BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pembangunan sedang dilaksanakan oleh bangsa
Indonesia pada saat ini adalah pembangunan
di bidang perekonomian
untuk mempertinggi taraf hidup dan
tingkat kesejahteraan rakyat
secara keseluruhan. Untuk mewujudkan
tujuan tersebut pemerintah telah dan terus berusaha menciptakan suatu tatanan perekonomian yang sesuai dengan
pola hidup bangsa Indonesia.
Pemerintah
juga membangun pendidikan
yang artinya proses
belajar mengajar dalam
hal ini mempengaruhi
siswa agar dapat
menyesuaikan diri sebaik
mungkin terhadap lingkungan.
Dan dengan demikian,
akan menimbulkan perubahan dalam
dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat.
Dalam menjalankan dan menciptakan suatu
pendidikan yang berkaitan dengan koperasi.
Dalam hal ini,
pendidikan ekonomi adalah
salah satunya bidang
pendidikan yang didalamnya
juga membahas tentang
koperasi. Oleh karena itu, bagaimana kita bisa membawa siswa
pada kehidupan berekonomi yang
positif. Hal ini
dapat dilakukan dengan
cara menanamkan persepsi kepada
siswa agar siswa
memiliki jiwa berwirausaha, misalnya melalui koperasi.
Persepsi adalah proses
internal yang dilakukan
untuk memilih, mengevaluasi, dan mengorganisasikan rangsangan
darilingkungan eksternal.
Dengan
kata lain persepsi
adalah cara mengubah
energi-energi fisik lingkungan menjadi pengalaman yang bermakna.
Koperasi adalah
sebuah lembaga ekonomi
dan merupakan wadah
kerja sama yang
dibentuk oleh dan
untuk anggota terdiri
dari orang-orang yang memiliki kepentingan
yang sama. Undang-Undang
Dasar (UUD) 45 menyatakan bahwa tujuan negara Indonesia
adalah memajukan kesejahteraan umum,
mewujudkan keadilan sosial, bagi seluruh rakyat Indonesia. Pasal 33 UUD
45 ayat 1
menyatakan “perekonomian disusun
sebagai usaha berdasarkan
asas kekeluargaan. Fungsi
koperasi yaitu membangun
dan mengembangkan potensi serta
kemampuan ekonomi anggota pada khususnya.
Oleh karena itu, menjadi orang memiliki
potensi serta kemampuan ekonomi.
Dalam
hal ini siswa
harus memiliki karakter
wirausaha untuk meciptakan suatu
peluang usaha dan
oleh laba. Sedangkan
pengetian dari wirausaha sendiri
adalah suatu kegiatan
yang dapat memberikan nilai tambah
terhadap produk jasa
melalui tranformasi, kreatifitas
inovasi, dan kepekaan
terhadap lingkungan sekitar,
sehingga produk atau
jasa tersebut bisa
dirasakan manfaatnya oleh
masyarakat penguna produk
atau jasa.di negara
manapun.
Kewirausahaan
atau dunia usaha
memberi kontribusi yang
sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.
http://tentang-teori-komunikasi.blogspot.com/2009/02/persepsi.html.
Diakses tangaal 27 Oktober 2009 Suharyadi, dkk,2007, Kewirausahaan (Membangun Usaha Sukses Sejak
Usia Dini,(Jakarta: Selemba Empat) hlm.
12 Untuk
mengembangkan kemampuannya. Karena
wirausaha merupakan salah satu
bentuk fenomena yang
populer pada saat
ini bahkan mungkin telah menjadi pola baru dikalangan
masyarakat selama ini.
Maka
dari itu, bagaimana
suatu lembaga/lingkungan pendidikan
bisa menepatkan diri
sebagai tempat yang
bisa membuat siswa
– siswi untuk menjadi
orang yang memiliki persepsi dan jiwa karakter wirausaha. Maka dari itu, unsur sikap mental lebih mencirikan
respon, tanggapan atau tingkah laku seseorang
jika dihadapkan pada suatu situasi tertentu.
Untuk
itu dengan adanya
sikap tersebut, maka
sekolah bisa memfungsikan
koperasi sebagai wadah/tempat
untuk memberikan didikan pada siswa agar menjadi orang dapat mengatur
seluruh kebutuhan serta dapat memenuhinya. Dalam
hal ini, koperasi
diharapkan dapat dijadikan
sebagai wadah menjadi
orang yang memiliki
persepsi dan karakter
wirausaha.
Berangkat
dari latar belakang
di atas maka
penulis bermaksud dan
tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul
“Pembentukan Karakter dan Persepsi Siswa
Terhadap Wirausaha di
Koperasi Siswa di SMKN 3
Pamekasan” dengan mengunakan teoritis
dan empiris.
B.
Rumusan Masalah Berawal dari
latar belakang di
atas, maka penulis
berusaha untuk mencari
bentuk permasalahan yang
ada pada siswa
dan koperasi yang bersangkutan melalui beberapa rumusan masalah
yang ada antara lain: 1. Bagaimana
persepsi siswa terhadap
keinginan menjadi wirausahawan muslim? 2.
Bagaimana membentuk karakter
wirausaha pada siswa
SMKN 3 Pamekasan?
C. Tujuan Penelitian 1.
Untuk mengetahui persepsi
siswa terhadap keinginan
menjadi wirausahawan muslim.
2.
Untuk mengetahui karakter wirausaha pada siswa SMKN 3 Pamekasan.
D.
Manfaat Peneltian Dalam penelitian
ini penulis berharap
agar penulisan ini
bisa bermanfaat bagi: 1. Bagi
Peneliti Merupakan sarana
dalam menerapkan dan
mengembangkan ilmu yang telah
dipelajari di bangku perkuliahan, khususnya memberikan tambahan ilmu pengetahuan tentang wirausaha.
2. Bagi
Kalangan Akademisi Merupakan wahana
informasi pemikiran dan
sumber tambahan untuk mengembangkan
penelitian lebih lanjut dengan tema yang sama.
3. Bagi
Universitas Merupakan salah
satu wujud kepedulian
tentang ekonomi kerakyatan sebagai
aplikasi Tri Dharma
Perguruan Tinggi yaitu
pengabdian kepada masyarakat.
4. Bagi
Siswa Menumbuhkan persepsi
dan membentuk karakter
dalam berwirausaha melalui koperasi.
E.
Ruang Lingkup Ruang lingkup
merupakan suatu batasan
pembahasan obyek tertentu agar lebih spesifik, adapun ruang lingkup
pembahasan ini adalah siswa yang ada di
SMKN 3 Pamekasan, Namun tidak secara keseluruhan.
F.
Definisi Istilah 1. Karakter
adalah sebuah sistem
keyakinan dan kebiasaan
yang mengarahkan tindakan seorang
individu.
2.
Persepsi adalah proses
internal yang kita
lakukan untuk memilih, mengevaluasi
dan mengorganisasikan rangsangan
dari lingkungan eksternal.
Dengan kata lain
persepsi adalah cara
kita mengubah energienergi fisik lingkungan kita menjadi
pengalaman yang bermakna.
G.
Sistematika Pembahasan Untuk memperoleh
gambaran secara jelas
mengenai pokok-pokok pembahasan skripsi ini disusun dengan
sistematika sebagai berikut: 1. Bagian Depan atau Awal Pada
bagian ini memuat
sampul atau cover
depan, halaman judul,
dan halaman pengesahan.
2.
Bagian Isi Bagian ini terdiri
dari enam bab yang meliputi: BAB I :Bab
ini berisi tentang
pendahuluan yang meliputi: latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan
penelitian, manfaat penelitian, ruang
lingkup pembahasan, devinisi
istilah, sistematika pembahasan.
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi