Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PERANAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MUSLIM DI PT. BERKAH TOBACCO INDONESIA-BLITAR


BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang  Dalam setiap usaha atau organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM)  merupakan faktor utama sebagai pelaksana yang memegang kunci keberhasilan  suatu tujuan yang diinginkan. Lebih dari itu, SDM atau tenaga kerja adalah aset  terpenting dari pada sumber daya yang lain karena merupakan faktor penggerak  aktivitas perusahaan yang memerlukan perhatian khusus.
  SDM adalah suatu hubungan atau peranan manusia dalam organisasi  perusahaan (tenaga kerja) yang selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan  organisasi karena manusia sebagai perencana, pelaku, dan terwujudnya organisasi/  perusahaan. Tujuan perusahaan tidak akan terwujud tanpa perantara aktif karyawan  meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggihnya. Tetapi dalam  kenyataannya saat ini, manajeman SDM (tenaga kerja) kurang dimanfaatkan oleh  banyak perusahaan dalam negeri karena belum menganggap dan menilai SDM  (tenaga kerja) sebagai suatu aset melainkan sebagai suatu beban.
    Organisasi merupakan suatu bentuk kerja sama di antara beberapa orang  untuk mencapai tujuan dengan mengadakan pembagian dan peraturan-peraturan  kerja. Pengaruh setiap organisasi ataupun perusahaan akan tergantung pada sistem  pengelolaan dan siapa yang mengelolanya, sehingga perusahaan atau organisasi  tersebut dapat bertahan dan berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan.

   Annas, Manajemen SDM, 2006, (online), http://Insidwinme.Blogspot.com   Pada dasarnya kemampuan manusia itu terbatas, sedangkan kebutuhannya  tidak terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan kemampuan  yang terbatas dalam melakukan pekerjaan mendorong manusia membagi pekerjaan,  tugas dan tanggung jawab. Dengan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung  jawab itu maka terbentuklah kerjasama dalam suatu organisasi.
  Dalam organisasi itu maka pekerjaan yang berat dan sulit dapat diselesaikan  dengan baik dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Proses untuk mencapai  tujuan tersebut adalah dengan manajemen. Melalui manajemen inilah organisasi  digerakkan menuju cita-cita/ visi misi yang diharapkan. Keberhasilan dan kegagalan  suatu organisasi tergantung pada tingkat kualitas manajemennya. Apabila  manajemen itu berfungsi dengan baik maka organisasipun akan bergerak dengan  mantap. Sebaliknya, jika manajemen itu buruk maka dapat di pastikan organisasi  tersebut akan tersendat-sendat bahkan gagal.
  Usaha ini menuntut keterlibatan seluruh perusahaan di mana setiap  organisasi dapat merasakan pentingnya produktivitas yang meningkat, dan berperan  serta dalam proses peningkatan tersebut. Pelibatan karyawan merupakan suatu  proses untuk mengikutsertakan para karyawan pada semua tingkatan organisasi  dalam pembuatan keputusan dan pemecahan masalah. Jadi dari pihak karyawan  harus tampak bahwa peningkatan produktivitas bukan sekedar alat kosmetik.
 Artinya hanya digembor-gemborkan saja, tetapi tidak didukung oleh tindakan  keterlibatan dalam meningkatkan produktivitas menuntut beberapa program  tindakan yang nyata, disamping komunikasi dan propaganda. Bila karyawan itu  tidak nyata, karyawan tidak akan melihat peran serta dalam meningkatkan  produktivitas mereka. Dengan demikian jelaslah bahwa pemanfaatan SDM secara  lebih baik memerlukan pengarahan dan kepemimpinan manajemen umum.
 Pengarahan dan kepemimpinan ini bukan sekedar reaksi basa-basi, tetapi tindakan  alternatif dan terus menerus dalam lingkup manajemen.
  Hal itu menjadi suatu masalah yang cukup rumit sehingga organisasi  mengalami kesulitan dalam menetapkan kebijakan terutama yang berhubungan  dengan SDM (tenaga kerja). Tenaga kerja tidak bisa disamakan dengan mesin,  material, dan dana yang sifatnya hanya masalah teknisi saja. Oleh karena itu  dibutuhkan pengaturan melalui penerapan fungsi manajemen dalam rangka  pengembangan, pembinaan, dan pengarahan tenaga dalam suatu organisasi guna  meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
  Pada dasarnya produktivitas merupakan jumlah hasil yang dicapai seorang  pekerja/ faktor produksi yang lain dalam jangka waktu tertentu. Selain itu,  produktivitas juga merupakan suatu pendekatan interdisipliner untuk menentukan  tujuan yang efektif, pembuatan rencana, aplikasi penggunaan cara yang  produktivitas untuk menggunakan sumber-sumber secara efisien dan menjaga tetap  adanya kualitas yang tinggi.
    Begitu pula pada PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar yang menjadi objek  dari penelitian ini. PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar merupakan pabrik rokok  yang memiliki semangat tinggi dan luar biasa dalam rangka mewujudkan visi misi  perusahaan. Hal ini ditunjukkan oleh perusahaan ini yang sangat memperhatikan  tingkat kepuasan kerja, tingkat kompensasi, tunjangan, tingkat kemampuan dan    Muchdarsyah Sinungan, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah(Jakarta: Bumi Aksara, 2005), h.
 107.
 keterampilan karyawan serta tingkat produktivitas kerja karyawan perusahaan.
 Selain itu, PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar ini juga merupakan salah satu  pabrik rokok yang baru berdiri, tetapiproduk-produknya telah meluas dan bersaing  di kalangan pabrik rokok ternama yang lain.
  Produktivitas merupakan suatu ukuran kinerja yang mencakup keefektivan  dan efisiensi.
   Perusahaan dikatakan produktif jika perusahaan tersebut  mencapainya dengan mentransfer masukan-masukan dan keluaran-keluaran pada  biaya yang paling rendah. Produktivitas menyiratkan suatu kepedulian baik akan  keefektivan/ efisiensi.
  Pentingnya produktivitas dalam peningkatan kegiatan organisasi telah  disadari oleh pemimpin dan karyawannya melalui perbaikan kerja dengan harapan  tercapai produktivitas yang tinggi. Produktivitas terdiri dari pengetahuan  (knowledge),keterampilan (skills), kemampuan  (ability),sikap (attitudes),dan  prilaku (behaviors).
  Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti “  Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Meningkatkan  Produktivitas Kerja Karyawan Muslim di PT. Berkah Tobacco IndonesiaBlitar”.
 Dalam penelitian ini, peneliti menambahkan dengan adanya pandangan  Islam tentang manajemen dan produktivitas kerja serta pengaplikasiannya disertai  dengan nash-nash Al-Qur’an ataupun hadist yang mendukung karena waktu adalah    Robbins Stephen P., Prilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi, Terjemahan, edisi kedua  (Jakarta: PT. Prehallindo, 1996), h. 24.
 umur. Dan waktu yang berharga adalah waktu yang terisi oleh aktivitas-aktivitas  ibadah. Umur yang berharga adalah umur yang berisikan kebajikan.
   B.  Rumusan Masalah   Mengacu pada latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan masalah  penelitian sebagai berikut;  1.  Bagaimanakah penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam  meningkatkan produktivitas kerja karyawan muslim di PT. Berkah Tobacco  Indonesia-Blitar?  2.  Bagaimanakah aplikasi nilai-nilai Islam dalam MSDM untuk meningkatkan  produktivitas kerja karyawan muslim di PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar?  
C. Tujuan Penelitian   Tujuan penelitian ini adalah;  1.  Untuk mengetahui penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)  dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan muslim di PT. Berkah  Tobacco Indonesia-Blitar.
 2.  Untuk mengetahui aplikasi nilai-nilai Islam dalam MSDM untuk meningkatkan  produktivitas kerja karyawan muslim di PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar.
   Abul Qa’qa’ Muhammad Bin Shalih, 125 Kiat Salaf Menjadikan Waktu Produktif(Surabaya: Elba,  2006), h. 9.
 D. Manfaat Penelitian  1.  Bagi Lembaga Pendidikan (UIN) Memberi masukan kepada dosen dan mahasiswa di lembaga tersebut  untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menghadapi tantangan  dalam berwirausaha.
 2.  Bagi Peneliti  Dengan penelitian ini diharapkan peneliti mampu mengetahui penerapan  Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam meningkatkan produktivitas  kerja karyawan muslim di PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar.
 2.  Bagi Perusahaan  Selain mendapatkan metode atau cara yang tepat guna meningkatkan  produktivitas kerja karyawan melalui penerapan MSDM, juga diharapkan  perusahaan tersebut akan mampu mencetak karyawan-karyawan yang  mempunyai talenta kerja yang tinggi pula sehingga dapat memajukan dan  meningkatkan out put perusahaan.
 3.  Bagi Karyawan  Dengan adanya penerapan MSDM di dalam perusahaan diharapkan para  karyawan (khususnya karyawan PT. Berkah Tobacco Indonesia-Blitar) mampu  memiliki nilai produktivitas kerja yang tinggi dengan pembagian kerja sesuai  skill masing-masing individu sehingga dapat meciptakan semangat dan gairah  kerja yang tinggi.
 4.  Bagi Pembaca  Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai sumber  informasi tentang penerapan MSDM dalam meningkatkan produktivitas kerja  karyawan sehingga dapat dijadikan pemahaman atau acuan guna membangun  suatu perusahaan.
 E. Sistematika Pembahasan  Materi yang disajikan dalam penelitian ini terdiri dari lima BAB yang  merupakan satu rangkaian sistematis yang isinya diuraikan sebagai berikut;  1.  BAB I Pendahuluan  Dalam BAB pendahuluan ini penulis mengemukakan tentang latar belakang,  rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika  pembahasan.
 2.  BAB II Landasan Teori  Dalam BAB ini dijelaskan mengenai teori-teori yang mendukung dan  berkaitan dengan penerapan fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia  (MSDM) dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang disertai  dengan uraian MSDM dan produktivitas kerja karyawan dalam perspektif  Islam.
 3.  BAB III Metode Penelitian  Pada BAB III ini menguraikan tentang metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian / penyusunan skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di PT.
 Berkah Tobacco Indonesia Garum-Blitar dengan menggunakan metode  penelitian kualitatif yaitu data yang digunakan tidak berbentuk angka  melainkan merupakan pendeskripsian dari berbagai analisis data hasil  penelitian. Instrumen penelitiannya adalah melalui observasi (langsung dan  tak langsung), wawancara/interview, dan dokumentasi. Adapun metodologi  penelitiannya meliputi rencana penelitian, kehadiran peneliti, fokus  penelitian, lokasi penelitian, prosedur penelitian, analisis data, dan  pengecekan keabsahan data..
 4.  BAB IV Paparan Data dan Hasil Penelitian  Dalam BAB IV ini diuraikan;  Paparan data dan hasil penelitian, berupa pengambilan data secara internal  dan data external yang meliputi sejarah singkat, lokasi, tugas dan tanggung  jawab, struktur organisasi dan produk-produk  PT. Berkah Tobacco  Indonesia-Blitar.
 5.  BAB V Pembahasan Hasil Penelitian  Pembahasan hasil penelitian ini yang meliputi pembahsan dalam penerapan  Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam meningkatkan  produktivitas kerja karyawan muslim di PT. Berkah Tobacco IndonesiaBlitar dan aplikasi nilai-nilai Islam dalam MSDM untuk maningkatkan  produktivitas kerja karyawan muslim di PT. Berkah Tobacco IndonesiaBlitar.
 6.  BAB V Penutup,  Berisi kesimpulan dan saran dari keseluruhan penelitian yang telah  dilakukan.
  


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi