Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MAJALAH DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 01 SINGOSARI


BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang Masalah  Pendidikan tidak hanya dapat diartikan sebagai usaha pemberian  informasi atau pentransferan informasi seorang pendidik atau guru kepada  murid. Tetapi diperluas lagi sehingga mencakup usaha untuk mewujudkan  keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup  pribadi sosial yang memuaskan. Pendidikan bukan semata-mata sebagai saran  untuk persiapan kehidupan yang akan datang tetapi untuk anak sekarang yang  sedang mengalami perkembangan. Tujuan pendidikan nasional yang sesuai  dengan visi dan misi Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), dimana  dalam bab 3 (Visi dan Misi) poin 11 dinyatakan:   Perwujudan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan  bermutu guna mempereguh akhlak mulia, kreatif, inofatif, berwawasan  kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin dan bertanggung jawab,  berketerampilan dan menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi dalam  rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia  Lembaga pendidikan formal seperti sekolah dasar (SD), sekolah  menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), perguruan tingi  (PT) dan lembaga pendidikan formallainnya membutuhkan perangkat untuk  memperlancar proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Perangkat atau  media belajar disamping dapat membantuproses belajar mengajar juga bisa  membantu peserta didik untuk memahami materi dengan mudah.

  Ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/1999 Tentang GBHN: 18   Peserta didik sebagai peserta didik dalam proses belajar mengajar  banyak mengalami kesulitan dalam belajar,yang pada akhirnya hal ini akan  berpengaruh pada proses belajar mengajar. Untuk mengatasi permasalahan  peserta didik dalam proses belajar mengajar diperlukan suatu media penunjang  pembelajaran.
 Penyampaian pesan pendidikan dapat dilakukan dengan menggunakan  alat bantu atau media pendidikan. Menurut Shalahuddin (dalam Arsyad  Azhar) media pendidikan ialah segalasesuatu yang dapat digunakan untuk  merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemauan peserta didik sehingga  dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri peserta didik .
 Dengan adanya majalah sebagai salah satu bagian dari media cetak,  peserta didik diharapkan dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan  masing-masing. Materi-materi pelajaran dapat dirancang sedemikian rupa  sehingga mampu memenuhi kebutuhan peserta didik, baik yang lambat  ataupun yang cepat memahami dan membaca. Namun pada akhirnya semua  peserta didik diharapkan dapat menguasai materi pelajaran itu di samping  dapat mengulangi materi dalam media cetak, peserta didik akan mengikuti  urutan pikiran secara logis .
 Salah satu media penunjang pembelajaran yang dapat digunakan  adalah majalah, di samping media-media yang lain seperti media audio visual  atau media proyeksi diam, peran majalah tidak dapat dikesampingkan karena  majalah mudah untuk di dapatkan peserta didik atau peserta didik dengan cara   Arsyad Azhar,Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2003), hal   Ibid. hal 38   meminjam di perpustakaan, membeli ke toko buku atau dengan cara membeli  di grosir majalah.
 Solusi yang paling tepat bagi para peserta didik untuk media  penunjang pembelajaran salah satunya adalah perpustakaan sekolah. Menurut  Smith “...perpustakaan sekolah merupakan jawaban paling wajar, paling  murah dan paling mudah untuk menyediakan buku yang digunakan untuk  keperluan tersebut bagi anak-anak yang tidak mampu atau setidaknya bagi  yang belum merasakan kesenangan dari kebiasaan membaca. Majalah sebagai  salah satu media cetak yang juga sebagai salah satu media pembelajaran tidak  bisa digunakan secara langsung, karena isi majalah itu sendiri ada yang sesuai  dengan materi dan ada juga yang tidak. Arsyad mengatakan meskipun isi  informasi media cetak harus diperbaharui dan direfisisesuai dengan  perkembangan dan temuan-temuan baru dalam bidang ilmu itu, materi  tersebut dapat direproduksi dengan ekonomis dan di distribusikan dengan  mudah.
  Karena tidak semua sekolah memiliki media-media yang lebih modern  dari pada media cetak, dan juga kelebihan dari media cetak dapat dinikmati  secara berulang-ulang. Karenanya ia mampu melakukan reformasi peradaban  manusia, dimanapun di dunia ini.
 Dengan penemuan-penemuan tehnologipengajaran, kegiatan belajar  mengajar tidak harus bahwa guru hadir di tengah-tengah kegiatan peserta  didik. Kegiatan belajar peserta didik dapat terjadi hanya dengan media-media   Ibid. hal. 9  yang dimanfaatkan guru. Segalainstruksi kegiatan belajar didesain melalui  media cetak atau yang lain, sehingga kegiatan belajar peserta didik tinggal  mengikutinya.
 Kegiatan belajar mengajar menjadi kurang maksimal ketika  keberadaan seorang guru tidak dapat hadir untuk memberikan atau  menerangkan mata pelajaran, tetapi dengan keberadaan majalah, seorang guru  dapat memberikan tugas kepada peserta didik-peserta didiknya untuk  mengerjakan tugas, seperti mengerjakanlatihan-latihan soal, LKS, membuat  kliping, membuat tanggapan tentang perkembangan yang terjadi di dalam  negeri ataupun yang terjadi di luar negeri yang berkaitan dengan mata  pelajaran ekonomi itu sendiri.
 Untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas tidak hanya sosok  seorang guru yang memiliki peran utama tetapi media atau alat seperti majalah  juga memiliki peran yang tidak dapat dikesampingkan, dengan adanya  majalah peserta didik diharapkan untuk belajar lebih aktif tidak hanya  mengandalkan sosok seorang guru, sehingga saat proses belajar mengajar  berlangsung seorang guru tinggal menerangkan permasalahan atau pokok  bahasan dari materi yang tidak dimengerti oleh peserta didik, sehingga  Efektivitas waktu belajar di kelas lebih optimal.
 Dari paparan di atas penulis bermaksud mencari sejauh mana  keefektifan penggunaan majalah dalam proses belajar mengajar dapat  membantu meningkatkan prestasi belajar peserta didik khususnya mata  pelajaran ekonomi, untuk itu penulismengemukakan judul penelitian  “Efektivitas Penggunaan Majalah dalam Proses Belajar Mengajar Mata  Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMAN 01 Singosari”.
 B.  Fokus Masalah  Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat difoluskan  beberapa masalah yang lebih terperinci antara lain sebagai berikut:  1.  Bagaimana proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di  SMAN 01 Singosari?  2.  Bagaimana tingkat keefektifan penggunaan majalah dalam pembelajaran  mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas XI di SMAN Singosari?  
C. Tujuan Penelitian  1.  Untuk mengetahui proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi di  SMAN 01 Singosari.
 2.  Untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan majalah dalam  pembelajaran mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 01 Singosari.
 D. Kegunaan Penelitian  Setelah tercapai tujuan pembahasan tersebut, penulis berharap agar  hasilnya nanti dapat dipergunakan sebagai berikut : 1.  Sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi para guru SMAN  01 Singosari tersebut dan bagi siapa saja yang merasa bertangung jawab  terhadap pelaksanaan Pendidikan.
 2.  Sebagai bahan informasi tentang Implementasi Manajemen Berbasis  Sekolah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di SMAN 01 Singosari.
 3.  Sebagai bahan pengetahuan dan pengalaman dalam rangka menyusun  karya ilmiah dan sekaligus ingin memberikan sumbangan pemikiran dalam  rangka meningkatkan mutu pendidikan  4.  Sebagai bahan studi bagi penulissendiri yang bermanfaat untuk  pembahasan ini.
 E.  Manfaat Penelitian  1.  Bagi lembaga sekolah  Dapat dijadikan bahan pertimbangan di lembaga sekaligus kerangka  acuan dalam mengembangkan hal-hal yang perlu di kembangkan yang  berkaitan dengan penggunaan majalah dalam meningkatkan proses belajar  mengajar khususnya mata pelajaran ekonomi.
 2.  Bagi guru  Sebagai masukan dalam merancang kegiatan belajar mengajar serta  dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik serta dapat  memberikan variasi yang berbeda dalam kegiatan belajar mengajar yang  pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan juga  tujuan pendidikan.
 3.  Bagi peserta didik.
 Untuk memperoleh gambaran mengenai majalah sebagai media atau  alat dalam meningkatkan proses belajar mengajar yang dapat membantu  proses belajar mengajar siswa (peserta didik), khususnya dalam hal  pemahaman tentang materi- materi yang berkaitan mata pelajaran ekonomi  ataupun mata pelajaran yang lain.
 4.  Bagi peneliti  Dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan pada khususnya  dan pembaca pada umumnya, sehingga dapat mengembangkan  pengetahuan dengan wawasan yang lebih luas baik secara teoritis maupun  praktis, agar kelak di kemudian haripengalaman yang telah diperoleh bisa  diterapkan lebih baik dari yang sesudahnya.
 F.  Definisi istilah  Untuk menghindari interpretasi perlu kiranya penulis memberikan batasan  pada konsep yang dipakai dalam penulisan penelitian ini, antara lain:  1.  Efektivitas oleh penulis disini diartikan sebagai pengukuran dalam  tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya  2.  Majalah yang penulis maksudkan adalah hasil karya tulis yang telah  dibukukan dan diterbitkan secara periodik baik oleh lembaga yang resmi,  khususnya yang ada kaitannya dengan pendidikan ekonomi.
 3.  Proses belajar mengajar adalah suatu kegiatan penyampaian pesan dari  sumber pesan kepada penerima pesan dalam rangka mencapai tujuan  pendidikan di mana peserta didik dapat dengan mudah dalam menerima  mata pelajaran, pada saat berada di kelas, diantarannya adalah saat guru  menerangkan, tanya jawab, pengerjaan latian soal.
 G. Sistematika Pembahasan  Penulisan penelitian ini , peneliti bagi menjadi 4 (empat) bab, tiap bab  menjadi sub bab yaitu sebagai berikut :  Bab I:Merupakan Bab Pendahuluan yang menggambarkan  masalah-masalah yang akan dibahas padabab berikutnya, terdiri dari latar  belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,  definisi operasional dan sistematika pembahasan.
 Bab II:Merupakan Kajian Teoritik dari Judul Efektivitas  Penggunaan Majalah dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran  Ekonomi Kelas XI di SMAN 01 Singosari , yang menjelaskan tentang  Pengertian Efektivitas, Penggunaan media pembelajaran dalam proses  belajar mengajar, dan efektivitas penggunaan majalah dalam proses belajar  mengajar.
 Bab III:Dalam bab ini di jelaskan tentang metode penelitian,  lokasi penelitian, pendekatan penelitian, data, sumber data, teknik  pengumpulan data, teknik analisisnya, dan tahap-tahap penelitian.
 Bab IV:Dalam bab ini di jelaskan tentang data hasil penelitian  yang berisi mengenai uraian sejarah singkat berdirinya SMAN 01  Singosari, sarana prasarana , tenaga pengajar, jumlah siswa dan struktur  organisasinya kemudian penyajian dan analisa data yang diperoleh dari  obyek penelitian.
 Bab V:Dalam bab ini dijelaskan tentang temuan atau pembahasan  dari rumusan masalah.   Bab VI:Merupakan Bab terakhir yang memuat kesimpulan akhir  dari isi sebagai jawaban yang diuraikan dari rumusan masalah di awal  tulisan ini, dan kemudian saran-saran, daftar pustaka dan lampiranlampiran.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi