Senin, 09 Juni 2014

Skripsi IPS: PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP WIRAUSAHA DI KOPERASI SISWA SMKN 3 PAMEKASAN

BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang  Pembangunan sedang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia pada saat ini  adalah  pembangunan  di  bidang  perekonomian  untuk  mempertinggi  taraf  hidup  dan  tingkat  kesejahteraan  rakyat  secara  keseluruhan.  Untuk  mewujudkan tujuan tersebut pemerintah telah dan terus berusaha menciptakan  suatu tatanan perekonomian yang sesuai dengan pola hidup bangsa Indonesia.
 Pemerintah  juga  membangun  pendidikan  yang  artinya  proses  belajar  mengajar  dalam  hal  ini  mempengaruhi  siswa  agar  dapat  menyesuaikan  diri  sebaik  mungkin  terhadap  lingkungan.  Dan  dengan  demikian,  akan  menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi  secara kuat dalam kehidupan masyarakat.

 Dalam menjalankan dan menciptakan suatu pendidikan yang berkaitan  dengan  koperasi.  Dalam  hal  ini,  pendidikan  ekonomi  adalah  salah  satunya  bidang  pendidikan  yang  didalamnya  juga  membahas  tentang  koperasi.  Oleh  karena itu, bagaimana kita bisa membawa siswa pada  kehidupan berekonomi  yang  positif.  Hal  ini  dapat  dilakukan  dengan  cara  menanamkan  persepsi  kepada  siswa  agar  siswa  memiliki  jiwa  berwirausaha, misalnya  melalui  koperasi.  Persepsi  adalah  proses  internal  yang  dilakukan  untuk  memilih,  mengevaluasi, dan mengorganisasikan rangsangan darilingkungan eksternal.
 Dengan  kata  lain  persepsi  adalah  cara  mengubah  energi-energi  fisik  lingkungan menjadi pengalaman yang bermakna.
  Koperasi  adalah  sebuah  lembaga  ekonomi  dan  merupakan  wadah  kerja  sama  yang  dibentuk  oleh  dan  untuk  anggota  terdiri  dari  orang-orang  yang  memiliki  kepentingan  yang  sama.  Undang-Undang  Dasar (UUD)  45  menyatakan bahwa tujuan negara Indonesia adalah memajukan kesejahteraan  umum, mewujudkan keadilan sosial, bagi seluruh rakyat Indonesia. Pasal 33  UUD  45  ayat  1  menyatakan  “perekonomian  disusun  sebagai  usaha  berdasarkan  asas  kekeluargaan.  Fungsi  koperasi  yaitu  membangun  dan  mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya.
 Oleh karena itu, menjadi orang memiliki potensi serta kemampuan ekonomi.
 Dalam  hal  ini  siswa  harus  memiliki  karakter  wirausaha  untuk  meciptakan  suatu  peluang  usaha  dan  oleh  laba.  Sedangkan  pengetian  dari  wirausaha  sendiri  adalah  suatu  kegiatan  yang  dapat  memberikan nilai  tambah  terhadap  produk  jasa  melalui  tranformasi,  kreatifitas  inovasi,  dan  kepekaan  terhadap  lingkungan  sekitar,  sehingga  produk  atau  jasa  tersebut  bisa  dirasakan  manfaatnya  oleh  masyarakat  penguna  produk  atau  jasa.di  negara  manapun.
 Kewirausahaan  atau  dunia  usaha  memberi  kontribusi  yang  sangat  besar  terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.
   http://tentang-teori-komunikasi.blogspot.com/2009/02/persepsi.html. Diakses tangaal 27 Oktober  2009   Suharyadi, dkk,2007,  Kewirausahaan (Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini,(Jakarta:  Selemba Empat) hlm. 12  Untuk  mengembangkan  kemampuannya.  Karena  wirausaha merupakan  salah  satu  bentuk  fenomena  yang  populer  pada  saat  ini  bahkan  mungkin telah menjadi pola baru dikalangan masyarakat selama ini.
 Maka  dari  itu,  bagaimana  suatu  lembaga/lingkungan  pendidikan  bisa  menepatkan  diri  sebagai  tempat  yang  bisa  membuat  siswa  –  siswi  untuk  menjadi orang yang memiliki persepsi dan jiwa karakter wirausaha. Maka dari  itu, unsur sikap mental lebih mencirikan respon, tanggapan atau tingkah laku  seseorang jika dihadapkan pada suatu situasi tertentu.
 Untuk  itu  dengan  adanya  sikap  tersebut,  maka  sekolah  bisa  memfungsikan  koperasi  sebagai  wadah/tempat  untuk  memberikan  didikan  pada siswa agar menjadi orang dapat mengatur seluruh kebutuhan serta dapat  memenuhinya.  Dalam  hal  ini,  koperasi  diharapkan  dapat  dijadikan  sebagai  wadah  menjadi  orang  yang  memiliki  persepsi  dan  karakter  wirausaha.
 Berangkat  dari  latar  belakang  di  atas  maka  penulis  bermaksud  dan  tertarik  untuk  melakukan  penelitian  dengan  judul  “Pembentukan  Karakter  dan  Persepsi  Siswa  Terhadap  Wirausaha  di  Koperasi  Siswa di  SMKN  3  Pamekasan” dengan mengunakan teoritis dan empiris.
 B.  Rumusan Masalah  Berawal  dari  latar  belakang  di  atas,  maka  penulis  berusaha  untuk  mencari  bentuk  permasalahan  yang  ada  pada  siswa  dan koperasi  yang  bersangkutan melalui beberapa rumusan masalah yang ada antara lain:  1.  Bagaimana  persepsi  siswa  terhadap  keinginan  menjadi wirausahawan  muslim?  2.  Bagaimana  membentuk  karakter  wirausaha  pada  siswa  SMKN  3  Pamekasan?  
C.  Tujuan Penelitian  1.  Untuk  mengetahui  persepsi  siswa  terhadap  keinginan  menjadi  wirausahawan muslim.
 2.  Untuk mengetahui karakter wirausaha pada siswa SMKN 3 Pamekasan.
 D.  Manfaat Peneltian  Dalam  penelitian  ini  penulis  berharap  agar  penulisan  ini  bisa  bermanfaat bagi:  1.  Bagi Peneliti  Merupakan  sarana  dalam  menerapkan  dan  mengembangkan  ilmu  yang  telah dipelajari di bangku perkuliahan, khususnya memberikan tambahan  ilmu pengetahuan tentang wirausaha.
 2.  Bagi Kalangan Akademisi  Merupakan  wahana  informasi  pemikiran  dan  sumber  tambahan  untuk  mengembangkan penelitian lebih lanjut dengan tema yang sama.
 3.  Bagi Universitas  Merupakan  salah  satu  wujud  kepedulian  tentang  ekonomi  kerakyatan  sebagai  aplikasi  Tri  Dharma  Perguruan  Tinggi  yaitu  pengabdian  kepada  masyarakat.
 4.  Bagi Siswa  Menumbuhkan  persepsi  dan  membentuk  karakter  dalam  berwirausaha  melalui koperasi.
 E.  Ruang Lingkup  Ruang  lingkup  merupakan  suatu  batasan  pembahasan  obyek  tertentu  agar lebih spesifik, adapun ruang lingkup pembahasan ini adalah siswa yang  ada di SMKN 3 Pamekasan, Namun tidak secara keseluruhan.
 F.  Definisi Istilah  1.  Karakter  adalah  sebuah  sistem  keyakinan  dan  kebiasaan  yang  mengarahkan tindakan seorang individu.
 2.  Persepsi  adalah  proses  internal  yang  kita  lakukan  untuk  memilih,  mengevaluasi  dan  mengorganisasikan  rangsangan  dari  lingkungan  eksternal.  Dengan  kata  lain  persepsi  adalah  cara  kita  mengubah  energienergi fisik lingkungan kita menjadi pengalaman yang bermakna.
 G.  Sistematika Pembahasan  Untuk  memperoleh  gambaran  secara  jelas  mengenai  pokok-pokok  pembahasan skripsi ini disusun dengan sistematika sebagai berikut:  1.  Bagian Depan atau Awal  Pada  bagian  ini  memuat  sampul  atau  cover  depan,  halaman  judul,  dan  halaman pengesahan.
 2.  Bagian Isi  Bagian ini terdiri dari enam bab yang meliputi:  BAB I  :Bab  ini   berisi  tentang  pendahuluan  yang  meliputi: latar  belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat  penelitian,  ruang  lingkup  pembahasan,  devinisi  istilah,  sistematika pembahasan.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi