bidang keagamaan,
yang meliputi: juara
2 pidato bahasa
Arab se kecamatan
Tembelang, juara 1
kasidah se Jombang,
juara 2 CCQ
MAN se Jombang,
juara 3 MTQ
se Jombang, juara
2 Qiro’ah se Jombang.
Prestasi- prestasi yang sudah diraih oleh MAN 6 Jombang tidaklepas dari
upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala
sekolah.
Berangkat dari latar belakang
permasalahan yang telah diungkapkan dari
awal, maka peneliti
mengangkat pemikiran diatas
ke dalam sebuah
skripsi berjudul: ”Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam
Di Man 6 Jombang”.
Maksud penulis
mengambil permasalahan ini,
karena penulis ingin
berusaha untuk mengungkap
bagaimana upaya kepala
sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dalam
mencetaksiswa yang berprestasi, serta
siswa yang berpengetahuan luas, berpengalaman, beriman, dan bertakwa kepada Allah SWT.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas
maka rumusan masalahnya
adalah; bagaimana upaya
kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi belajar
pendidikan agama Islam di MAN 6 Jombang?
C. Tujuan
penelitian
Tujuan penelitian
ini adalah untuk
mengetahui upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan prestasi
belajar pendidikan agama
Islam di MAN
6 Jombang.
D. Manfaat
Penelitian
Suatu penelitian
dapat dikatakan berhasil
apabila dapat memberikan
manfaat yang berarti
pada dunia pendidikan
yang diteliti maupun
masyarakatnya.
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat
bermanfaat kepada berbagai
pihak yaitu: 1.
Secara Teoritis Secara teoritis
dapat dipakai sebagai bahan masukanatau menambah khasanah
sehingga dapat mengembangkan
wawasan keilmuan tentang
peningkatan mutu pendidikan Agama Islam.
2. Secara Praktis a)
Bagi sekolah khususnya
bagi kepala sekolah
dapat digunakan sebagai
informasi atau pertimbangan
guna meningkatkan prestasi
belajar pendidikan agama Islam di
MAN 6 Jombang.
b) Bagi guru dapat digunakan sebagai acuan dalam
mengajar.
c) Bagi peneliti
dapat menambah wawasan
keilmuan tentang peningkatan
mutu pendidikan agama Islam.
E. Ruang Lingkup Penelitian
Untuk mendapatkan
gambaran yang jelas
tentang masalah yang
diteliti dalam skripsi ini, maka
perlu pembatasan masalah agar pembahasanya tidak terlalu luas. Adapun ruang lingkup penelitian
ini adalah: 1. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
sarana dan prasarana.
2. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
ekstra kurikuler.
3. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
kompetensi guru.
F. Definisi operasional
Definisi operasional digunakan
untuk persamaan persepsi definisi antara
peneliti dan pembaca.
Hal tersebut dimaksudkan
agar tidak terjadi kesalah
pahaman terhadap konsep-konsep yang disampaikan, sehingga penting
sekali untuk mendefinisikan
istilah-istilah yang digunakanpeneliti. Oleh karena itu, dalam penelitian ini istilah-istilah yang ada
pada variabel judul didefinisikan sebagai berikut: 1.
Prestasi Belajar Prestasi belajar
merupakan bukti keberhasilan
usaha yang telah
dicapai oleh anak
dalam belajar, yang
berupa penambahan pengetahuan,
perubahan sikap dan tingkah laku, serta penguasaan keterampilan.
2. PAI:
adalah materi pendidikan
agama Islam yang
meliputi, Fiqih, AlQur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah
kebudayaan Islam (SKI) 3. Upaya
adalah mencapai suatu
maksud, memecahkan masalah,
mencari jalan keluar.
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi