Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: IMPLEMENTASI STRATEGI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA KRUPUK TKT” LAWANG KABUPATEN MALANG


BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang  Dewasa  ini  persaingan  dalam  dunia  usaha  semakin  ketat.  Produk  menjadi  t i t i k  krusial  awal  dan  ujung  tombak  dari  suatu  usaha  t erutam a  usaha  kecil.  Konsekuensinya  keberhasilan    usaha  tersebut  dal am  persaingan  akan  juga  di tentukan  o l eh  keberhasilannya  merancang  dan  mengembangkan  produk  yang  sesuai  dengan  keinginan  konsumen  dan  kecepatan  usaha  tersebut  dal a m  beradaptasi  atau merespon perubahan keinginan konsumennya.
Bahkan  kegiatan  pemasaran  dikatakan  berhasil   apabila  perusahaan  atau  penjual  mampu  membuj uk  konsumen  dan  akhirnya  konsumen  memutuskan  unt uk  membeli  produk  y ang  di tawarkan  tersebut.  Ol eh  karena  i tulah  dala m  setiap  usaha  baik  usaha  kecil  maupun  usaha  besar  harus  mempunyai  strategi  pemasaran y ang tepat .
Seperti   teori   yang disampaikan  o l eh Sofyan  Assaur i   yang  menyebutkan  bahwa  pada  dasarnya  strategi   pemasaran  adalah  rencana  menyeluruh,  t erpadu  dan  menyatu  di   bidang  pemasaran,  atau  serangkai an  tuj uan  dan  sasaran,  kebijakan  dan  aturan  yang  memberi  arah  kepada  usaha­usaha  pemasara n  perusahaan  dari   waktu  kewaktu,  pada  masing­nasing  t ingkatan  dan  acuan  serta  al okasinya,  terutam a  sebagai  tanggapan  perusahaan  dalam  menghadap i 2  lingkungan  dan  keadaan  persaingan  yang  selalu  berubah­ubah.

1  Oleh  karena  i t u, penentuan strategi  pemasaran harus didasarkan atas analisis  lingkungan da n  internal   perusahaan  melalui   analis is  keunggulan  dan  kelemahan  perusahaan,  serta  analisis  kesempatan  dan  ancaman  yang  dihadapi   perusahaan  dar i  lingkungannya.
Sal ah  satu  strat egi   yang  ada  dalam  strategi   pemasaran  adalah  strategi  bauran  pamasaran.  Strat egi   bauran  pemasaran  menurut  Kot l er  &  Amstrong  adal ah  seperangkat  al at  pemasaran  t akti s  dan  terkontrol   yang  dipadukan  oleh  perusahaan  unt uk  menghasilkan  respon  yang  diinginkan  pasar  sasaran.
2  Dal a m  strat egi  bauran  pemasaran  t erdapat  4  aspek  yakni  strategi   produk,  harga  promosi , dan distr ibusi dalam mencapai tuj uan pemasaran yang dikenal dengan  strat egi   4P (Product,  price, Promotion,  and Placement)  y ang dalam  pemasara n  merupakan alat bagi  produsen unt uk mempengaruhi konsumen.
Banyak  orang  yang  menyalahart i kan  bauran  pemasaran  hanya  bauran  pemasaran  yang  t erdi r i  dari  4P (Product,  price, Promotion,  and Placement)  i t u  harus  kl op,  sehingga  jika  ada  seorang  pengusaha  yang  di tanya  tentang  strategi  pemasaranya past i  menjawab  strat egi bauran pema saran. Padahal dalam  bauran  pemasaran  i t u  ada  empat  unsur  y ang  masing­masing  memiliki  unsur  yang  kuat  unt uk  mempengaruhi  satu  sama  lain.   Menurut  Hermawan  Kartaj aya  Produk  1  Assaur i Sofjan, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi, (Jakar ta:  Rajawalipers, 2004), hlm. 168­169  2  Philip kotler dan gary  Amstrong, Prinsip­prinsip Pemasaran, (J akarta: Erlangga, 2005)  hlm.
3  dan  harga  menjadi  dua  elemen  pent ing  dalam  bauran  pemasaran  yang  saling  menguatkan satu sama l ain.
3  Mengingat  produk  merupakan  salah  satu  komponen  dalam  strategi  pemasaran  yang  sangat  pent ing.  Strategi   produk  merupakan  strategi   pertama  kali  dilaksanakan  o l eh  suatu  perusahaan  berkai tan  dengan  penyediaan  barang  yang  sesuai  dengan  keinginan  konsumen.
4  Pada  usaha  kecil  krupuk  i kan  “TKT”  di  desa  Muly oarj o  Kecamatan  Lawang  Kabupaten  Malang  ini  juga  berusaha  mengel o la  usahanya  agar  mampu  bersaing  dengan  produk­produk  krupuk i kan yang l ain.
Produk  di ciptakan  unt uk  memenuhi  kebutuhan  konsumennya  dengan  melihat  beberapa  faktor  internal  dan  eksternal  yang  ada  di  lingkungan  perusahaan  i t u  sendi r i.  Suatu  produk  i t u  j uga  harus  dapat   memenuhi  harapa n  pel anggannya, peranan pelanggan i t u sangat pent ing karena  tuj uan dan sasaran  produk  i t u  nant inya  akan  kembali   pada  keputusan  konsumen  unt uk  mau  atau  t i dak  menerima  produk  tersebut  unt uk  di konsumsi,  baik  i t u  pelanggan  dar i  kel as  atas  maupun  bawah  mereka  t etap  sama–sama  memiliki  hak  y ang  sama  unt uk memilih produk mana yang layak dan sesuai unt uk mereka konsums i  da n  tentuny a sesuai dengan  harapan mereka.  Dengan  semakin banyaknya produsen  yang  menawarkan  produk  dan  jasa,  maka  konsumen  memiliki  pilihan  yang  semakin  banyak.  Hak­hak  konsumen  pun  mulai  mendapat   perhat i an  besar,  terutam a  aspek  keamanan dalam  pemakaian  barang atau  j asa t ertentu. Menurut  3  Hermawan Kar tajay a, Marketing Plus 2000, (J akarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998),  hlm. 196  4  Catur Rismianti, Pemasaran Barang dan Jasa, (Yogy akar ta: Kanisius, 2001), h1m.
4  Schnaars  dalam  Tjiptono  Fandi ,  pada  dasarnya  t ujuan  dari   suatu  bi snis  adalah  unt uk  menciptakan  para  pelanggan  yang  merasa  puas.  Terci ptanya  kepuasa n  pel anggan  dapat   memberi kan  beberapa  manfaat ,  di  antaranya  hubungan  ant ara  perusahaan dan pel anggannya menjadi  harmonis.
5  Kepuasan pelanggan dapat tercapai   apabila ada  jalinan  ikatan  yang kuat  ant ara  pel anggan  dengan  perusahaan  yang  dapat  memenuhi  harapan  pelangga n  yang  akhi rnya  kepuasan  pelanggan  tersebut  akan  menciptakan  l o yali tas  pel anggan  terhadap  perusahaan.  Cara  lain  yang  dapat   memberikan  kepuasa n  pada  pel anggan  yai t u  dengan  meningkatkan  pelayanan.  Pelayanan  merupaka n  suatu  t indakan  yang  dilakukan  unt uk  memenuhi  kebutuhan  orang  lain,   dala m  hal  ini t erjadi  komunikasi ant ara y ang melayani dan yang dilayani. Komuni kasi  akan  lancar  apabila  ada  interaksi  ant ara  kedua  belah  pihak,  sehiungga  menghasilkan  pelayanan  yang  memuaskan  kepada  pelanggan.  Hal  ini  terl epas  dari   f aktor­f aktor l ain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Ol eh  karena  i t u,  perusahaan  yang  ingin unggul  dalam  pasar  harus dapat  mengamat i   harapan  pelanggan,  kinerj a  perusahaan  yang  di rasakan  pelangga n  serta  kepuasan  pelanggan.  Kepuasan  pelanggan  adal ah  perasaan  senang  atau  kecewa  seseorang  yang  muncul  setel ah  membandingkan  ant ara  persepsi  atau  kesannya  terhadap  kinerja  (atau  hasil )  suatu  produk  dan  harapan­harapannya.
6  Sel ain  i t u  bagi   perusahaan  atau  industri   kecil  y ang  ingin  unggul   harus  mempunyai  strat egi  pemasaran  yang unggul  pula,  salah  satu strategi   awal  yang  5  Tjiptono Fandi,Strategi Pemasaran, (Yogy akarta: Andi, 1997), hlm. 24  6  Philip Kotler, Manajemen Pemasara, ( J akarta: PT. Indeks, 2004), hlm.
5  paling  fundamental   yakni  strategi   produk,  t i dak  hanya  mengetahui  bagaimana  cara  memproduksi   saja  melainkan  suatu  perusahaan  harus  mampu  merencanakan strat egi  produk y ang matang.
Dar i   urai an  teori   dan  permasalahan  nyata  y ang  ada  di   lapangan,  maka  peneli t i  mencoba  menerapkan  salah  satu  strat egi  y ang  ada  dalam  pemasaran  yakni  strat egi  produk.  Strat egi   produk  merupakan  strat egi  pertama  kali  yang  dilaksanakan  oleh  perusahaan  berkai tan  dengan  peneyediaan  barang  dan  jasa  yang sesuai dengan keinginan konsumen.
7  Strategi   produk merupakann strategi  bagaimana  agar  sebuah  produk  i t u  dapat  l aku  dipasaran  melalui  kemasan,  i si,  rasa,  merek  yang  di o lah  sedemikian  rupa  untuk  menarik  konsumen  agar  membeli  atau  mengkonsumsi  produk  tersebut,  atau  l ebih  di kenal  denga n  kombinasi  yang  ada  dalam  atr ibut  produk.  Atribut   produk  adal ah  unsur­unsur  produk  yang  di pandang  pent ing  o l eh  konsumen  dan  dijadikan  dasar  pengambilan  keputusan  pembelian  meliput i  merek,  kemasan,  jaminan  (garansi), pel ayanan, dan  sebagainya. Yang semuanya i t u di ramu dan disatukan  unt uk  menciptakan  sebuah  produk  y ang  laku  di pasaran  dan  memnuhi  harapa n  dan keinginan konsumen  yang selalu berubah­ubah.
Pada  peneli t ian  terdahul u  yang  dilakukan  o l eh  Ucik  Sriw ahyuni  (2009)  yang  berjudul  “Penerapan  Strategi   Bauran  Pemasaran  Dalam  Meningkatkan  Kepuasan  Pelanggan (Studi  Kasus  pada  Usaha  Kecil  Sari  Buah  Apel  “Mia”  d i  Desa  Wonosari ­Nongko j ajar­Pasuruan)”  yang  menghasilkan  bahwa  unt uk  meningkatkan  kepuasan  pelanggan,  usaha  kecil  sari  buah  apel  tel a h  7  Catur. Op cit., hlm. 1 6  menerapkan  strat egi   bauran  pemasaran.  Hal  ini  berdasarkan  pada  usur  4P  dal am  bauran  pemasaran  yai t u  produk  (product),  harga  (price),  tem pat  (place),  promosi   (promot i on),  yang  tel ah  di terapkan  o l eh  pengusaha  sari  buah  apel.
Namun  masih  di temukan  suatu  kendala  diantaranya  kurangnya  f aktor  bahan  baku,  tersedi anya  bahan  baku,  pengel o laan  yang  t idak  efisien  dengan  kata  l ain  kurangnya  pengetahuan  pengusaha  kecil  akan  strat egi   produk  y ang  di terapkannya  guna  mendorong  beberapa  faktor  l ainnya  unt k  meningkatkan  kepuasan  pelanggan.  Berdasarkan  peneli t ian  terdahulu  dan  fakta­fakta  d i  lapangan  yang  berl andaskan  teori   yang  tel ah  dipaparkan  diatas  maka  peneli t i  tertari k  unt uk  mengambil  judul  “Implementasi  Strategi  Produk  Dalam  Meningkatkan  Kepuasan  Pelanggan  (Studi  Kasus  Pada  Usaha  Krupuk  Ikan  “TKT”  di  Desa  Mulyoarjo  Kecamatan  Lawang  kabupaten  Malang)”unt uk  mengembangkan  j udul  peneli t ian  terdahul u  dan    unt uk  l ebih  menspesifikasikan  peneli t i an  terdahul u  mengingat  bahwa  dalam  strategi  pemasaran  selau  ada  faktor  y ang  lebih  mendominasi  dalam  upaya  meningkatkan  kepuasan  pelanggan  yakni   faktor  yang  paling  mendasar  yakni  t erci ptanya  sebuah  produk  y ang paling diinginkan  ol eh konsumen,  dari     sinila h  peneli t i mencoba mengambil   salah satu s trat egi  yang paling f undamental  dala m  strat egi   bauran  pemasaran  yakni   strategi   produk  dal am  upaya  meningkatkan  kepuasan pelanggan.
B. Rumusan Masalah  Adapun rumusan masalah yang peneli t i kemukakan dalam peneli t ian  in i  adal ah sebagai   beri kut:  1.  Bagaimana  implementasi  strategi   produk  krupuk  “TKT”  di  desa  Muly o arj o Lawang, Kabupaten Malang ?  2.  Bagaimana t ingkat  kepuasan  pelanggan krupuk  “TKT” di  Desa Muly oarj o  Lawang, Kabupaten Malang?  
C. Tujuan Penelitian  Berdasarkan  pada  rumusan  masalah  di  atas,  maka  t uj uan  peneli t ian  in i  secara  umum  adalah  mendeskri psi kan  bagaimana  strat egi   pemasaran  produk  dapat   memberi kan  pengaruh  terhadap  peningkatan kepuasan pelanggan krupuk  ikan  “TKT” di  Desa Muly oarj o Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.
Tuj uan di  atas dapat dijabarkan secara khusus  yai t u:  1.  Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan strategi  pemasara n  produk  dan  peningkatan  kepuasan  pelanggan  krupuk  i kan  pada  industr i  rumah  tangga  “TKT”  di  Muly oarj o  Paras  Kecamatan  Lawang  Kabupaten  Malang.
2.  Mendeskripsikan dan  menganalis is  t ingkat  kepuasan pelanggan  krupuk  ika n  “TKT” di desa Muly oarj o Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.
D. Manfaat Penelitian  Secara  umum  manfaat  yang  dapat   di pero l eh  dari  peneli t ian  ini  adalah  unt uk  mengetahui  apakah  dengan  penerapan  strategi   produk  pada  usaha  keci l  krupuk i kan  “TKT” ini berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan.
Secara  khusus  peneli t ian  ini  dimaksudkan  dapat   memberikan  kegunaan  secara  teori t is dan prakti s:  1.  Teori t i s  a.  memperjelas  penerapan konsep strategi   produk y ang sesuai unt uk produk  agrobi snis sepert i  produk krupuk i kan  “TKT”.
b.  Menambah  khasanah  pengetahuan  manajemen  pemasaran  yang  di perkaya dengan nilai­ nilai Islam.
2.  Prakti s  Sebagai bahan pertimbangan bagi:  a.  Penulis  1)  Sebagai  suatu  eksperimen  yang  dapat   dijadikan  sebagai  salah  satu  acuan unt uk melakukan peneli t ian selanj utnya.
2)  Dapat  menambah wawasan  dan pengalaman  baru  yang  nant inya dapat  dijadikan  modal  dalam  meningkatkan  proses  belajar  sesuai  denga n  di siplin ilmu penulis, terutam a setel ah t erj un ke dunia enterpreneur.
b.  Bagi  Fakul tas Universi tas  1)  Hasil  peneli t ian  ini  dapat   dijadikan  sebagai  masukan  atau  sumbanga n  pemiki ran  y ang  konstruktif   bagi   civi tas  akademika  kampus  UIN  Maulana Malik Ibrahim .
9  2)  Sebagai  bahan  inf ormasi   penggunaan  strategi   yang  cocok  unt uk  pengembangan  usaha  terutama  bagi  pemerhat i  ilmu  pengetahuan  sosi al  dan businessman.
c.  Bagi Pengembangan I lmu Pengetahuan  1)  Sebagai  kontribusi  nuansa  dan  wacana  baru  bagi  perkembangan  da n  pengembangan metode serta konsep Ilmu Pengetahuan Sosi al .
2)  Dapat  memberi   tambahan  informasi  atau  masukan  unt uk  peneli t ian  selanjutnya.
E. Batasan Masalah  Banyak  strategi   yang  dapat   di gunakan  perusahaan  unt uk  dapat  memenuhi  harapan  dan  kepuasan  pelanggan.  Strategi  yang  dimaksud  dala m  peneli t ian  ini  adalah  strat egi   produk  tentang  bagaimana  menciptakan  dan  mengo l ah  sebuah  produk  agar  l aku  dipasaran  melal ui  kemasan,  isi ,  rasa,  merk  dan  ukuran.  Peneli t ian  ini  memfokuskan  pada  pembahasan  dari  analisis  pada  strat egi  yang dimaksud.
F.  Sistematika Pembahasan  Unt uk  mempero l eh  gambaran  secara  j elas  mengenai  pokok­pokok  pembahasan skripsi   ini disusun dengan sistemat i ka sebagai  berikut:  1.  Bagian Depan/Awal  Pada bagian  ini memuat sampul ,  cover depan, halaman  judul, dan halaman  pengesahan 


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi