Jumat, 16 Mei 2014

Skripsi Pendidikan Agama Islam: UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 6 JOMBANG


BAB I 
PENDAHULUAN 
A.      Latar Belakang Masalah 
Madrasah sebagai sebuah lembaga formal dalam prosesbelajar mengajar  tidak lepas dari berbagai persoalan. Meskipun kurikulum madrasah memiliki  penambahan  dalam  mata  pelajaran  agama,  namun  di  sisi  lain  dalam  kenyataannya penyelenggaraan pendidikan madrasah masih dihadapkan pada  sejumlah persoalan yang mengacu pada perbaikan dan  peningkatan mutu di  berbagai  bidang.  Persoalan  kualitas  Madrasah  berkaitan  dengan  peran  kepemimpinan kepala sekolah, di mana peran kepemimpinan kepala sekolah  sangat penting bagi mutu sekolah yang dipimpinnya.  Terbukti dari beberapa  penelitian  yang  menyatakan  pentingnya  peran  kepala  sekolah  dalam  memajukan  sekolah  yang  dipimpinnya,  bagaimana  kepala  sekolah  memberdayakan  guru,  staf  dan  siswa  dengan  cara  memberikan  motivasi,  membina  hubungan  dan  perhatiannya terhadap mereka  merupakan  perilaku  yang  sangat  berpengaruh  terhadap  persepsi  mereka  dan  mempengaruhi  motivasi kerja mereka.

 Adanya  perhatian,  dorongan,  usaha-usaha  kepala  sekolah  dan  upayaupaya  yang  terus  menerus  dilakukan  dalam  rangka  meningkatkan  mutu  sekolah akan mempengaruhi juga prestasi belajar siswanya. Madrasah yang  bermutu dapat dilihat dari prestasi yang sudah diraih.
 http://www.digilib.ui.ac.id/opac/themes/libri2/detail.jsp?id=96980&lokasi=lok  MAN 6 Jombang merupakan salah satu madrasah yang memiliki prestasi  yang sangat baik dari pada sekolah disekitarnya. Keberhasilan pendidikan ini  tidak  hanya  diukur  dari  nilai-nilai  akademis,  tetapi  juga  nilai  non  akademis.
Tolak  ukur  nilai  non  akademis  bisa  dilihat  dari keberhasilan  kegiatan  ekstra  kurikuler. Di MAN 6 Jombang ini memiliki 12 jenis kegiatan ekstra kurikuler,  baik  kegiatan  ektra  kurikuler  umum  maupun  keagamaan.  Adapun  kegiatan  ekstra  kuler  yang  ada  di  MAN  6  Jombang  adalah  sebagai  berikut:  Seni  musik/Qosidah,  Rebana/Hadra,  Qiroatul  Qur’an,  Istighosah,  Khutbah,  Bimbingan  Bahasa  Arab,  Club  bahasa  Inggris,  Pramuka,  Tata  Boga,  PMR,  dan Olah Raga, KIR.
Prestasi  akademik  yang  pernah  diraih  oleh  MAN  6  Jombang  meliputi:  pada tahun 2003 juara 3 danem tertinggi MAN se JATIM, tahun 2004 juara 3  UKS MA/ SMA se Jombang, tahun 2008 juara 2 KIR MA/SMA se Jombang,  tahun 2007 juara 2 gugus tergiat MA/SMA se Jombang,tahun 2009 juara 3  olimpiade  Ekonomi  se  JATIM.  Dari  prestasi  akademik  yang  sudah  diraih,  MAN 6 juga memiliki prestasi non akademik, yang meliputi: pada tahun 2007  juara  1  lintas  puncak  lawu  se  JATIM,  tahun  2007  juara  2  footsal  MAN  se  Jombang,  tahun  2007  juara  1  lari  cepat  dan  jarak  jauh  1000-3000  m,  tahun  2006 juara 1 puisi MA/SMA se Jombang.
Selain prestasi di bidang umum di MAN 6 Jombang juga memiliki pretasi  dalam  bidang  keagamaan,  yang  meliputi:  juara  2  pidato  bahasa  Arab  se  kecamatan  Tembelang,  juara  1  kasidah  se  Jombang,  juara  2  CCQ  MAN  se  Jombang,  juara  3  MTQ  se  Jombang,  juara  2  Qiro’ah  se Jombang.  Prestasi- prestasi yang sudah diraih oleh MAN 6 Jombang tidaklepas dari upaya-upaya  yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Berangkat dari latar belakang permasalahan yang telah diungkapkan dari  awal,  maka  peneliti  mengangkat  pemikiran  diatas  ke  dalam  sebuah  skripsi  berjudul:  ”Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar  Pendidikan Agama Islam Di Man 6 Jombang”.
Maksud  penulis  mengambil  permasalahan  ini,  karena  penulis  ingin  berusaha  untuk  mengungkap  bagaimana  upaya  kepala  sekolah  dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa, dalam mencetaksiswa yang berprestasi,  serta siswa yang berpengetahuan luas, berpengalaman, beriman, dan bertakwa  kepada Allah SWT.
B.      Rumusan Masalah 
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas  maka  rumusan  masalahnya  adalah;  bagaimana  upaya  kepala  sekolah  dalam  meningkatkan  prestasi  belajar  pendidikan agama Islam di MAN 6 Jombang? 
C.      Tujuan penelitian 
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  upaya kepala  sekolah  dalam  meningkatkan  prestasi  belajar  pendidikan  agama  Islam  di  MAN  6  Jombang.
D.      Manfaat Penelitian 
Suatu  penelitian  dapat  dikatakan  berhasil  apabila  dapat  memberikan  manfaat  yang  berarti  pada  dunia  pendidikan  yang  diteliti  maupun  masyarakatnya.
Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  bermanfaat  kepada  berbagai  pihak  yaitu:  1.  Secara Teoritis  Secara teoritis dapat dipakai sebagai bahan masukanatau menambah  khasanah  sehingga  dapat  mengembangkan  wawasan  keilmuan  tentang  peningkatan mutu pendidikan Agama Islam.
2.  Secara Praktis  a)  Bagi  sekolah  khususnya  bagi  kepala  sekolah  dapat  digunakan  sebagai  informasi  atau  pertimbangan  guna  meningkatkan  prestasi  belajar  pendidikan agama Islam di MAN 6 Jombang.
b)  Bagi guru dapat digunakan sebagai acuan dalam mengajar.
c)  Bagi peneliti  dapat  menambah  wawasan  keilmuan  tentang  peningkatan  mutu pendidikan agama Islam.
E.  Ruang Lingkup Penelitian 
Untuk  mendapatkan  gambaran  yang  jelas  tentang  masalah  yang  diteliti  dalam skripsi ini, maka perlu pembatasan masalah agar pembahasanya tidak  terlalu luas. Adapun ruang lingkup penelitian ini adalah:  1.  Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana.
2.  Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan ekstra kurikuler.
3.  Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru.
F.  Definisi operasional
Definisi operasional digunakan untuk persamaan persepsi definisi antara  peneliti  dan  pembaca.  Hal  tersebut  dimaksudkan  agar tidak  terjadi  kesalah  pahaman terhadap konsep-konsep yang disampaikan, sehingga penting sekali  untuk mendefinisikan istilah-istilah yang digunakanpeneliti. Oleh karena itu,  dalam penelitian ini istilah-istilah yang ada pada  variabel judul didefinisikan  sebagai berikut:  1.  Prestasi Belajar  Prestasi  belajar  merupakan  bukti  keberhasilan  usaha  yang  telah  dicapai  oleh  anak  dalam  belajar,  yang  berupa  penambahan  pengetahuan,  perubahan sikap dan tingkah laku, serta penguasaan keterampilan.
2.  PAI:  adalah  materi  pendidikan  agama  Islam  yang  meliputi,  Fiqih,  AlQur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah kebudayaan Islam (SKI)  3.  Upaya  adalah  mencapai  suatu  maksud,  memecahkan  masalah,  mencari  jalan keluar.
   
Download lengkap Versi PDF


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi