Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MULTI METODE (CERAMAH,TANYA JAWAB DAN DISKUSI) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MTS MA’ARIF 01 SINGOSARI MALANG


BAB 1  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Pendidikan  nasi o nal  yang  berdasarkan  Pancasila  dan  Undang­Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945  berf ungsi  mengembangkan  kemampuan  dan  membent uk  wat ak  sert a  peradaban  bangsa  y ang  bermartabat  dal am  rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  mengembangkan  potens i  peserta di dik agar  menjadi  manusia  yang beriman  dan  bertakwa  kepada Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreat if ,   mandi r i,  dan  menjadi  warga  Negara  yang  demokrat i s  serta  bertanggung  jawab.  Unt uk  mengemban  fungsi   tersebut  pemerintah  menyelenggarakan  suatu  system  pendidikan  nasi o nal  sebagaimana  tercantum   dalam  Undang­Undang  Nomor  20 Tahun 2003 tentang Si stem Pendidikan Nasi o nal .
 Tuj uan  pendidikan  dasar  merupakan  bagian  dari  t uj uan  pendidikan  nasi o nal  adalah  meletakkan  dasar  kecerdasan,  pengetahuan,  kepribadian,  akhlak  mulia,  serta  keteram pilan  unt uk  hidup  mandir i  dan  mengikut i  pendidikan  lebih  lanjut.

 1  Rumusan tuj uan pendidi kan dasar mengacu pada  Peraturan Pemerintah  No.19  tahun  2005  tentang  Standar  Nasi o nal  Pendid i kan  pada  Bab  V  (Standar  Kompetensi   Lulusan)  pasal  26.  Pendidikan  Dasar  y ang  meliput i  SD/MI/SDLB/Paket   A  dan  SMP/MTS/SMPLB/ Paket  B  mempunyai  tuj uan  1  Muhibbin Sy ah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi Revis i) ,  (Bandung :  Remaja Rosdakary a,  2006), hlm.
 2  meletakkan  dasar  kecerdasan,  pengetahuan,  kepribadian,  akhlak  mulia,  serta  ketram pilan unt uk hidup mandir i  dan mengikuti  pendidikan  lebih  lanjut.
 2  Menghadapi  gl o balisasi  yang  sedang  berguli r  saat   ini  pengel o la  pendidikan  senant i asa  harus  tanggap  dan  mampu  menyusun  strategi   demi  t erwuj udnya pendidikan yang bermakna, efis ien, rel evan, dan bermanfaat  serta  berdaya  saing  t inggi.  Unt uk  menyikapi  hal  tersebut  Satuan  pendidikan  di  Madrasah  Tsanawiyah  Al  Maar if  01  Singosari   Malang  berupaya  menyusun  strat egi   yang  dapat   menghasilkan  out   put  pendi dikan  yang  berkwali tas  yang  dilandasi   IMTAQ  dan  kemajuan  IPTEK.  Strat egi  pengel o laan  pendidikan  in i  akan  berjalan  dengan  baik  apabila  mempertimbangkan  kondisi   yang  mempengaruhinya  yai t u  faktor  sosial ,  ekonomi ,   keadaan  geografis,  poli t ik,  keamanan,  perkembangan  iptek,  agama  dan  lain­ l ain.  Beri kut  ini  beberapa  gambaran  hasil analisa faktor kondi si  tersebut.
 Hal  ini  juga  dapat   memberi  gambaran  bahwa  perkembangan  kesadaran  masyarakat  akan  pent ingnya  pendidikan  semakin  t inggi.  Data  Angka  Part i sipasi  Kasar  (APK)  unt uk  masyarakat  usia  13  sampai  dengan  15  tahun  pada  tahun  2005 tel ah  menunjukan  APK  lebih dari 95%.  Dukungan Madrasah  Tsanawiyah  Al  Maarif  01  Singosari   Malang  dalam  memberikan  pelayanan  pendidikan  kepada  warga  masyarakat  memberi   arti   pent ing  terhadap  peran  Madrasah  dalam  mewujudkan  ketuntasan  wajar  Dikdas  9  tahun  dan  mencerdaskan kehi dupan bangsa.
 2  Ibid, hal  3  Mengajar  merupakan  salah  satu  kunci  yang  hampi r  t ak  pernah  luput  dari   pembahasan  mengenai  pendidikan  karena  keeratan  hubungan  ant ara  keduanya. Sebagian orang menganggap pembelajaran  i t u sangat pent ing sekal i  unt uk kehi dupan sehari ­hari .
 Berbicara tentang metode pembelajaran, maka penerapan mul t i metode  kombinasi  dalam  hal  ini  metode  ceramah,  tanya  jawab,  dan  diskusi.  metode  pembelajaran  ini   sangat  berguna  unt uk  mengatasi  kesuli tan  belajar  sehingga  dapat   meningkatkan  prestasi  siswa  dalam  pembelajaran  t erutam a  mata  Pel ajaran Ekonomi .
 Dal am  pemilihan  dan  penggunaan  metode  harus  mempert imbangkan  aspek  efekt ifi tasnya  dan  relevensinya  dengan  materi   yang  disampaikan.
 Keterampilan  menggunakan  variasi  merupakan  salah  satu  keteram pila n  mengajar  yang  harus  dikuasai  oleh  guru.  Dal am  proses  pembelajaran,  t i dak  jarang  rut ini tas  yang  dilakukan  o l eh  guru  seperti   ceramah,  tanya  jawab,  kemudian  berdiskusi   dengan  kel ompok  membuat  siswa  jenuh  dan  bosan.
 Dal am  kondisi  sepert i   ini  guru  harus  pandai  menggunakan  metode  mengajar  yai t u  dengan  mengubah  gaya  mengajar,  dengan  menggunakan  metode  ceramah,  tanya  jawab,  dan  diskusi.  Sehingga  siswa  t i dak  merasa  bosan  dan  dapat  menciptakan suasana pembelajaran  yang l ebih menyenangkan.
 Metode  ceram ah  merupakan  metode  penerangan  dan  penuturan  secara  lisan  oleh  guru  terhadap  kelas.  Dengan  kata  l ain  dapat   pul a  dimaksudkan,  bahwa  metode  ceram ah  atau  lecturing  i t u  adalah  suatu  cara  penyajian  atau  penyampaian  informasi  melalui  penerangan  dan  penuturan 4  secara  lisan  o l eh  guru  terhadap  siswanya.  Metode  ceram ah  dikenal  juga  sebagai  metode  kuliah  karena  umumnya  banyak  di pakai  di  perguruan  t inggi.
 Dan  ada  juga  disebut  orang  methode  pi dato/tabligh,  karena  disampai kan  secara  berpi dato.  Di  dalam  bahasa  inggris  disebut  lecturing  method  atau  telling  method.  Ist ilah  lecturing  berasal  dari  bahasa  yunani  ”legire”  yang  berarti  to  teach  sama  dengan  mengajar.  Dari  kata  legire  di t imbulkan  kata  lecture  yang  artinya  memberi  kuliah  dengan  kata  atau  ucapan.  Dar i  kata  lecture  di t imbulkan  kata  lecturing  y ai t u  cara  penyajian  bahan­bahan  dengan  lisan. Ist ilah telling berasal dari  kata ”to tell” y ang art inya menyatakan sesuatu  kepada orang  l ain dan akhi rnya  berarti   menyajikan  keterangan­keterangan dan  urai an­urai an  kepada  orang  lain  sehingga  ia  mengerti   apa  yang  disampaikan  i t u.  Metode  ini  membina  kecakapan  unt uk  melihat  al asan­alasan  yang  tepat  dari   suatu  persoal an  sehingga  pada  akhi rnya  dapat   di temukan  bagaimana  cara  penyelesaiannya.  Metode  inipun  adalah  metode  yang  membina  muri d­murid  unt uk  dapat   berfiki r  ilmiah  yai t u  cara  berfikir  yang  mengikut i   jenjang­jenjang  tertent u  di dalam  penyelesaian,  kemampuannya  unt uk  mempero l eh  didikan,  dapat   dilatih  dan  dikembangkan  dengan  metode  semacam  ini .   Selain  i t u  inf ormasi ,  konsep  dan  generalisasi  menunt ut  guru  unt uk  membant u  siswa  unt uk  menemukan  sendi r i  data,  f akta  dan  inf ormasi   tersebut  sebagai   sumber  agar dengan kegiatan  i t u dapat memberikan pengalaman kepada siswa.
 3  Metode  tanya  jawab  merupakan  suatu  cara  mengaj ar  dimana  seorang  guru  mengajukan  beberapa  pertanyaan  kepada  peserta  di dik  tentang  baha n  3  Prof.  DR.  H.  Abdul  Aziz  Wahab,  M.A,  Metode  dan  Model­model  Mengajar  Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS) (Bandung: ALVABETA, 2008) hlm: 5  pel ajaran  yang  tel ah  diajarkan  atau  bacaan  yang  t el ah  mereka  baca  sambi l  memperhat i kan  proses  berfikir  diant ara  peserta  di dik.  Guru  mengharapka n  dari   peserta  di dik  jawaban  yang  tepat   berdasarkan  fakta.  Dalam  tanya­jawab,  pertany aan  adakalanya  dari  pihak  peserta  di dik  (dal am  hal  ini  guru  atau  peserta  di dik  yang  menjawab).  Apabila  peserta  di dik  t i dak  menjawabnya  barulah  guru  memberi kan  jawabannya.  Metode  tanya  jawab  ini  sering  di gunakan  pendidik  dengan  maksud  mengajak  peserta  di di k  unt uk  menemukan  konsep  dan  fakta  melalui  materi   yang  dibahas  dala m  pembelajaran,  disamping  i t u  metode  tany a  jawab  dapat   merangsang  perhat i an  peserta  di dk  dalam  belajar  sehingga  dengan  jalan   demikian  ada  kerjasama  ant ara peserta didi k dengan guru dapat  menimbul kan semangat pesert a didik.
 4  Kat a ”di skussi”  berasal  dari   bahasa  lat in  y ai t u: ”discussus”  y ang  berart i  ”to  examine”,  ”invest i gate”  (memeri ksa,  menye lidik).  ”Di scutstre”  berasal  dari   akar  kata  di s  +  cuture.  ”Di s”  art inya  t erpi sah  ”cuture”  artinya  menggoncang  atau  memukul  ”  (to   shake  atau  str i ke),  kal au  diarti kan  maka  di scuture  ialah  suatu  pukulan  yang  dapat   memisahkan  sesuatu.  At au  dengan  kata  l ain  membuat  sesuatu  i t u  j elas  dengan  cara  memecahkan  atau  menguraikan sesuatu tersebut (to cl ear away  by breaking up or cuturing ).
 Metode  diskusi  merupakan  suatu  proses  y ang  melibatkan  dua  atau  lebih  individu  yang  berintegrasi  secara  verbal   dan  saling  berhadapan  muka  mengenai  tuj uan  atau  sasaran  yang  sudah  tertent u  melalui  cara  t ukar  menukar  inf ormasi  (information  sharing),  mempertahankan  pendapat  (self  4  Fatah y asin, dimensi­ dimensi pendidikan islam (M alang : UIN­Malang, 2008)hlm: 1 6  maintenance),  atau  pemecahan    masalah  (problem  solving).  Metode  diskusi  dal am  pendidikan  adalah  suatu  cara  penyajian/penyampaian  bahan  pelajaran,  dimana  guru  memberikan  kesempatan  kepada  peserta  di dik/kel ompok­  kel ompok  peserta  di dik  unt uk  mengadakan  pembicaraan  ilmiah  guna  mengumpulkan  pendapat ,  membuat  kesimpulan  atau  menyusun  berbaga i  al ternat if  pemecahan atas sesuatu masalah.
 5  Pembahasan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi diawal i  dengan  pengenalan  topi k  y ang  akan  dibahas  o l eh  guru.  Guru  menanyakan  kepada  peserta  di dik  apa  yang  mereka  ketahui  mengenai  topi k  tersebut.
 Mendeskripsikan  manusia  sebagai  mahluk  sosial   dan  ekonomi  serta  mengident ifikasi  t indakan  ekonomi  berdasarkan  mot if   dan  prinsip  ekono mi  dal am  memenuhi  kebutuhannya.  ini  dimaksudkan  unt uk  mengakt if kan  peserta  di dik agar si ap menghadapi kegiatan pembelajaran yang baru.
 6  Pada  peneli t ian  sebelumnya  pernah  dilakukan  oleh  Ike  Nurf adilah.
 2006.  Dengan  judul  ”Efektifi tas  Penggunaan  Metode  jigsaw  learning  Dala m  Pembelajaran  Agama Islam  (PAI) di   SMP Neger i 13 Mal ang”.  Hasil  peneli t ian  tersebut adal ah:  Ef ekt ifi tas  penggunaan  metode  jigsaw  learning  sel ain  didukung  o l eh  prosedur penerapan  yang  baik,  hasil  belajar  yang  memuaskan  juga merupaka n  salah satu pendukung keefekt ifan pemggunaan metode ini .
 5  Silberman,  active  learniang  ( 101  Strategies  to  teach  any  subject)  (Bandung:  Nusa  Media 2004) hlm: 160  6  Agus suprijono, cooperative learning Teori dan Aplikasi PAIKEM  (  Yogy akar ta:  Pustaka Pelajar 2009) hlm:  7  Hasil  peneli t ian  menunjukkan  bahwa  penerapan  metode  jigsaw  learning  pada  pembelajaran  Pendidikan  Agama  Isl am  di   SMP  Neger i  13  Malang  sudah  cukup  efekt if .  Metode  ini  sangat  membant u  guru  PAI  karena  dapat   melibatkan  siswa  secara  akt if   dan  dapat   meningkatkan  kerjasama  siswa.
 Penerapan  metode  ini  didukung  o l eh  beberapa  sarana  yang  cukup  lengkap  yang  disediakan  o l eh  SMP  Negeri 13  Malang.  Dan  ada  beberapa  penghambat  yang dihadapi  o l eh  guru­guru khususnya guru PAI  yai t u kurangnya waktu dan  banyaknya  siswa  dalam  satu  kel as.  Akan  tetapi  unt uk  mengatasi  masalah­  masalah tersebut, seorang guru harus memiliki  keterampilan sendir i .
 7  Pada  peneli t ian  sebelumnya  pernah  dilakukan  ol eh  Aminah  2009  dengan  judul  “Penerapan  Strat egi   Card  Sort   dalam  Meningkatkan  Mot ivas i  Belajar  Si swa  Kelas  VII  A  Pada  Pelajaran  Aqidah  Akhlak  di  MTS  Neger i  Batu. Hasil  peneli t ian tersebut adal ah:  Berdasarkan data  y ang  dipero l eh  dilapangan  dapat  di simpulkan  bahwa  pembelajaran  Ekonomi   dengan  menggunakan  meto de  ceram ah,  tanya  jawab,  dan  diskusi  ini  siswa  tersebut  l ebih  meningkat  prestasinya  dilihat  dari  kri teri a  penilaian  KKM  (Kr i teria  ketuntasan  Minimal).  Setel ah  guru  menerapkan  metode  ceram ah,  tanya  jawab,  dan  diskusi  ini   siswa  MTS  Al  Maar if  01  Singosari prestasinya  meningkat 85%.  hal   i t u membuat si swa semakin paha m  dengan materi  dan semakin bersemangat bel ajar.
 8  7  Nurfadilah,  Ike.  2006.  De ngan  judul  ”Efektif itas  Penggunaan  Metode  Jigsaw  Learn ing  Dalam  Pembelajaran Agama Is lam (PAI)  di SMP nege r i13 Malang”  8  aminah  2009  dengan  judul  “Pene rapan  Strategi  Car d  Sor t  dalam  Me ningkatkan  Motivasi Belajar Siswa Kelas  VII A Pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Negr i Batu 8  Pada  peneli t ian  sebelumnya  pernah  dilakukan  ol eh,  I fa  Miming  Agust in.  2008.  Penerapan  metode  inqui ry  dalam  pembelajaran  PAI  Dan  Dampaknya  Terhadap  mot ivasi  belajar  siswa  di  SMP  Neger i  1  papar  kedir i .
 Skri psi ,  jurusan pendi dikan agama islam.
 Kesimpulan dari  peneli t ian  ini adalah bahwa penerapan metode inqui r y  dal am  pembelajaran  PAI  yang  ada  di  SMP    Negeri   1  papar  Kedir i  dengan  penerapan  setrategi   pembelajaran  dengan  penerapan  metode  inquir y  berdampak  posi t if   terhadap  mot ivasi  belajar  siswa.  Hal   ini  di tandai   dengan  meningkatnya  semangat  belajar  siswa  dalam  kegiatan  belajar  mengajar  dan  siswa  t i dak  akan  bosan  belajar,  serta  anak  cenderung  lebih  berusaha  mencar i  jawaban  dengan  caranya  sendir i ,  hal  ini  terbukt i  dari   hasil  wawancara  dengan  guru Ekonomi  dan  siswa  kelas  VIII  F  yang  menyatakan 70%  siswa  lebih akt if  dan  bersemangat dal am mengi kut i  pelajaran  agar prestasinya bai k.
 9  Proses  pembelajaran  pada  hakikatnya  unt uk  mengembangkan  akt ivi tas  dan  kreat ifi tas  peserta  di dik,  melalui  berbagai  interaksi  dan  pengalaman  belajar.  Namun  dalam  hal   pelaksanaannya  yang  dilaksanakan  j ustru  menghambat aktivi tas dan kreat ivi tas peserta didik.
 Dengan  adanya  penerapan  mul t i  metode  diharapkan  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa    mata  pel ajaran  ekonomi  di   MTS  Al  Ma’arif  01  Singosari  Malang.  Kehadi ran  metode  ini  dapat   menjadi kan  kegi atan  belajar  mengajar  Ekonomi  lebih  menyenangkan  karena  model  pembelajaran yang menekankan  aktivi tas ko l aboratif siswa dalam belajar yang  9  Agustin,  Ifa  miming.  2008.  Pe ne rapan  metode  inquiry   dalam  pembelajaran  PAI   Dan  Dampakny a Terhadap motivasi belajar siswa di smp negri 1 papar kediri 9  berbent uk di skusi mempelajari  materi  pembelajaran dan memecahkan masalah  secara kol ekt if .
 Melalui   Mul t i   Metode  ini ,  guru  menci ptakan  suasana  yang  mendorong  agar  siswa  merasa  saling  membutuhkan.  Hubungan  saling  membutuhkan  in i  dapat   menimbul kan  adanya  saling  ketergant ungan  posi t if  yang  menunt ut  adanya  interaksi  yang  memungkinkan  sesama  siswa  saling  memberikan  mot ivasi unt uk meraih  hasil  prestasi  yang opt imal .
 Berdasarkan  beberapa  uraian  di atas  penulis  kemudian  bermaksud  unt uk  mengadakan  peneli t ian  dengan  judul  “PEMBELAJARAN  EKONOMI  DENGAN  MENGGUNAKAN  MULTI  METODE  (CERAMAH,  TANYA  JAWAB,  DAN  DISKUSI)  SEBAGAI  UPAYA  UNTUK  MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR DI MTS AL MA’ARIF 01 SINGOSARI MALANG”  B.  Rumusan Masalah  Berdasarkan  latar  bel akang  diatas  maka  penulis  merumuskan  masalah  sebagai   beri kut:  Bagaimana  penerapan  mul t i  metode  dal am  pembelajaran  ekonomi   di  MTS  Al  Ma’arif 01 Singosari  dalam meningkatkan prestasi belajar?  C.  Tujuan Penelitian  Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tuj uan dari  peneli t ian  ini adalah:  Unt uk  mengetahui  penerapan  mul t i  metode dalam  pembelajaran  ekonomi di  MTS  Al Ma’arif 01 Singosari  dalam meningkatkan prestasi  belajar.
 10  D.   Kegunaan Penelitian  Peneli t i   mengharapkan  bahwa  peneli t ian  ini  dapat  memberikan  kontri busi  dalam  “Pembelajaran  Ekonomi  Dengan  Menggunakan  Mul t i  Metode  (ceram ah,  tanya  jawab,  dan  diskusi  )  Sebagai  Upaya  Unt uk  Meningkatkan  Prestasi   Belajar  di  MTS  Al  Ma’arif   01  Singosari   Malang”  terhadap mata pelajaran Ekonomi Adapun manfaat tersebut, antara l ain bag 


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi