Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: HUBUNGAN METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 MALANG


BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang  Pendidikan  memegang  peranan  pent ing  dalam  kemajuan  dan  masa  depan  bangsa,  tanpa  pendidikan  yang  baik  mustahil  suatu  bangsa  akan  maju.  Berhasil  atau  ti daknya  suatu  pendidikan  dalam  suatu  negara  salah  satunya  adalah  karena  guru.  Guru  mempunyai  peranan  yang  sangat  pent ing  dalam  perkembangan  dan  kemajuan  anak  didiknya.  Dari   sinilah  guru  di tuntut  untuk  dapat  menjalankan  tugas  dengan  sebaik-baiknya.  Untuk  dapat  mencapai   tuj uan  pengajaran  yang  diharapkan,  guru  harus  pandai  memilih  metode  yang  tepat  dan  sesuai  dengan  kebutuhan  anak  didik,  supaya  anak  didi k  merasa  senang  dalam  proses  belajar  mengajar berl angsung.
 Kegiatan  belajar  mengajar  yang  melahirkan  interaksi   unsur-unsur  manusiawi adalahsebagai suatu proses dal am rangka mencapai tuj uan pengajaran.
Guru  mengatur  lingkungan  belajar  agar  bergai rah  bagi  anak  didik.  Sal ah  satu  usaha  yang  ti dak  pernah  di   t inggalkan  adalah  melalui  metode,  karena  metode  pengajaran  sebagai  salah  satu  komponen  yang  ikut  ambil  bagian  keberhasilan  belajar mengajar.

Metode  sangat  penting  dalam  kegiatan  belajar  mengajar,  karena  ti dak  ada  satupun  kegiatan  belajar  yang  t i dak  menggunakan  metode  pengajaran,  karena  metode  berfungsi   sebagai   alat  perangsang  dari   luar  yang  dapat  membangki tkan   Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Jakarta:  Rineka Cipta, 2000), hlm. 1-  belajar  seseorang.  Guru  memahami  benar  kedudukan  metode  sebagai  alat  mot ivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar.
Seti ap  metode  pembelajaran  yang  digunakan  bertalian  dengan  tuj uan  belajar  yang  ingin  dicapai.  Metode  diharapkan  dapat  menjadi   indikator  tercapainya  sebuah  kegiatan  belajar  mengajar  untuk  mencapai  tuj uan  yang  diinginkan.  Selain  i tu  metode  merupakan  unsur  yang  sangat  pent ing  dan  t i dak  dapat  dihilangkan  dalam  pendidikan  untuk  mencapai  suatu  tuj uan  yang  diinginkan.
Sel ain  i tu  untuk  menerima  dan  menguasai   pelajaran  dengan  baik  dan  terlibat dal am proses  belajar mengajar maka anak  di dik  harus dalam kondisisehat,  baik  jasmani   atau  rohani   dan  siap  pada  set i ap  materi   yang  akan  disampaikan.
Di sinilah  peran  seorang  guru  untuk  membantu  proses  berfiki r  anak  didik,  sehingga  anak  didik  dapat  menerima  dan  memahami  tentang  apa  yang  sedang  di pelajari ,  agar  proses  belajar  mengajar  sesuai  dengan  apa  yang  diharapkan,  maka  di perlukan suatu metode yang efektif dan efesien.
 Keberhasilan  guru  bergantung  pada  cara-cara  di a  melakukan  pendekatan  terhadap  anak  didik.  Tetapi   i tu  saja  t i dak  cukup  atau  ti dak  menjadikan  berhasil  dal am  pendidikannya.  Untuk  i tu,  i a  harus  mempertimbangkan  metode  apa  yang  harus  dipakai   dengan  melihat  waktu  dan  kondisi .  Ji ka  ia  gagal  berbuat  demikian,  maka  hasil  negat iflah  yang  akan  muncul .  Prinsip  ini  sesuai  dengan  hadi ts  riwayat  Ibnu Mas’ud:   Saiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), hlm.
 “Nabi  SAW  biasa  mengajari  kami  dengan  memilih  hari  (waktu)  yang  tepat,  sehingga kami tidak merasa bosan. (H.R.Bukhari).
Dan  sepert i   yang  dijelaskan  dalam  Al-Qur’an  Surat  Al -  ‘Imron  ayat  79  Dan  Surat Al - Maa-Idah ayat 63.
Art inya:  Tidak  wajar  bagi  seseorang  manusia  yang  Allah  berikan  kepadanya  Al  kitab,  hikmah  dan  kenabian,  lalu  dia  Berkata  kepada  manusia:  "Hendaklah  kamu  menjadi  penyembah-penyembahku  bukan  penyembah  Allah."  akan  tetapi  (Dia  berkata):  "Hendaklah  kamu  menjadi  orangorang  rabbani,  Karena  kamu  selalu  mengajarkan  Al  Kitab  dan  disebabkan kamu tetap mempelajarinya.
Art inya:”Mengapa  orang-orang  alim  mereka,  pendeta-pendeta  mereka  tidak  melarang  mereka  mengucapkan  perkataan  bohong  dan  memakan  yang  haram? Sesunguhnya amat buruk apa yang telah mereka kerjakan itu".
Guru  sebagai   seorang  instruktur  yang  baik,  yang  mengajarkan  dari   hal -hal  yang  sederhana  kepada  hal -hal  yang  lebih  kompleks.  Dalam  Al-Qur’an  di  atas   bahwa  kata  rabbani  dilahirkan  dari  kata  yang  sama  dengan  kata  Rabb  yang  mengindikasikan pent ingnya metode yang di pilih  dal am proses pengajaran.
 Guru  adal ah  pendidik  dan  sekaligus  pembimbing  belajar  maka  dari  i t u  guru  harus  pandai -pandai  memilih  metode  manakah  yang  paling  tepat  atau  sesuai  untuk  mata  pelajaran  yang  mereka  pengang.  Adakah  kecakapan  guru  untuk  dapat  menentukan  metode  mana  yang  mudah  membawa  anak  di dik  ke  tuj uan  tersebut.
Metode-metode i tu i alah:  1.  Metode ceramah  2.  Metode tanya  jawab  3.  Metode diskusi  4.  Metode resi tasi  (pemberian tugas)  5.  Metode demonstrasi  6.  Metode eksperimen  7.  Metode sosi odrama dan bermain peranan  8.  Metode bekerj a dalam kel ompok  9.  Metode proyek  10.  Metode problem solving 11.  Karyawisata  12.  Metode film-strips 13.  Metode resource people (manusia sumber)  Dan  metode-metode  l ain  yang  modern  dan  berkembang  di   abad  dewasa  ini .
 Abdur Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Al-Qur’an  Serta Implementasinya (Bandung: CV. Diponegoro, 1991), hlm. 216-  Pemilihan metode ini   berdasarkan:  1.  Sifat dari  pel ajaran  2.  Alat-al at yang tersedi a  3.  Besar/kecilnya kelas  4.  Tempat dan  lingkungannya  5.  Kesanggupan guru  6.  Banyak/sediki t nya  bahan  7.  Tuj uan mata pel ajaran  i tu.
 Banyaknya  bahan  ajar  yang  harus  disampaikan  dan  al okasi  waktu  yang  ti dak  mencukupi  menjadi  masalah  yang  harus  bisa  di tangani   ol eh  seorang  guru,  Hal   ini  sangat  ti dak  imbang  sekali  antara  waktu  yang  tersedi a  dengan  materi   yang  di sampai kan.  Sehingga  menyebabkan  interaksi  bel ajar  mengajar  menjadi  ti dak  efekt if  dan efisien..
Kegiatan  interaksi  belajar  mengajar  harus  selalu  di t ingkatkan  efekt if tas  dan  efisiensinya.  Dengan  banyaknya  kegiatan  pendi dikan  di  sekolah,  dal am  usaha  meningkatkan  mutu  dan  f rekuensi  isi  pelajaran,  maka  sangat  menyi ta  waktu  anak  di dik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut.
 Untuk  mengatasi   keadaan  tersebut  guru  perl u  suatu  cara  agar  pel aksanaan  belajar  mengajar  dapat  terlaksana  secara  efektif,  yang  mana  salah  satunya  yai tu  dengan  menerapkan  atau  menggunakan  metode  resi tasi   sebagai  selingan  dan  variasi  tekhnik  penyajian  pembelajaran,  baik  i tu  tugas  individu,  kel ompok,  di  rumah,  atau  di  sekol ah,  sebagai  langkah  al ternat if  dalam  rangka  mengefisienkan   Roestiyah, Didaktik Metodik (Jakarta: Bumu Aksara, 1994), hlm. 67-  Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), hlm.
 proses  pembelajaran.  Karena  jika  hanya  menggunakan  sel uruh  jam  pelajaran  yang  ada  untuk  ti ap  mata  pelajaran  hal  i tu  t i dak  akan  mencukupi  tuntutan  luasnya  pel ajaran  yang diharuskan, seperti   yang tercantum di  dalam kurikul um.
Sel ain  i tu  metode  resi tasi  ini  digunakan  dengan  tuj uan  agar  anak  didik  memiliki  hasil  belajar  yang  lebih  mantap,  karena  anak  didik  melaksanakan  lat ihan-lat ihan  selama  melakukan  tugas,  sehingga  pengalaman  anak  didik  dalam  mempelajari   sesuatu  dapat  l ebih  terintegrasi .  Hal   itu terj adi  disebabkan  anak  di dik  mendalami  si tuasi  atau  pengalaman  yang  berbeda,  waktu  mengalami  masalahmasalah  baru.  Di samping  i tu  untuk  memperol eh  pengetahuan  dengan  melaksanakan  tugas  akan  memperl uas  dan  memperkaya  pengetahuan  serta  keterampilan  anak  didi k  di  sekol ah,  melalui   kegiatan-kegiatan  di   luar  sekol ah.
Dengan  kegiatan  melaksanakan  tugas,  anak  di dik  aktif   belajar  dan  termoti vasi  untuk  belajar  lebih  baik  lagi ,   memupuk  inisiat if  dan  berani  bertanggungjawab  sendi ri.  Tugas  yang  diberikan  atau  yang  harus  dikerjakan  ol eh  anak  didik  diharapkan  mampu  menyadarkan  anak  didi k  untuk  selalu  memanfaatkan  waktu  senggangnya  untuk  melakukan  hal -hal  yang  menunjang  belajarnya,  dengan  mengisi kegiatan-kegiatan  yang berguna dan konstruktif.
 Di   era  gl obalisasi   sepert i   sekarang  persaingan  sekol ah  sangat  ketat  baik  yang  negeri   maupun  swasta.  Banyaknya  sekol ah  favori t  yang  ada  di   Malang  membuat  SMA  Muhammadiyah  2  mau  t i dak  mau  harus  bersaing,  baik  dari  segi  profesi onalisme  guru  dalam  mengajar,  kelengkapan  fasili tas  maupun  yang  lainnya.  Apakah  ke  profesi onalan  guru  di   SMA  muhammadiyah  2  Malang  dalam   Ibid, hlm.
 mengajar  terutama  dengan  menggunakan  metode  resi tasi   pada  mata  pelajaran  ekonomi  dapat  menumbuhkan  mot ivasi  siswa  untuk  sel alu  melakukan  kegiatan  belajar.  Dari   sinilah  peneli t i   ingin  mengetahui  apakah  metode  resi tasi   di  SMA  Muhammadiyah 2 ada  hubungannya terhadap motivasi   belajarsiswa.
Berdasarkan  fenomena  ini ,  maka  peneli t i  mengangkat  permasalahan  tersebut  ke  dalam  penyusunan  skri psi  yang  berjudul   HUBUNGAN  METODE  RESITASI  TERHADAP  MOTIVASI  BELAJAR  SISWA  PADA  MATA  PELAJARANEKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 2MALANG.
 B.  Rumusan Masalah  Berdasarkan  latar  bel akang  di   atas, maka  ada  ti ga  permasalahan  yang  akan  di ajukan dalam peneli t ian  ini ,  yai tu sebagi   beri kut:  1.  Bagaimana  penerapan  metode  resi tasi  pada  mata  pelajaran  ekonomi  di  SMA Muhammadiyah 2 Malang?  2.  Bagaimana  mot ivasi  belajar  siswa  pada  mata  pelaj aran  ekonomi  di  SMA  Muhammadiyah 2 Malang?  3.  Bagaimana  hubungan metode resi tasi terhadap motivasi  belajarsiswa pada  mata pel ajaran ekonomi di  SMA Muhammadiyah  2 Mal ang?  
C.  Tujuan Penelitian  Berdasarkan  pada  rumusan  masalah  di   atas,  maka  peneli t i   akan  merumuskan tuj uan peneli t ian  ini   sebagai   beri kut:  1.  Untuk  mendiskri psikan  penerapan  metode  resi tasi   pada  mata  pel ajaran  ekonomi  di SMA Muhammadiyah 2 Malang?  2.  Untuk  mendiskri psikan  mot ivasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  ekonomi  di SMA Muhammadiyah 2 Malang?  3.  Menjelaskan  hubungan  metode  resi tasi  terhadap  motivasi  belajar  siswa  pada mata pel ajaran ekonomi di  SMA Muhammadiyah 2 Malang?   D.  Manfaat Penelitian  Secara  umum  manfaat  yang  di perol eh  dari  peneliti an  ini  diharapkan  bisa  meminimalkan  biaya  dan  memberikan  kontribusi   dalam  upaya  meningkatkan  pembelajaran  di   SMA  Muhammadiyah  2  Malang,  khususnya  pada  kegiatan  pembelajaran ekonomi .
Secara khusus peneli t ian  ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk:  1.  Bagi  Peneli t i  Dengan  melakuan  peneli t ian  ini  peneli t i   bisa  menambah  wawasan  ke  intelektual an tentang cara penggunaan metode resitasi  dengan  baik.
2.  Bagi Lembaga  Metode  resi tasi   dapat  dijadikan  bahan  pertimbangan  atau  pijakan  bagi  lembaga  sekaligus  sebagai   kerangka  acuan  dalam  mengembangkan  hal-hal  yang  berkaiatan  dengan  pengajaran  dalam  pembelajaran  khususnya  pada  mata pel ajaran ekonomi.
3.  Bagi  Guru  Metode  resi tasi  diharapkan  akan  lebih  mempermudah  para  guru  dalam  mengajar dan bisa mengatasi  atau mengefisiensikan masalah al okasi  waktu  yang kian berkurang.
4.  Bagi  Siswa  Dengan  metode  resi tasi  yang  di terapkan  ol eh  guru,  diharapkan  siswa  bisa  mengerjakan  tugas  dengan  baik  dan  bertanggungjawab  serta  termotivasi  untuk belajar.
 E.  Hipotesis Menurut  Margono  hi potesis  adalah  jawaban  sementara  terhadap  masalah  peneli t ian  yang  secara  teori tis  di anggap  paling  mungkin  atau  paling  t inggi   t ingkat  kebenarannya.
 Sedangkan menurut Darsono hipotesis  adalah merupakan  jawaban  sementara  terhadap  masalah  peneli t ian  yang  kebenarannya  masih  harus  diuji  secara empiris.
 Adapun  hipotesis dal am peneli t ian  ini adalah:  Ha  :  Ada  hubungan  metode  resi tasi   terhadap  motivasi  belajar  siswa  pada  mata  pel ajaran ekonomi  di SMA Muhammadiyah 2 Malang.
Ho  :  Ti dak  ada  hubungan  metode  resi tasi   terhadap  motivasi   belajar  siswa  pada  mata pel ajaran ekonomi di  SMA Muhammadiyah  2 Mal ang.
F.  Ruang Lingkup atau Pembatasan Masalah  Agar  dalam  peneli t ian  ini  terl aksana  dan  tuj uan  yang  diharapkan  tercapai  maka peneli t i  membatasi  ruang  lingkup peneli t ian pada hal-hal   sebagai  beri kut:  1.  Metode  resi tasi   adalah  penyajian  bahan  dimana  guru  memeberi kan  tugas  tertentu  dan  dapat  dilakukan  di  dalam  kelas,  atau  pun  di   luar  kelas.
Kemudian dipertanggungjawabkan  baik berupa  laporan tertulis atau lisan.
 Margono, Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), hlm. 67-  Darsono Wisaridana, Metodologi Penelitian (Malang: Universitas muhammadiyah  Malang, 2005), hlm.
 Vari abel  Indikator  Instrumen  Metode resi tasi   Tugas l angsung (di  kel as)  1.  Lat ihan  menjawab  soal -soal  di  buku  2.  Mempelajari sej umlah  halaman  Tugas ti dak  l angsung (di  rumah)  1.  Mengerjakan soal  uraian 2.  Mempelajari   satu bab  Angket  Angket  Angket  Angket  Motivasi    Intrinsik  Ekstrinsik  Angket  Angket 2.  Peneli t ian  ini  dibatasi  pada  pembelajaran  ekonomi  semester  genap  tahun  aj aran 2006/2007 di  SMA Muhammadiyah 2 Malang.
G.  SISTEMATIKA PEMBAHASAN  Untuk  lebih  mempermudah  dalam  menyajikan  dan  memahami  isi  dar i  penulisan skri psi   ini , maka dibuatl ahsistemat i ka pembahasan sebagai   berikut:  BAB I  Bab  ini  merupakan  pendahuluan  yang  membahas  tentang,  latar  belakang  masalah,  rumusan  masalah,  tuj uan  peneli t ian,  manfaat  peneli t ian,  hipotesi s  t indakan,  ruang  lingkup atau batasan masalah, dansistemat i ka pembahasan.
BAB II Bab  ini  merupakan  kajian  pustaka  yang  membahas  tentang,  pengertian  metode,  pengert i an  metode  resi tasi ,  jenis-jenis  resi tasi ,  syarat-syarat  tugas  yang  bai k,  beberapa  petunjuk  tentang  pemberi an  tugas,  l angkah-langkah  penggunaan  metode  resi tasi ,  pelaksanaan  tugas,  kel ebihan  dan  kekurangan  tugas,  motivasi  belajar,  pengert i an  motivasi  belajar,  fungsi   mot ivasi ,  tuj uan  motivasi ,  prinsip-prinsip  mot ivasi,  macam-macam  mot ivasi ,  bentuk-bentuk  motivasi,  unsur-unsur  yang   mempengaruhi  motivasi   belajar,  upaya  meningkatkan  motivasi  belajar  dan  hubungan metode resi tasi  terhadap motivasi  belajar siswa.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi